12 Tempat Wisata di Bandung Seperti Luar Negeri yang Menarik untuk Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Bandung Seperti Luar Negeri yang Menarik untuk Dikunjungi
Wisata di Bandung Seperti Luar Negeri, photo by ayobandung.com

Liburan ke luar negeri memang menjadi impian banyak orang. Bisa merasakan nuansa yang berbeda dari negara sendiri, menjadikan pengalaman yang tidak terlupakan. Tapi tidak semua orang bisa dengan mudah liburan di luar negeri. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk liburan di luar negeri.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada banyak tempat wisata di Bandung seperti luar negeri yang bisa kamu kunjungi. Memberikan nuansa yang serupa dengan negara-negara terkenal, namun tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke sana. Mau tahu di mana saja tempat wisata di Bandung seperti luar negeri yang menarik? Simak artikel ini ya!

Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang, photo by grahanurdian.com

Farm House Susu Lembang menjadi salah satu tempat wisata populer di Bandung. Lokasinya strategis, sehingga mudah untuk diakses. Kamu bisa merasakan sensasi peternakan luar negeri ketika berkunjung ke sini. Ada banyak spot foto dengan nuansa Eropa, khususnya Belanda yang khas. Selain itu, kamu juga bisa menyewa pakaian ala Belanda agar semakin terlihat seperti di luar negeri.

Keunikan lain dari Farm House Susu Lembang, setiap satu tiket masuk bisa ditukar dengan segelas susu segar. Dekat pintu masuk juga ada jembatan kecil dengan pagar besi yang penuh oleh gembok cinta. Gembok-gembok ini konsepnya mirip dengan Namsan Tower yang ada di Korea Selatan. Lalu semakin masuk, kamu akan menemukan Rumah Hobbit seperti dalam film The Lord of The Rings. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang ternak, memberi makan, atau berfoto riang.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp35.000

The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika, photo by traveloka.com

Tidak jauh dari Farm House Susu Lembang, kamu juga bisa mengunjungi The Great Asia Afrika untuk merasakan sensasi seperti di luar negeri. Tempat ini memiliki tiruan berbagai landmark  terkenal yang ada di negara-negara Asia dan Afrika. Bisa juga menjadi tempat wisata edukasi untuk anak-anak mengenal berbagai negara.

Beberapa ikon yang ada di The Great Asia Afrika antara lain Indonesia, Korea Selatan, Thailand, India, Jepang, Afrika, dan Timur Tengah. Kamu juga bisa menyewa berbagai pakaian tradisional khas setiap negara untuk berfoto riang.

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000

Mercusuar Cafe and Resto

Mercusuar Cafe and Resto, photo by travel.kompas.com

Kali ini, kamu bisa mengunjungi sebuah tempat wisata kuliner yang memiliki tema abad pertengahan. Mercusuar Cafe and Resto memiliki bangunan berbentuk kastil yang megah. Nuansa Eropa akan sangat terasa ketika memasuki kastil megah itu. Restoran satu ini memiliki enam lantai, sehingga kamu bisa melihat panorama kota Bandung dari ketinggian. Ada pula mercusuar yang bisa dinaiki oleh wisatawan.

Untuk menu makanannya, kamu bisa mencoba berbagai kuliner khas Western yang lezat. Suasana dan makanan akan membuat kamu lupa kalau sebenarnya sedang ada di Bandung, bukan di luar negeri. Tertarik makan di sini?

Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur 2 No.7, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung
Jam Buka: 09.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Little Seoul

Little Seoul, photo by salsawisata.com

Ingin merasakan sensasi seperti di Korea Selatan? Kamu bisa datang ke Little Seoul, sebuah cafe yang sedang hits di kota Bandung. Memiliki suasana khas seperti di Jalan Dongdaemun di Seoul, para pencinta Korea pasti akan betah di sini.

Little Seoul ada di area luar kafe. Kamu bisa memakai hanbok atau pakaian adat khas Korea Selatan untuk berfoto. Kalau sudah lapar, kamu juga bisa mencoba kuliner khas Korea Selatan yang lezat dan tentunya halal.

Alamat: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000

Vihara Vipassana Graha

Vihara Vipassana Graha, photo by wisata.app

Bagi kamu umat Buddha, bisa merasakan ibadah dengan sensasi seperti di luar negeri. Kamu bisa datang ke Vihara Vipassana Graha yang ada di Lembang. Nuansanya seperti ada di kuil-kuil di Thailand. Sangat cocok untuk bermeditasi.

Bagi yang tidak beragama Buddha tapi ingin berkunjung juga, tidak perlu khawatir karena vihara ini juga terbuka untuk umum. Daya tarik dari Vihara Vipassana Graha memang arsitektur bangunannya yang unik dan megah. Lokasinya juga ada di area perbukitan yang sejuk dan indah, sehingga nyaman untuk dijadikan tempat berlibur. Di sini kamu bisa berfoto sepuasnya. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu orang-orang yang sedang khusyuk beribadah, ya!

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.69, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 05.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: -

Sarae Hills

Sarae Hills, photo by travel.kompas.com

Selanjutnya kamu juga bisa datang ke Sarae Hills untuk merasakan sensasi wisata seperti di luar negeri. Di sini ada area bernama World of Wonders yang bisa membuat kamu seperti sedang berkeliling dunia. World of Wonders punya berbagai bangunan ikonik dari berbagai negara terkenal. Mulai dari Menara Eiffel, Arc de Triomphe, Sphinx, Pyramid Giza, Patung Liberty, hingga Amphitheatrum Flavium.

Ada banyak spot foto menarik untuk kamu pencinta konten. Kalau ingin istirahat makan, di sini juga ada cafe dengan konsep khas Santorini yang memiliki bangunan berwarna putih dan biru.

Alamat: Jl. Pagermaneuh, RT.05/RW./07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-21.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000-Rp80.000

Floating Market

Floating Market Lembang, photo by michellefranclee.com

Selanjutnya, tempat wisata Bandung seperti di luar negeri adalah Floating Market. Tempat wisata yang satu ini memiliki konsep pasar apung seperti Pattaya Floating Market yang ada di Thailand. Ada banyak perahu yang menjual berbagai makanan dan sayuran di atas danau Situ Umar.

Keunikan dari Floating Market ini, pengunjung hanya bisa membeli berbagai kuliner yang dijual dengan koin yang didapatkan dari penukaran uang rupiah. Selain pasar apung, ada juga berbagai wahana menarik yang bisa dicoba di Floating Market, seperti wahana air, naik perahu, permainan, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung, photo by salsawisata.com

Ingin menikmati sejuknya danau seperti di Selandia Baru? Tidak perlu jauh-jauh ke sana karena kamu bisa merasakannya di Kawah Putih. Menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi karena keindahan alamnya yang mengagumkan. Airnya berwarna putih kehijauan merupakan campuran antara air dengan belerang. Kawah Putih memang terbentuk karena letusan gunung Patuha.

Kamu bisa datang ke Kawah Putih dengan pasangan atau keluarga. Suasananya sangat romantis dan damai. Harga tiket masuknya pun sangat bersahabat. Tertarik liburan ke sini?

Alamat: Jl. Raya Ciwidey Patengan Km 11 Bandung
Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp28.000

Rumah Belanda Lembang

Rumah Belanda Lembang, photo by klok.com

Kalau kamu senang berfoto-foto, Rumah Belanda Lembang bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki nuansa khas Belanda, terutama dari segi arsitektur bangunannya.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa pakaian khas Belanda untuk menyempurnakan nuansa seperti liburan di luar negeri. Di sini juga da studio foto yang membuat kamu bisa semakin puas. Setelah lelah berfoto, kamu pun bisa mencoba kuliner khas Belanda yang lezat.

Alamat: Jl. Raya Maribaya Sukamaju RW 03 / RT 04, Cibodas, Lembang, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 10.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000

La Costilla

La Costilla, photo by infowisatabandung.com

Terakhir, kalau kamu ingin liburan ke tempat yang memiliki nuansa seperti di Amerika, datang saja ke La Costilla. La Costilla adalah sebuah cafe yang memiliki konsep seperti di MEksiko. Interiornya dominan berwarna merah muda dengan ornamen tanaman kaktus. Semua furniturnya juga sangat khas Meksiko agar suasananya semakin mirip seperti di luar negeri.

Selain bisa berfoto ria, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner khas western dan meksiko. Jangan lupa cicipi menu favorit mereka, mulai dari calamari gremolata, baby back ribs, dan crispy belly.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.98, Pasteur, Kec. Sukasari, Kota Bandung
Jam Buka: 11.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp100.000-Rp200.000

Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut, photo by dagobakery.com

Dago Bakery Punclut juga bisa jadi pilihan tempat wisata yang menarik kalau kamu ingin merasakan suasana Eropa yang khas. Tempat ini adalah restoran yang memiliki konsep bangunan ala kastil-kastil Eropa yang bergaya gotik. Di sini, tentu kamu bisa menikmati kuliner khas western dengan rasa yang tidak mengecewakan. Jangan khawatir soal harga, karena sangat pas di kantong. Nongkrong sambil menikmati makanan Eropa dengan pemandangan gunung dan bukit di Bandung akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan bareng teman atau keluarga.

Selain menikmati makanannya yang lezat, tentu kamu bisa sepuasnya berfoto di berbagai spot. Ada banyak sekali spot instagramable yang bisa membuat kamu terlihat seperti liburan di luar negeri. Dago Bakery juga sering menjadi lokasi untuk melakukan prewedding karena keindahan dan kemegahan kastilnya. Tempatnya berada di kawasan Punclut, sehingga memiliki udara yang sejuk. Cocok untuk healing dari penatnya kehidupan kota. Yuk ke sini!

Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Punclut, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: 10.00-20.00 WIB
Tiket Masuk: Rp20.000-Rp25.000

Chinatown

Chinatown, photo by idetrips.com

Mau liburan ke Tiongkok tapi belum bisa? Mungkin kamu bisa mengunjungi Chinatown dulu. Ini adalah satu kawasan di Bandung yang punya suasana mirip seperti di Tiongkok, lho! Sepanjang jalan, kamu akan melihat deretan bangunan khas Tiongkok dengan nuansa merah. Ada juga banyak sekali kedai yang menjual berbagai souvenir dan makanan khas Tiongkok. Pokoknya jangan sampai melewatkan wisata kuliner di Chinatown ini. Tidak hanya itu, kalau kamu ingin semakin terasa seperti di Tiongkok, bisa juga menyewa kostum dengan harga yang terjangkau. Lokasinya berada tepat di pusat kota Bandung, sehingga mudah untuk diakses.

Tidak hanya itu daya tarik dari Chinatown Bandung. Tempat ini juga mempunyai museum yang jangan sampai terlewat jika berwisata ke sini. Di dalam museumnya, ada banyak koleksi artefak dari Tiongkok seperti piring keramik dan mangkok. Museum ini buka setiap hari. Setelah puas melihat-lihat di museum, kamu bisa melanjutkan berbelanja. Tidak hanya barang-barang khas Tiongkok, kamu juga bisa menemukan barang kebutuhan lainnya di sini. Perlu diperhatikan, semua transaksi di kawasan Chinatown tidak memakai uang cash. Kamu bisa memakai e-money, debit, atau kartu kredit dengan minimal transaksi sebesar Rp100.000.

Alamat: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000

Nah, itulah 12 tempat wisata di Bandung seperti di luar negeri yang bisa kamu kunjungi. Tidak perlu ke luar negeri untuk merasakan sensasi yang sama. Bandung pun memiliki pesonanya dan tentu budget lebih murah. Kamu bisa liburan dengan puas. Jangan lupa juga untuk memilih penginapan di Bandung yang nyaman dan punya fasilitas lengkap seperti Cove agar liburan kamu semakin menyenangkan dan memuaskan. Pengalaman yang didapatkan pun tidak akan terlupakan.