10 Langkah Persiapan Liburan, Supaya Makin Menyenangkan!

10 Langkah Persiapan Liburan, Supaya Makin Menyenangkan!

Siapa sih, yang nggak suka berlibur? Kegiatan ini tidak hanya mampu menjernihkan pikiran setelah lelah bekerja dan beraktivitas padat, namun juga memberi banyak pengalaman dan pengetahuan baru terhadap budaya, keindahan alam, serta ciri khas dari tempat yang dikunjungi. Apalagi, menurut riset yang dilakukan oleh European Society of Cardiology, orang-orang yang lebih sering pergi berlibur memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang yang jarang berlibur. Hal ini dikarenakan orang-orang yang lebih sering pergi berlibur memiliki tingkat stress yang lebih rendah.

Tapi, apakah kamu pernah mengalami liburan yang gagal atau tidak sesuai ekspektasi? Biasanya, fenomena ini terjadi karena persiapan liburan yang kurang sehingga kamu tidak bisa menikmati liburan secara maksimal. Nah, supaya makin bahagia dan refreshing kamu maksimal saat liburan, yuk cek beberapa langkah persiapan liburan yang sudah Cove rangkum khusus untuk kamu!

10 Persiapan Liburan yang Bisa Kamu Lakukan

Tentukan Tujuan dan Anggaran

Photo from Pexels/Karina Grabowska

Hal utama dalam persiapan liburan adalah menentukan tujuan tempat untuk liburan kamu. Karena, dengan mengetahui tempat tujuan yang dikunjungi, kamu bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Nggak cuma itu, menentukan tujuan liburan juga bisa mempermudah kamu dalam memesan tiket transportasi, memilih penginapan, dan masih banyak lagi sehingga kamu juga bisa mengatur budget yang kamu butuhkan untuk berlibur.

Buat Rencana Perjalanan

Photo from Travel & Leisure Group

Sudah menentukan kota atau negara yang kamu kunjungi? Kini, saatnya menyusun rencana perjalanan! Di langkah ini, kamu bisa memilih tanggal keberangkatan dan kepilangan yang sesuai dengan rencana kamu, aktivitas yang akan dilakukan serta objek wisata yang ingin dikunjungi, serta berapa lama kamu menginap di setiap tempat (jika kamu memutuskan untuk tinggal di lebih dari satu hotel/villa saat berlibur). Meskipun terlihat cukup rumit dan menyita waktu, tapi kegiatan ini merupakan salah satu bagian yang paling menyenangkan sebelum kamu pergi berlibur, lho.

Tiket Transportasi dan Akomodasi

Setelah menentukan tujuan liburan, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih transportasi yang akan digunakan untuk mendatangi destinasi liburan. Kamu bisa menentukan apakah akan pergi menggunakan pesawat, kereta, atau bahkan road trip yang sudah disesuaikan dengan budget dan jarak dari tempat tinggal menuju destinasi liburan. Psst..jika kamu memutuskan untuk pergi menggunakan kereta atau pesawat, pastikan kamu membeli tiket dari jauh-jauh hari supaya bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah!

Jangan lupa juga untuk booking hotel atau villa sebagai akomodasi kamu saat berlibur ya. Oh ya, buat kamu yang ingin pergi berlibur ke Bali, Cove punya rekomendasi akomodasi yang bisa jadi pilihan kamu nih, yaitu Cove Tevana!

Protokol Kesehatan

Photo from Bangkok Post

Meskipun saat ini kita sudah memasuki transisi dari pandemi ke endemi, tapi, ada baiknya jika kamu melakukan riset terkait protokol kesehatan yang diterapkan pada tempat liburan yang akan kamu kunjungi. Sebaiknya, untuk menghindari pengeluaran yang tak perlu, kamu bisa membawa masker dan hand sanitizer dari rumah, ya!

Siapkan Dokumen Perjalanan

Photo from Shutterstock

Setelah menentukan destinasi liburan kamu, hal yang perlu kamu siapkan selanjutnya adalah menyiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan, seperti KTP, Paspor, atau visa jika kamu berencana pergi ke luar negeri. Selain itu, siapkan juga salinan dokumen penting seperti tiket perjalanan, bukti reservasi akomodasi, dan identifikasi diri untuk mempermudah liburan kamu.

Siapkan Pakaian Sesuai Tempat Tujuan

Photo from CNN

Now, it’s time to pack! Setelah menentukan destinasi, membeli tiket pesawat atau kereta, kamu kini sudah bisa menyiapkan pakaian yang akan kamu gunakan saat berlibur. Sedikit tips, pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca pada tempat tujuan kamu berlibur. Bawalah pakaian tipis dan sejuk jika kamu berencana pergi ke pantai, dan sebaliknya, jika kamu memutuskan pergi ke tempat dengan suhu yang lebih dingin daripada kota asal kamu, kamu bisa membawa pakaian tebal seperti jaket, mantel, atau parka. Pastikan kamu tidak packing berlebihan, demi kenyamanan kamu saat perjalanan, ya!

Bawa Obat-obatan dan Vitamin Pribadi

Photo from Healthline

Selain memastikan untuk membawa dokumen perjalanan serta pakaian yang tepat, jangan lupa membawa obat-obatan dan vitamin pribadi. Hal ini demi menjaga kesehatanmu selama berlibur. Sebagai contoh, kamu bisa membawa obat-obatan dasar seperti pereda pusing, penurun demam, dan obat anti mual jika kamu sering mengalami mabuk perjalanan.

Bawa Kamera untuk Kamu yang Hobi Fotografi

Photo from Pexels/Freestock.org

Bagi beberapa orang, kamera smartphone saja belum cukup untuk mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan selama liburan. Jika kamu termasuk salah satunya, pastikan kamu membawa kamera supaya bisa memiliki foto berlibur yang lebih proper, ya!

Siapkan Asuransi Perjalanan

Photo from Shutterstock

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, tapi, penting banget lho, untuk memiliki asuransi perjalanan saat berlibur. Ada dua tipe asuransi yang bisa kamu miliki, yaitu Asuransi Kesehatan yang melindungi kamu dari biaya medis yang tak terduga jika kamu sakit atau mengalami kecelakaan saat liburan. Kedua, merupakan Asuransi Perjalanan yaitu perlindungan dari situasi yang tidak terduga yang dapat menyebabkan pembatalan atau penundaan perjalanan.

Periksa Kondisi Kesehatan

Photo from Kompas

Pasti kamu nggak mau kan, jatuh sakit saat liburan? Oleh karena itu, usahakan sebelum berlibur, kamu dalam keadaan yang sehat sehingga kamu bisa mengunjungi berbagai tempat dengan maksimal. Selain memeriksakan diri ke dokter, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan memiliki waktu tidur yang cukup, cukupi kebutuhan nutrisi, minum air putih yang cukup, serta olahraga ringan dengan rutin.

Yup! Itu dia 10 hal yang bisa kamu lakukan dalam persiapan liburan, demi liburan yang maksimal dan menyenangkan. Jadi, tunggu apalagi? Atur budget perjalanan kamu dan rencanakan liburan, yuk!