10 Cara Beristirahat yang Baik untuk Gaya Hidup Lebih Sehat!

10 Cara Beristirahat yang Baik untuk Gaya Hidup Lebih Sehat!
Cara beristirahat yang baik, photo by Happiful Magazine

Setelah seharian beraktivitas, pastinya energi kita perlu di-charge kembali. Waktu tidur jadi hal yang krusial dalam membantu tubuhmu untuk kembali segar dan membuatmu siap menjalani hari keesokan paginya. Namun, nggak jarang banyak orang mengalami gangguan tidur atau sulit terlelap. Padahal, tidur yang kurang berkualitas dapat menghalangi tubuhmu mendapatkan istirahat yang diperlukan. Kamu mungkin akan bangun dengan tetap merasa capek dan kurang segar.

Nah, kalau kamu masih mencari bagaimana cara beristirahat atau tidur yang baik, simak tips di bawah ini!

Manfaat beristirahat dengan baik

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan, sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Dilansir dari P2PTM Kemenkes RI, beberapa manfaat dari mendapatkan istirahat yang cukup adalah:

  • meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas
  • menjaga suasana hati tetap baik
  • mencegah tekanan darah tinggi
  • membantu menurunkan berat badan, dsb.

Cara beristirahat yang baik

Berikut ini tips untuk membantu kamu beristirahat di malam hari dengan lebih baik:

Buat tubuh rileks sebelum tidur

Meditasi, photo by iStock

Ketika sedang banyak pikiran dan emosi negatif yang mengganggu, tubuh bisa merasa tegang dan nggak rileks. Padahal untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh perlu berada pada kondisi rileks. Tubuh yang rileks dan lebih santai akan membuat kamu lebih mudah tertidur dan lebih tenang. Nah, kamu bisa mencoba merelaksasikan diri dengan beberapa kegiatan seperti mendengarkan musik slowatau favorit, mandi air hangat, meditasi, mengatur pernapasan, atau membaca buku.

Tidak mengonsumsi kafein mendekati jam tidur

Kopi memang jadi salah satu solusi menahan kantuk karena memiliki kandungan kafein. Oleh sebab itu, kalau kamu berencana untuk segera tidur, jangan konsumsi kopi dulu ketika mendekati waktu tidur, ya. Karena tubuh butuh waktu beberapa jam untuk menghilangkan efek dari kafein, ada baiknya untuk tidak minum kopi dan minuman berkafein lainnya setelah jam 3-4 sore bila ingin mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Jauhkan gadget sebelum tidur

Hindari bermain gadget sebelum tidur, photo by iStock

Blue light yang dipancarkan dari gadget bisa mengganggu waktu tidur di malam hari, lho. Blue light mampu “menipu” otak untuk berpikir seakan hari masih siang, sehingga kadar melatonin yang berperan penting dalam mengatur pola tidur jadi tergangg dan mengakibatkan kamu untuk sulit tidur di malam hari.

Keberadaan gadget yang dekat dengan kita saat jam tidur juga mungkin membuat kita sibuk bermain gadget hingga lupa waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gadget dari kasur untuk meminimalisir kecenderunganmu keterusan bermain gadget.

Buat suasana yang tenang

Bayangkan kalau harus tidur dengan suasana yang gaduh dan berisik. Pasti nggak enak, kan? Keadaan suasana sekitar memiliki pengaruh pada kualitas tidur kita. Pastikan ruangan tenang dan tidak bising, supaya kamu bisa tidur dengan nyenyak. Kalau tinggal di lingkungan yang cenderung berisik, kamu bisa menggunakan ear pluguntuk mengurangi level suara.

Matikan lampu kamar

Matikan lampu kamar, photo by Unsplash

Ruangan yang terang benderang akan men-trick otakmu bahwa hari masih siang. Cahaya yang terlalu terang di malam hari bisa jadi faktor kamu sulit tidur, lho. Baiknya, untuk dapat beristirahat dengan baik, kamu mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur. Suasana yang tenang dan minim pencahayaan akan mempermudah kamu untuk terlelap.

Atur suhu ruangan

Kualitas tidur juga bisa dipengaruhi oleh suhu tubuh dan suhu kamar tidur. Kamar yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengganggu tidur dan bikin nggak nyenyak. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur suhu ruangan tidur yang pas denganmu supaya tubuh terasa nyaman dan kamu pun bisa tertidur pulas.

Jadwalkan waktu tidur

Jadwalkan waktu tidur, photo by Unsplash

Umumnya, durasi tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah sekitar 6-8 jam per hari. Namun, karena pekerjaan atau hal lain, tidak sedikit orang yang sering kurang tidur. Kalau kesulitan untuk tidur sedangkan harus bangun pagi, coba membuat jadwal tidur yang konsisten, deh. Kamu bisa melatih diri untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk hari libur. Dengan begini, jam biologis tubuh akan beradaptasi ke kebiasaan ini dan kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari waktu istirahat yang teratur. Untuk memulai, kamu bisa melakukannya scara bertahap, misalnya hari ini tidur dan bangun 10 menit lebih awal, lalu besoknya 20 menit, dan seterusnya.

Tidak tidur siang terlalu lama

Siapa yang suka tidur siang? Tidur siang memang terasa enak dan menyegarkan, seperti recharge di tengah hari. Tidur siang juga direkomendasikan karena memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, tidur siang yang terlalu lama malah akan membuat kamu lebih sulit tidur di malam hari karena sudah “dicas” di tengah hari. Durasi tidur siang yang dianjurkan adalah maksimal 30 menit, supaya tidak mengganggu jam tidur malam.

Hindari berolahraga dekat jam tidur

Jangan berolahraga sebelum tidur, photo by Unsplash

Salah satu cara untuk dapat tidur lebih nyenyak adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon melatonin, sehingga kamu akan lebih mudah terlelap di malam hari. Meskipun demikian, waktu olahraga harus diperhatikan, ya. Lebih baik hindari olahraga berat pada jam yang mendekati waktu tidur, karena justru akan membuatmu susah tidur. Kamu bisa melakukan olahraga di pagi sampai sore hari atau setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur.

Beri jeda waktu setelah makan

Pernah dengar nasihat untuk jangan langsung tidur setelah makan? Hal ini benar adanya, karena sistem pencernaan butuh waktu untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuhmu. Oleh karena itu, hindari langsung tidur setelah makan, ya, ebih baik makan 4 jam sebelum tidur. Apa yang dikonsumsi sebelum tidur bisa menghambat untuk tidur lebih awal ataupun mengganggu tidurmu.

Cari kost dengan kamar tidur nyaman?

Cove 2510 Urban Living, Kemang

Kamar tidur yang nyaman pastinya membuat kita lebih betah dan nyaman untuk berlama-lama, dibandingkan kamar tidur yang berisik, panas, terlalu dingin, kotor, atau interior kamar yang kurang enak dilihat. Nah, kalau sedang mencari tempat tinggal dengan kamar tidur yang dipastikan nyaman dan bikin betah, Cove adalah solusinya!

Tertarik dengan kehidupan kost yang nyaman, fasilitas lengkap, dan berlokasi strategis? Cove menawarkan hunian eksklusif yang cocok buat kamu! Tersebar di lokasi populer Jakarta dan Tangerang, kost eksklusif Cove terletak di area-area strategis yang mendukung kehidupan kuliah atau profesional kamu, memudahkan pergerakan, dan meningkatkan produktivitas.

Cove Lenna Residence Premiere, Kebayoran Lama

Cove menawarkan kamar kost siap huni yang didesain nyaman dengan segala hal yang kamu butuhkan. Sistem kontraknya yang fleksibel mempermudah kamu dalam penyewaan. Kamu bisa merasakan pengalaman rental yang mudah dan tanpa repot, karena prosesnya bisa hanya dalam beberapa hari!

Mulai dari 2 jutaan per bulan, kamu bisa menikmati semua fasilitas kost eksklusif di atas. Tunggu apa lagi? Segera cek hunian Cove dan book untuk melihat tempatnya!


Temukan kost eksklusif di Jakarta dan Tangerang hanya di Cove!