9 Tips Staycation Seru untuk Pengalaman Tak Terlupakan

9 Tips Staycation Seru untuk Pengalaman Tak Terlupakan
Tips Staycation, photo by freepik/lifestylememory

Menurut Cambridge Dictionary, staycation adalah istilah yang merujuk pada kegiatan berlibur di waktu senggang yang jaraknya terbilang dekat dari rumah. Kebanyakan dari mereka memilih untuk melakukan perjalanan singkat ke sebuah hotel atau villa untuk sekedar melepas penat di tengah padatnya pekerjaan. Kegiatan ini semakin diminati pasca pandemi global merebak di seluruh dunia. Terlebih lagi, tidak ada batasan khusus mengenai periode waktu yang ideal untuk staycation, namun rata-rata dari generasi muda bisa menghabiskan waktu selama satu hingga beberapa hari di tempat tujuan.

Baca Juga: Menjadi Short Escape ala Gen Z, Apa Sih Arti Staycation?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan selama melakukan staycation bersama teman-teman, mulai dari bermalam di pinggir kota, mengadakan pesta barbeque, hingga berkemah. Selain dinilai bermanfaat untuk menenangkan pikiran, kegiatan ini juga mampu mempererat tali hubungan dengan para kerabat. Nah, kira-kira apa saja tips staycation agar perjalananmu bisa semakin menyenangkan? Yuk, ikuti kesembilan cara berikut ini.

9 Tips Staycation Supaya Makin Seru

1. Perhatikan Kondisi Fisik

Perhatikan Kondisi Fisik, photo by freepik/jcomp

Tips staycation yang pertama adalah dengan memerhatikan kondisi fisik. Terkadang, beberapa orang terlalu fokus untuk memikirkan barang apa saja yang harus mereka bawa ke tempat tujuan, sehingga pada hari-hari menjelang keberangkatannya, mereka cenderung lebih sering bepergian hanya untuk menyiapkan perbekalan yang cukup. Padahal, menjaga daya tahan tubuh sampai hari H menjadi hal yang paling penting dari semua ini.

Jadi, pastikan untuk memperbanyak istirahat sambil terus menjaga pola makan yang benar. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin bila dirasa perlu. Jika dirasa tubuhmu kurang bersahabat, jangan sampai memaksakan diri. Karena dikhawatirkan justru kamu akan tumbang ketika sampai di lokasi. Tentu kamu tidak ingin deretan rencana yang sudah kamu susun menjadi berantakan begitu saja, bukan?

2. Bawa Obat-obatan dan Perlengkapan Sanitasi

Bawa Obat-obatan dan Perlengkapan Sanitasi, photo by freepik/8photo

‘Peralatan tempur’ menjadi tips staycation selanjutnya yang wajib tersedia di dalam tasm. Meski kondisimu sudah dipastikan sehat, ada baiknya tetap membawa perlengkapan kesehatan secara lengkap untuk berjaga-jaga, mulai dari obat-obatan, multivitamin, sanitasi, hingga set P3K. Karena, tidak akan ada yang bisa menjamin bahwa kamu tetap dalam kondisi baik saat tengah berada di tempat tujuan.

3. Pilih Tempat Menginap yang Nyaman

Pilih Tempat Menginap yang Nyaman, photo by freepik/rawpixel.com

Meski kamu akan lebih sering bepergian ke berbagai tempat, bukan berarti kamu bisa abai begitu saja dengan tempat beristirahat. Bila acara liburan singkat ini melibatkan beberapa orang, diskusikan lebih lanjut dengan mereka agar bisa saling memberi masukan. Apalagi, pemilihan tempat menginap juga erat kaitannya dengan masalah anggaran, jadi pastikan tidak ada yang merasa keberatan dan sesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Kemudian, dapatkan informasi sebanyak-banyaknya melalui berbagai kanal yang tersedia. Pastikan tempat penginapan tersebut benar-benar nyaman, bersih, dan didukung dengan fasilitas terbaik. Akan menjadi nilai plus apabila terdapat sistem keamanan yang memadai.

4. Buatlah Agenda Kegiatan

Buatlah Agenda Kegiatan, photo by freepik/master1305

Waktu luang yang telah kamu dapatkan dengan susah payah hendaknya benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin. Jadi, ukirlah memori indah sebanyak-banyaknya meskipun kamu tidak ‘berlibur’ dalam jangka waktu yang lama. Karena, hanya di momen inilah kamu bisa membawa kenangan manis untuk dibagikan di kemudian hari.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat acara staycation-mu semakin semarak adalah dengan menulis rundown kegiatan. Ada beragam aktivitas seru yang dapat kamu coba, mulai dari menjelajahi tempat wisata ‘hidden gems’, melakukan outbond, movie marathon, karaoke, hingga menciptakan permainan menantang.

5. Tentukan Waktu yang Tepat

Tentukan Waktu yang Tepat, photo by unsplash/Towfiqu barbhuiya

Kendati pada dasarnya staycation adalah kegiatan berlibur dalam jarak dekat yang dilakukan dalam waktu singkat, tentu kamu tidak ingin momen berharga tersebut menjadi terganggu karena panggilan pekerjaan, bukan? Itulah mengapa, akan lebih baik apabila kamu bisa mencari waktu yang tepat demi memiliki momen me-time yang ideal.

Tentukan kapan kiranya kamu akan memiliki waktu sedikit lebih banyak di tengah pekerjaan yang menumpuk. Atau, kamu bisa juga mulai mencicil pekerjaan jauh-jauh hari sebelum hari H. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

Namun, apabila keadaan tidak memungkinkan kamu untuk mendapatkan cuti, momen staycation ini bisa jadi sarana yang menyenangkan untuk bekerja dengan suasana baru. Siapa tahu, cara ini akan membuatmu lebih produktif.

6. Manfaatkan Seluruh Fasilitas yang Tersedia

Manfaatkan Seluruh Fasilitas yang Tersedia, photo by freepik/jcomp

Jangan sampai kamu melewatkan beragam fasilitas yang bisa kamu gunakan sebagai pelanggan. Ini saatnya kamu untuk bisa bebas bereksplorasi guna mendapatkan pengalaman staycation yang menyenangkan. Jika kamu telah menjatuhkan pilihan terhadap sebuah tempat penginapan, cari tahu lebih banyak mengenai fasilitas apa saja yang tersedia di sana. Apakah itu set peralatan dapur untuk memasak, area barbeque, jacuzzi pribadi, kolam renang, atau layanan spa untuk relaksasi tubuh? Pastikan untuk mencoba seluruh fasilitas di sana secara maksimal, ya!

7. Buat Sesi Memasak Bersama

Buat Sesi Memasak Bersama, photo by pexels/cottonbro

Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-teman memang terasa menyenangkan. Apalagi, bila beberapa di antara mereka ada yang mahir dalam menciptakan aneka makanan lezat. Jadi, tak ada salahnya untuk menggunakan kesempatan berharga ini dengan kegiatan memasak. Kamu bisa mencoba berbagai resep baru yang belum pernah dibuat sebelumnya untuk kemudian disantap bersama-sama. Beberapa cookies, pie, snack, atau jus segar, tentunya bisa menjadi teman yang ideal saat movie marathon.

8. Ciptakan Ragam Permainan Seru

Ciptakan Ragam Permainan Seru, photo by freepik/ArthurHidden

Ketika tiba saatnya untuk beristirahat di malam hari, kebanyakan orang akan memilih untuk menghabiskan waktu di atas kasur mereka. Nah, ketimbang hanya rebahan sambil bermain ponsel, mengapa tidak menciptakan berbagai permainan seru yang bisa dilakukan bersama kerabat dekatmu?

Kamu bisa membawa aneka board game, uno, ataupun jenga. Ingin sesuatu yang lebih menantang? Coba ajak mereka untuk bermain truth or dare atau card game yang berisi pertanyaan seputar pasangan atau sahabat. Siapa tahu, ini bisa menjadi saat yang tepat untuk saling mengutarakan perasaan masing-masing sekaligus mempererat hubungan pertemanan kalian.

Baca Juga: 10 Tempat Menarik di Karawaci & Sekitarnya yang Paling Hits

9. Cari Spot Menarik untuk Berfoto

Cari Spot Menarik untuk Berfoto | Cove Hillcrest Lounge

Tips staycation yang terakhir adalah dengan mengabadikan momen ke dalam sejumlah foto. Sebagian besar hotel atau vila biasanya memiliki spot-spot menarik yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto ria. Tentu kamu tidak ingin melewatkannya begitu saja, bukan? Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan busana terbaikmu demi hasil potret yang sempurna. Karena, beberapa foto dengan latar belakang yang ciamik akan mampu memperindah feed instagram-mu.

Nah, itu dia kesembilan tips staycation yang bisa membuat acara liburanmu semakin seru dan tak terlupakan. Masih bingung dengan pilihan tempat tujuan? Cove punya rekomendasi tempat yang menarik untuk disewa harian.

Cove Hillcrest: Tempat Staycation dengan Fasilitas Terlengkap

Cove Hillcrest

Mau staycation seru di daerah Karawaci, Tangerang? Cove punya salah satu unit hunian yang bisa kamu sewa harian, lho, yaitu Cove Hillcrest! Mulai dari Rp400 ribuan per malam, kamu sudah bisa menikmati sederet fasilitas eksklusif yang tersedia di Cove Hillcrest, baik itu area lounge, dapur bersama, ruang makan, internet, listrik, air, fasilitas pembersihan kamar, hingga sistem keamanan yang mumpuni, semuanya ada di sini.

Selain itu, ada 11 tipe kamar berbeda yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya akan dimanjakan dengan berbagai furnitur lengkap, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dari jendela lebar yang ada di dalam kamar.

Jadi, tunggu apa lagi? Ajak kerabatmu untuk bermalam di Cove Hillcrest sekarang juga dengan menghubungi tim Cove melalui WhatsApp.


Temukan kost eksklusif di Tangerang lainnya hanya di Cove!