5 Wisata di Lembang Bandung ala Eropa, Bisa Buat Swafoto!

5 Wisata di Lembang Bandung ala Eropa, Bisa Buat Swafoto!
Wisata di Lembang Bandung ala Eropa, photo by Dago Bakery Punclut

Berbicara tentang tempat wisata di Bandung, belum lengkap rasanya kalau tidak memasukkan daerah yang satu ini, yaitu Lembang. Menjadi sebuah kawasan di Kabupaten Bandung Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya, Lembang kini semakin populer dengan berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah tempat rekreasi yang menawarkan suasana mirip dengan kota-kota di Eropa, terutama dari segi arsitektur bangunannya. Apa sajakah itu? Gulir ke bawah untuk cek lima wisata di Lembang Bandung ala Eropa yang wajib kamu kunjungi.

5 Wisata di Lembang Bandung ala Eropa

1. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang, photo by bookingtogo.com

Farmhouse menjadi salah satu tempat wisata di Lembang Bandung ala Eropa yang selalu dijadikan andalan bagi para keluarga yang ingin menikmati waktu liburan. Pasalnya, tempat rekreasi yang berdiri sejak tahun 2015 ini mengusung konsep wisata ala pedesaan Eropa, terutama Belanda, di mana setiap pengunjung bisa menikmati berbagai bangunan bergaya Eropa klasik yang cocok untuk berswafoto. Letaknya yang begitu dekat dengan alam hijau juga memberi kesempatan kepada setiap pengunjung untuk berjalan-jalan sembari menghirup udara segar yang masih terhitung asri.

Sesuai namanya, Farmhouse Susu Lembang menyuguhkan area peternakan dengan beragam jenis binatang jina dalam ukuran yang mini. Kamu bisa berinteraksi sembari memberi makan hewan-hewan yang ada di sini, mulai dari kelinci, domba, angsa, biri-biri, rusa, dan masih banyak lagi. Ada juga replika rumah kurcaci yang terinspirasi dari film ‘The Hobbit’, bisa kamu jadikan sebagai spot foto menarik. Nah, jika kamu datang bersama pasangan, ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengukir nama kalian berdua di area gembok cinta. Siapa tahu, hubungan kamu dan pasangan bisa berjalan dengan langgeng!

Mau mengabadikan foto sambil mengenakan kostum khusus? Farm House juga menawarkan variasi pakaian khas Eropa yang bisa kamu sewa mulai dari Rp85.000 - Rp135.000 saja. Setelah puas berjalan-jalan, kamu pun bisa menikmati berbagai macam kuliner lokal dan produk olahan susu yang dijual di sini.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam buka:
09.00 - 18.00 WIB
Tiket masuk:
Rp35.000

2. Kota Mini Lembang

Kota Mini Lembang, photo by Andaru Firmansyah

Tempat wisata di Lembang Bandung ala Eropa selanjutnya yang wajib untuk disambangi adalah Kota Mini. Terletak di kawasan wisata Lembang yang sejuk, Kota Mini bisa menjadi destinasi sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan anak-anak. Bisa dibilang, tempat rekreasi ini menyuguhkan suasana seperti layaknya dunia kecil yang penuh dengan keajaiban, lantaran didesain menyerupai kota kecil ala Eropa dengan ragam bangunan miniatur yang menggemaskan.

Beberapa hal yang membuat Kota Mini Lembang menjadi spesial adalah banyaknya aktivitas edukatif yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Salah satunya yaitu dengan menyediakan berbagai kelas simulasi profesi menarik. Misalnya, anak-anak bisa mengambil peran sebagai petugas pemadam kebakaran, polisi, peneliti sains, hingga koki dalam kelas memasak yang akan dipandu oleh instruktur berpengalaman. Ada juga wahana berupa kereta lokomotif bertenaga batu bara yang akan membawamu sekeluarga berkeliling di kawasan Kota Mini Lembang.

Bagi kalian yang suka foto-foto, jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel dengan baterai penuh! Sebab, di setiap sudut Kota Mini ini terdapat banyak sekali spot foto keren yang bisa jadi latar belakang menarik untuk feed sosial media kamu, mulai dari bangunan berwarna-warni yang unik hingga sudut-sudut taman yang ditata sedemikian apik.

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka:
09:00 - 18.00 WIB
Tiket masuk:
Rp25.000

3. Sarae Hills

Sarae Hills, photo by Kompas.com

Mau merasakan serunya berkeliling dunia hanya dalam jangka waktu satu hari saja? Saatnya mengajak teman-temanmu untuk datang langsung ke Sarae Hills Bandung yang letaknya ada di Puncak Ciumbuleuit! Tempat wisata ini terbagi menjadi dua area, yaitu Sarae Hills yang didedikasikan untuk tempat bersantai sembari menikmati berbagai kuliner, dan WOW (World of Wonders) Sarae Hills yang menawarkan berbagai spot foto dengan ikon-ikon terkenal dari seluruh dunia. Nantinya, setelah membayar tiket masuk, kamu akan dibawa ke lokasi utama menggunakan mobil khusus atau shuttle car yang disediakan oleh Sarae Hills.

Begitu memasuki kawasan WOW Sarae Hills, kamu akan disambut dengan banyaknya spot foto, seperti replika Eiffel Tower, Patung Liberty, Arc De Triomphe, Sphinx, hingga Santorini yang begitu khas dengan arsitektur bangunan serba putih dan kubah birunya. Terdapat pula Golden Gate, di mana kamu bisa menikmati panorama setiap sudut WOW Sarae Hills dari atas jembatan khas San Francisco ini. Menarik sekali, bukan?

Alamat: Jl. Pagermaneuh, RT.05/RW./07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka:
Senin-Jumat 09:00 - 21:00 & Sabtu-Minggu 08:00 - 22:00 (Kafe dan Resto), Senin-Jumat 10:00 - 18:00 & Sabtu-Minggu 09:00 - 18:00 (WOW Sarae Hills)
Tiket masuk:
Rp50.000

4. Rainbow Garden

Rainbow Garden, photo by Micoope

Berlokasi di dalam kawasan Floating Market Lembang, kebun bunga Rainbow Garden menjadi tempat wisata di Lembang yang lekat dengan nuansa Eropa berkat hamparan warna-warni bunganya yang ciamik. Tempat ini bukanlah sekadar taman biasa, melainkan sebuah oasis kecil yang didesain dengan berbagai jenis bunga yang tersebar di lahan berundak, sehingga memungkinkan kamu untuk menikmati taman dan panorama alam yang menakjubkan dari atas ketinggian.

Susunan bunganya yang diatur sedemikian rupa juga mirip dengan taman bunga tulip yang ada di Belanda. Menariknya lagi, hampir 80% jenis bunga yang ada di sini termasuk ke dalam edible flower alias aman untuk dikonsumsi, lho. Setidaknya, terdapat seratus jenis bunga yang tumbuh sepanjang tahun di Rainbow Garden. Tidak sampai di sana, kamu pun bisa mengunjungi sebuah rumah kaca besar yang menampung berbagai koleksi tanaman hias dengan perawatan khusus. Tersedia pula aneka souvenir lucu yang cocok untuk dibawa pulang.

Alamat: 5JJ9+R9H, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka:
Senin - Jumat (09.00 - 18.00), Sabtu & Minggu (08.00 - 18.00) Tiket masuk: Rp10.000

5. Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut, photo by Dagobakery.com

Bayangkan bagaimana rasanya duduk-duduk santai di dalam sebuah kafe bernuansa kastil khas Eropa, dikelilingi oleh perbukitan hijau, dan udara sejuk khas pegunungan? Pasti menyenangkan sekali, bukan? Itulah atmosfer yang akan kamu rasakan bila mengunjungi Dago Bakery Punclut. Meski berbentuk cafe, namun tempat wisata yang terletak di dataran tinggi ini mengusung desain arsitektur ala Eropa klasik yang membentuk sebuah istana megah. Dominasi warna hitam pun semakin menekankan suasana dramatis yang mungkin jarang kamu temukan di tempat lainnya.

Kamu bisa mengambil tempat duduk di bagian dalam ataupun di area rooftop untuk menikmati indahnya panorama kota Bandung. Selain menyuguhkan aneka roti dan kue, tersedia juga berbagai makanan berat hingga variasi camilan yang cocok untuk mengganjal perut, seperti Nasi Soto Bandung, Sop Buntut Dago, Mie Tektek Godog, sampai Smoked Brisket Jeletot. Sementara untuk aneka camilannya ada Cireng Bandung, Seblak, Batagor, Beef Samosa, hingga yang segar-segar seperti Banana Split dan Soft Ice Cream Bowl. Jadi, jangan lupa mampir, ya!

Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Punclut, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam buka:
Senin - Jumat (09.00 - 21.00) & Sabtu - Minggu (08.00 - 22.00)
Tiket masuk:
Rp20.000 (hari kerja), Rp25.000 (hari libur)

Demikian rekomendasi tempat wisata di Lembang Bandung ala Eropa yang menawarkan pesona keindahannya masing-masing. Jadi, manakah dari destinasi liburan di atas yang akan kamu sambangi di kemudian hari?