10 Cemilan Bandung yang Enak dan Paling Digemari

10 Cemilan Bandung yang Enak dan Paling Digemari
Cemilan Bandung, photo by SajianSedap

Beberapa orang memiliki kebiasaan khusus saat mengisi waktu senggang, salah satunya adalah dengan memakan camilan favorit demi memberikan sedikit energi tambahan ataupun merilekskan diri sejenak. Apakah kamu termasuk orang yang menganut kegemaran serupa? Jika iya, maka jangan lewatkan ulasan mengenai camilan khas Bandung yang satu ini. Mengeksplorasi kuliner khas Kota Kembang tentunya tak akan lengkap kalau belum mencicipi aneka cemilan Bandung yang juga populer dan dikenal nikmat. Bila kamu berencana berkunjung ke sini, mari simak camilan apa saja yang bisa kamu temui.

10 Camilan Bandung

1. Cilok

Cilok, photo by shutterstock/RBagusdiani

Kamu penggemar camilan tradisional pastinya sudah tidak asing lagi dengan jajanan enak khas Bandung yang satu ini. Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok yang merupakan panganan berbahan dasar tepung kanji. Adonan tepung tersebut lalu diuleni hingga berbentuk bulat dan dikukus hingga cilok mengambang. Barulah kemudian disajikan bersama bumbu kacang atau sambal goang. Ada juga cilok yang memiliki isian di bagian dalamnya, mulai dari sosis, daging giling, keju, hingga telur puyuh.

Cilok memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa gurih, dan akan terasa pas apabila disajikan hangat. Cemilan Bandung ini biasanya dijual di pinggir jalan oleh pedagang yang menggunakan gerobak kecil, sepeda, ataupun motor, tetapi kamu juga dapat menemukannya juga di berbagai restoran khusus.

Kisaran harga Cilok: Rp5.000 - Rp10.000

Tempat beli Cilok Bandung yang terkenal:

2. Siomay

Siomay, photo by SajianSedap

Kamu yang tinggal di luar Provinsi Jawa Barat mungkin sudah sering mengonsumsi siomay yang dijual di kota tempatmu tinggal saat ini, tetapi tentunya tidak akan ada yang bisa menandingi bagaimana nikmatnya siomay asli khas Kota Bandung. Siomay adalah salah satu cemilan Bandung yang terbuat dari kombinasi tepung tapioka dan daging ikan. Jajanan legendaris bertekstur kenyal ini biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang yang pedas gurih dipadukan perasan jeruk limau untuk menambah kesegaran pada keseluruhan rasa. Hidangan siomay dapat dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Bandung, mulai dari gerobak keliling hingga rumah makan besar.

Kisaran harga Siomay Bandung: Rp3.000 /pcs

Tempat beli Siomay Bandung yang terkenal:

3. Batagor

Batagor, photo by instagram.com @/yulia_tokarmo

Selain siomay, tentu saja Kota Kembang juga memiliki batagor sebagai kudapan sederhana yang paling diminati. Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng yang artinya makanan tersebut terbuat dari bakso dan tahu yang digoreng. Cemilan khas Bandung ini begitu khas dengan teksturnya yang crispy di luar dan kenyal di bagian dalam, tak lupa padu padan cita rasa gurih yang mendominasi sehingga membuat Batagor begitu disukai oleh banyak orang. Umumnya batagor juga selalu disajikan hangat bersama siraman saus kacang.

Kisaran harga Batagor: Rp15.000 /porsi

Tempat beli Batagor yang terkenal:

4. Cimol

Cimol, photo by Instagram @/dhiahoodie

Cemilan Bandung selanjutnya yang juga digemari lintas generasi adalah cimol. Dalam bahasa Sunda, cimol merupakan singkatan dari aci digemol, yang artinya adonan tepung kanji atau aci yang dibentuk menyerupai bulatan kecil sebelum digoreng dengan minyak panas. Makanan tradisional ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, mengingat penjual cimol sering kali ditemukan di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak andalannya.

Cimol umumnya disajikan ke dalam wadah plastik dan tusuk sate, yang kemudian ditaburi topping bumbu beraneka rasa, seperti keju, barbeque, jagung manis, ataupun balado. Rasanya yang gurih dan sedikit crunchy di bagian luar membuat cimol benar-benar terasa nagih.

Kisaran harga Cimol: Mulai dari Rp5.000

Tempat beli Cimol yang terkenal:

5. Seblak

Seblak, photo by pinterest

Seblak adalah makanan khas Bandung bercita rasa pedas yang terdiri dari kerupuk dan berbagai jenis aci dengan bumbu utama berupa kencur. Mulanya, hidangan seblak memang hanya berisi kerupuk basah yang dimasak bersama bawang putih, bumbu cabai, dan kencur yang kemudian dicampur dengan sedikit air, tetapi saat ini seblak sudah dimodifikasi dengan isian yang jauh lebih bervariatif, mulai dari telur orak-arik, mie, bakso, ceker ayam, sosis, tetelan, dan tak lupa kerupuk sebagai menu utama. Seblak mempunyai sensasi rasa pedas asin dengan aroma menyengat yang kaya akan rempah. Apakah kamu pernah mencobanya?

Kisaran harga Seblak: Rp10.000 - Rp30.000

Tempat beli Seblak yang terkenal:

6. Pisang Bolen

Pisang Bolen, photo by Tastemade

Nama pisang bolen berasal dari bahasa Belanda, yaitu bananenbollen, yang artinya adalah pisang yang dibungkus sehingga menjadi melebar atau menggelembung. Pisang bolen merupakan kue pastry khas Bandung dengan isian pisang yang dilengkapi sepotong keju atau coklat. Camilan ini juga sering kali dijadikan oleh-oleh wajib bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pasalnya, pisang bolen menawarkan kombinasi rasa yang manis, lezat, dan renyah saat dikonsumsi. Rasa yang ditawarkan pun sangat bermacam-macam, mulai dari kacang hijau, kurma, hingga pisang oreo.

Kisaran harga Pisang Bolen: Rp24.000 - Rp56.000

Tempat beli Pisang Bolen yang terkenal:

7. Cireng

Cireng, photo by masakapahariini

Cireng atau aci digoreng merupakan cemilan khas Bandung yang hampir pasti selalu ditemukan di setiap penjual gorengan kaki lima. Makanan yang sudah populer sejak tahun 70-an ini pada dasarnya terbuat dari adonan sederhana berupa tepung terigu, tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, garam, dan air. Namun kini para penjual cireng telah melakukan berbagai inovasi terbaru melalui variasi cireng yang beragam, salah satunya adalah dengan memberikan isian di bagian dalam seperti daging ayam, sosis, hingga potongan keju. Rasanya yang kenyal dan gurih berpadu sempurna dengan tekstur renyah di bagian permukaan.

Kisaran harga Cireng Bandung: Rp5.000 - Rp15.000 /porsi

Tempat beli Cireng yang terkenal:

8. Awug

Awug, photo by cookpad

Apakah kamu sudah familiar dengan kue Awug khas Bandung? Awug merupakan jajanan tradisional Sunda yang masuk ke dalam kategori jajanan pasar. Kue ini dibuat dengan menggunakan campuran tepung ketan, tepung beras, gula pasir, gula merah, parutan kelapa, hingga aroma daun pandan. Rasanya yang manis dan legit pun begitu seimbang dengan rata-rata harga jual Awug yang murah meriah. Camilan Bandung ini akan semakin nikmat bila dikonsumsi pada waktu sore dan malam hari dalam keadaan hangat.

Kisaran harga Awug: Rp10.000 - Rp15.000

Tempat beli Awug yang terkenal:

9. Serabi

Serabi, photo by Kompas.com

Opsi cemilan Bandung selanjutnya adalah kue serabi. Jajanan jadul yang mulai diperkenalkan sejak tahun 192 ini berbentuk menyerupai pancake dengan kombinasi adonan seperti tepung beras, tepung terigu, dan santan kelapa. Serabi memiliki setidaknya dua varian rasa. Pertama adalah serabi manis dengan tambahan kinca atau gula merah cair, sementara yang kedua yaitu serabi asin dengan lumuran oncom di bagian atas. Tekstur serabi terbilang cukup basah dan cenderung tebal di bagian tengah. Nah, berbicara soal rasa, serabi Bandung lebih dominan manis dan gurih. Apakah kamu sudah mencobanya?

Kisaran harga Serabi: Rp3.000 - Rp12.500

Tempat beli Serabi yang terkenal:

10. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang, photo by industrial-tourism.com

Rekomendasi cemilan Bandung kesepuluh adalah tahu susu Lembang yang sudah menjadi favorit bagi warga Kota Kembang. Tahu susu Lembang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tahu biasa karena dalam proses pembuatannya mengandalkan susu sapi murni dan margarin. Hasilnya, padu padan bahan tersebut berhasil menciptakan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Komposisi bahan utamanya meliputi susu sapi segar, margarin, kacang kedelai, kunyit, biang tahu, bawang putih, air, dan garam. Rasa tahu susu Lembang yang gurih dan creamy dijamin akan bikin kamu ketagihan!

Kisaran harga Tahu Susu Lembang: Rp25.000 – Rp50.000

Tempat beli Tahu Susu Lembang yang terkenal:

Deretan cemilan Bandung tadi bisa menjadi andalan untuk dinikmati langsung ataupun dijadikan oleh-oleh. Cita rasanya yang khas dan tak lekang oleh waktu mampu membuat banyak orang selalu membelinya lagi dan lagi.