8 Tempat Hangout Little Tokyo Blok M yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Hangout Little Tokyo Blok M yang Wajib Dikunjungi
Little Tokyo Blok M, photo by PingPoint

Selalu ada tempat hangout yang patut kamu kunjungi di Blok M. Salah satu yang sedang naik dan terkenal ialah Little Tokyo Blok M. Kawasan nongkrong ala Tokyo tanpa harus jauh-jauh ke Jepang. Tempatnya mudah dijangkau menggunakan MRT dengan turun di Stasiun Blok M atau gunakan kendaraan pribadi. Lebih lengkapnya, simak informasi soal Little Tokyo Blok M berikut ini yuk!

Little Tokyo Blok M

Lokasi dan Daya Tarik

Terkenal akan kuliner dengan suasana Jepang bakal kamu rasakan saat memasuki Little Tokyo Blok M. Berlokasi di Jalan Melawai, kamu akan menemukan deretan restoran Jepang berjejer dengan tulisan Hiragana atau Katakana sebagai signage-nya. Sebagian besar punya rasa otentik layaknya di negara asal, tetapi sebagian lagi sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Di samping rasanya yang terkenal otentik, daya tarik dari Little Tokyo Blok M karena tempatnya dapat kamu jadikan spot foto, baik di area jalan ataupun di dalam restorannya. Salah satunya adalah lampu neon yang menyala untuk dijadikan spot foto kekinian saat malam hari.

Tempat Hangout Sekitar Little Tokyo Blok M

Papaya Fresh Gallery, photo by Anak Kereta

Supermarket tentu banyak menjual kebutuhan sehari-hari, termasuk di Papaya Fresh Gallery. Apa, sih, bedanya supermarket Papaya Fresh Gallery dengan yang lain? Bukan, tempat ini bukan menjual buah pepaya, melainkan menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, terutama yang berasal dari Jepang.

Kamu akan menemukan camilan unik, sayuran import, hingga makanan fresh seperti sushi yang dijual dengan harga mulai dari Rp25.000 - Rp100.000. Kemudian, ada tamago, mochi, bento, dan lain-lain. Surganya pecinta makanan Jepang, deh! Seluruh harga di Papaya Fresh Gallery pun lebih miring dibandingkan ketika kamu membeli makanan di restoran. Apalagi rasanya juga gak perlu diragukan lagi. Kalau kamu pecinta diskon, Papaya Fresh Gallery menyediakan diskon khusus di malam hari mulai pukul 8 malam. Besaran diskonnya pun cukup besar hingga 50% untuk produk fresh seperti sushi.

  • Sushi: Sushi di Papaya Fresh Market sangat enak. Ikannya selalu segar dan nasi jepangnya juga dimasak dengan sempurna. Kalau baru pertama kali, kamu bisa coba kedua sushi favorit disini, yaitu Sushi Salmon Mentah dan Sushi Tuna.
  • Yakitori: Kalau kamu hanya berniat untuk jajan, Yakitori di Papaya juga sangat enak. Ayamnya empuk dan bumbunya pas tidak terlalu asin ataupun terlalu hambar. Personally, Yakitori Ayam dan Yakitori Jamur adalah yang paling favorit.
  • Mochi: Mochi adalah dessert favorit di Papaya. Ada 2 varian yang paling diminati, rasa matcha & strawberry. Tekstur mochinya kenyal & isiannya tidak pelit. Kamu bisa melihat potongan buah strawberry asli yang cukup besar di dalamnya sejak gigitan pertama. Untuk harga Rp 12.000/pcs, Mochi ini sangat worth it!
Alamat: Jl. Melawai Raya No.28, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000

2. Yuki Japanese Restaurant

Aburi Wagyu Yukhoe menu Yuki Japanese Restaurant, photo by Zomato

Ketika masuk ke Yuki Japanese Restaurant, kamu akan merasakan vibes makan mirip seperti di Jepang hanya dengan melihat interiornya. Kamu bisa memilih tempat duduk di kursi atau tatami (lesehan ala Jepang). Yuki Japanese Restaurant buka dalam dua sesi setiap harinya, yakni pada saat lunch dan dinner. Jadi, pastikan kamu datang di waktu yang tepat ya!

Menu andalan di Yuki Japanese Restaurant adalah Aburi Wagyu Yukhoe. Menu ini merupakan daging iris tipis yang di torch atau bakar dan disajikan bersama telur setengah matang. Terbayang dong lembutnya wagyu dicampur bersama creamy telur? Menu wagyu di restoran ini pun memiliki harga relatif terjangkau dibandingkan dengan harga wagyu pada umumnya. Selain Aburi Wagyu Yukhoe, kamu wajib banget untuk pesan kawa-kawa serta sushi fresh dari Yuki Japanese Restaurant.

Alamat: Jl. Melawai 6 No.8, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Kamis (11.30 - 14.00) dan (17.00 - 21.00), Jumat - Minggu (11.30 - 14.00) dan (17.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp150.000
Menu Andalan: Aburi Wagyu Yukhoe

3. Kira-Kira Ginza

Ambience Kira-Kira Ginza, photo by naneatpedia

Another authentic Japanese restaurant di Little Tokyo Blok M adalah Kira-Kira Ginza. Saat baru masuk kamu akan disambut dengan papan berisi menu rekomendasi dari Kira-Kira Ginza. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1986 di Blok M, patut banget untuk dilabeli restoran legendaris Blok M. Uniknya, ketika makan di Kira-Kira Ginza kamu perlu untuk melepas alas kaki terlebih dahulu.

Tempatnya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk kamu sekadar makan atau hangout dalam waktu 1 - 2 jam. Tempatnya bervariasi, ada ruangan private, tatami, dan kursi duduk ala bar. Menu yang disajikan dari Kira-Kira Ginza sangat beragam, mulai dari ramen, yakitori, sushi, sashimi, curry, hingga donburi. Porsinya pun mengenyangkan dengan harga dan rasa yang sepadan.

Beberapa Rasa Makanan di Kira-Kira Ginza:

  • Niku Udon: Niku Udon adalah Udon dengan topping Niku (beef). Dari segi teksturnya, Udon ini tidak terlalu lembek ataupun keras. Rasa dari kuahnya adalah asin manis, cocok banget ketika udon, beef & kuahnya dimakan bersamaan.
  • Maboh Don: Salah satu Maboh Don terenak di Jakarta! Minched beef dipotong kecil-kecil dan menyatu dengan sempurna bersama kuah kental dari Maboh Don nya sendiri. Selain Minched Beef, ada juga Tofu sebagai topping-nya. Porsinya cukup besar & dapat sup rumput laut juga sebagai tambahan.
Alamat: Jl. Melawai Raya No.22, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (11.30 - 23.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000
Menu Andalan: Chasu Ramen

Fun Fact: Ramen bukan berasal dari Jepang!

Cina merupakan negara pertama yang membuat ramen. Makanan ini baru masuk ke Jepang pada abad 19. Disajikan oleh ilmuwan Konghucu kepada Tokugawa Mitsukuni, orang yang sangat berpengaruh pada zaman Edo.

4. Kashiwa Izakaya

Menu Kashiwa Blok M, photo by Anakjajan

Populer dan viral di berbagai platform media sosial, kamu wajib nih untuk mendatangi Kashiwa Izakaya di Blok M. Berada di lantai 2 sebuah bangunan, suasana Kashiwa memiliki sentuhan modern tanpa menghilangkan nuansa Jepang di dalamnya. Ada area tatami buat kamu yang mau makan ala di resto Jepang otentik.

Di restoran satu ini terdapat deretan komik yang boleh kamu baca sambil menunggu makanan datang. Banyak orang datang ke Kashiwa Izakaya, selain karena rasanya yang lezat harga menunya masuk ke segala jenis kantong mulai dari Rp30.000. Seperti tempat hangout Jepang lainnya, kamu akan menemukan beragam menu yakitori, sushi, sampai ramen.

Alamat: Jl. Melawai VIII No.3, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (12.00 - 21.30)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang
Menu Andalan: Okonomiyaki

5. Marufuku

Marufuku Japanese Restaurant Interior, photo by Lifenesia

Kebanyakan tempat di Little Tokyo Blok M buka untuk dinner. Namun, di Marufuku kamu bisa nikmati lunch lezat dengan menu otentik Jepang. Interiornya masih dengan suasana Jepang, masing-masing kursinya diberi sekat agar pengunjung tetap memiliki privasi saat makan.

Marufuku memiliki spesial menu khusus pada sushi dan sashimi. Akan tetapi, rasa ramen, tempura, dan menu lainnya tetap aja sama lezatnya. Cocok untuk kamu datangi saat lunch ataupun after office hour.

Alamat: Jalan Melawai 6 No.11, Blok M, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (11.30 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Andalan: Sushi Party Set

6. Daitokyo Sakaba

Menu Daitokyo Sakaba, photo by Natdonuts

Salah satu tempat di Little Tokyo Blok M yang selalu ramai pengunjung ialah Daitokyo Sakaba. Tempat ini sangat pas untuk dijadikan pilihan hangout after office hours karena baru buka pukul 6 sore. Restoran dua lantai ini lumayan terkenal gak pernah sepi antrian, tempatnya sangat nyaman karena memiliki area private yang tersekat seperti deretan bilik. Sementara itu, di lantai satu merupakan area makan terbuka. Restoran ini pun menerapkan konsep open kitchen sehingga pengunjung bisa langsung menyaksikan proses pembuatan makanan. Sangat exciting bukan?

Menu dari Daitokyo Sakaba kebanyakan merupakan daging, terdapat pork dan beef. Seluruh menunya tertulis dalam bahasa Jepang, kalau kamu bingung bisa tanya kepada pelayannya ya! Selain daging, menu favorit di sini ada berbagai macam yakitori yang dapat kamu jadikan appetizer sebelum menyantap main course.

Alamat: Jl. Melawai 9 No.26, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Jumat (18.00 - 01.00), Sabtu - Minggu (12.00 - 23.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu Andalan: Gyutan Don, Buta Mayo Don

7. Naruto Takoyaki

Naruto Takoyaki, photo by Kuliner Kota

Susah menemukan takoyaki dengan citarasa otentik? Kebanyakan takoyaki yang ada di street food Indonesia sudah dimodifikasi. Namun, di Little Tokyo Blok M kamu bisa menemukan penjual takoyaki rasa otentik seperti di Jepang. Camilan berbentuk bulat mirip bola tenis biasanya disajikan bersama dengan isian gurita ditambah saus, mayones, aonori dan katsuobushi sebagai topping di atasnya.

Naruto Takoyaki sendiri hanya menyediakan dua menu, yakni Takoyaki Original Gurita dan Takoyaki Gurita dengan Keju Mozzarella. Dijual dengan harga mulai dari Rp45.000 untuk isian 6 pcs. Tekstur lembutnya dijamin bikin kamu ingin membeli lagi. Plusnya, ukuran gurita di Naruto Takoyaki cukup besar sehingga cukup mengenyangkan.

Alamat: Jl. Melawai 6 No.3, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 01.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp45.000
Menu Andalan: Takoyaki Gurita Mozzarella

8. Tokyo Night

Tokyo Night Blok M, photo by Tokyo Night

Karaokean bareng teman memang paling seru. Melipir setelah wisata kuliner di Little Tokyo, ada tempat karaoke ala Jepang yang wajib kamu sambangi. Namanya ialah Tokyo Night, terletak di lantai 4, karaoke satu ini terdiri atas beberapa ruangan, yakni VIP dengan minibar, ruangan besar, dan ruangan regular. Berbeda dari yang lain, ruangan karaoke di Tokyo Night dikatakan estetik ditambah adanya fasilitas seperti air purifier yang bikin kamu lebih rileks.

Harga karaoke di Tokyo Night pun cukup terjangkau, mulai dari Rp300.000 per jam dengan kapasitas maksimal 6 orang. Kalau ada promo tertentu, tiap tamu mendapatkan welcome drink gratis. Menu makanan dan minuman di Tokyo Night pun cukup lengkap. Serunya lagi, karaoke di sini bisa sambil main board games, loh!

Alamat: Tokyo Building 4th floor, Jl. Melawai 6 1, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (17.00 - 02.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp300.000 per jam

Kost yang dekat dengan Little Tokyo Blok M

Cove Sixth8 dengan desain New York Classic punya lokasi strategis karena dekat dengan Little Tokyo Blok M dan Stasiun MRT Blok M. Memiliki sentuhan industrial lewat penggunaan warga gelap yang memberikan kesan elegan pada tiap kamarnya. Selain dari desain, kost eksklusif satu ini punya fasilitas lengkap kamar full furnished dengan kamar mandi pribadi dan balkon. Terdapat fasilitas penunjang lainnya seperti area dapur, lobby, ruang makan, lounge, dan laundry.

Harga mulai dari Rp5,8 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove Sixth8