9 Lokasi Lumpia Basah Bandung Paling Terkenal Beserta Harga

9 Lokasi Lumpia Basah Bandung Paling Terkenal Beserta Harga
Lumpia Basah Bandung, photo by Kompas

Jajanan street food di Indonesia memang tak tertandingi, termasuk buat rasa street food khas Kota Kembang, Bandung. Selain seblak, Bandung punya jajanan lain yang sama terkenalnya, yakni lumpia basah. Berbeda dengan lumpia basah khas Semarang, lumpia basah Bandung memiliki isian bengkuang, oncom, dan tauge. Kemudian, kulit lumpia dari lumpia basah Bandung tidak digoreng, tetapi dijadikan bungkus dan dibaluri dengan gula merah kental.

Beberapa lumpia basah Bandung bahkan memiliki varian topping tambahan seperti sosis, bakso, keju, dan lain-lain. Kalau sedang berada di Bandung, kamu wajib coba jajanan khas ini. Beberapa lumpia basah Bandung pun sudah terkenal dan melegenda, berikut rekomendasinya!

Lokasi Lumpia Basah Bandung Terkenal

1. Lumpia Mang Wawan

Lumpia Mang Wawan, photo by Travelling Yuk

Lumpia basah legendaris di Bandung wajib kamu coba salah satunya dari Mang Wawan. Yup, dijajakan secara tradisional menggunakan grobak, Lumpia Mang Wawan sangat laris dikunjungi pembeli. Mang Wawan sendiri sudah berjualan sejak tahun 1994. Kalau secara umum lumpia basah menggunakan bengkuang, tauge, dan oncom. Ciri khas dari lumpia basah Mang Wawan ialah tambahan topping tahu di dalamnya.

Sistem berjualan Mang Wawan ini dilakukan dengan cara berkeliling. Kamu bisa coba mencari Lumpia Mang Wawan dengan menelusuri beberapa titik kawasan di Jalan Pagarsih - Jalan Sudirman - Kelenteng - Kebon Jati, hingga biasanya pada sore hari mangkal di Jalan ABC.

Alamat: Jalan ABC Bandung, Braga, Sumurbandung, Bandung City, West Java 40111
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

2. Lumpia Basah BPK 5

Lumpia Basah BPK 5, photo by PingPoint

Alumni atau murid SMP Badan Pendidikan Kristen (BPK) 5 Bandung pasti sudah familiar dengan lumpia basah satu ini. Bagaimana tidak, Lumpia Basah BPK 5 Bandung sudah ada sejak tahun 1983 sampai sekarang melegenda.

Perpaduan rasa manis, asin, dan gurih dari Lumpia Basah BPK 5 sangat menggugah selera. Cita rasa khas ini merupakan hasil dari campuran bawang putih, bawang merah, serta lada. Ketika membeli Lumpia Basah BPK 5, kamu bisa langsung melihat proses pembuatannya. Mulai dari memasak telur orak-arik, sampai menata isian lumpia basah ke dalam kulit lumpia. Selain lumpia basah, jajanan khas di sekitar sekolah BPK 5 Bandung pun punya variasi lumpia kering. Cocok untuk kamu yang menyukai rasa gurih kriuk serta pedas cabai sebagai tambahannya.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 638, SD 6 BPK Penabur, Wr. Muncang, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat 40183
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Harga: Mulai dari Rp6.000 per porsi

3. Lumpia Basah Rai & Raka

Lumpia Basah Rai & Raka, photo by Tribun Jabar

Hampir sama seperti dua lumpia basah sebelumnya, rekomendasi lumpia basah Bandung berikut ini juga dikatakan legendaris. Lumpia Basah Rai & Raka berdiri sejak 1992 di Jalan Burangrang, tepatnya di depan SMA BPI Bandung.

Lumpia Basah Rai & Raka menawarkan beragam varian spesial, seperti isian ayam, tahu, telur, hingga sayur. Banyaknya varian ini cocok untuk kamu yang mengincar isian lumpia basah dengan lebih variatif. Meskipun isinya beragam, harga lumpia basah Rai & Raka ini masih masuk ke dalam kategori affordable mulai dari Rp10.000 aja, loh!

Alamat: Jl. Burangrang No.8, Burangrang, Lengkong, Bandung City, West Java 40262
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 18.00)
Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

4. Lumpia Basah ITB

Lumpia Basah ITB, photo by Aswin and Alila Food Journey

Kalau kamu adalah mahasiswa ITB atau sedang berada di sekitar kampus ITB, wajib banget menjajal jajanan legendaris satu ini. Lokasi Lumpia Basah ITB tepat di depan gerbang kampus top tier Indonesia ini. Isian dari Lumpia Basah ITB terkenal banyak dan tersedia dalam beberapa pilihan, gak heran kalau street food ini digandrungi para mahasiswa, bahkan sampai wisatawan dari luar kota. Isian lumpia basahnya terdiri atas sosis, kornet, ayam, serta sayur. Dari segi harga, tentunya jajanan di dekat kampus termasuk ramah kantong. Jadi, jangan khawatir ya!

Alamat: Jalan Ganesha No 10, Kota Bandung
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 19.00)
Harga: Mulai dari Rp8.000 per porsi

5. Lumpia Basah Lovers

Lumpia Basah Lovers, photo by TripZilla

Namanya saja sudah “Lumpia Basah Lovers” tentu saja pemiliknya menunjuk langsung para pecinta lumpia basah untuk menikmati menu yang disajikan. Bukan hanya itu, di Lumpia Basah Lovers kamu bisa mencicipi kwetiau sebagai isiannya. Adanya kwetiau dalam menu Lumpia Basah Lovers ini ditujukan sebagai pengganti dari manisan bengkuang. Ditambah ada isian lain yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, seperti sosis, kornet, bakso, ati ampela, kerupuk, dan ayam.

Di samping membelinya secara langsung, Lumpia Basah Lovers pun tersedia di platform ojek online. Kamu tak perlu repot datang langsung dan mengantre, cukup order melalui platform tersebut dan tunggu lumpia basah diantarkan.

Alamat: Jl. Cigadung Raya Timur No.61, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 21.00)
Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

6. Lumpia Basah Kekinian Juned

Lumpia Basah Kekinian Juned, photo by Tukang Review

Jajanan tradisional yang dibuat dengan versi kekinian ada di Lumpia Basah Kekinian Juned. Dibuat dengan mengadaptasi topping makanan masa kini, lumpia basah Bandung satu ini punya rasa berbeda. Walaupun bahan dasarnya berupa manisan bengkuang, tauge, oncom, dan telur, menu di Lumpia Basah Kekinian Juned menawarkan pilihan topping beragam yang tidak kamu temukan di tempat lain.

Mencampurkan isian lumpia basah dengan topping kikil, keju, beef, seafood, sampai dengan teriyaki bisa dilakukan di Lumpia Basah Kekinian Juned. Tentu saja semakin banyak topping akan menambah citarasa jadi lebih unik. Soal harga kamu tidak perlu khawatir karena masih dikatakan terjangkau mulai dari Rp10.000 untuk street food di Bandung.

Alamat: Foodcourt Gokil Jl. Kliningan No. B9, Buah Batu, Bandung
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 20.00)
Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

7. Lumpia Basah BPI Seuhah “Legend”

Lumpia Basah Seuhah, photo by Grabfood

Lagi-lagi Bandung punya daftar tambahan dari lumpia basah legendaris. Lumpia basah ini terletak di seberang BPI Bandung dan di depan restoran Juru Sambal. Rasanya sangat gurih dengan isian tauge, telur, bengkuang, dan tahu. Kamu pun bisa menambah topping spesial seperti bakso, ayam, dan ati ampela. Lumpia basah satu ini sudah menjadi favorit masyarakat sejak bertahun-tahun lamanya. Nah, kamu sendiri mau coba gak lumpia legend yang ini?

Alamat: Jl. Burangrang No.5, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 19.00)
Harga: Mulai dari Rp10.000 per porsi

8. Lumpia Basah Djoeragan

Lumpia Basah Djoeragan, photo by Menu Kuliner

Cari lumpia basah yang bisa dibeli lewat ojek online? Ada Lumpia Basah Djoeragan, nih di kawasan Sekeloa, Bandung. Harganya terjangkau dengan pilihan topping beragam. Rasanya yang lezat membuat Lumpia Basah Djoeragan sering banget diserbu sama pembeli.

Buat kamu yang ingin mencoba lumpia basah versi berbeda, di Lumpia Basah Djoeragan ini menyediakan topping katsu, loh! Kalau makan lumpia basah dengan katsu, dijamin mengenyangkan banget, deh. Kalau mau makin kenyang, kamu bisa tambahkan nasi. Jadi, deh, lumpia basah sebagai lauk ala anak kost.

Selain lumpia basah, di tempat ini ada jajanan manis, yakni banana crispy dan banana roll. Bisa jadi pilihan makanan penutup yang memanjakan lidah setelah kamu selesai makan pedas. Gak cuma itu, ada juga varian minuman yang bisa sekaligus kamu order. Penasaran mau coba?

Alamat: TOSERBA YOGYA, Jl. Ciumbuleuit No.5, Hegarmanah, Cidadap, Bandung City, West Java 40141
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Harga: Mulai dari Rp7.000 per porsi

9. Lumpia Basah Legend Seberang Unpar Ciumbuleuit

Lumpia Basah Unpar, photo by Merdeka.com

Bukan cuma ITB yang punya penjual lumpia basah legendaris, Universitas Parahyangan pun memiliki penjual lumpia basah ternama. Hampir sama seperti ITB, lumpia basah ini juga menggunakan identitas kampus. Oleh karena itu, lebih dikenal dengan lumpia basah Unpar.

Lokasinya berada tepat di seberang kampus Unpar, sekaligus membuat harga lumpia basah satu ini ramah di kantong. Harga dari lumpia basah Unpar Ciumbuleuit ini dibanderol mulai dari Rp7.000 aja, kok! Terjangkau banget kan?

Alamat: Jl. Tubagus Ismail Dalam No.51, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 19.00)
Harga: Mulai dari Rp7.000 per porsi

Itulah dia 9 lokasi lumpia basah Bandung yang paling terkenal dan legendaris. Rasanya sudah pasti perpaduan antara manis, asin, gurih, pedas dengan topping isian beragam yang bisa kamu pilih sesuai selera. Pilihanmu jatuh ke lumpia basah legendaris mana, nih?


Kost Eksklusif Nyaman dan Lengkap di Bandung

Bukan hanya di Jabodetabek, kini Cove sudah hadir di Bandung. Cove Bandung menyediakan kost eksklusif dengan tingkat kenyamanan tinggi dan fasilitas lengkap. Tak hanya itu, Cove Bandung pun menawarkan lokasi strategis dari tiap-tiap propertinya sehingga memudahkan kamu beraktifitas sehari-hari. Nah, buat fasilitasnya sendiri terdiri atas kamar fully furnished dengan TV, AC, hingga area kerja spacious. Ditambah desain ciamik yang dibuat sedemikian rupa untuk menambah kenyamanan ruang kamar.

Harga mulai dari Rp1,6 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove di Bandung