8 Ciri Khas Bali, Mulai dari Makanan hingga Budaya!

8 Ciri Khas Bali, Mulai dari Makanan hingga Budaya!
Ciri Khas Bali, photo from Klook

Bali memang merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Nggak heran, pulau yang berseberangan dengan Banyuwangi ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang untuk pergi berlibur.

Banyak yang bilang, momen-momen berlibur di Bali terasa sulit dilupakan. Sebenarnya, apa saja sih ciri khas Bali, sehingga menjadikan pulau ini tempat favorit bagi banyak orang?

Yuk baca artikel ini hingga habis, untuk mengetahui berbagai ciri khas dari Pulau Bali!

Pura

Pura Bali, photo from Kabar Dewata

Salah satu ciri khas yang sangat mencolok dari Bali adalah keberadaan pura-pura atau kuil Hindu yang tersebar di seluruh pulau. Pura-pura ini, merupakan pusat kehidupan spiritual, sosial, dan budaya masyarakat Bali. Umumnya, setiap desa di Bali memiliki setidaknya satu pura sebagai tempat ibadah komunal. Namun, ada juga pura-pura besar yang menjadi tujuan wisata dan tempat pemujaan yang terkenal, seperti Pura Besakih, Pura Tanah Lot, dan Pura Uluwatu. Pura-pura ini juga sering digunakan sebagai latar belakang dalam berbagai kegiatan seni, tarian, dan musik tradisional Bali.

Arsitektur pura Bali memiliki gaya yang unik dan khas. Mereka didominasi oleh bentuk dan ornamen yang rumit dan dihiasi dengan ukiran kayu yang indah. Bahan utama yang digunakan dalam konstruksi pura adalah batu vulkanik hitam yang disebut "paras." Hal ini memberikan kesan kuat dan kokoh pada struktur bangunan.

Selain arsitektur yang menarik, pura-pura Bali juga dikenal dengan pintu gerbang atau gapura yang megah dan kompleks. Gapura-gapura ini umumnya terbuat dari batu corak dan dihiasi dengan ukiran yang halus.

Keberadaan pura-pura di Pulau Bali memberikan atmosfer religius dan spiritual yang khas. Dengan keberadaan pura-pura yang begitu melimpah, Bali menawarkan pengalaman spiritual yang unik bagi wisatawan, sambil memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya dan kehidupan agama masyarakat Bali.

Tari Kecak

Tari Kecak, photo from Detik

Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional Bali yang sangat terkenal dan menjadi salah satu ciri khas yang paling menonjol dari Pulau Bali. Tarian ini terkenal dengan paduan vokal yang menggambarkan suara "cak" yang dilakukan oleh sekelompok pria yang duduk melingkar.

Awalnya, Tari Kecak dikembangkan pada tahun 1930-an oleh seorang seniman asal Jerman bernama Walter Spies dan seniman Bali bernama Wayan Limbak. Tarian ini terinspirasi dari ritual keagamaan tradisional di desa-desa Bali dan juga cerita epik Hindu, khususnya cerita Ramayana. Tarian ini memiliki alur cerita yang menggambarkan fragmen cerita Ramayana, yaitu kisah tentang Rama, Sinta, dan tokoh-tokoh lainnya. Para penari yang berjumlah puluhan atau bahkan ratusan duduk melingkar membentuk formasi seperti arena, sementara pemimpin kelompok duduk di tengah-tengah. Mereka menyanyikan suara "cak" yang berirama, sambil mengangkat tangan dan melakukan gerakan tertentu. Tarian ini mengekspresikan adegan-adegan penting dan pertempuran dari cerita Ramayana dengan gerakan-gerakan dinamis dan energik.

Pantai yang Indah

Pantai di Bali, photo from Klook

Pulau Bali terkenal dengan pantainya yang menakjubkan dan menjadi salah satu ciri khas yang paling menonjol. Pesona pantai-pantai di Bali mencakup keindahan pasir putih, air laut yang jernih, ombak yang indah, dan panorama alam yang menakjubkan.

Tidak hanya pantainya yang indah, perairan di Bali juga menjadi tempat tinggal banyak spesies laut seperti manta, lumba-lumba, hingga paus yang muncul di beberapa musim. Selain menikmati keindahan alamnya, pantai-pantai di Bali juga menawarkan berbagai aktivitas yang seru. Wisatawan dapat berenang, berselancar, snorkeling, menyelam, jet ski, parasailing, atau hanya bersantai di tepi pantai dan menikmati sinar matahari. Ada juga banyak kafe, bar, dan restoran tepi pantai yang menawarkan hidangan lezat dan minuman segar.

Oh ya, pantai-pantai di Bali juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dengan warna-warni yang memukau, lho! Kamu bisa datang ke pantai di daerah Kuta, Seminyak, Jimbaran, dan Uluwatu untuk menikmati matahari terbenam.

Upacara Adat Ngaben

Upacara Ngaben, photo from GoTravella

Upacara adat Ngaben merupakan salah satu upacara kematian yang sangat penting dan menjadi salah satu ciri khas dari Pulau Bali. Ngaben adalah upacara pembakaran jenazah yang diadakan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang meninggal dan untuk membebaskan rohnya menuju alam yang lebih baik.Ngaben bukan hanya sebuah upacara pemakaman, tetapi juga merupakan momen penting dalam kehidupan masyarakat Bali. Upacara ini melibatkan partisipasi luas dari keluarga, tetangga, dan komunitas lokal. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada kerabat yang telah meninggal.

Nyepi

Nyepi di Bali, photo from Okezone

Nyepi adalah perayaan Tahun Baru Saka dalam kalender Bali dan menjadi salah satu ciri khas yang paling menonjol dari Pulau Bali. Nyepi adalah hari raya yang unik di mana seluruh aktivitas di Bali dihentikan, termasuk pekerjaan, hiburan, dan transportasi.

Nyepi dirayakan selama satu hari penuh, dimulai dari tengah malam hingga malam hari berikutnya. Selama periode ini, orang-orang Bali dilarang untuk melakukan kegiatan apapun yang dapat mengganggu ketenangan, termasuk bepergian, menyalakan lampu, menggunakan elektronik, dan berkomunikasi dengan suara keras. Bahkan bandara, pelabuhan, dan jalan-jalan utama ditutup selama Nyepi.

Sebelum Nyepi, ritual Melasti akan dilakukan sebagai prosesi pembersihan dan penyucian. Masyarakat Bali akan membawa patung dewa dan persembahan ke laut atau sumber air untuk membersihkan diri secara fisik dan spiritual. Ritual ini melambangkan upaya membersihkan segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan memohon keberkahan untuk Tahun Baru.

Ayam Betutu

Ayam Betutu, photo from Okezone

Ayam Betutu adalah salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Pulau Bali. Makanan ini terdiri dari ayam yang dimasak dengan bumbu khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang atau direbus dengan api kecil.

Ayam Betutu dibuat dengan menggunakan ayam utuh yang telah dimasak dengan bumbu khas Bali. Bumbu utama yang digunakan meliputi rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, dan daun jeruk. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan menjadi pasta dan kemudian diaduk dengan minyak kelapa untuk menciptakan bumbu yang kaya dan beraroma.

Pakaian Adat

Pakaian Adat Bali, photo from Gramedia

Pulau Bali memiliki beragam pakaian adat yang menjadi ciri khas budaya dan identitas masyarakat Bali. Dua di antaranya adalah kebaya bali,  salah satu pakaian adat wanita yang paling terkenal di Bali. Kebaya Bali terdiri dari blus transparan yang dipadukan dengan kain sarung atau kain batik yang disebut "kain jarik" atau "kain cepuk." Kebaya Bali biasanya dihiasi dengan tenunan khas Bali dan bordiran yang rumit dan indah. Kedua, yaitu udeng, ikat kepala tradisional yang digunakan oleh pria Bali. Udeng terbuat dari kain yang diikat dengan teknik khusus untuk membentuk bentuk yang khas. Udeng sering digunakan dalam berbagai upacara adat, seperti upacara pernikahan, dan merupakan simbol kejantanan dan status sosial.

Musik Bali

Alat Musik Bali, photo from LinkAja

Musik Bali merupakan salah satu ciri khas yang sangat penting dari Pulau Bali. Musik ini memiliki gaya unik, instrumen tradisional yang khas, serta keberagaman jenis musik dan tarian yang terkait dengannya. Salah satu alat musik di Bali yang terkenal adalh gamelan, ansambel musik yang terdiri dari berbagai jenis instrumen perkusi dan metal, seperti gong, kendang, saron, gong kebyar, gender wayang, dan lain-lain. Gamelan digunakan sebagai pengiring dalam berbagai upacara keagamaan, tarian, dan pertunjukan seni di Bali. Suara gamelan yang kaya, dinamis, dan ritmis menciptakan suasana yang unik dan khas dalam musik Bali.

Itu dia 8 ciri khas Bali yang bisa kamu ketahui. Pulau cantik nan unik ini memiliki begitu banyak keindahan alam serta budaya yang masih kental, sehingga menjadi tempat favorit banyak orang untuk pergi berlibur. Yuk, rencanakan liburan kamu ke Pulau Bali!