15 Aktivitas Seru Bersama Teman, Dijamin Anti Boring!

15 Aktivitas Seru Bersama Teman, Dijamin Anti Boring!
Aktivitas seru bersama teman, photo by Pexels/RODNAE Productions

Mungkin kamu sering merasa kebingungan saat harus menentukan aktivitas seru bersama teman yang bisa membuat momen tersebut terasa lebih berkesan, terutama bila kalian memang sudah jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Karena tak jarang, rencana pertemuan yang sudah disusun rapi bahkan bisa batal begitu saja karena adanya berbagai halangan.

Jadi, saat waktu luang itu berhasil didapatkan, tentu kamu tidak ingin menyia-nyiakannya begitu saja bukan? Waktu berkualitas yang digunakan bersama mereka harus dimanfaatkan semaksimal mungkin kalau kamu benar-benar ingin mengukir memori indah yang tak terlupakan. Nah, berikut sejumlah rekomendasi aktivitas seru bersama teman yang bisa kamu coba.

15 Aktivitas Seru Bersama Teman

Pergi Piknik

Pergi Piknik, Photo by Pexels/koolshooters

Bagaimana rasanya bersantai ria di tengah ruang terbuka hijau yang bisa dilakukan saat waktu senggang? Pasti menyenangkan sekali bukan? Piknik adalah salah satu aktivitas seru bersama teman yang bisa kamu coba tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Kamu hanya perlu berusaha mengumpulkan teman-temanmu untuk kemudian mencari lokasi piknik yang dianggap mampu menghidupkan suasana berkumpul menjadi semakin mengesankan, entah itu tepi pantai, kebun, taman kota, atau halaman belakang rumah.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan piknik sederhana, mulai dari alas kain, keranjang rotan, bantal kecil, aneka makanan dan minuman ringan, cutlery set, hand sanitizer, tisu, kantung sampah, hingga elemen dekoratif tambahan sebagai opsional. Pastikan untuk membuat momen piknikmu menjadi lebih berwarna dengan kehadiran orang-orang tercinta.

Pajamas Party

Pajamas Party, photo by robemart.com

Pernah terpikir untuk mengisi waktu luang dengan melakukan pajamas party atau pesta tidur bersama para sahabat? Kegiatan ini terbukti mampu mempererat tali persahabatan, lho. Kamu pun bisa membuat acara pesta jauh lebih meriah dengan menetapkan tema tertentu, entah itu tropical, vintage, dan lain-lain, yang nantinya dapat disesuaikan dengan piyama atau jubah tidur yang dibawa. Jika ingin menambahkan beberapa dekorasi, gantunglah beberapa pita dan balon di dinding kamar untuk menghidupkan suasana.

Umumnya, pesta tidur memang nggak selalu terstruktur. Kamu bisa membaur satu sama lain sambil menikmati kebersamaan secara natural, namun tak ada salahnya untuk membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan secara runtut agar lebih tertata. Beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama pesta tidur, mulai dari menonton film, memasak bersama, makeover, berdansa, board games, truth or dare, dan lain sebagainya.

Staycation di Villa

Staycation di Villa, photo by ZENrooms

Siapa yang bisa menolak keseruan yang dihadirkan melalui staycation? Pada dasarnya, staycation adalah kegiatan refreshing singkat di waktu senggang yang jaraknya terbilang dekat dari rumah. Lokasi penginapan seperti hotel dan villa kerap menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menyegarkan fisik dan pikiran di tengah penatnya kesibukan sehari-hari.

Ajak beberapa orang temanmu untuk menghabiskan waktu selama satu sampai dua hari di tempat tujuan. Tentukan pula waktu yang dirasa paling tepat agar momen me-time kamu nggak terganggu dengan adanya panggilan pekerjaan. Kemudian, buat agenda kegiatan seru demi bisa mengukir memori indah sebanyak-banyaknya, seperti misalnya memasak bersama, movie marathon, sampai barbeque party.

Ikut Kelas Kerajinan Tangan

Ikut Kelas Kerajinan Tangan, photo by Unsplash/Andy Kelly

Masih banyak aktivitas seru bersama teman yang bisa kamu coba, nih. Kalau kamu sering merasa bosan dengan kegiatan yang ‘itu-itu saja’, saatnya mencoba berbagai workshop kerajinan tangan yang dibuka untuk umum, baik itu kelas keramik, gerabah, melukis, menyulam, eco pounding, hingga membuat kreasi batik jumputan, semuanya bisa kamu jajal bersama para sahabat. Bayangkan betapa serunya bisa membawa pulang hasil kreasi DIY dari hasil tanganmu sendiri.

Saat ini, ada banyak sekali galeri seni dari berbagai bidang yang kerap membuka workshop secara rutin. Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah uang sebagai modal untuk mengikuti kelas. Karena seluruh peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia di tempat. Selain dipercaya mampu menghilangkan stres, mengikuti kelas seni seperti ini juga bisa mengasah keterampilanmu.

Spa Treatment

Spa Treatment, photo by onetravel.com

Setelah tubuh dan pikiran diterpa rasa lelah akibat rutinitas yang menyita waktu, saatnya untuk memanjakan diri di akhir pekan dengan melakukan perawatan tubuh di tempat spa bersama teman-teman. Penting untuk tetap menjaga penampilan sebagai salah satu bentuk ekspresi self love.

Apalagi, spa juga diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti mampu menghilangkan stres, melancarkan sirkulasi darah, memberikan efek relaksasi, hingga efektif untuk merawat kecantikan kulit. Selain dapat menikmati spa dengan racikan bahan-bahan alami, kamu juga bisa duduk bersebelahan dengan sahabat sambil bersendagurau.

Berkemah

Berkemah, photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Camping menjadi pilihan aktivitas seru bersama teman lainnya yang bisa dilakukan di luar ruangan. Cocok untuk kamu yang berjiwa bebas dan suka menghabiskan waktu di alam terbuka. Dengan berkemah bersama, seseorang dapat memiliki waktu berkualitas untuk lebih dekat satu sama lain. Pastikan juga untuk memilih lokasi berkemah yang terbukti aman, dekat dengan sumber air bersih, dan memiliki cukup privasi.

Beberapa games seru dengan pesta barbeque merupakan paket lengkap yang selalu ada dalam kegiatan camping. Jangan lupa membawa perlengkapan kemah lengkap dan sejumlah amunisi pribadi untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan, seperti obat-obatan, peralatan P3K, senter atau headlamp, jas hujan, baju ganti, sleeping bag, sampai peralatan mandi sederhana.

Olahraga

Photo from Innovative Fitness

Nggak melulu tentang hangout atau berfoto ria, kamu juga bisa lho melakukan aktivitas olahraga bersama teman! Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman, mulai dari sekadar lari atau jogging, mengikuti kelas yoga, bermain tennis atau badminton, hingga mencoba one day pass di gym.

Saat olahraga bersama, supaya lebih seru, kamu juga bisa nih menyepakati dress code bersama teman-teman! Mulai dari warna pakaian olahraga yang sama, hingga berolahraga menggunakan outfit sesuai kepribadian masing-masing. Dijamin seru banget, deh!

Menghadiri Festival

Photo from iStock

Pada rentang bulan Juli - Oktober, biasanya, banyak diadakan festival karena musim kemarau yang panjang di seluruh Indonesia. Mulai dari festival musik, festival jajanan pasar, hingga festival kecantikan atau festival buku!

Kamu bisa pergi ke festival yang menarik bersama teman-teman, sambil berbelanja dan mencoba banyak hal baru. Jangan lupa, bawa kamera juga untuk mengabadikan momen seru kamu bersama teman-teman, ya.

Road Trip

Photo from iStock

Punya banyak waktu luang untuk dihabiskan bersama teman-teman? Well, kamu bisa mencoba staycation atau berlibur ke luar kota menggunakan perjalanan darat yang panjang seperti membawa mobil sendiri, naik bus antar kota, hingga kereta.

Dijamin deh, perjalanan road trip yang panjang akan menghadirkan banyak cerita baru di masa depan, mulai dari hal-hal lucu yang kamu dan teman-teman lakukan, sampai momen-momen berdebat ringan, pasti ada! Hehehe.

Memasak

Photo from Amendo

Punya hobi masak dan ingin mencoba resep baru? Well, kamu bisa melakukannya bersama teman-teman. Aktivitas ini tentu akan menyenangkan, karena kamu bisa menghabiskan waktu bersama berbelanja bahan masakan, saling membantu menyiapkan alat-alat yang diperlukan, dan menyantap hasil kreasi masakan kalian bersama.

Membaca Buku Bersama

Photo from Off the Shelf

Membaca buku bersama bisa menjadi aktivitas yang sangat seru dilakukan bersama teman-teman! Meskipun membaca sering dianggap sebagai aktivitas yang individual, membaca buku bersama dapat menciptakan pengalaman berbeda dan memperkaya interaksi sosial antara teman-teman.

Berikut beberapa alasan mengapa membaca buku bersama bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan:

  1. Berbagi Pengalaman: Membaca buku yang sama memungkinkan kalian untuk berbagi pengalaman dan diskusi tentang alur cerita, karakter, dan tema buku tersebut.
  2. Diskusi yang Mendalam: Membaca bersama teman-teman bisa memicu diskusi yang lebih mendalam tentang ide-ide dalam buku, dan kalian bisa saling berbagi interpretasi dan pandangan.
  3. Memperkaya Pemahaman: Dengan berdiskusi tentang buku, kalian dapat melihat sudut pandang yang berbeda dan memperkaya pemahaman kalian tentang cerita dan isu yang diangkat.
  4. Meningkatkan Wawasan: Memilih buku dari genre atau topik yang beragam dapat membantu kalian mendapatkan wawasan baru dan memperluas pengetahuan.
  5. Menghadirkan Kebersamaan: Aktivitas membaca bersama bisa menciptakan momen kebersamaan yang unik, di mana kalian bisa merasa lebih terhubung satu sama lain.
  6. Meningkatkan Kreativitas: Diskusi tentang buku juga bisa memicu kreativitas dengan merangsang pemikiran dan gagasan baru.

Bermain Kuis atau Tebak-tebakkan

Photo from Buzzfeed

Bermain kuis bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menguji pengetahuan, berinteraksi, dan menciptakan suasana riang dalam kelompok. Kegiatan ini bisa membuat kamu dan teman-teman bersaing dengan santai, menguji pengetahuan, menguji kerja tim, hingga belajar banyak hal baru.

Karaoke

Photo from iStock

Aktivitas karaoke sangat cocok untuk dilakukan bersama teman-teman. Karaoke adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman sambil bernyanyi lagu-lagu favorit. Biasanya, tempat-tempat karaoke menyediakan ruang pribadi atau area khusus di mana kamu dan teman-teman kamu dapat bernyanyi bersama tanpa harus khawatir mengganggu orang lain.

Karaoke adalah cara yang bagus untuk menghibur diri dan teman-teman kamu. Semua orang dapat berpartisipasi, dan tidak perlu memiliki bakat vokal khusus. Ditambah lagi, Aktivitas karaoke sering kali menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Kamu dapat merekam video atau foto saat teman-teman kamu tampil, atau bahkan menyimpan momen-momen lucu atau kikuk saat bernyanyi bersama.

Menjadi Relawan Bakti Sosial

Menjadi Relawan Bakti Sosial, photo by Pexels/Julia M Cameron

Bakti sosial dinilai sebagai salah satu kegiatan positif yang mampu membentuk sikap dan kepribadian seseorang. Dengan terjun secara langsung ke lapangan, kamu akan belajar tentang betapa pentingnya saling tolong menolong terhadap sesama. Menjadi relawan dalam kegiatan bakti sosial juga bisa membantu kamu untuk memperluas jaringan terhadap orang-orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda, sehingga aktivitas berkumpul bersama teman pun menjadi lebih bermanfaat.

Bahkan, jika kamu adalah orang yang kurang percaya diri, kontribusimu dalam kegiatan bakti sosial—baik itu besar ataupun kecil—secara tidak langsung akan melahirkan perasaan bangga terhadap diri sendiri, sehingga mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Casual Photoshoot

Photo from Mount Studio

Di studio, di tempat staycation, di rumah sendiri, kamu memiliki banyak opsi untuk menjalankan aktivitas seru sambil merajut kenangan tak terlupakan. Jangan lupakan kesempatan untuk berfoto-foto dengan gaya santai yang unik, termasuk dalam sesi photoshoot dengan mengenakan piyama. Selain mengambil foto, momen-momen tak terlupakan juga bisa kamu abadikan dalam bentuk video. Dengan merekam video, kamu bisa merekam segala ekspresi kocak, tawa, dan kenangan berharga yang tercipta selama berkumpul bersama. Video tersebut menjadi sebuah harta karun digital yang dapat dinikmati kembali ketika kalian bersatu lagi di masa depan.

Itulah lima belas pilihan aktivitas seru bersama teman yang bisa kamu wujudkan di waktu senggang. Nah, untuk kamu si social butterfly yang secara aktif gemar bercengkrama dengan banyak orang, tinggal di sebuah hunian berbasis komunitas seperti coliving bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Di sini, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang untuk membangun komunitas dengan melakukan banyak kegiatan seru bersama penghuni coliving lainnya, mulai dari saling berinteraksi, bertukar pikiran, memasak bersama, hingga mengadakan berbagai event menarik untuk membentuk ikatan emosional. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang rekomendasi hunian coliving terbaik yang tersebar di kotamu hanya di Cove!