8 Rekomendasi Cireng Bandung yang Bikin Ketagihan

8 Rekomendasi Cireng Bandung yang Bikin Ketagihan
Cireng Bandung, photo by keepburger.com

Jawa Barat memang terkenal dengan makanan yang terbuat dari tepung kanji atau orang sunda sering menyebutnya per-aci-an. Ada banyak sekali jajanan yang terbuat dari aci. Salah satu yang populer di masyarakat adalah cireng. Kalau kamu liburan ke Bandung, pasti akan sangat mudah menemukan jajanan cireng ini. Bahkan, cireng bisa masuk nominasi sebagai salah satu jajanan enak di Bandung yang wajib kamu coba.

Kalau kamu ingin mencoba cireng Bandung, tapi tidak tahu di mana harus membelinya, tenang saja! Dalam artikel ini, ada rekomendasi tempat jajan cireng Bandung yang pasti bikin kamu ketagihan. Simak sampai selesai ya!

Cireng Cipaganti

Cireng Cipaganti, photo by keluyuran.com

Pertama, kamu harus mencoba Cireng Cipaganti yang sudah sangat terkenal dan legendaris di kota Bandung. Cireng Cipaganti sudah ada sejak tahun 1990. Mungkin Dilan dan Milea adalah penikmat cireng ini dulu. Disajikan selagi panas dengan saus kacang yang gurih.

Selain saus kacangnya yang enak, di sini juga kamu bisa mencoba berbagai varian rasa cireng. Rasa yang paling banyak disukai orang adalah keju dan abon. Isiannya juga tidak pelit. Kamu tidak akan merasa rugi kalau beli cireng Cipaganti ini. Sangat lezat dinikmati bersama teman atau keluarga di tengah udara kota Bandung yang sejuk. Apalagi kalau sehabis hujan. Suasana kumpul pun akan semakin asyik dan hangat.

Alamat: Jl. Cipaganti No. 143, Pasir , Sukajadi, Pasteur, Bandung
Jam Buka: Setiap hari pukul 13.00-21.00
Harga: Rp10.000-Rp15.000/porsi

Cireng Bumbu Persib

Cireng Bumbu Persib, photo be jabar.tribunnews.com

Selanjutnya, ada cireng bumbu Persib. Siapa yang tidak mengenal club bola asal Bandung ini? Karena penjualnya adalah seorang Bobotoh, alias pencinta Persib, maka cireng ini pun diberi nama cireng Persib.

Keunikan dari cireng Persib adalah tidak adanya isian dalam cireng. Bentuknya juga tidak te rlalu tebal, tapi gepeng. Dimakan dengan sambal kacang yang dicampurkan sampai menutupi seluruh permukaan cireng, menciptakan rasa gurih dan sedikit manis. Kalau kamu Bobotoh juga, sebaiknya coba untuk jajan cireng Persib ini.

Alamat: Jl. Dr. Djunjunan Pajajaran, Cicendo, Bandung
Jam Buka: 09.00 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp5.000/porsi

Cireng Galing Nyinden

Cireng Galing Nyinden, photo by keluyuran.com

Tidak kalah enak dari dua rekomendasi sebelumnya, cireng Bandung kali ini memiliki banyak sekali varian isi. Cireng Galing Nyinden, memiliki banyak varian rasa, mulai dari original, oncom, terasi, sambal rawit, hingga keju. Ciri khas lainnya adalah tekstur cirengnya yang keriting dan renyah. Warnanya juga agak kekuningan karena proses penggorengan yang memakai minyak dingin.

Alamat: Pujasera San Fransisco, Jalan Burangrang No. 42, Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 16.00 - 23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp6.000/porsi

Cireng Kamsia

Cireng Kamsia, photo by natural-poultry.com

Kalau kamu pergi ke Bandung, jangan sampai melewatkan cireng yang satu ini. Cireng Kamsia, dengan berbagai menunya yang sangat unik. Misalnya ada menu cireng Ngambang, yang menjadi salah satu menu favorit masyarakat Bandung. Cireng akan disajikan dengan kuah kaldu serta minyak yang lezat. Selain itu, ada juga cireng Kamsia Krauk Sosis Rudal, yang merupakan cireng tanpa isian, lalu diberi potongan sosis sapi dan disiram bumbu khas dari cireng Kamsia. Masih ada menu-menu unik lain yang bisa kamu coba di tempat ini.

Alamat: Jl. Pajajaran, Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung
Jam buka: 10.00 – 17.00 WIB
Harga:Rp13.000-Rp20.000/porsi

5. Cireng Ojay

Cireng Ojay, photo by jabar.tribunnews.com

Kemudian, pastikan kamu juga tidak melewatkan cireng  Bandung yang satu ini. Dengan bentuk dan tekstur yang agak tebal, cireng Ojay tetap memiliki rasa yang gurih dan lezat. Ciri khas utamanya adalah cireng yang dibaluri bumbu seperti pempek. Kalau kamu pencinta pedas, kamu masih bisa menambahkan bumbu cabai untuk memaksimalkan rasa.

Alamat: Jl. Ahmad Yani Gang Masjid No. 3, Kota Bandung
Jam buka: 08.00 - 21.00 WIB
Harga: Rp20.000/porsi

6. Cireng Salju

Cireng Salju, photo by keluyuran.com

Lanjut, ada cireng unik yang dinamai cireng salju. Keunikan nama ini diambil dari ciri khas cireng yang berwarna putih. Tidak seperti kebanyakan cireng, cireng salju ini terbuat dari tepung tapioka, sehingga cireng salju tidak lengket ketika digoreng dan teksturnya lebih terasa lembut pada bagian dalam.

Cireng salju disajikan dengan berbagai varian bumbu, dari bumbu rujak maupun bumbu kacang. Ada banyak toko di Bandung yang menjual cireng  salju. Salah satunya bisa kamu temui di sekitar jl. Naripan.

Alamat: Jl. Naripan No. 123, Kebon Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 09.30 -18.00 WIB
Harga: Rp10.000-Rp20,000/porsi

7. Cireng Unyil

Cireng Unyil, photo by keluyuran.com

Selanjutnya, ada cireng dengan ukuran yang mungil, sehingga disebut cireng unyil. Dengan ukuran yang tidak sebesar cireng pada umumnya, membuat cireng Unyil lebih mudah ketika disantap. Bagian luarnya renyah dan krispi, lalu bagian dalamnya akan terasa sangat lembut di lidah.

Kamu bisa menikmati berbagai varian rasa dari cireng Unyil, mulai dari yang original hingga pedas. Disajikan dengan bumbu rujak membuat kenikmatannya bertambah sempurna. Perbedaan lainnya adalah cireng ini hanya dijual mentah, sehingga kamu harus mengolahnya sendiri. Untuk pembelian bisa dilakukan secara online maupun datang langsung ke tokonya.

Alamat: Jl. Tamansari No. 3, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: 10.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp6.000-Rp9.000/bungkus

8. Cireng Keraton

Cireng Keraton, photo by menukuliner.net

Terakhir, rekomendasi cireng Bandung yang harus kamu coba adalah cireng Keraton. Seperti cireng pada umumnya, di sini kamu akan menemukan berbagai cireng dengan varian rasa. Beberapa rasa yang bisa kamu temukan di sini antara lain ayam pedas, pizza, daging asap, dan keju.

Kebersihan dari cireng Keraton sudah sangat terjamin karena pembuatannya yang higienis. Ada banyak cabang yang bisa kamu temui di kota Bandung, salah satunya adalah yang berada di kawasan Lengkong.

Alamat: Jl. Banteng No. 27 A, Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung
Jam buka: 08.00 - 22.00
Harga: Rp6.000/porsi

Nah, itulah 8 rekomendasi cireng Bandung yang harus kamu coba ketika berkunjung ke kota Kembang. Cireng adalah makanan yang akrab di berbagai kalangan. Banyak orang menyukai cireng untuk camilan, baik untuk sendiri maupun untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang. Gimana? Sudah lapar ingin jajan cireng?


Kost Aesthetic di Bandung

Cari kosan estetik dan nyaman di Bandung? Cove Cherry Homes dan Cove The Summit Residence bisa menjadi pilihan yang tepat. Berada tidak jauh dari pintu tol Pasteur, membuat kost ini memiliki akses mudah dengan berbagai tempat penting dan menarik di kota Bandung. Menyediakan fasilitas lengkap dengan konsep bangunan terbuka, sehingga cahaya matahari bisa dinikmati oleh para penghuninya.

Harga: Mulai dari Rp1,6 juta/bulan

Cari Kost di Bandung