8 Cara Packing Baju di Koper, Efisien dan Rapi!

8 Cara Packing Baju di Koper, Efisien dan Rapi!
Cara Packing Baju di Koper, photo from CNN

Berlibur memang menyenangkan! Tapi bagi banyak orang, bagian packing baju di koper merupakan hal yang cukup membosankan, di mana kita harus memindahkan beberapa pakaian yang akan dibawa dan dikenakan saat liburan. Hal ini memang cukup sulit, nggak heran kalau banyak orang yang merasa mereka membawa pakaian yang kurang, atau justru sebaliknya, overpack. Ditambah lagi, ketentuan batas membawa koper yang biasanya sudah diatur oleh maskapai tertentu saat kita memilih berkendara menggunakan pesawat untuk liburan.

Tapi, jangan khawatir. Supaya persiapan liburan kamu menjadi menyenangkan dan mudah dilakukan, Cove telah merangkum 10 cara packing baju di koper yang efisien. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.

Cara Packing Baju di Koper

Siapkan Koper dengan Ukuran yang Sesuai

Photo from Pexels/Karina Grabowska

Langkah pertama packing baju di koper adalah dengan memiliki koper dengan bentuk serta ukuran yang sesuai untuk kamu berpergian. Misalnya, ketika kamu hanya pergi selama tidak lebih dari 7 hari, kamu bisa memilih koper kecil ukuran kabin untuk membawa baju kamu. Namun sebaliknya, jika kamu pergi dalam waktu yang cukup lama, seperti lebih dari 2 pekan, kamu bisa membawa ukuran koper yang lebih besar, jika kamu tidak bisa mencuci pakaian dan menggunakannya kembali lebih dari 3x saat berpergian.

Tips tambahan lainnya adalah dengan memilih koper yang tahan lama dan mudah diatur. Selain itu, siapkan juga barang-barang tambahan seperti tas atau kantong plastik tambahan, serta kantong untuk baju kotor.

Pilah Baju yang Akan Dibawa

Photo from Style Book

Sebelum memindahkan baju kamu ke dalam koper, ada baiknya untuk membuat list outfit atau baju yang akan kamu gunakan sebelum pergi. Rencanakan baju untuk hari pertama, ke dua, ke tiga, dan seterusnya, serta pikirkan dengan matang apakah kamu akan mengenakan baju yang sudah dipakai kembali di hari berikutnya sebelum baju benar-benar kotor. Dengan demikian, kamu bisa menghindari membawa baju berlebihan atau kurang.

Lipat Baju dengan Rapi dan Tepat

Photo from The Spruce

Sudah menentukan baju mana saja yang kamu bawa? Kini, saatnya melipat baju-baju kamu dengan tepat! Karena, melipat baju dengan rapi dan tepat adalah kunci untuk memaksimalkan ruang yang ada di koper kamu, lho. Saat melipat baju, pastikan kamu memiliki ruang yang cukup serta permukaan yang bersih sebagai alas, sehingga baju kamu tidak kotor. Lalu, mulailah dengan memilih  satu baju yang akan dilipat. Perlu diingat, jika setiap jenis baju mungkin memiliki metode lipatan yang sedikit berbeda. Berikut adalah panduan untuk melipat beberapa jenis baju yang umum:

  • Kemeja: Letakkan kemeja dengan bagian depan menghadap ke bawah. Ratakan kerutan dan lipat kemeja menjadi setengah bagian dengan meletakkan satu lengan ke atas yang lain. Lipat bagian bawah kemeja hingga pertengahan kemeja dan kemudian lipat kembali hingga mencapai bagian atas kemeja. Lakukan hal yang sama untuk lengan yang tersisa. Hasilnya harus berupa persegi panjang yang rapi.
  • Celana: Lipat celana di tengah, sehingga satu kaki berada di atas yang lain. Ratakan kerutan dan lipat celana menjadi setengah bagian dengan menyatukan sisi-sisi kaki. Lipat celana kembali menjadi setengah bagian dengan menekuk ujung celana ke atas. Hasilnya harus berupa persegi panjang yang rapi.
  • Baju Tidur atau Kaos: Letakkan baju tidur atau kaos dengan bagian depan menghadap ke bawah. Ratakan kerutan dan lipat baju menjadi setengah bagian dengan menyatukan satu lengan dengan yang lain. Lipat kembali menjadi setengah bagian dengan menekuk ujung baju ke atas. Hasilnya harus berupa persegi panjang yang rapi.

Kelompokkan Setiap Baju

Photo from Shutterstock

Kamu pernah nggak sih, merasa lupa di mana kamu menyusun baju pada koper saat berpergian? Alhasil, baju yang sudah disusun secara rapi perlu dibongkar dari awal, hanya karena kamu mencari beberapa potong baju tertentu saja. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengelompokkan baju sesuai fungsinya, misal kamu menyatukan pakaian tidur dengan pakaian tidur lainnya, kemeja serta atasan formal secara bersamaan, pakaian dalam pada satu area, dan seterusnya. Meskipun mengelompokkan kategori baju saat packing bukanlah keharusan, hal ini bisa sangat membantu dalam mempermudah pencarian, menjaga pakaian tetap teratur, dan menjaga pakaian tetap dalam kondisi yang baik selama perjalanan. Ini adalah pilihan yang bijaksana jika kamu ingin memiliki pengalaman packing yang lebih terorganisir dan efisien.

Gulung Pakaian untuk Menghemat Ruang

Photo from Shutterstock

Setelah mengelompokkan semua baju dan melipatnya dengan rapi, kini kamu bisa memasukkannya ke dalam koper secara hati-hati. Kamu bisa melipat atau menggulung baju kamu menjadi lebih kecil, untuk menghemat ruang di dalam koper. Sehingga, koper bisa memuat lebih banyak barang.

Gunakan Organizer Bag Jika Perlu

Photo from Tokopedia

Jika kamu kesulitan untuk menyusun baju secara rapi di dalam koper, maka kamu bisa menggunakan organizer bag, yaitu tas-tas atau kantong dengan berbagai ukuran untuk mengelompokkan item berdasarkan jenis, fungsi, atau kebutuhan sehingga lebih mudah menemukan barang yang kamu cari saat kamu membutuhkannya. Hal ini juga membantu menjaga keteraturan di dalam koper atau tas kamu. Nggak hanya itu, organizer back juga memberikan lapisan tambahan perlindungan untuk barang-barang kamu. Inovasi ini dapat melindungi barang-barang kamu dari benturan, goresan, atau tumpahan. Misalnya, kamu dapat menggunakan organizer bag yang terbuat dari bahan tahan air untuk melindungi barang-barang dari kelembapan atau hujan.

Dengan memiliki kompartemen dan kantong terpisah, organizer bag membantu kamu mengoptimalkan penggunaan ruang di dalam koper atau tas. Kamu dapat mengemas barang-barang secara lebih padat dan teratur, mengurangi ruang kosong, dan menghindari kerusakan atau kerutan pada pakaian dan barang-barang lainnya.

Makanya, jika kamu ada budget liburan lebih, nggak ada salahnya kok untuk mempertimbangkan membeli organizer bag supaya lebih rapi.

Kantong Kedap Udara untuk Hemat Tempat

Photo from BP Guide

Solusi lainnya untuk menghemat ruang pada koper adalah dengan menggunakan teknik vakum. Teknik vakum saat packing, juga dikenal sebagai metode kompresi udara, adalah cara efektif untuk mengurangi volume baju dan barang-barang dalam koper atau tas kamu. Metode Ini membantu menghemat ruang yang berharga dan memungkinkan kamu membawa lebih banyak barang. Caranya adalah dengan memasukkan baju pada plastik khusus, kemudian memvakumnya supaya tidak ada udara di dalam plastik.

Bawa Keperluan Pribadi dalam Travel Size

Photo from InStyle

Jika kamu perlu membawa alat-alat kosmetik juga perlengkapan mandi, usahakan untuk membawanya dalam kemasan travel sehingga tidak memakan banyak tempat. Gunakan tempat khusus untuk menyimpan kebutuhan pribadi ini, sehingga tidak berceceran dan mengotori baju yang ada di koper.

Itu dia beberapa tips packing baju di koper yang bisa kamu aplikasikan. Mudah banget, kan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera rencanakan liburan kamu!Psst..kini, Cove memiliki unit yang bisa kamu sewa harian saat liburan, yang kini tersedia di tiga kota yaitu Bali, Bandung, dan Jakarta! Asyik banget, kan?