7 Macam-Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya

7 Macam-Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya
Macam-macam Gaya Renang, photo from Shutterstock

Olahraga renang menjadi salah satu olahraga yang digemari karena memiliki beberapa kelebihan dan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa alasan mengapa olahraga renang digemari antara lain adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, serta dapat dilakukan oleh semua usia. Nah, karena manfaatnya yang begitu banyak, olahraga renang menjadi salah satu olahraga yang populer dan digemari oleh banyak orang. Selain itu, olahraga renang juga dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti di kolam renang, pantai, dan sungai, sehingga dapat dijadikan pilihan alternatif untuk olahraga yang menyenangkan dan menyegarkan.

Jika kamu sedang belajar bagaimana cara berenang atau ingin meningkatkan skill berenang kamu, yuk intip macam-macam gaya renang yang bisa kamu lakukan beserta cara melakukannya!

Macam-macam Gaya Renang

Gaya Bebas (Freestyle)

Gaya bebas merupakan gaya renang yang paling umum dan paling banyak digunakan. Pada gaya bebas, perenang berenang dengan posisi menghadap ke bawah dan memutar lengan secara bergantian untuk menggerakkan tubuh di dalam air. Langkah-langkah untuk melakukan gaya bebas adalah:

Cara berenang dengan gaya bebas:

  1. Posisikan tubuh dalam posisi menghadap ke bawah dengan wajah di dalam air dan tangan diletakkan di depan kepala.
  2. Gerakkan tangan secara bergantian dengan posisi siku lurus dan jari-jari terbuka.
  3. Ayunkan lengan ke belakang dengan kekuatan yang cukup dan dorong tubuh ke depan.
  4. Gerakkan kaki dalam posisi lurus dengan melakukan tendangan gaya katak secara bergantian.

Gaya Dada (Breaststroke)

Gaya dada merupakan gaya renang yang paling mudah dipelajari dan paling umum digunakan pada perlombaan renang. Pada gaya dada, kamu kan berenang dengan posisi menghadap ke bawah dan menggerakkan lengan serta kaki secara bergantian dengan gerakan seperti katak. Langkah-langkah untuk melakukan gaya dada adalah:

Cara berenang dengan gaya dada:

  1. Posisikan tubuh dalam posisi menghadap ke bawah dengan wajah di dalam air dan lengan ditekuk di depan dada.
  2. Gerakkan kedua lengan secara bersamaan dengan membuka dan menutup di depan dada.
  3. Saat kedua lengan mulai ditekuk, dorongkan kedua kaki dengan gerakan seperti tendangan katak.
  4. Saat kaki sudah terbuka lebar, rapatkan kembali kedua kaki dan tekan ke dalam air.

Gaya Punggung (Backstroke)

Gaya punggung merupakan gaya renang yang juga populer dan sering digunakan pada perlombaan renang. Jika kamu memilih berenang dengan gaya punggung, kamu akan berenang dengan posisi menghadap ke atas dan menggerakkan lengan serta kaki secara bergantian dengan gerakan seperti kupu-kupu.

Cara berenang dengan gaya punggung:

  1. Posisikan tubuh dalam posisi menghadap ke atas dengan wajah ke atas dan lengan diletakkan di samping tubuh.
  2. Gerakkan lengan secara bergantian dengan posisi siku lurus dan jari-jari terbuka.
  3. Gerakkan kaki dengan melakukan tendangan gaya kupu-kupu secara bergantian.
  4. Tarik kedua kaki ke arah bokong dan dorong tubuh ke depan.

Gaya Kupu-kupu (Butterfly Stroke)

Gaya kupu-kupu merupakan salah satu teknik atau gaya renang yang paling sulit dan membutuhkan kekuatan dan teknik yang baik. Pada gaya kupu-kupu, kamu perlu berenang dengan posisi menghadap ke bawah dan menggerakkan lengan serta kaki secara bergantian dengan gerakan yang mirip dengan sayap kupu-kupu yang terbuka dan tertutup.

Cara berenang dengan gaya kupu-kupu:

  1. Posisi awal

Posisikan tubuh dalam posisi menghadap ke bawah dengan wajah di dalam air dan tangan diletakkan di depan kepala, dengan telapak tangan yang saling menempel dan kedua jari-jari membentuk bentuk segitiga. Pastikan tubuh diatur dalam posisi yang rileks dan lurus.

2. Tendangan dada

Saat kedua tangan mulai ditekuk, buat dorongan dengan kedua kaki. Kaki direnggangkan dan diputar ke arah luar, kemudian dirapatkan kembali ke arah tengah dengan tenaga yang kuat.

3. Ayunan tangan

Kedua tangan mulai bergerak ke bawah secara bersamaan dan menyentuh air di bawah dada. Kemudian, kedua tangan diayunkan ke belakang dan diikuti dengan gerakan tubuh yang melengkung, sehingga tubuh terangkat sedikit dari permukaan air. Pada saat yang sama, kaki ditekuk ke dalam dan disilangkan di belakang tubuh.

4. Tendangan kaki

Saat kedua tangan sudah berada di bawah, kaki melakukan tendangan dengan gerakan seperti katak. Kaki direnggangkan dan diputar ke arah luar, kemudian diikuti dengan gerakan merapatkan kembali kaki ke arah tengah dengan tenaga yang kuat.

5. Tarikan tangan

Ketika kedua kaki sudah mulai bergerak, kedua tangan mulai menarik air ke arah kepala dengan gerakan yang kuat. Pada saat yang sama, kepala ditekuk ke atas untuk mengambil nafas. Kedua tangan kemudian kembali ke posisi awal, dengan gerakan melempar air ke samping.

6. Gerakan ulang

Langkah-langkah di atas dilakukan secara bergantian dan berkesinambungan sampai kamu mencapai garis finish. Oh ya, kamu juga perlu mengatur napas dengan baik, dengan mengambil napas setiap kali kepala menghadap ke atas dan melepaskan nafas setiap kali kepala menghadap ke bawah.

Gaya Samping

Well, gaya ini memang tidak umum digunakan dalam perlombaan, melainkan gaya yang dilakukan untuk keadaan darurat dengan lebih mengutamakan efisiensi energi tubuh.

Cara berenang dengan gaya samping

  1. Posisikan tubuh secara miring, dan gunakan satu sisi tubuh pada satu waktu.
  2. Posisikan lengan mengikuti sisi tubuh yang digunakan.
  3. Ayunkan kaki seperti gunting dengan berulang-ulang, dengan tangan diletakkan lurus di depan.

Gaya Anjing

Renang Gaya Anjing,  photo from Olahraganesia

Sama seperti namanya, gaya renang yang satu ini menyerupai anjing yang sedang berenang di dalam air. Gaya anjing juga merupakan pilihan yang baik untuk perenang pemula karena mudah dipelajari dan dapat dilakukan di kolam renang atau di air terbuka.

Cara berenang dengan gaya anjing:

  1. Posisikan kepala di atas air.
  2. Buat gerakan mengayuh pada kaki dan tangan.
  3. Lakukan secara berulang hingga mencapai garis finish.

Gaya Trudgen

Renang Gaya Trudgen,  photo from Surfresearch

Gaya trudgen dalam renang merupakan pengembangan dari gaya bebas, dengan memposisikan kaki di dalam air yang menyerupai gunting.

Cara Berenang dengan Gaya Trudgen:

  1. Posisikan kedua tangan secara horizontal
  2. Buat gerakan kaki secara horizontal, seiring dengan pergerakan kaki, tarik satu lengan ke arah atas air.
  3. Lakukan secara berulang hingga mencapai garis finish.

Yup, itu dia tujuh macam-macam gaya renang yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan skill berenang kamu. Namun tetap ingat, sebelum berenang, lakukan pemanasan terlebih dahulu dan lakukan pendinginan setelah berenang, ya!