10 Tempat Makan Serabi Bandung yang Wajib Dicoba!

10 Tempat Makan Serabi Bandung yang Wajib Dicoba!
Serabi Bandung, photo by Masakapahariini.com

Bandung memang memiliki banyak sekali kuliner dan jajanan yang khas dan populer. Tidak heran kalau ada banyak tempat wisata kuliner di Bandung yang harus kamu coba. Salah satu kuliner khas Bandung yang terkenal sampai saat ini adalah serabi. Menu tradisional ini tetap eksis dengan berbagai variasi rasa yang lebih modern. Mau tahu tempat makan serabi Bandung yang enak? Simak di sini ya!

Pondok Surabi

Pondok Surabi, photo by nibble.id

Pertama, kalau kamu mau menikmati surabi dengan toping yang beraneka macam seperti kismis, keju, dan susu yang enak, kamu bisa datang ke Pondok Surabi. Konon, kedai inilah yang mempopulerkan menu surabi Bandung dengan taburan kismis, keju, dan susu. Selain menu tersebut, masih banyak juga pilihan menu surabi yang bisa kamu coba. Misalnya ada surabi pandan susu keju, oreo susu keju, kacang coklat susu, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Terusan Jakarta No. 79A, Antapani, Bandung.
Jam Buka: 16.00-23.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000

Surabi Cihapit

Surabi Cihapit, photo by travel.tribunnews.com

Selanjutnya, tempat serabi Bandung yang sudah sangat terkenal adalah Surabi Cihapit. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1990 loh. Warga Bandung pasti sudah sangat hafal tempat ini. Menu andalan di sini adalah surabi oncom dan kinca yang memakai bahan oncom khusus dan gula aren yang tidak sembarangan. Di sini juga sudah ada surabi dengan beraneka toping kekinian, seperti telur sosis, keju susu, coklat pisang, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Sabang No.65, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: Senin-Sabtu: 06.00-11.00 dan 15.00-21.00 WIB, Minggu: 06.00-11.00
Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000

Soerabi Pa'is

Soerabi Pa’is, photo by pinhome.id

Kali ini di kawasan Kopo, ada Soerabi Pa'is yang memiliki berbagai variasi rasa serabi. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terkenal lezat. Meskipun tempat ini ada di pinggir jalan, tapi rasanya tidak kalah enak. Beberapa menu yang bisa kamu coba di sini antara lain serabi oncom, serabi polos kinca, serabi salju sosis, dan serabi telur sosis.

Alamat: Jl. Kopo Bihbul No.138, Sayati, Kec. Margahayu, Bandung.
Jam Buka: 16.30-23.30
Kisaran Harga: Mulai dari Rp7.500

Waroeng Setiabudhi

Waroeng Setiabudhi, photo by indozone.id

Selanjutnya, kalau kamu sedang berada di kawasan Setiabudhi, kamu tidak boleh melewatkan tempat makan serabi Bandung yang satu ini. Terletak di kawasan kampus UPI, membuat Waroeng Setiabudhi sangat digandrungi oleh mahasiswa dan anak muda. Tempatnya nyaman untuk nongkrong atau diskusi. Dengan didominasi oleh material kayu. Di sini juga ada beragam menu serabi yang bisa dicoba, mulai dari serabi rasa durian, stroberi, dan lain-lain. Ada pula varian surabi asin dengan toping oncom, keju, telur, dan mayonaise.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.
Jam Buka: 14.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000

Serabi Kinca Suji Eka Rasa

Serabi Kinca Suji Eka Rasa, photo by travelingyuk.com

Di sini, kamu akan menikmati serabi bandung yang unik. Seperti nama tempatnya, serabi yang bisa kamu coba di sini akan memiliki aroma harum daun suji dan pandan yang begitu kuat. Warna serabinya hijau yang menggoda untuk dicoba. Kemudian disajikan dengan kinca atau saus gula jawa yang dicampur santan. Kalau kamu mau coba menu yang lain, di sini juga tersedia berbagai varian rasa, seperti durian hingga oncom.

Alamat: Jl. Burangrang No.45, Malabar, Lengkong, Kota Bandung.
Jam Buka: 07.00-18.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp8.500

Surabi Radja

Surabi Radja, photo by indobdg.com

Ada lagi kedai serabi yang sudah sangat terkenal dan banyak disukai masyarakat Bandung, khususnya daerah Margahayu Raya. Kedai Surabi Radja, yang menyajikan serabi dengan tekstur lembut dan akan meleleh ketika masuk ke dalam mulut. Ada banyak varian menu yang bisa kamu coba di sini, seperti serabi coklat atau polos dengan disiram kinca Atau kalau kamu suka serabi yang rasanya asin, kamu bisa coba serabi ayam pedas, abon sapi, sosis, telur oncom ayam pedas, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Pluto Selatan II, Blok A No. 16, Margacinta, Bandung.
Jam Buka: 06.30 – 9.30 WIB dan 16.30 – 21.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000

Surabi Sukur

Surabi Sukur, photo by nibble.id

Selanjutnya, ada tempat makan serabi yang sudah ada sejak tahun 1970-an, lalu pada tahun 2009 mulai memakai nama Surabi Sukur. Pemiliknya memberikan nama tersebut sebagai bentuk rasa syukur karena sampai saat ini, Surabi Sukur tetap bisa eksis di masyarakat. Menu yang bisa kamu coba di sini ada banyak sekali, mulai dari surabi tradisional hingga kekinian yang memiliki banyak topping. KAmu bisa coba menu green tea, cokelat, tiramisu, smoke beef, dan masih banyak lagi. Di sini juga ada menu surabi persib, toppingnya ada vanila, bubble gum, dan karamel. Enak sekali!

Alamat: Jl.Kanayakan Baru no 51 Dago Bandung.
Jam Buka: 16.00-23.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp5.000

Surabi Durian Geboy

Surabi Durian Geboy, photo by dolandolen.com

Seperti namanya, serabi di sini disediakan dengan saus durian sebagai primadona. Namun kamu juga bisa mencoba menu lain kalau tidak ingin yang rasa durian, seperti surabi oncom yang juga sangat lezat, dan varian lain yang bisa kamu pilih sendiri. Tempatnya juga sangat enak untuk nongkrong. Di sini sering ada suguhan live music yang membuat suasananya jadi hangat. Tidak heran kalau Surabi Durian Geboy jadi salah satu tempat nongkrong anak-anak muda Bandung.

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.66, Husen Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.
Jam Buka: 11.00 – 02.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp9.000

Surabi Mirasa

Surabi Mirasa, photo by pergikuliner.com

Kemudian ada tempat serabi Bandung yang juga sudah lama sekali buka, sejak tahun 1986. Surabi Mirasa ini juga sangat legendaris di kota Bandung. Meskipun sudah lama sekali, cara memasak serabi di sini masih sederhana dengan kayu bakar. Tidak heran kalau Surabi Mirasa memiliki ciri khas dari aromanya yang mengingatkan kita pada zaman dulu. Menu serabi yang paling terkenal di sini adalah pandan hijau dengan siraman kuah kinca.

Alamat: Jl. Karang Anyar No.60, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.
Jam Buka: 11.00 – 02.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp12.500

Surabi Ajum

Surabi Ajum, photo by nibble.id

Terakhir, ada Surabi Ajum yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Di sini juga masih memasak serabi dengan cara tradisional, yaitu memakai kayu bakar. Aromanya sangat khas. Pilihan rasanya juga banyak, mulai dari coklat kacang, keju, polos, oncom, dan abon.

Alamat: Jl. Saturnus Tengah, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung.
Jam Buka: 04.30-09.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.000

Nah, itulah tempat makan serabi Bandung yang bisa kamu kunjungi kalau sedang berada di kota kembang ini. Sekali kamu coba serabi, dijamin kamu akan terlena dengan kelezatan rasanya. Apalagi kalau tempatnya juga nyaman untuk nongkrong. Rasanya belum afdal kalau pergi ke Bandung, tapi tidak mencoba serabi Bandung.