8 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

8 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru
Tips Membuat Resolusi Tahun Baru, photo by Freepik.com

Selamat Tahun Baru! Untuk tahun 2023 ini, kamu sudah membuat resolusi belum, nih? Dengan membuat resolusi tahun baru, kamu bisa merenungkan hal-hal yang sudah kamu capai dan ingin dilanjutkan, serta fokus ke hal-hal lain yang ingin ditingkatkan. Agar lebih mudah tercapai, ada beberapa tips membuat resolusi tahun baru yang perlu kamu ketahui.

Khususnya buat kamu yang sering gagal mencapai resolusi di tahun-tahun sebelumnya, 8 tips membuat resolusi tahun baru ini mungkin dapat membantumu membuat resolusi yang lebih baik. Penasaran? Yuk, simak info lengkapnya di artikel ini sekarang!

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

1. Bikin Resolusi yang Spesifik

Tentukan Goal yang Spesifik, photo by Hashmicro.com

Salah satu alasan terbesar gagal dalam mencapai resolusi tahun baru adalah karena resolusi tersebut tidak cukup spesifik. Resolusi seperti “ingin lebih sehat” atau “ingin lebih bugar” tidak cukup spesifik sehingga sulit dicapai. Jika goal-nya tidak spesifik, bakal sulit untuk mengetahui apakah goal tersebut sudah tercapai atau belum, bagaimana rencana dan batas waktu untuk mencapainya.

Itulah kenapa kamu perlu menerapkan yang namanya SMART goals, yaitu kerangka kerja atau panduan yang akan memudahkan pencapaian tujuan. Kamu harus bikin resolusi yang spesifik, terukur (measurable), achievable (bisa dicapai), relevan, dan time based (ada tenggat waktu). Contoh, “berkomitmen ikut kelas yoga, tiga kali seminggu, dimulai dari bulan Februari sampai bulan Desember 2023.”

2. Pastikan Resolusimu Realistis

Resolusi yang Realistis, photo by Teachertoolkit.co.uk

Tetapkanlah resolusi yang sesuai dengan gaya hidup dan apa yang bisa kamu capai. Kalau tidak, kamu mungkin akan kehilangan motivasi di tengah jalan. Misal, jika gajimu saat ini pas-pasan untuk bayar kostan dan makan per bulan, menetapkan resolusi jalan-jalan ke luar negeri tahun ini mungkin belum realistis.

Coba bikin resolusi yang lebih realistis seperti mencari part-time job dengan gaji minimal Rp1 juta untuk ditabung sebagai biaya traveling tahun depan. Jadi, jujurlah pada diri sendiri dan pastikan kamu mempertimbangkan sumber daya dan waktu yang tersedia untuk membantumu mencapai tujuan, ya.

3. Batasi Jumlah Resolusi

Batasi Jumlah Resolusi, photo by Forbes.com

Kamu mungkin punya daftar panjang potensi resolusi tahun baru. Namun,  sebaiknya kamu pilih satu resolusi saja dan memfokuskan energi yang kamu miliki pada resolusi tersebut.

Berupaya mencapai terlalu banyak resolusi sekaligus sangat sulit karena membangun pola perilaku baru membutuhkan waktu dan usaha berkelanjutan. Berfokus pada satu tujuan tertentu membuat resolusi jauh lebih bisa dicapai.

4. Rencanakan dengan Matang

Rencanakan dengan Matang, photo by Nerdynaut.com

Jangan membuat resolusi random tanpa rencana. Jika kamu tidak menyusun rencana mencapai resolusi dengan matang, besar kemungkinan kamu bakal gagal mewujudkannya. Resolusi yang hanya ada di pikiran akan berakhir dilupakan.

Jadi, setelah kamu mengetahui apa yang ingin kamu capai, pastikan kamu juga menentukan kapan, di mana, dan mengapa resolusi itu penting. Dengan begitu, kamu dapat membuat rencana tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Mulai dari Langkah Kecil

Mulai dari Langkah Kecil, photo by Imageio.forbes.com

Begitu banyak resolusi tahun baru gagal karena keinginan melakukan banyak hal dalam satu waktu. Jadi, fokuslah untuk mengambil langkah-langkah kecil yang pada akhirnya akan membantu kamu mencapai tujuan yang lebih besar.

Contoh, jika kamu memutuskan lari maraton sebagai resolusi tahun ini, mulailah dengan jogging dua atau tiga kali seminggu. Perlahan, tingkatkan frekuensi lari yang lebih lama dan berolahraga lebih banyak per minggu.

6. Jangan Rahasiakan

Jangan Rahasiakan, photo by Pexels

Sebaiknya jangan rahasiakan resolusimu. Sebab, memberi tahu teman dan anggota keluarga dapat memberikan dukungan yang mungkin kamu butuhkan untuk konsisten dalam mencapai resolusi tersebut. Jika memungkinkan, coba sharing resolusi tahun baru dengan seorang teman dan saling berikan motivasi.

7. Cek Progres Secara Berkala

Cek Progres Secara Berkala, photo by Seeingthebrightside.com

Satu hal yang sering dilupakan saat membuat resolusi tahun baru adalah melacak progresnya. Jika kamu tidak melacak progres resolusi tahun baru yang sudah kamu tetapkan, kamu akan mengalami kesulitan untuk mengetahui seberapa dekat atau jauh kamu dari mencapai tujuan tersebut. Dengan mengecek progres secara berkala, kamu akan terus termotivasi untuk mewujudkan resolusi tahun baru.

8. Terus Berusaha dan Tetap Positif

Terus Berusaha dan Tetap Positif, photo by Pexels

Mungkin tips membuat resolusi tahun baru yang paling penting adalah terus berusaha dan tetap positif. Nikmati perjalanannya karena disiplin adalah pilihan, bukan hukuman. Buat resolusi tahun barumu menyenangkan sehingga kamu dapat melakukannya setiap hari dengan hati yang gembira.

Jika kamu benar-benar kehabisan tenaga untuk mempertahankan resolusi pada pertengahan Februari, jangan putus asa. Mulai lagi dari awal! Cobalah untuk tidak memikirkan lelah dan stresnya usaha dalam mencapai resolusi. Berkomitmenlah pada resolusimu tahun ini dan fokuslah pada hal positif yang akan membantu kamu tetap berusaha mencapai resolusi dan mewujudkannya.

Terapkanlah 8 tips membuat resolusi tahun baru di atas untuk tahun 2023 yang lebih baik. Semoga bermanfaat!