5 Daerah Perkantoran di Jakarta Barat

5 Daerah Perkantoran di Jakarta Barat
Daerah perkantoran di Jakarta Barat, photo by Rumah123

Perkembangan dan pertumbuhan ekonomis di ibu kota Jakarta menjadikan beberapa daerahnya berkontribusi sebagai lahan dan kawasan bisnis. Hal ini menjadikan Jakarta banyak dikelilingi gedung-gedung tinggi, mulai dari perkantoran, pusat belanja, tempat hiburan, dan lainnya. Maka itu, ada banyak sekali daerah perkantoran di Jakarta.

Uniknya, beberapa kawasan di Jakarta sendiri terbagi ke dalam masing-masing kategori. Misalnya, daerah Jakarta Barat yang dipusatkan sebagai kawasan dengan perusahaan consumer goods dan oil gas and company.

Nah, kira-kira daerah perkantoran di Jakarta Barat terletak di mana saja ya? Kantor apa yang membangkitkan wilayah ini? Yuk, baca informasi lengkapnya di artikel ini!

Daerah Perkantoran di Jakarta Barat

1. Kebon Jeruk

Daerah Kebon Jeruk merupakan daerah yang cukup strategis karena letaknya berdekatan dengan jalan tol Jakarta-Merak dan sangat cocok untuk daerah bisnis dan perkantoran. Awalnya daerah Kebon Jeruk terkenal dengan gedung perkantoran RCTI, yaitu salah satu stasiun televisi swasta yang sudah terkenal di Indonesia.

Namun, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat di daerah tersebut, terlebih didukung oleh dibangunnya AKR tower pada tahun 2017, menjadikan daerah Kebon Jeruk sebagai prime area di sektor perkantoran.

Selain itu banyak ruko-ruko yang dijadikan kantor di sekitarnya. Lokasinya yang strategis ini menawarkan konektivitas dan aksesibilitas terhadap berbagai rute transportasi, baik itu transportasi umum atau transportasi pribadi.

2. Cengkareng

Daerah perkantoran di Jakarta Barat yang kedua ada di daerah Cengkareng. Kawasan ini merupakan daerah yang cukup strategis sebagai area perkantoran karena lokasinya dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta dan Terminal Bus Kalideres.

Tidak itu saja, Cengkareng juga berdekatan langsung dengan perbatasan antara Jakarta-Tangerang, yang dihubungkan dengan jalan tol ataupun jalan non-tol. Kemudahan akses transportasi yang terdapat di daerah Cengkareng mendukung mobilitas dan kegiatan para pelaku usaha atau karyawan yang bekerja di daerah tersebut.

Belum lagi dengan adanya Cengkareng Industrial Estate membuat perekonomian di daerah tersebut ini tumbuh cukup cepat. Banyak sekali area perkantoran yang tersebar di daerah Cengkareng, antara lain Citra Garden, Taman Palem, dan Daan Mogot.

Perkantoran dan jenis usaha yang ada di daerah Cengkareng sangat beragam, mulai dari jasa, barang, periklanan, otomotif, dan masih banyak lagi. Namun, Cengkareng juga lebih banyak dikenal sebagai area segmen industri dan logistik kerena banyak di bangun gudang – gudang besar dan beberapa pabrik manufaktur.

3. Puri Indah

Daerah Puri Indah juga merupakan salah satu daerah yang cukup bergengsi karena banyak dikenal sebagai area kalangan menengah ke atas. Ini karena, Puri Indah terkenal sebagai pusat perumahan mewah. Tak hanya itu, Puri Indah juga menjadi kawasan perkantoran elite salah satunya adalah PT Orang Tua atau yang biasa lebih dikenal sebagai OT Group.

Selain PT Orang Tua, Puri Indah juga menjadi mainland dari salah satu perusahaan retail dan industrial commercial, yaitu Kawan Lama Group dan beberapa perusahaan-perusahaan asing lainnya. Masih banyak lagi lho landmark atau gedung-gedung pencakar langit di sekitaran Puri Indah.

4. Slipi

Slipi juga termasuk dalam daerah perkantoran di Jakarta Barat yang dianggap sebagai kawasan prospektif, bahkan menjadi salah satu tempat bertumbuhnya perkantoran-perkantoran baru di Jakarta Barat. Karena lokasinya tidak jauh dari area Sudirman dan Thamrin, Slipi juga masuk ke dalam daerah Central Business District (CBD) yang dikategorikan sebagai daerah perkantoran kelas atas. Untuk akses ke daerah Slipi pun cukup mudah dari berbagai aspek karena berdekatan dengan tol dan beberapa transportasi umum yang saat ini sudah banyak terintegrasi ke daerah tersebut.

Nah, ada satu fakta unik nih. Seperti yang kita tahu, Jakarta, terutama daerah CBD, memiliki peraturan ganjil genap. Namun, Slipi merupakan daerah yang tidak termasuk daerah ganjil genap lho. Hal ini menjadikan nilai tambah untuk area perkantoran yang berada di Slipi. Untuk harga lahan di daerah Slipi pun masih relatif tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan SCBD.

5. Permata Hijau

Selain beberapa daerah yang sudah disebutkan, masih ada 1 kawasan lagi nih yang menjadi daerah perkantoran di Jakarta Barat, yaitu Permata Hijau. Area perkantoran Permata Hijau termasuk juga ke dalam area perkantoran yang dikategorikan sebagai area yang cukup elit. Ini karena beberapa landmark di Permata Hijau, salah satunya Grand ITC Permata Hijau dan Belleza Tower Permata Hijau, turut menghiasi kawasan tersebut.

Nah, berbicara tentang pertumbuhan ekonomi, kawasan Permata Hijau ini juga termasuk cukup pesat karena areanya yang strategis dan elite membuat banyaknya perkantoran-perkantoran baru pun merajalela, misalnya beberapa perusahaan startup dan agensi yang mendirikan kantor di daerah Permata Hijau ini.  Selain itu, daerah Permata Hijau juga memiliki banyak perusahaan tambang ataupun perusahaan oil and gas baik itu lokal maupun multinasional level.

Nah, itu dia beberapa daerah perkantoran di Jakarta Barat yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang sedang mencari kawasan untuk membuka bisnis atau memperluas cakupan.