Cara Menentukan Lokasi Tempat Tinggal Biar Aman dan Nyaman

Cara Menentukan Lokasi Tempat Tinggal Biar Aman dan Nyaman
Cara Menentukan Lokasi Tempat Tinggal, photo by nypost.com

Kamu yang saat ini sedang mencari tempat tinggal pastinya sudah tidak sabar untuk menemukan tempat tinggal ideal. Tapi sebelum memulai, penting agar kamu mempertimbangkan lokasi agar bisa menempati hunian yang aman dan nyaman.

Salah satu alasan mengapa lokasi sangat penting dalam menentukan tempat tinggal adalah karena kamu membutuhkan akses yang dekat ke fasilitas dan pilihan transportasi. Artinya, kamu harus mencari tempat tinggal yang lokasinya relatif dekat dengan restoran, perbelanjaan, hiburan, dan sebagainya. Untuk info selengkapnya, yuk simak artikel berikut!

Cara Menentukan Lokasi Tempat Tinggal

1. Lokasi Strategis

Lokasi Strategis, photo by bvarta.com

Kebanyakan orang menentukan tempat tinggal berdasarkan kesukaan terhadap tempat tinggal yang ditawarkan. Padahal, memperhatikan strategis atau tidaknya lokasi tempat tinggal tidak boleh dilewatkan karena kamu nggak bisa mengubah letak tempat tinggal yang sudah dipilih. Karenanya, pastikan kamu mencari tempat tinggal yang berlokasi strategis, ya.

Sebuah tempat tinggal dikatakan memiliki lokasi yang strategis apabila memenuhi beberapa faktor seperti jarak tempat tinggal ke pusat transportasi dekat, lingkungan sekitar aman dan nyaman, dan sebagainya.

2. Akses Jalan

Akses Jalan, photo by swov.nl

Saat menentukan lokasi tempat tinggal, penting juga untuk memperhatikan akses jalan agar kamu dapat menuju dan keluar dari area hunian dengan mudah. Jika sebuah tempat tinggal tidak memiliki akses jalan, itu berarti tidak ada jalan umum yang terhubung ke tempat tinggalmu.

Selain itu, ada pula beberapa kondisi akses jalan yang tidak memadai seperti jalan berlubang atau bahkan belum dibangun. Pastikan kamu memperhatikan detail akses jalan yang tersedia akan tidak mobilitasmu tidak terhambat ke depannya.

3. Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang Disediakan, photo by www.pcworld.com

Cara menentukan lokasi tempat tinggal selanjutnya adalah memperhatikan fasilitas yang disediakan. Kamu mungkin perlu mencari tempat tinggal yang memberikan beberapa fasilitas penunjang seperti WiFi, security, area parkir, dan sebagainya.

Cari tahu juga apakah tempat tinggal yang sedang kamu incar menawarkan fasilitas terdekat seperti supermarket, pusat perbelanjaan, taman bermain, hingga restoran. Pikirkan tentang fasilitas apa yang paling penting bagi kamu untuk menentukan lokasi tempat tinggal yang sesuai kebutuhan.

4. Keamanan

Keamanan, photo by www.redpanicbutton.com

Keamanan merupakan faktor yang sangat penting saat menentukan tempat tinggal, khususnya bagi kamu yang tinggal sendiri. Beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan untuk menilai aman tidaknya suatu lokasi tempat tinggal termasuk rendahnya angka kejahatan di area sekitar tempat tinggal, adanya petugas keamanan, serta lampu jalan yang memadai.

Tentu saja, ada banyak cara lain untuk menentukan keamanan suatu lingkungan. Percaya saja dengan instingmu. Jika perasaanmu sudah enak terhadap suatu lingkungan tempat tinggal, teruslah mencari lingkungan yang membuat kamu merasa aman.

5. Dekat dengan Tempat Bekerja

Akses dan Waktu Perjalanan, photo by www.openaccessgovernment.org

Jarak antara tempat kamu bekerja dengan tempat tinggal merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan, terutama jika kamu ingin perjalanan singkat dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Jika mengemudi sendiri bukanlah suatu pilihan, atau ingin kamu hindari, pertimbangkan opsi tempat tinggal yang dekat dengan transportasi seperti bus atau kereta.

6. Akses ke Area Hijau

Akses ke Area Hijau, photo by www.greenamerica.org

Apakah kamu ingin akses mudah ke taman, ruang hijau, dan alam? Banyak orang mencari tempat tinggal yang menawarkan akses ke area hijau sehingga ini harus menjadi pertimbangan saat menentukan lokasi tempat tinggal pilihan. Area tempat tinggal dengan akses ke area hijau sangat bagus untuk menghilangkan stres, berolahraga, dan menghabiskan waktu menikmati cuaca luar.

7. Kualitas Udara

Kualitas Udara, photo by img.jakpost.net

Polusi udara masih menjadi masalah utama yang melanda dunia. Faktanya, paparan kualitas udara yang rendah secara konsisten dapat berdampak signifikan pada kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Lokasi tempat tinggal di, atau sangat dekat dengan, jalan utama dan jalan raya yang sangat sibuk hampir pasti memiliki kualitas udara yang jauh lebih rendah. Ini menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan jika kamu ingin beristirahat nyaman dengan kualitas udara yang lebih segar.

8. Bebas Banjir

Bebas Banjir, photo by awsimages.detik.net.id

Khususnya kamu yang sedang mencari lokasi tempat tinggal di Jakarta, penting untuk mencari lokasi yang bebas banjir. Wilayah DKI Jakarta mempunyai 78 titik rawan banjir, terutama di area yang padat penduduk seperti di Penjaringan, Pluit, Kelapa Gading, Pulogadung, Sawah Besar, Koja, Cakung, Pancoran, Jatinegara dan Cilincing. Temukanlah lokasi tempat tinggal yang bebas banjir agar rutinitas sehari-hari nggak terganggu.

Dengan memperhatikan beberapa cara menentukan lokasi tempat tinggal di atas, kamu bisa tinggal di hunian yang aman dan nyaman. Hope it helps!