Hutan Kota GBK: Lokasi, Akses, dan Rekomendasi Aktivitas Seru Kekinian

Hutan Kota GBK: Lokasi, Akses, dan Rekomendasi Aktivitas Seru Kekinian
Hutan Kota GBK, photo by The Phrase

Piknik dapat menjadi pilihan aktivitas seru untuk berakhir pekan bareng teman atau keluarga. Kalau di Jakarta bisa piknik di mana ya? Nah, Hutan Kota GBK bisa jadi pilihanmu. Semenjak pandemi beberapa tahun terakhir, nama Hutan Kota GBK cukup menjadi perbincangan untuk aktivitas piknik kekinian, nih. Lokasinya yang berada di tengah kota sangat mudah untuk dijangkau siapapun menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Hamparan rumput hijau pun bikin aktivitas kamu di Hutan Kota GBK ini bak di luar negeri. Penasaran kan ingin tahu informasi lebih lanjut soal Hutan Kota GBK? Baca terus kelanjutan artikel ini, ya!

Lokasi Hutan Kota GBK

Seperti namanya, Hutan Kota GBK ini berada di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.  Tepatnya berada satu area dengan restoran Hutan Kota by Plataran. Kamu yang ingin menikmati aktivitas seru di Hutan Kota GBK perlu mengikuti jam operasional yang telah ditentukan.

Jam Operasional Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK buka dalam 2 sesi dari hari Selasa – Minggu.

  • Sesi pagi, kamu bisa piknik mulai dari pukul 06.00 – 10.00.
  • Sesi sore, hanya berlaku dari pukul 15.00 – 18.00.

Harga Tiket Hutan Kota GBK

Kalau masuk ke Hutan Kota GBK kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal harga tiket, karena fasilitas ini bisa dinikmati secara gratis.

Kost Jakarta Pusat - 92 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Pusat - Sewa kost bulanan di Jakarta Pusat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

Akses ke Hutan Kota GBK

Tempat ini bisa dikatakan aksesibel karena kamu bisa datang menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Kendaraan umum yang dapat kamu gunakan pun cukup bervariasi, ada MRT dan Transjakarta.

Naik MRT ke Hutan Kota GBK

Bagi kamu yang menggunakan MRT untuk datang ke Hutan Kota GBK, kamu bisa turun di Stasiun Istora Mandiri. Kemudian, berjalan kaki kurang lebih 5 menit melalui Pintu 7 GBK untuk sampai ke Hutan Kota GBK.

Naik Transjakarta ke Hutan Kota GBK

Bagi pengguna Transjakarta, kamu bisa turun di halte Gelora Bung Karno dan berjalan kaki selama 5 menit untuk sampai ke Hutan Kota GBK melewati Pintu 7 GBK.

Naik Kendaraan Pribadi ke Hutan Kota GBK

Bagaimana yang ingin naik kendaraan pribadi? Eits, tenang aja, karena di area GBK tersedia lahan parkir yang cukup luas. Mobil bisa parkir di beberapa area seperti, Parkir Selatan GBK, Pintu Kuning, Stadion Akuatik, dan Helipad.

Sementara itu, kamu yang membawa kendaraan roda dua bisa parkir di Stadion Akuatik dan Helipad. Jangan lupa siapkan uang elektronik untuk membayar parkir di GBK ya, karena area parkir GBK sudah menggunakan sistem cashless.

Fasilitas Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK memiliki beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan kamu dalam beraktivitas di area ini. Dengan lahan seluas 4 hektare, terdapat fasilitas seperti jogging track, area kolam ikan, bangku taman, toilet, serta ruang ganti. Sangat lengkap bukan? Kamu pun bisa mencicipi beberapa makanan yang dijajakan di foodcourt terdekat.

Rekomendasi Aktivitas Seru di Hutan Kota GBK

Tidak hanya untuk piknik, ketika datang ke Hutan Kota GBK banyak aktivitas seru yang bisa kamu jalankan, loh!  Cove bisa kasih kamu beberapa rekomendasi seperti berikut ini!

Piknik

Piknik di Hutan Kota GBK, photo by Investor.id

Salah satu kegiatan refreshing sederhana yang bisa kamu lakukan ialah piknik. Nah, hamparan rumput di Hutan Kota GBK cocok banget untuk jadi destinasi piknik kamu. Sebelum piknik, kamu bisa menyiapkan tikar kecil dari rumah untuk dijadikan alas duduk agar baju tidak kotor.! Ajak teman atau keluarga untuk piknik lebih seru. Jangan lupa juga untuk membawa makanan serta minuman favoritmu ya.

Jogging

Area Jogging Hutan Kota, photo by theAsianParent

Berolahraga di Hutan Kota GBK? Bisa banget, loh! Kalau kamu bosan berolahraga di area Stadion GBK, kamu bisa pilih hutan kota ini sebagai spot olahraga baru. Pasalnya, Hutan Kota GBK menyediakan fasilitas area jogging track yang memang di desain khusus untuk berlari. Jadi, kamu bisa dapat suasana baru dengan berolahraga sambal melihat orang-orang berkumpul, deh!

Melihat Pemandangan Gedung Tinggi

Gedung Tinggi sekitar GBK, photo by IDN Times

Area ini memang dekat dengan gedung-gedung pencakar langit karena berada di pusat kota. Saat sore, aktivitas melihat pemandangan gedung ini bisa kamu lakukan, loh! Terlebih ketika lampu-lampu gedung mulai nyala. Kamu dapat lihat gedung-gedung ikonik di SCBD, perkantoran, atau hotel. Bisa dijadikan objek foto juga, loh!

Me Time

Me Time di Taman, photo by DAAI TV

Mencari tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu sendiri? Mampir aja ke hutan kota. Meski cukup ramai, kamu tidak perlu takut untuk me time di sini. Aktivitas me time ini lebih cocok dilakukan saat sore hari karena matahari yang tidak terlalu terik. Kamu bisa membaca buku, mendengarkan lagu, melukis, atau sekadar bersantai sambil menikmati suasana sejuk dari hutan kota ini. Sudah terbayang akan keseruannya?

Photoshoot Kekinian

Photoshoot Kekinian, photo by Plataran

Hutan kota sangat mendukung aktivitas satu ini. Mulai dari suasana hingga latar belakang area sekitar. Gak jarang orang memanfaatkan lokasi hutan kota sebagai tempat untuk melakukan photoshoot kekinian. Nah, aktivitas ini sangat seru kalau dilakukan bersama teman-teman kamu. Dress up dengan pakaian terbaik sambil berpose seperti sedang di taman luar negeri. Eits, bukan hanya itu, kamu bisa manfaatkan gedung-gedung tinggi sebagai latar belakang foto kamu. Setelahnya, kamu bisa upload foto keren ke sosial media milikmu, deh!

Makan di Restaurant Plataran

Hutan Kota by Plataran, photo by Dewi

Masih berada di area yang sama, kamu bisa loh makan cantik di restoran Hutan Kota by Plataran. Experience fine dining dari restoran satu ini pun akan sangat terasa karena tempatnya besar dan mewah. Ditambah kamu bisa merasakan udara dan suasana sejuk lewat desain yang asri dari Hutan Kota by Plataran ini.

Area makan di restoran satu ini pun terbagi atas tiga tempat berbeda, yakni Plataran Tiga Dari, Kaca Melati, dan Pidari Lounge. Masing-masingnya memiliki konsep yang berbeda. Namun, secara keseluruhan restoran Hutan Kota by Plataran ini menyajikan menu makanan Nusantara, Asian, hingga Western.

Nah, itulah dia informasi seputar Hutan Kota GBK serta aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Jadi, tidak perlu pergi jauh untuk piknik di Kawasan asri di tengah kota Jakarta. Kamu cukup datang ke Hutan Kota GBK menggunakan kendaraan umum atau pribadi, membawa perlengkapan, serta nikmati suasananya. Di samping Hutan Kota GBK, terdapat rekomendasi taman di Jakarta lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk. Kira-kira aktivitas apa nih yang ingin kamu lakukan saat berkunjung ke Hutan Kota GBK?