Inilah Macam-Macam Ukuran Koper dan Cara Memilihnya!

Inilah Macam-Macam Ukuran Koper dan Cara Memilihnya!
Ukuran Koper, photo by TripZilla

Memilih ukuran koper sangat penting untuk dipertimbangkan saat kamu mau berangkat travelling atau liburan. Supaya barang bawaan kamu tidak terlalu banyak ataupun sedikit saat liburan. Mempertimbangkan ukuran koper saat liburan juga diperlukan kalau kamu mau pergi berlibur dengan pesawat. Pasalnya, ada batas maksimal saat kamu membawa koper ke dalam kabin ataupun bagasi sesuai dengan ketentuan maskapai.

Ukuran Koper Kabin Pesawat

Koper yang dapat masuk ke kabin pesawat berukuran kecil mulai dari 16 inci - 20 inci. Berikut rincian lengkapnya.

Ukuran Koper 16 Inch

Ukuran Koper 16 inch, photo by Pinterest

Koper dengan ukuran 16 inci merupakan ukuran koper terkecil yang dapat kamu pilih untuk liburan singkat. Koper ini memiliki dimensi 32x17x47 cm atau 16 inci yang dapat digunakan untuk liburan selama 1 - 3 hari. Karena ukurannya yang lumayan kecil, koper ini tentu tidak dapat memuat terlalu banyak barang. Pastikan penataan barang di koper kecil ini rapi ya agar bisa memaksimalkan space terbatas yang ada.

Ukuran Koper 18 Inch

Ukuran Koper 18 inch, photo by Luggage Factory

Ukuran koper selanjutnya kabin selanjutnya ialah 18 inci dengan dimensi 33x20x43 cm. Ukuran ini sangat cocok untuk dibawa liburan dengan durasi 3 - 5 hari kalau kamu tidak membeli bagasi pesawat. Penampilan koper berukuran 18 inci ini akan jauh lebih panjang dan lebar dibandingkan koper ukuran 16 inci. Oleh karena itu, koper ini bisa jadi alternatif pilihan kalau kamu ingin liburan dengan durasi seminggu yang dapat dimasukkan ke area kabin pesawat.

Ukuran Koper 20 Inch

Ukuran Koper 20 inch, photo by Lazada

Berukuran 34x21x53 cm alias 20 inci ini masih dapat masuk ke dalam kabin pesawat, loh! Tinggi koper berukuran 20 inci bisa diperkirakan setinggi paha orang dewasa. Muatannya pun cukup banyak untuk kamu berlibur lebih dari seminggu karena mampu menampung pakaian hingga 16 kg. Namun, kalau ingin dimasukkan ke dalam kabin pastikan berat barang bawaan kamu tidak melebihi kapasitas 7 kg ya!

Ukuran Koper Bagasi Pesawat

Koper bagasi merupakan koper berukuran besar, biasanya lebih dari 22 inci dan tidak dapat dimasukkan ke dalam kabin pesawat. Berikut adalah ukuran koper yang biasa dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Ukuran Koper 22 Inch

Ukuran koper 22 inch, photo by Samsonite

Koper pertama yang harus masuk ke dalam bagasi ialah koper dengan ukuran 22 inci. Berdimensi 28x22x58 cm, koper ini memang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran 20 inci. Ukuran koper yang satu ini cocok kamu bawa ketika ingin liburan dengan durasi lebih dari seminggu. Supaya mudah dibawa, kamu bisa pilih koper berbahan kuat tetapi punya berat ringan agar lebih awet saat digunakan.

Ukuran Koper 24 Inch

Ukuran koper 24 inch, photo by The New York Times

Koper yang punya ukuran 24 inci ini umumnya cukup banyak digunakan saat liburan karena ukurannya tidak terlalu besar dan mampu menampung banyak barang. Berat yang dapat ditampung dari koper berukuran 24 inci ini mencapai 26 kg sehingga cocok untuk dibawa liburan berdurasi 1 - 2 minggu.

Ukuran Koper 28 Inch

Ukuran koper 28 inch, photo by Tripsavvy

Kamu mencari koper dengan ukuran cukup besar untuk liburan lama? Koper berukuran 28 inci mampu menampung barang hingga 35 kg yang bisa kamu masukkan ke dalam bagasi. Ukuran koper yang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan koper liburan jauh dengan durasi lama karena muatannya yang cukup banyak. Dimensi koper berukuran 28 inci 47x32x73 cm sehingga sudah pasti perlu masuk ke dalam bagasi.

Ukuran Koper 32 Inch

Ukuran koper 32 inch, photo by Lazada

Ukuran koper terbesar buat kamu yang ingin berlibur dan bawa banyak barang bisa menggunakan koper berukuran 32 inci dengan dimensi 51x35x81 cm. Koper jumbo ini tentu dapat menampung banyak barang-barang karena muat hingga 50 kg lebih. Biasanya koper jenis ini kerap dipakai untuk liburan lama ke luar negeri.

Tips Memilih Ukuran Koper saat Travelling

1. Sesuaikan dengan Durasi Liburan

Memilih ukuran koper yang tepat saat travelling dapat dilakukan dengan menyesuaikan durasi liburan. Apabila kamu ingin liburan selama 1 - 3 hari, koper berukuran kecil seperti 16 inci sangat cocok dipilih karena tidak terlalu memberatkan. Sementara itu, jika kamu ingin liburan lama seperti ke luar negeri maka memerlukan koper dengan ukuran cukup besar seperti 28 inci atau 32 inci.

2. Periksa Bobot dan Ukuran

Bobot dan ukuran mempengaruhi pemilihan koper kamu saat liburan. Jangan sampai bobot dan ukuran koper kamu melebihi kebutuhan kabin sehingga mengakibatkan kamu harus keluar biaya lebih untuk membeli bagasi. Oleh karena itu, ada baiknya punya lebih dari 1 ukuran koper agar bisa menyesuaikan perjalanan.

3. Pilih Bahan Softcase atau Hardcase

Saat ini, koper punya dua bahan berbeda yang dapat kamu pertimbangkan, yakni softcase dan hardcase. Koper softcase terbuat dari kain pada permukaan luarnya, lebih ringan, tetapi sedikit ringkih apabila digunakan untuk perjalanan jauh. Sementara itu, koper hardcase punya bahan lebih bervariasi seperti polycarbonate, polypropylene, atau ABS. Kekuatannya lebih tahan banting apabila dibandingkan dengan koper berbahan softcase.

Nah, itulah dia beberapa ukuran koper yang dapat kamu pertimbangkan saat liburan. Tidak perlu kebingungan lagi dalam memilih koper yang tepat. Jangan lupa untuk selalu sesuaikan ukuran koper dengan durasi liburan dan jauhnya perjalanan supaya travelling semakin tenang.