3 Lampu Merah Terlama di Bandung, Bisa Denger Lagu 1 Album!

3 Lampu Merah Terlama di Bandung, Bisa Denger Lagu 1 Album!
Photo from VOI

Saat berlibur ke Bandung, tentu kamu melewati banyak jalanan dengan pertigaan atau perempatan lengkap dengan lampu lalu lintas atau kerap disebut lampu merah. Namun siapa sangka, dengan keindahan alam dan udara sejuknya, ternyata Kota Bandung menjadi salah satu tempat yang memiliki lampu merah dengan durasi terlama. Di mana saja? Intip fakta lengkapnya lewat artikel ini!

Lampu Merah Soekarno Hatta - Tol Pasir Koja

Photo from Kompas

Lampu merah terlama di Bandung yang pertama terletak di Jl. Soekarno Hatta, jalan raya terpanjang yang ada di kota Bandung. Jalan terpanjang ini menghubungkan banyak area, dari bagian barat hingga timur, salah satunya arah pintu masuk tol Pasir Koja.

Saat berada di jalan ini, kamu perlu menunggu lampu merah selama 120 detik atau 2 menit. Pasalnya, selain kamu perlu menunggu lama, lampu merah di sini bisa dibilang cukup membosankan, hal ini karena cuaca yang cukup panas serta di sisi persimpangan, hanya ada kendaraan besar seperti truk dan tronton, serta sederetan toko besi. Kalau ke sini, bisa dengerin lagu favorit sampe 3 kali putar, nih!

Lampu Merah Dago - Dipatiukur

Photo from Radar Bandung

Selanjutnya, ada lampu merah yang berada di Dago - Dipatiukur, dengan durasi lampu merah sekitar 200 detik atau sekitar 3 menit. Ada beberapa hal yang menjadikan area ini memiliki durasi lampu merah yang cukup lama, pertama karena area ini menjadi kawasan kampus pendidikan (terdapat beberapa kampus seperti Universitas Padjadjaran, UNIKOM Bandung, serta Institut Teknologi Bandung), serta terakhir banyaknya area wisata/tempat makan seperti cafe Instagramable hingga beberapa spot foto di sekitar Dago yang seringkali didatangi oleh wisatawan.

Sama seperti lampu merah di Jl. Soekarno Hatta, lamanya lampu merah di sini dikarenakan padatnya volume kendaraan dari arah Dago dan Jl. Siliwangi.

Lampu Merah Soekarno Hatta - Kiaracondong - Ibrahim Adjie

Photo from Bandung Smart City

Terakhir, ada lampu merah yang berada di Jl. Soekarno Hatta - Kiaracondong yang memiliki durasi terlama. Saat berkendara di jalan ini, kamu perlu menyiapkan waktu selama 12 menit atau 720 detik untuk menunggu lampu merah berubah menjadi warna hijau. Namun, berbanding terbalik dengan durasi lampu merahnya, durasi lampu hijau hanya 97 detik atau sekitar 1,37 menit. Hal ini dikarenakan banyaknya persimpangan yang menghubungkan 3 jalan. Saking lamanya, banyak penjual makanan yang berkeliaran di tengah jalan, lho. Wah, lama banget ya? Nggak heran kalau lampu merah di Jl. Soekarno Hatta ini dijuluki sebagai lampu merah terlama di Indonesia.

Namun ternyata, hal ini sudah dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bandung lho, yang menyatakan bahwa durasi lampu merah sudah sesuai dengan hasil survey berdasarkan volume dan aktivitas kendaraan.

Well, itu dia 3 lampu merah terlama di Bandung. Meskipun demikian, jangan sampai hal ini menghalangi kamu untuk liburan ke Bandung, ya! Karena di luar beberapa jalan yang memiliki lampu merah dengan durasi lama, Bandung memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi mulai dari wisata malam, air terjun, hingga pusat oleh-oleh yang beragam!  Psst..gak mau kena macet? Kamu bisa kok pergi ke Bandung naik kereta!