Ketahui 6 Manfaat Area Komunal yang ada di Coliving

Ketahui 6 Manfaat Area Komunal yang ada di Coliving
Manfaat Area Komunal, photo by Cove

Tinggal di kost kadang bikin kamu merasa kesepian dan tidak punya teman ngobrol. Namun berbeda jika kamu tinggal di kost yang punya konsep tinggal ala coliving. Konsep coliving ini membantu kamu mencari atau menciptakan komunitas baru di tempat tinggal. Biasanya, coliving menyediakan area komunal yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan penghuni lain. Gak cuma itu, sederet manfaat area komunal di coliving masih sangat banyak dan akan dibahas lewat artikel Cove satu ini. Keep scrolling!

Apa itu Area Komunal?

Area Komunal Cove Laguna, photo by Cove

Beberapa orang sangat membutuhkan ruang di mana mereka bisa berinteraksi dengan orang lain. Karena itu penting banget punya area komunal mumpuni di area tempat tinggal kamu sehingga bisa bebas berinteraksi dengan siapapun. Tapi apa, sih, area komunal itu? Ruang komunal atau area komunal adalah tempat untuk melakukan aktivitas bersama, berkumpul, bersosialisasi, dan berinteraksi antar penghuni. Manfaat area komunal ini pun bisa dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

Area komunal mampu menampung kegiatan yang bisa digunakan dalam lingkup komunitas. Di ruang publik, contoh area komunal yang biasa kamu lihat seperti taman yang ada di Jakarta, perpustakaan, atau area lain yang bisa menciptakan interaksi sosial. Sementara itu, di dalam lingkup tempat tinggal, area komunal ini seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, area santai, dan sebagainya. Hadirnya area komunal berfungsi untuk memenuhi kebutuhan akan ruang sosial yang sangat berpengaruh pada kehidupan kita saat ini.

6 Manfaat area Komunal

Memiliki area komunal di tempat tinggalmu sangat menyenangkan karena punya banyak manfaat bagi kamu yang sukanya bersosialisasi dengan para penghuni lain. Cek di bawah ini buat tau manfaat area komunal di dalam hunian.

1. Menumbuhkan Sense of Community

Menumbuhkan Sense of Community, photo by Cove

Berada di tempat yang sama dengan orang lain memungkinkan kamu memiliki sense of community. Arti dari sense of community adalah perasaan psikologis yang dimiliki oleh sekelompok orang sebagai rasa saling berbagi tanggung jawab karena menjadi bagian dari suatu kelompok, sehingga seseorang dapat bergantung dan berkontribusi.

Konsep tersebut juga diterapkan dalam hunian coliving yang memiliki area komunal. Manfaat area komunal itu bisa menumbuhkan sense of community, di mana para penghuni merasa saling berbagi tanggung jawab untuk menciptakan kenyamanan kepada penghuni lainnya dengan cara saling berinteraksi satu sama lain ketika berada di ruangan yang sama.

2. Memperluas Networking

Memperluas Networking, photo by Cove

Kost yang tidak memiliki area komunal membuat para penghuninya saling mengisolasi diri di kamar masing-masing. Hal ini tentu berbeda dengan kost yang memiliki area komunal seperti coliving dari Cove. Masing-masing unit propertinya mempunyai ruang khusus untuk penghuni berinteraksi baik di area lounge, ruang tamu, ataupun ruang makan. Kamu bisa saling berkenalan dan memperluas networking. Di area komunal juga kamu bisa menemukan orang-orang yang punya latar belakang atau hobi yang sama.

3. Ruang Diskusi dan Berbagi Ide

Ruang Diskusi dan Berbagi Ide, photo by Cove

Bagaimana kalau kamu menemukan orang baru dengan latar belakang, hobi, dan kesukaan yang sama? Tentu saja jadi punya banyak bahan obrolan ketika bertemu orang tersebut. Nah, begitupun ketika kamu tinggal di coliving yang punya area komunal. Karena dibuat untuk digunakan bersama, area komunal jadi spot favorit para penghuni untuk berdiskusi dan berbagi ide mereka masing-masing. Jadi, kamu lebih punya banyak perspektif atas pemikiran yang kamu berikan karena punya teman diskusi.

4. Tempat berkumpul dan bersantai

Tempat Berkumpul dan Bersantai, photo by Cove

Area komunal secara umum berada di luar kamar tidur. Tentu saja tempat ini jadi pilihan spot berkumpul atau bersantai bareng dengan penghuni lainnya. Kamu bisa menonton tv, curhat, bersantai, bermain board games, ataupun cari keseruan lain yang bisa dilakukan bersama-sama. Dengan sering berkumpul di area komunal, kamu juga dapat menciptakan bonding antar penghuni, loh!

5. Sebagai area olahraga

Berolahraga Bersama di Komunal Area, photo by Cove

Berolahraga di area komunal bareng dengan teman lainnya bisa menciptakan semangat baru. Ini juga jadi salah satu manfaat area komunal yang ada di hunian coliving. Tempatnya yang cukup luas dapat digunakan untuk berolahraga santai. Selain itu, olahraga di area komunal bareng teman menciptakan suasana yang berbeda dibandingkan kamu berolahraga di kamar sendirian.

6. Spot Instagramable

Spot Instagramable Area Komunal Cove Laguna, photo by Cove

Bukan cuma jadi tempat untuk membangun networking, area kumpul, ataupun berdiskusi bareng teman. Masih ada manfaat area komunal lainnya yang pasti digemari oleh kamu pecinta spot foto cantik. Karena di desain senyaman mungkin, ruang komunal punya penataan ruangan ciamik sampai-sampai bisa dijadikan tempat foto instagramable yang bisa kamu masukkan ke feed Instagram. Apalagi kalau hunian coliving dari Cove yang punya tema berbeda, desainnya unik dan bikin nyaman. Kalau dimasukkan ke sosial media dijamin keren, deh!

Itu dia manfaat area komunal yang ada di hunian tinggal sementara seperti coliving. Kamu bisa menemukan ruangan komunal yang estetik juga instagramable untuk berkumpul dengan penghuni lainnya. Sangat menyenangkan bukan bisa tinggal di tempat yang ada ruang komunalnya? Cove punya puluhan hunian dengan area komunal aesthetic nan instagramable buat jadi tempat hangout kamu.