12 Tempat Piknik di Jakarta yang Seru untuk Dikunjungi

12 Tempat Piknik di Jakarta yang Seru untuk Dikunjungi
Ini dia 12 tempat piknik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi! (Photo by food.detik.com)

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tentu memiliki banyak hal yang menarik. Kota yang menjadi tempat orang-orang mencari pekerjaan hingga pusat pemerintahan. Di balik kesibukannya, ternyata ada banyak tempat piknik di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari taman outdoor, bangunan bersejarah, tempat bermain, hingga kawasan konservasi. Kalau kamu ingin merasakan piknik, namun tidak ada waktu pergi ke luar kota, beberapa tempat piknik di Jakarta ini bisa menjadi opsi yang layak untuk dikunjungi. Ini dia 12 rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga!

Kawasan Kota Tua

Kawasan Kota Tua, Photo by traveloka.com

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu tempat piknik di Jakarta yang sudah sangat populer. Di sini ada banyak sekali gedung bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dulu. Suasananya pun terasa sangat klasik. Di sini ada beberapa museum yang bisa dikunjungi, seperti museum Bank Indonesia dan Museum Sejarah Jakarta. Ada pula beberapa  cafe yang memiliki tema zaman dulu seperti Cafe Batavia. Tidak hanya itu, di sekitar Kota Tua juga banyak bangunan bersejarah lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu suka piknik dengan nuansa sejarah, Kota Tua bisa menjadi destinasi yang tepat.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara Nomer 27, RT 07/ RW 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Taman Hutan Kota GBK

Taman Hutan Kota GBK, Photo by rumah.com

Selanjutnya, bagi kamu yang senang piknik outdoor, taman yang satu ini bisa menjadi opsi tempat piknik di Jakarta yang layak untuk dikunjungi. Taman Hutan Kota GBK menjadi kawasan hijau di antara gedung-gedung pencakar langit. Dengan lapangan rumput yang luas dan pepohonan di sekitarnya menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat. Kamu bisa duduk-duduk di sekitar taman sambil menikmati pemandangan gedung pencakar langit. Akan lebih enak jika piknik dilakukan di sore hari.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, Photo by megapolitan.kompas.com

Masih berhubungan dengan taman dan tempat piknik di Jakarta yang outdoor, Tebet Eco Park juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Tebet Eco Park memang baru dibuka, namun antusiasme masyarakat untuk berkunjung ternyata cukup tinggi. Dengan visi connecting people with nature, Tebet Eco Park memang dibuat untuk menjadi sarana interaksi, edukasi, serta rekreasi untuk masyarakat. Terletak di daerah Tebet Timur, Jakarta Selatan. Hal yang menjadi ikon dari taman ini adalah jembatan orange yang menghubungkan sisi utara dan selatan taman.

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Pantai PIK 2

Pantai PIK 2, Photo by kompas.com

Beralih dari taman, kali ini tempat piknik di Jakarta yang bisa dikunjungi adalah pantai. Pantai Indah Kapuk 2 memberikan pemandangan laut yang indah serta pasir putih yang hangat. Pasti sangat seru untuk jadi tujuan piknik bersama keluarga atau teman. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati pantai. Di sini juga tersedia jogging track untuk kamu yang senang berolahraga. Selain itu, ada juga tempat untuk bersepeda sambil menikmati suasana laut.

Alamat: Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara

Taman Menteng Jakarta

Taman Menteng, Photo by traveloka.com

Kembali lagi ke rekomendasi taman, kali ini Taman Menteng bisa menjadi rekomendasi yang bagus. Di sini banyak spot foto bagi kamu yang senang berfoto. Ada juga rumah kaca yang menambah keindahan taman. Penataan taman yang sangat bagus dan rapi membuat Taman Menteng sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat. Tempatnya pun sangat strategis, yaitu berada di wilayah Jakarta Pusat.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki, Photo by inews.id

Bagi kamu yang senang dengan kesenian dan kebudayaan, Taman Ismail Marzuki bisa menjadi tempat piknik yang sangat menyenangkan. Terletak di daerah Cikini dan mudah diakses dengan berbagai kendaraan umum. Biasanya ada berbagai acara kesenian yang bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga. Di sini juga ada perpustakaan umum yang menarik untuk dikunjungi. Untuk mengikuti acara kesenian di Taman Ismail Marzuki, pastikan kamu sudah mencari tahu informasinya terlebih dahulu, ya!

Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Taman Suropati

Taman Suropati, Photo by backpakerjakarta.com

Rekomendasi taman sebagai tempat piknik di Jakarta seakan tidak ada habisnya, kali ini Taman Suropati juga sangat bagus untuk dikunjungi. Taman ini berada di tengah kota, yaitu di sekitar Menteng, Jakarta Pusat. Suasananya sangat bersih, nyaman, dan asri. Tidak heran jika banyak yang mengunjungi Taman Suropati. Biasanya banyak komunitas yang berkumpul meramaikan taman ini. Jika beruntung, kamu bisa menikmati penampilan musik dari komunitas yang berkumpul. Ada pula fasilitas lain seperti kolam, bangku taman, hingga wifi gratis.

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Taman Piknik Satria Mandala

Taman Piknik Satria Mandala, Photo by travelingyuk.com

Tempat piknik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah taman Satria Mandala. Taman ini termasuk ke dalam area Museum Satria Mandala. Dari taman ini, kamu bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit dan transportasi udara militer. Pengelolaannya sangat baik. Jika ingin piknik di taman ini, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove, Photo by sikidang.com

Kalau kamu ingin berwisata alam dengan sedikit berbeda dari taman-taman di tengah kota, kamu bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove yang terletak di wilayah Utara Jakarta ini. Di sini kamu bisa menikmati hutan bakau yang merupakan lokasi konservasi. Beberapa kegiatan menarik di Taman Wisata Alam Mangrove ini adalah mengamati burung, wisata air, dan tentu saja bersantai. Suasananya sangat sejuk dan menyegarkan, membuat kamu tidak akan bosan berada di sini.

Alamat: Kamal Muara, Penjaringan, North Jakarta City, Jakarta 14470

Monumen Nasional

Monumen Nasional, photo by travel.kompas.com

Selanjutnya, siapa yang tidak tahu ikon kota Jakarta ini? Monumen Nasional atau Monas juga bisa menjadi tempat yang menarik untuk piknik. Apalagi kalau kamu berasal dari luar Jakarta, pasti jarang melihat Monas. Selain bisa piknik menikmati pemandangan di sekitar Monas, kamu juga bisa belajar sejarah dengan memasuki Monas. Di sana terdapat diorama sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kamu juga bisa naik ke puncak tugu Monas kalau ingin melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Alamat: Gambir, Jakarta Pusat

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, Photo by rumah.com

Bergeser ke wilayah Jakarta Timur, terdapat tempat piknik di Jakarta yang legendaris, yaitu Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Di sini, kamu bisa menikmati wisata budaya seperti melihat bangunan rumah adat, taman terbuka, dan berbagai objek wisata menarik lainnya. Sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini juga terdapat Snowbay Waterpark, Istana Anak, Taman Legenda Keong Mas, Kereta Layang, Kereta Api Mini, Skyworld TMII, 3 Tematik Flora dan Fauna, dan lain-lain.

Alamat: JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia

Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol

Dunia Fantasi Ancol, Photo by viva.co.id

Terakhir, rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang banyak dikunjungi masyarakat adalah Dunia Fantasi atau Dufan. Tempat ini juga cukup legendaris karena sudah dibangun sejak tahun 1985. Sampai sekarang masih menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin berlibur. Terdapat lebih dari 30 wahana yang bisa kamu coba, mulai dari wahana ekstrem sampai wahana yang memberikan nuansa fantasi.

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Nah, itulah 12 tempat piknik di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Ternyata, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk bisa healing dan melepas penat. Di Jakarta pun banyak tempat yang bagus untuk piknik. Gimana? Tertarik mengunjungi tempat-tempat di atas? Yuk kita piknik di Jakarta!