Coliving: Pengertian, Manfaat & Bedanya dengan Kost Biasa

Coliving adalah konsep hunian bersama yang memungkinkan penghuninya untuk berbagi area pribadi dan umum, sehingga dapat menghemat biaya dan membentuk komunitas.

Coliving: Pengertian, Manfaat & Bedanya dengan Kost Biasa
Coliving Cove Prima, photo by Cove

Sebagian besar orang mungkin sudah mengenal istilah kost sebagai tempat tinggal sementara. Nyatanya, ada juga loh istilah lain dalam hunian sementara, yakni hunian dengan konsep coliving. Konsep coliving sebagai tempat tinggal jauh lebih nyaman dibandingkan dengan kost pada umumnya. Walaupun konsep ini belum tersebar secara merata di Indonesia, tetapi tinggal ala coliving sudah banyak diterapkan di kota-kota besar, contohnya ialah Jakarta.

Konsep tinggal ala coliving ini sangat cocok bagi kamu para profesional muda dengan mobilitas harian yang tinggi. Apalagi konsep coliving ini telah disesuaikan dengan karakter milenials atau young professional yang bebas, fleksibel, serta anti repot. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan konsep tinggal ala coliving bisa simak penjelasan lebih lanjutnya lewat artikel Cove ini. Keep scrolling!

Apa Itu Konsep Hunian Coliving?

Lounge Area Cove Birah, photo by Cove

Kalau kamu pernah mendengar soal coworking space, sebenarnya konsep dari coliving sedikit mirip. Pada coworking space, kamu akan berbagi ruang kerja bersama orang lain. Nah, untuk coliving kamu akan berbagi tempat tinggal dengan penghuni lain.

Menurut Wikipedia, coliving adalah istilah yang merujuk pada hunian berbasis komunitas. Coliving sendiri merupakan singkatan dari communal living. Di mana para penghuninya memiliki area pribadi seperti kamar sebagai privasi, serta area yang bisa digunakan bersama dengan penghuni lainnya.

Bagi kamu yang butuh tempat tinggal dengan tingkatan sosialisasi tinggi, coliving bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan apartemen, tinggal di coliving akan memberikan kamu ruang untuk membentuk komunitas. Kamu dapat berinteraksi sesama penghuni, bertukar pendapat, bahkan terdapat event antar penghuni yang dapat meningkatkan bonding. Hal semacam ini tentu tidak akan kamu dapatkan ketika tinggal di apartemen orang-orangnya memiliki karakteristik individualis. Jadi, skill sosial kamu tetap terjaga meski hidup merantau atau tinggal sendiri.

Baca Juga: 10 Co living di Jakarta yang Aesthetic dan Nyaman

Manfaat Tinggal di Coliving

Berbeda dengan tinggal di kos atau apartemen, saat kamu memilih coliving sebagai hunian sementara terdapat sederet manfaat yang bisa kamu rasakan. Lihat manfaatnya berikut ini yuk!

Fasilitas Lengkap

Fasilitas Kolam Renang Cove Birah, photo by Cove

Bukan tanpa alasan, keunggulan dari coliving terlihat lewat fasilitas yang telah tersedia. Rata-rata coliving memberikan fasilitas lengkap untuk mendukung kenyamanan dan kebutuhan para penghuni.

Sebut saja beberapa fasilitas yang tersedia pada unit coliving dari Cove, seperti gym untuk berolahraga. Kemudian, kolam renang untuk berolahraga sekaligus bersantai. Unit Cove pun memiliki dapur yang lengkap dengan alat memasak, microwave, kulkas, dispenser. Nah, selain untuk memenuhi kebutuhan penghuni, fasilitas semacam ini tersedia di coliving juga bertujuan untuk meningkatkan interaksi antar penghuni.

Keuntungan lainnya, ketika kamu tinggal di coliving fasilitas semacam itu bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya tambahan. Sangat menarik bukan? Fasilitas ala apartemen dalam coliving dan semuanya dapat kamu gunakan secara gratis!

Area Komunal

Communal Area Cove Hillcrest, photo by Cove

Saat tinggal di coliving kamu akan dengan mudah berinteraksi dengan penghuni lain. Salah satunya karena ada area komunal sebagai tempat kamu bertemu penghuni lain. Jadi, area komunal ini dapat kamu manfaatkan untuk berinteraksi dan bersosialisasi.

Eits, bukan hanya itu, di area komunal ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas bersama. Sebagai contoh, kamu dapat menonton TV, bermain game, sampai dengan mengerjakan pekerjaan bersama. Seru kan?

Adanya area ini membuat privasi kamu di kamar tetap terjaga. Sehingga, kamu tetap dengan nyaman bercerita serta berbagi pengalaman. Lewat area komunal ini kamu bisa juga, loh, memperluas networking, terutama apabila punya latar belakang serta interest yang sama. Pokoknya asyik, deh!

Membangun Komunitas

Membangun Komunitas, photo by Cove

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, coliving merupakan singkatan dari community living. Di mana kamu tinggal dan membentuk komunitas antar sesama penghuni. Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan tinggal di coliving sekaligus untuk membangun komunitas berdasarkan minat yang sama. Dengan begitu, kamu jadi memiliki banyak kegiatan di luar bekerja. Aktivitas pun akan lebih bervariasi dan tidak membosankan.

Mengasah Skill Sosial

Bersosialisasi, photo by Cove

Ternyata tinggal di coliving bisa mengasah berbagai skills, loh! Kok bisa? Yap. Saat tinggal di coliving kamu akan berada satu atap dengan penghuni lain. Notabenenya, penghuni lain merupakan orang-orang dengan latar belakang berbeda yang kemungkinan besar tidak kamu kenal sebelumnya. Nah, dengan bertemu banyak orang tersebut kamu bisa mengasah social skills kamu. Lebih mudah untuk mendapatkan teman ketika kamu tinggal di coliving karena kemampuan bersosialisasi yang sudah terasah dengan baik.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Coliving Jakarta Pusat dengan Lokasi Strategis

Perbedaan Coliving dan Kost Biasa

Setelah mengenal sedikit mengenai konsep coliving, mungkin kamu akan berpikir tak ada bedanya tinggal di coliving dan kost pada umumnya. Eits, jangan salah! Coliving memiliki banyak keunggulan apabila kamu bandingkan dengan kost biasa. Cek perbedaan keduanya berikut ini. Bisa kamu jadikan pertimbangan juga loh untuk memilih hunian yang sesuai dengan karakteristikmu!

Durasi Sewa Lebih Fleksibel

Cove Hillcrest, photo by Cove

Tinggal di coliving jauh lebih fleksibel apabila kamu bandingkan dengan kost biasa. Coliving tidak mematok minimal sewa. Kamu bisa menyesuaikan durasi sewa dengan budget sesuai kebutuhan. Banyak coliving yang menyediakan sewa mulai dari mingguan, bulanan, atau harian. Bahkan, unit Cove Hillcrest menyediakan sewa coliving harian. Cocok untukmu yang ingin mencoba experience tinggal di coliving.

Kamar Fully Furnished

Kamar Fully Furnished, photo by Cove

Pada umumnya, kost biasa hanya menyediakan kamar kosong bagi para penghuni yang akan menempati kamar. Hal semacam ini tentu akan menyulitkan calon penghuni karena perlu pindahan dan membawa banyak barang terlebih dahulu. Berbeda dengan coliving, kamar sudah tersedia secara fully furnished beserta fasilitas eksklusif di dalamnya.

Kamar di hunian coliving sudah termasuk kasur, lemari, TV, AC, meja kerja, hingga perabot tambahan lain sepertu kulkas mini ataupun dapur. Tak hanya itu, furnitur full furnished dari coliving menggunakan kualitas terbaik. Kebanyakan furniturnya senada dengan desain kamar sehingga tidak mengganggu estetika. Kamu hanya perlu membawa baju saat ingin pindah ke hunian coliving. Praktis dan anti ribet!

Ada Community Manager

Community Manager, photo by Cove

Community manager siap membantu kamu dalam hal apapun saat tinggal di coliving. Siapa, sih, community manager itu? Jadi, community manager adalah seorang pengurus hunian coliving yang akan memastikan tiap-tiap penghuni mendapatkan kenyamanan tinggal secara maksimal.

Di kost biasa kamu mungkin akan menemukan pengurus atau ibu kost yang jarang berinteraksi denganmu. Namun, tidak dengan saat kamu tinggal di coliving. Community manager akan cukup sering berinteraksi denganmu agar kamu merasakan pengalaman tinggal terbaik. Tanggung jawab community manager pun termasuk untuk menggelar berbagai event di area coliving yang dapat mempererat interaksi antar penghuni. Beberapa event yang biasa diadakan seperti, networking ataupun game night. Setiap event yang diadakan community manager pastinya sangat seru!

Keamanan Terjaga

Keamanan Terjaga, photo by Cove

Kamu suka was-was ketika tinggal di tempat baru? Kost pada umumnya rawan dengan aksi kejahatan, yakni pencurian. Salah satu penyebab utama ialah karena keamanan tidak terjaga sepenuhnya. Namun, kamu bisa melepaskan kekhawatiran tersebut jauh-jauh saat memilih tinggal di coliving. Ini karena coliving menjamin keamanan kamu dan barangmu selama 24 jam penuh setiap harinya.

Setiap unit coliving dari Cove sudah dilengkapi dengan CCTV. Setiap sudutnya sudah dipastikan terpantau kamera agar lebih aman. Kemudian, sebagian besar unitnya memiliki fasilitas smart door lock system yang hanya bisa diakses oleh penghuni. Tinggal di Cove dijamin aman, deh!

Pembersihan Kamar Gratis

Kamar Bersih Terjaga, photo by Cove

Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, membersihkan kamar secara rutin bisa jadi hal yang memusingkan. Kalau tinggal di coliving, kmau tidak perlu repot untuk membersihkan kamar karena semuanya bisa kamu dapatkan secara gratis. Cove menyediakan fasilitas pembersihan kamar secara rutin untuk para penghuninya. Setiap kamar pun dibersihkan secara menyeluruh, loh!

Selain pembersihan kamar, kamu pun bisa menggunakan fasilitas laundry. Jadi, bisa menghemat waktu dan tenaga. Fasilitas seperti ini tidak kamu dapatkan di kost biasa. Waktunya bisa kamu pakai untuk aktivitas lain seperti me time.

Desain Estetik

Desain Cove Uma Terra, photo by Cove

Desain bisa menambah kenyamanan tinggal. Setuju? Yap. Di coliving setiap aspek bangunan dan ruangannya sudah di desain sedemikian rupa agar terlihat cantik dan estetik. Kamu bisa temukan hunian coliving dengan desain homey, industrial, minimalis, modern, hingga bergaya Eropa di Cove.

Lewat berbagai desain tersebut tentu bisa memanjakan mata kamu. Namun, ada fungsi lain dari setiap sudut yang sudah didesain dengan ciamik. Kamu bisa jadikan desain tersebut sebagai spot Instagramable yang dapat mempercantik akun social media milikmu. Pokoknya, seluruh desain unit Cove sangat Instagramable di setiap sudutnya. Bikin nyaman dan senang para penghuni, deh!

Nah, kamu sudah tahu kan mengenai apa itu konsep coliving dalam hunian sementara? Tentu saja konsep tinggal ala coliving ini sangat cocok bagi kamu para young professional yang membutuhkan tempat tinggal dengan fasilitas lengkap, tetapi fleksibel. Apalagi berbagai unit coliving Cove menyediakan fasilitas lengkap hingga aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Hunian pun sudah pasti nyaman dan tidak akan mengecewakanmu!

Kamu bisa pilih berbagai unit Cove yang tersebar di area Jakarta, Tangerang, dan Depok. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan lokasi, budget, serta kebutuhan harianmu. Tertarik untuk tinggal di hunian keren dan nyaman seperti Cove? Kamu bisa cek area, harga, dan tipe kamar yang tersedia lewat website resmi Cove pada laman Cove Listings. Jangan sampai kehabisan, booking kamar Cove favoritmu lewat website Cove atau Whatsapp Sales Cove Indonesia. Pindah ke Cove sekarang, yuk!



Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!