15 Merk Koper Terbaik 2023, Paling Kuat dan Awet!

15 Merk Koper Terbaik 2023, Paling Kuat dan Awet!
Merk Koper Terbaik, photo by freepik/senivpetro


Apa saja merk koper terbaik di tahun 2023? Saat ini, koper sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang sebagian besar rutinitasnya dihabiskan dengan hilir mudik di dalam maupun luar negeri. Bentuknya yang besar dan memiliki ruang penyimpanan yang sangat luas memungkinkan kamu untuk bisa membawa lebih banyak barang bawaan pribadi. Biasanya, koper juga sudah dilengkapi dengan sejumlah kompartemen, sehingga kamu bisa menyimpan barang printilan dengan cara yang lebih teratur.

Ada banyak sekali merk koper populer dengan beragam variasi, bentuk, warna, dan keunggulan yang berbeda-beda. Kamu hanya harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran pribadi. Dihimpun dari berbagai sumber, inilah rekomendasi merk koper terbaik 2023, serta masing-masing kelebihannya!

15 Merk Koper Terbaik 2023

1. Samsonite

Samsonite Hardcase Enwrap, photo by samsonite.co.id

Samsonite adalah salah satu merk koper terbaik keluaran Amerika Serikat yang menawarkan beragam pilihan koper dan tas travel berkualitas premium untuk para pelancong yang sering bepergian jauh. Kemudahan penggunaan dengan daya tahannya yang kokoh, namun tetap ringan, membuat brand Samsonite selalu menjadi primadona untuk sekedar melakukan perjalanan bisnis ataupun berlibur.

Salah satu koleksi yang paling direkomendasikan adalah Hardcase Enwrap. Selain memiliki desain yang stylish dengan pilihan warna modern, koper ini juga dibuat dengan menggunakan material polikarbonat yang menampilkan detail bertekstur untuk mencegah goresan. Samsonite Hardcase Enwrap tersedia dalam ukuran koper kabin 20 inch, medium 25 inch, dan large 28 inch.

Berikut kelebihan Samsonite Hardcase Enwrap:

  • Dilengkapi kombinasi kunci TSA
  • Kapasitas expandable
  • Pita silang
  • Bahan anti gores

Rentang harga koper Samsonite: Rp3 juta - Rp9,9 juta

2. American Tourister

American Tourister Frontec, photo by americantourister.com.sg

American Tourister termasuk ke dalam brand koper klasik yang sudah memulai eksistensinya sejak tahun 1933. Setiap koleksi dari merek koper terbaik ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif dan dikenal tahan lama, sehingga tidak heran bila hingga saat ini American Tourister masih menjadi salah satu merek koper terbesar di dunia sekaligus andalan bagi mayoritas traveler.

Berbeda dari merek koper pada umumnya, koleksi American Tourister hadir ke dalam berbagai variasi, desain, ukuran, serta padu padan warna cerah yang menyenangkan. Kamu dapat dengan bebas memilih seri koper yang sesuai dengan personalitas dan kebutuhanmu. Salah satu koleksi American Tourism yang paling direkomendasikan adalah Frontec yang sudah dilengkapi dengan Antimicrobial Technology untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Berikut kelebihan American Tourister Frontec:

  • Memiliki 4 roda yang dapat berputar 360 derajat
  • Material 100% polikarbonat
  • Menggunakan teknologi OptiOptimov™ Shock Absorbing Wheels untuk meredam getaran
  • Banyak compartment kecil di bagian dalam

Rentang harga koper American Tourister: Rp550.000 - Rp3,7 juta

3. Rimowa

Rimowa Original Check-in, photo by rimowa.com

Satu lagi pilihan merk koper terbaik di tahun 2023, yaitu Rimowa. Brand koper asal Jerman ini termasuk ke dalam deretan koper termewah di dunia yang bahkan kerap digunakan oleh para selebriti. Bobotnya yang sangat ringan, kuat, dan punya penempatan compartment yang brilian membuat Rimowa selalu jadi favorit untuk orang-orang yang sering melakukan perjalan domestik maupun internasional.

Setiap seri koper Rimowa terbuat dari kombinasi material aluminium dan polikarbonat berkualitas tinggi. Ukurannya pun beraneka ragam, mulai dari kabin, check-in, hingga bagasi. Ciri khas yang paling menonjol dari koper Rimowa adalah desain eksteriornya yang mengkilap dengan konstruksi ringan. Rimowa Original Check-in L bisa menjadi pilihan bagi kamu yang punya budget cukup besar untuk mendapatkan koper premium bermuatan banyak.

Berikut kelebihan Rimowa Original Check-in L:

  • Dilengkapi keamanan TSA International lock
  • 4 buah roda yang dapat berputar 360 derajat
  • Terdapat pengunci klip pada bagian resleting
  • Kuat, ringan, dan awet

Rentang harga koper Rimowa: Rp20 juta - Rp30 juta

4. President

President Luggage Hard Case Tubo, photo by presidentluggageid

Tidak kalah bermutu dengan merk koper terbaik buatan luar negeri, President yang merupakan brand koper buatan asli Indonesia ini telah memiliki tempat spesial tersendiri bagi konsumen setianya. Telah berdiri sejak tahun 1970 menjadikan tas koper President dipercaya sebagai salah satu brand lokal yang paling diperhitungkan.

Kualitas kopernya pun terus meningkat seiring berkembangnya zaman, baik dari sisi ketahanan maupun standarisasi produknya. Seri koper President terbagi menjadi dua, yaitu hard case dan soft case. Koleksi paling populernya jatuh kepada President Luggage Hard Case Tubo dengan desain modern yang terdiri dari tiga pilihan warna berbeda, yaitu midnight blue, dark grey, dan light stone.

Berikut kelebihan President Luggage Hard Case Tubo:

  • Kombinasi kunci berstandar TSA
  • Menggunakan anti-thief zipper frame, tidak bisa dibobol
  • Expandable, bisa memuat lebih banyak barang
  • Single pocket partition & drop lining

Rentang harga koper President: Rp1,1 juta - Rp3,3 juta

5. Tumi

Tumi Extended Trip Packing Case, photo by tumi.co.id

Tumi menjadi merk koper terbaik di tahun 2023 selanjutnya yang sudah tidak terbantahkan lagi seberapa besar keunggulannya dibanding deretan koper populer lain. Brand yang sudah mengembara sejak tahun 1975 di Amerika Serikat ini termasuk ke dalam kategori koper mewah yang memiliki tampilan penuh gaya dengan fitur inovatif, salah satunya adalah keberadaan program Tumi Tracer yang dapat melacak keberadaan koper kamu apabila diketahui dalam keadaan hilang atau dicuri.

Alat tersebut berbentuk 20 digit nomor ID unik yang dimasukkan ke dalam pelat logam khusus dan ditempel secara permanen pada setiap produk Tumi. Salah satu best seller koper keluaran Tumi adalah Extended Trip Packing Case. Desain eskteriornya yang membawa kesan retro begitu padu dengan warna metalik yang menawan. Koper berjenis hardside ini juga dinilai ideal untuk segala perjalanan bisnis ataupun liburan.

Berikut kelebihan Tumi Extended Trip Packing Case:

  • Tahan terhadap tekanan, goresan, dan benturan
  • Kunci kombinasi TSA yang terintegrasi dengan tombol push untuk membuka
  • 4 roda tersembunyi yang berputar 360 derajat
  • Sistem handle 3-stage telescoping dengan tombol push

Rentang harga koper Tumi: Rp10 juta - Rp42 juta

6. Delsey

Delsey Belmont Plus Suitcase - L Expandable, photo by delsey.com

Merk koper terbaik Delsey dibuat dengan material bermutu tinggi yang mengedepankan kepraktisan dan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan setiap jenis perjalanan. Hampir semua koper Delsey memiliki desain yang cantik dan minimalis berkat bagian tepi yang dibuat melengkung pada bagian sudutnya. Koper merk asal Perancis ini juga sudah terbukti awet dan kokoh untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Delsey Belmont Plus Suitcase - L Expandable dengan pilihan desain pop yang trendi ini begitu digemari oleh para traveler. Bagian rangkanya menggunakan bahan polypropylene yang memiliki bobot ringan, mudah ditarik, dan tahan terhadap segala benturan untuk melindungi barang-barang berharga.

Berikut kelebihan Delsey Belmont Plus Suitcase - L Expandable:

  • Expandable 4 cm untuk kapasitas ekstra
  • Kunci kombinasi TSA
  • 4 roda yang bermanuver halus dan stabil
  • Kompartemen utama dengan slider yang saling mengunci

Rentang harga koper Delsey: Rp1,7 juta - Rp8 juta

7. Lojel

Lojel Voja Large, photo by lojel.com

Merk koper terbaik asal Jepang, Lojel, juga dikenal tangguh, ergonomis, dan punya nilai jual yang tinggi. Lojel telah berkecimpung di industri pembuatan koper selama lebih dari 30 tahun lamanya. Ada banyak sekali variasi koper yang telah diciptakan dengan nilai mutu tinggi. Diimbangi dengan teknologi lightweight yang diterapkan pada setiap koper Lojel untuk membuatnya terasa ringan dan mudah dibawa-bawa saat beraktivitas di luar ruangan.

Koper Voja milik Lojel memiliki karakteristik yang unik tanpa zipper, namun tetap aman karena sudah disertai sistem kunci TSA. Pilihan warna uniknya yang meliputi karakteristik rona vibran, seperti lavender, mustard, ink blue, sampai terracotta, juga berhasil menarik minat para generasi muda yang ingin tampil stylish saat pergi staycation.

Berikut kelebihan Voja Large:

  • Cangkang terbuat dari polypropylene yang kokoh
  • Tahan gores, tidak mudah retak dan penyok
  • Dilengkapi dua ruang besar dan tiga kantong ritsleting yang lebih kecil
  • Sistem roda ganda yang dapat berputar mulus 360 derajat

Rentang harga koper Lojel: Rp1,9 juta - Rp5,2 juta

8. Kamiliant

Kamiliant Kiza, photo by American Tourism

Kamiliant merupakan brand koper yang dikeluarkan oleh American Tourister. Merek koper terbaik ini adalah pilihan yang bagus untuk kamu dengan budget terbatas, namun tetap ingin memiliki koper berkualitas mumpuni. Keunikan Kamiliant terletak pada konsep desainnya yang tidak biasa dengan garis-garis lengkung yang membentuk pola tertentu. Setiap tipe koper juga hadir ke dalam warna-warna cerah yang menyenangkan, termasuk variasi Kiza yang didesain dengan bentuk boxy dan memiliki kapasitas besar.

Berikut kelebihan Kamiliant Kiza:

  • Teknologi ultra lightweight, bobot menjadi ringan
  • Scratch resistance pada desain tekstur ganda
  • Memakai TSA lock / kunci kombinasi
  • Material 100% polypropylene

Rentang harga koper Kamiliant: Rp500 ribu - Rp2,4 juta

9. Antler

Antler A875-76 Trolley Case 28 inch, photo by Antler

Antler menjadi merk koper terbaik asal Inggris yang sudah memulai perjalanannya sejak tahun 1914. Brand ini berspesialisasi khusus dalam pembuatan jenis koper berkarakteristik ringan dan trendy sehingga bisa memudahkan setiap perjalanan para pelancong. Dari segi kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat panjangnya perjalanan Antler dalam menciptakan berbagai koper terbaik dunia. Antler A875-76 Trolley Case dengan ukuran 28 inch adalah jawaban tepat bagi kamu yang sering bepergian untuk keperluan pekerjaan.

Berikut kelebihan Antler A875-76 Trolley Case 28 inch:

  • Kunci TSA combination lock
  • 4 roda yang dapat berputar 360 derajat
  • Expandable, dilengkapi resleting extra size volume
  • Material 100% polypropylene dengan double zipper

Rentang harga koper Antler: Rp2,1 juta - Rp3,5 juta

10. Briggs & Riley

Briggs & Riley Baseline Medium Expandable Spinner, photo by briggs-riley.com

Rekomendasi merk koper terbaik di tahun 2023 selanjutnya adalah Briggs & Riley. Termasuk ke dalam brand dengan kategori mewah dan premium membuat hampir setiap seri koper Briggs & Riley terbilang cukup pricey. Meski begitu, harga yang dibanderol selalu sepadan dengan kualitas yang didapat. Beragam fitur inovatif juga bisa langsung kamu rasakan ketika membeli koper dari merk kenamaan ini, salah satunya adalah sistem kompresi untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Seri koper Briggs & Riley Baseline yang terbuat dari kain nilon balistik menawarkan jaminan tahan lama serta garansi seumur hidup.

Berikut kelebihan Briggs & Riley Baseline Medium Expandable Spinner:

  • Menggunakan teknologi CX® untuk kapasitas pengepakan yang lebih banyak ruang
  • 4 buah roda dengan manuver 360 derajat yang mulus
  • Kunci TSA combination lock
  • Saku depan yang besar untuk menaruh item tambahan tanpa harus membuka zipper utama

Rentang harga koper Briggs & Riley: Rp3,5 juta - Rp10 juta

11. Elle

Elle Trolley Case Elle 51235 25 Inch, photo by Zalora

Untuk kamu dengan persona yang lebih stylish, label fashion kenamaan asal Paris, Elle, juga menghadirkan aneka koper cantik dan fungsional yang bisa jadi teman andalan untuk bepergian, lho. Hampir semua koper gubahan Elle tampil dengan desain yang modern dan tak lekang oleh waktu, juga memiliki empat roda berkarakteristik kuat yang dapat diputar ke segala arah.

Kamu bisa memilihnya berdasarkan preferensi pribadi, mulai dari ukuran dan warna yang menarik mata. Harga koper Elle berkisar antara Rp1,8 juta - Rp3 jutaan. Salah satu jenis yang paling laris di pasaran adalah Elle Trolley Case Elle 51235 25 Inch berbahan 100% polikarbonat dengan kapasitas yang dapat diperluas hingga 30%.

Berikut kelebihan Elle Trolley Case Elle 51235 25 Inch:

  • Bahan berlapis 100% polikarbonat
  • Memiliki ukuran 25 inch dan expandable hingga 30% kapasitas tambahan
  • Double coil secure zipper
  • 8 buah roda double

Rentang harga koper Elle: Rp1,8 juta - Rp3 juta

12. Airwheel

Airwheel SE3 Turbo, photo by Airwheel

Memiliki budget lebih untuk membeli sebuah koper yang cocok buat traveling sekaligus menjanjikan kepraktisan yang tinggi? Saatnya untuk beralih ke merek koper yang satu ini. Airwheel merupakan koper beroda elektrik yang dapat dikemudikan seperti layaknya scooter, dilengkapi dengan pegangan di bagian depan serta tombol pengoperasian yang memungkinkan kamu untuk bisa mengendalikan pergerakan koper.

Airwheel SE3 Turbo adalah satu dari sekian banyak jenis koper Airwheel yang paling diminati. Koper ini memiliki ukuran 24 inch dengan kapasitas 48 liter untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak. Tersedia juga baterai khusus dengan kapasitas 1980 mAh yang dapat dikendarai selama 2-3 jam penuh, kamu cukup mengisi daya selama 2 jam saja. Sementara beban maksimal koper Airwheel untuk bisa dinaiki yaitu hingga 120 kg. Jadi, perhatikan juga berat tubuhmu saat memutuskan untuk menaiki koper ini.

Berikut kelebihan Airwheel SE3 Turbo:

  • Material Koper : Shell PC+ABS dan Frame Aluminum Alloy
  • Kecepatan : up to 13 Km/jam
  • Kapasitas Baterai : 1980 mAh / 37V / 26 Wh (Type Li-ion Battery)
  • Dimensi koper : 520 x 270 x 605 mm (keseluruhan termasuk roda)

Rentang harga koper Airwheel: Rp8,5 juta - Rp10,8 juta

13. Bric’s

Bric’s X-BAG 30 inch Spinner with Frame - Geranium, photo by Bric’s

Bric’s adalah merek travel bag asal Italia yang sudah dibentuk sejak tahun 1952. Eksistensi Bric’s sudah diakui sebagai salah satu merk koper terbaik lantaran fleksibilitas dan materialnya yang dikenal kokoh. Secara otomatis, barang-barangmu pun akan terlindungi dengan aman sampai tujuan.


Spinner 30 inch dari koleksi X-TRAVEL Bric hadir dengan beragam fitur yang menjanjikan. Materialnya terbuat dari bahan nilon satin yang sangat tahan lama dan mudah dibersihkan, terdapat pula dua kantong ritsleting besar di bagian depan. Sementara lapisan interior bagian dalam mencakup dua tali pengikat pakaian yang berguna untuk mengamankan barang bawaan.

Berikut kelebihan Bric’s X-BAG 30 inch Spinner with Frame - Geranium:

  • Sistem pegangan tarik berbahan alumunium yang sangat ringan
  • Roda pemintal ganda buatan Jepang, mudah dilepas dengan penutup khusus
  • Saku ritsleting eksternal yang besar
  • Bingkai PVC berbentuk U untuk menambah stabilitas

Rentang harga koper Bric’s: Rp2,9 juta - Rp9,5 juta

14. Roaming

Roaming Koper Kabin & Bagasi A055, photo by Roaming

Jika kamu mencari koper dengan harga terjangkau yang bisa digunakan untuk traveling santai, maka Roaming bisa menjadi pilihan tepat. Ciri khas paling menonjol dari koper Roaming adalah karakteristiknya yang ringan, ringkas, dan mudah dibawa-bawa dalam berbagai situasi dan kondisi. Merek yang satu ini juga memiliki banyak sekali model premium yang trendi dengan ketahanan yang luar biasa.

Pilihan Roaming Koper Kabin & Bagasi A055 hadir dalam beragam varian ukuran dan warna.  Desainnya yang eye-catchy terbuat dari material polikarbonat. Tidak akan pecah sekalipun terbanting. Dilengkapi pula dengan kunci kombinasi ganda TSA dan putaran roda 360 derajat yang memungkinkan setiap penggunanya bisa membawa koper dengan mudah.

Berikut kelebihan Roaming Koper Kabin & Bagasi A055:

  • Bahan Polycarbonite dengan alumunium frame
  • 4 Roda berputar 360
  • Aluminium Stainless Trolly
  • TSA lock

Rentang harga koper Roaming: Rp360 ribu - Rp1,5 juta

15. Baller

Baller Check-In Hybrid Large Polycarbonate, photo by Baller

Baller menawarkan beragam koper premium berkualitas tinggi dengan material polikarbonat 100% dari teknologi Jerman. Setiap koper Baller telah melalui uji tumbling untuk memastikan bahwa koper yang kamu beli tidak akan mudah rusak dan berfungsi dengan baik. Bagian roda yang dapat berputar 360 derajat ke segala arah juga menjamin kemudahan navigasi untuk melalui berbagai tipe area dengan jarak tempuh yang panjang. Dilengkapi pula dengan pegangan di bagian atas dan samping untuk kemudahan perjalanan.

Baller Check-In Hybrid Large Polycarbonate cocok untuk kamu yang gemar melakukan traveling dalam rentang waktu perjalanan yang panjang, kira-kira selama 10 - 21 hari. Modelnya yang stylish dilengkapi dengan bumper, pegangan, dan roda yang kuat. Ada juga fitur port pengisian daya USB super cepat berkapasitas 10.000 mAh. Poin plus lainnya, seluruh koper Baller sudah terjamin garansi hingga 10 tahun.

Berikut kelebihan Baller Check-In Hybrid Large Polycarbonate:

  • Resleting Jepang YKK
  • Material luar 100% polikarbonat Jerman dan lapisan dalam yang terbuat dari 100% bahan polyester
  • Ketinggian pegangan troli yang dapat disesuaikan
  • Kunci TSA ganda

Rentang harga koper Baller: Rp3 juta - Rp16,7 juta

Demikian daftar merk koper terbaik di tahun 2023 yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli. Seluruh koper dari lini kenamaan di atas menjamin kualitas yang awet dan kokoh. Kamu hanya harus menyesuaikannya saja dengan kebutuhan untuk dapat memilih mana jenis koper dan ukuran yang paling cocok untuk diri kamu.