Wajib Coba! 10 Bubur Ayam Enak di Bandung yang Terkenal

Wajib Coba! 10 Bubur Ayam Enak di Bandung yang Terkenal
Bubur Ayam Enak di Bandung, photo by freepik.com

Membahas wisata kuliner di Bandung memang tidak akan ada habisnya. Selain kuliner khas Sunda yang hanya bisa kamu temukan di Kota Kembang ini, ada juga makanan lain yang banyak disukai masyarakat, seperti bubur ayam.  Seakan menjadi comfort food, bubur ayam memiliki kedudukan yang tinggi di masyarakat. Hampir tidak ada yang tidak menyukainya.

Nah, banyak orang mengatakan kalau bubur ayam di Bandung memiliki tekstur yang khas. Teksturnya lebih kental dan tidak memakai kuah kuning. Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba bubur ayam enak di Bandung, inilah 10 rekomendasi bubur ayam enak di Bandung yang legendaris dan menjadi andalan masyarakat!

10 Bubur Ayam Enak di Bandung

Bubur Ayam Bejo

Bubur Ayam Bejo, photo by nibble.id

Bagi warga Bandung, bubur Ayam Bejo sudah menjadi tempat makan bubur favorit. Bubur ayam Bejo ini bisa dinikmati di malam hari dan sudah memiliki tempat yang nyaman. Inilah yang membedakan Bubur Ayam Bejo dengan kebanyakan tempat makan bubur di Bandung lainnya yang biasanya buka di pagi hari.

Meskipun tempatnya masih sederhana, namun tidak sulit menemukannya. Tempatnya tidak pernah sepi pembeli. Kamu bisa menikmati semangkuk bubur hangat dengan suwiran ayam dan jeroan serta sambal yang pedas. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan topping cakwe dan daun bawang untuk menambah kenikmatannya.

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.173, Kb. Pisang, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga: Mulai dari Rp14.000

Bubur Ayam Alkateri

Bubur Ayam Alkateri, photo by keluyuran.com

Kalau kamu mencari bubur ayam di kawasan Braga, kamu bisa datang ke Bubur Ayam Alkateri. Lokasinya tepat ada di depan warung kopi Purnama. Sudah ada sejak lama, membuat Bubur Ayam Alkateri menjadi salah satu yang legendaris di kota Bandung. Tempatnya memang strategis, sehingga memudahkan siapa pun untuk makan bubur di sini.

Ciri khas dari Bubur Ayam Alkateri adalah buburnya yang pekat ditambah kecap asin dan merica. Lalu ada tambahan cakwe, bawang goreng, dan suwiran ayam yang menambah rasa gurih. Kalau kamu suka pedas, sambal merah di sini akan menambah kenikmatan ketika menyantap buburnya.

Alamat: Jl. Alkateri No.7, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00-11.00 WIB
Kisaran Harga: Rp15.000

Bubur Ayam Mang H. Oyo

Bubur Ayam Mang H. Oyo, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada Bubur Ayam Mang H. Oyo yang juga tidak kalah terkenal di Bandung. Bubur Ayam Mang HH. Oyo ini selalu mangkal di dekat Vandel Cafe, Tamansari. Ini seakan sudah menjadi lokasi tetap untuk makan bubur ayam legendaris Mang H. Oyo.

Keunikan dari bubur ayam Mang H. Oyo ini adalah teksturnya yang super kental. Konon, kalau kamu membolak-balik mangkuk pun, bubur tersebut tidak akan tumpah saking kentalnya. Hal yang membuatnya viral adalah ketika Mang H. Oyo, sang pemilik, memamerkan buburnya yang tidak akan tumpah. Kamu bisa menikmati bubur ayam kental ini dengan tambahan suwiran daging ayam, cakwe, telur, dan ati ampela.

Alamat: Jl. Sultan Tirtayasa No.49b, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00-15.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000

Bubur Ayam H. Amid

Bubur Ayam H. Amid, photo by keluyuran.com

Beralih ke arah Jalan Pajajaran, kamu akan menemukan Bubur Ayam H. Amid. Bubur ayam legendaris ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Buburnya juga super kental dan kamu bisa memilih toping sendiri, mulai dari cakue, telur, ati ampela, bawang goreng, seledri, hingga kerupuk. Rekomendasi menu di sini adalah bubur ayam spesial dengan kondimen yang komplet.

Keunikan dari Bubur Ayam H. Amid adalah dari rasanya yang gurih dan kekentalan buburnya. Bubur Ayam H. Amid juga terkenal sebagai bubur ayam yang tidak bisa tumpah. Selain itu, harganya pun terbilang sangat murah dengan rasa yang super lezat. Selain itu, keunikan yang jarang ditemui di tukang bubur lain adalah, kamu bisa memesan topping telur ayam mentah atau setengah matang. Tertarik mencoba?

Alamat: Jl. Pajajaran No.105, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00-20.00 WIB
Kisaran Harga: Rp12.000

Bubur Ayam Gibbas

Bubur Ayam Gibbas, photo by ayobandung.com

Mau cari bubur ayam yang porsinya super banyak? Coba datang ke Bubur Ayam Gibbas di kawasan Andir.Sebenarnya ada beberapa cabang Bubur Ayam Gibbas yang tersebut di kota Bandung. Tapi pusatnya tidak jauh dari Rumah Sakit Kebon Jati.

Kalau kamu makan di Bubur Ayam Gibbas, dijamin perutmu akan begah jika makan seporsi sendiri. Keunikan dari Bubur Ayam Gibbas adalah topping ayamnya yang super banyak. Tidak seperti bubur yang diberi suwiran ayam, tapi justru seperti suwiran ayam yang ditambah bubur. Kalau kamu bukan tipe orang yang makan banyak, disarankan untuk memesan setengah porsi.

Alamat: Jl. Kebon Jati No.187, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Jam Buka: 05.30-23.30 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Bubur Ayam Kang Dedi

Bubur Ayam Kang Dedi, photo by keluyuran.com

Berikutnya, di sekitar jalan Jenderal Sudirman, kamu bisa menemukan Bubur Ayam Kang Dedi yang sudah berjualan selama lebih dari 20 tahun di sana. Tidak heran jika bubur ayam yang satu ini juga termasuk legendaris di Bandung.

Keunikan dari Bubur Ayam Kang Dedi adalah tambahan potongan kulit ayam sebagai topping yang menambah rasa gurihnya. Sisanya seperti pada bubur Bandung lainnya, ada pula topping suwiran ayam, telur rebus, dan ati ampela. Kemudian bubur disirami kecap asin dan bubuk merica untuk penguat rasanya. Kamu juga bisa menambahkan potongan cakwe yang ukurannya super besar. Jika ingin merasakan sensasi pedas, bisa juga menambahkan sambal merah. Satu porsi bubur ayam Kang Dedi pun siap menambah energimu.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00-11.00 WIB
Kisaran Harga: Rp15.000

Bubur Ayam Palaguna

Bubur Ayam Palaguna, photo by myeadandtravelstory.wordpress.com

Tidak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung, ada Bubur Ayam Palaguna yang tidak boleh dilewatkan para pencinta bubur. Memiliki konsep warung kaki lima yang sederhana, namun tidak pernah sepi pembeli, terutama di pagi hari. Orang-orang yang mencari sarapan di Bandung biasanya akan datang ke kedai Bubur Ayam Palaguna ini.

Keunikan dari Bubur Ayam Palaguna adalah porsinya yang penuh. Topping dan buburnya tidak main-main, sehingga dijamin kamu akan merasa kenyang. Dalam satu porsi, kamu bisa menambahkan suwiran ayam, kulit ayam, kacang kedelai goreng, ati ampela, daun bawang, dan seledri. Nikmat sekali makan bubur dengan topping lengkap dan rasanya yang lezat.

Alamat: Jl. Dalem Kaum, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 05.30-07.30 WIB
Kisaran Harga: Rp25.000

Bubur Ayam Pak Sopian

Bubur Ayam Pak Sopian, photo by yummyadvisor.id

Ada lagi tempat makan bubur ayam dengan konsep tenda sederhana, tapi rasa bintang lima, yaitu Bubur Ayam Pak Sopian. Lokasinya tepat berada di belakang Hotel Horison, sehingga sangat mudah dicari. Kalau kamu datang ke sini di pagi hari, jangan kaget melihat antrean panjang orang-orang yang ingin menikmati seporsi Bubur Ayam Pak Sopian.

Keunikan dari bubur ayam yang satu ini adalah topping ayamnya yang super banyak. Terutama suwiran ayam yang bisa memenuhi seluruh permukaan piring. Suwiran ayam di Bubur Ayam Pak Sopian terasa lebih halus, sehingga menambah rasa gurih pada buburnya. Selain itu, ada juga topping lain seperti ati ampela, kacang goreng, cakwe, dan daun bawang. Tertarik mencobanya?

Alamat: Jl. Maskumambang No.41, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00-10.00 WIB
Kisaran Harga: Rp16.000-Rp40.000

Bubur Ayam 66 H. Abah

Bubur Ayam 66 H. Abah, photo by nibble.id

Kali ini di kawasan Antapani, khususnya dekat pertigaan Jamika, ada bubur ayam legendaris yang dikenal dengan nama Bubur ayam 66 H. Abah. Lokasi tepatnya tidak jauh dari kawasan pertokoan di sana. Kamu akan dengan mudah menemukan sebuah kedai yang cukup besar dan nyaman. Di sini, kamu bisa menikmati bubur sambil bersantai bersama teman dan keluarga.

Hal unik dari Bubur Ayam 66 H. Abah adalah adanya topping telur muda dan ceker ayam yang jarang ditemukan di tempat lain. Ada juga topping pada umumnya seperti telur rebus, ati ampela, hingga suwiran ayam. Satu porsinya bisa membuat kenyang karena dihidangkan dengan cukup banyak. Kalau kamu ada di sekitar Antapani, wajib berkunjung ke kedai Bubur Ayam 66 H. Abah untuk merasakan sensasi kelezatannya.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.412, Jamika, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
Jam Buka: 12.00-03.00 WIB
Kisaran Harga: Rp12.000-Rp30.000

Bubur Ayam Pak Otong

Bubur Ayam Pak Otong, photo by keluyuran.com

Terakhir, kalau kamu mencari bubur di malam hari, bisa juga datang ke Bubur Ayam Pak Otong yang ada di kawasan Pasar Andir, sebuah ruko berwarna hijau muda. Meskipun buka di malam hari, tetapi pengunjungnya selalu ramai, lho! Ternyata banyak juga yang ingin menikmati bubur ayam di malam hari. Inilah keunikan dari Bubur Ayam Pak Otong yang khusus hanya buka di malam hari.

Namun, kalau kamu datang ke sini, usahakan jangan terlalu malam. Biasanya, topping buburnya akan cepat habis karena banyaknya pembeli. Adapun topping yang bisa kamu dapatkan di sini adalah suwiran ayam yang besar-besar, potongan cakue, dan ati ampela yang gurih.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.451, Ciroyom, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
Jam Buka: 17.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000

Nah, itulah 10 rekomendasi bubur ayam di Bandung yang harus kamu coba. Bubur ayam adalah makanan yang banyak disukai masyarakat. Berbagai kalangan bisa menikmati bubur ayam. Tidak peduli buburnya diaduk atau tidak, kenikmatannya bisa menyatukan banyak orang. Makan bubur ayam di Bandung bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena biasanya teksturnya berbeda dengan bubur ayam di kota-kota lain.