8 Tempat Wisata di Jakarta Timur, Cocok untuk Refreshing

8 Tempat Wisata di Jakarta Timur, Cocok untuk Refreshing
Tempat Wisata di Jakarta Timur, photo by tiket.com

Jakarta Timur juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik dari daerah bagian ibu kota yang lainnya. Mulai dari wisata alam, tirta, seni, dan budaya, semuanya ada di sini. Tarifnya yang dibanderol murah meriah juga membuat mayoritas orang tidak berpikir dua kali untuk sekedar meluangkan waktu berkualitas mereka di sejumlah tempat wisata yang tersebar di sekitar. Untuk kamu yang masih bingung dengan tujuan kegiatan di akhir pekan, mungkin rekomendasi tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini bisa membantu kamu untuk mewujudkannya.

8 Tempat Wisata di Jakarta Timur

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, photo by tamanmini.com

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini? Berlokasi di daerah Cipayung, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan kawasan rekreasi bertemakan budaya Indonesia, yang mana di dalamnya terdapat representasi dari 33 provinsi di Indonesia yang dikemas ke dalam bentuk anjungan daerah berarsitektur tradisional. Ada juga beragam miniatur budaya, museum, teater, hingga taman flora dan fauna yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi pengunjung.

TMII juga sering mengadakan pertunjukan budaya yang menampilkan tari-tarian tradisional, musik, dan busana khas daerah tertentu dari seluruh Indonesia. Tidak heran bila tujuan wisata yang berdiri di atas lahan seluas 150 hektar ini sering diramaikan oleh pengunjung, terutama bagi golongan keluarga. Kamu yang berencana datang ke sini juga bisa berbelanja oleh-oleh dan kerajinan tangan buatan lokal di berbagai toko suvenir yang tersedia.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah:

  • Menikmati wahana eduwisata bertemakan antariksa dan aeronautika di Skyworld.
  • Mengunjungi 18 museum edukasi, seperti Museum Prangko, Museum Transportasi, Museum Penerangan, dan lain-lain.
  • Menaiki wahana kereta gantung, menjelajahi Taman Burung, hingga menonton pertunjukan film di gedung teater Keong Mas.
Alamat: Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur. DKI Jakarta, Indonesia
Jam buka: 06.00 - 20.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp25.000 /orang, Rp35.000 mobil, Rp15.000 motor, Rp10.000 sepeda, Rp60.000 bus, dan Rp60.000 truk

2. Old Shanghai Sedayu City

Old Shanghai Sedayu City, photo by Kompas.com

Sedang ingin tempat wisata di Jakarta Timur yang menyajikan ambience unik dan berbeda? Kamu bisa mengunjungi Old Shanghai Sedayu City yang lokasinya ada di daerah Kelapa Gading ini. Old Shanghai Sedayu City merupakan destinasi wisata kuliner tematik chinatown yang menyajikan lebih dari 80 tenant makanan halal dan non-halal. Ada juga beragam tenant menarik lainnya khusus untuk berbelanja produk fashion, make-up, dan kebutuhan sehari-hari, sebut saja Canvas Living, Pin Grocery, Moonrabit by Scoop, sampai Nature Republic.

Sudah kenyang menikmati aneka kuliner otentik dan ingin berfoto untuk kenang-kenangan? Di sini, ada bangunan menarik bernama Pagoda di mana kamu bisa menyewa kostum-kostum tradisional China yang keren untuk kemudian difoto oleh fotografer profesional, lho! Old Shanghai Sedayu City juga pet friendly, cocok untuk kamu yang berencana jalan-jalan sambil membawa anabul kesayangan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Old Shanghai Sedayu City:

  • Mencicipi lebih dari 1000 tipe hidangan laut segar di Kampoeng Seafood.
  • Berfoto di tengah landmark bangunan-bangunan khas kota Shanghai.
  • Memberi makan ikan di Empress Garden secara gratis.
Alamat: RWMF+XP9, Cakung Bar., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Senin - Jumat pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, Sabtu - Minggu serta Hari Libur Nasional pukul 07.00 WIB hingga 23.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

3. Kolam Renang Taman Air Tirtamas

Kolam Renang Taman Air Tirtamas, photo via renangloka

Berenang di musim panas bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan menarik untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Taman Air Tirtamas merupakan destinasi wisata Jakarta Timur yang menyajikan tempat rekreasi berupa kolam renang dengan harga tiket masuk terjangkau yang pas untuk keluarga.

Kedalaman kolam renang untuk dewasa bisa mencapai 140 - 165 cm, sementara kolam khusus anak berkisar antara 50 - 80 cm dengan kelengkapan wahana seperti waterslide, ember tumpah, hingga playground. Berendam sejenak di Taman Air Tirtamas dijamin mampu menyegarkan tubuh dan pikiranmu di kala penatnya aktivitas harian.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Air Tirtamas:

  • Mempelajari berbagai gaya renang di kolam khusus dewasa.
  • Mengajak anak-anak bermain di area playground.
  • Menikmati sajian makanan murah meriah di area kantin yang tersedia.
Alamat: QW5P+FGV, Jl. Pd. Klp. Tim. II, RT.11/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 07.00 - 18.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp30.000 /orang (weekday), Rp35.000 /orang (weekend), Rp25.000 anak-anak

4. Taman Waduk Ria Rio

Taman Waduk Ria Rio, photo by Kompas.com

Berlokasi di daerah Pulomas, Taman Waduk Ria Rio menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang menyuguhkan ruang terbuka hijau seluas 2,6 hektar dengan panorama waduk buatan dan pepohonan rindang. Lingkungan alamnya yang tenang dengan kesejukan udara segar yang menyelimuti tempat rekreasi ini membuat Taman Waduk Ria Rio menjadi lokasi yang dirasa ideal untuk merenung ataupun bersantai bersama keluarga. Ada juga lintasan jogging super nyaman yang bisa digunakan untuk sekedar jalan-jalan santai dan berolahraga. Jika ingin menikmati semilir angin taman sambil ngemil, deretan penjual makanan dan minuman sudah tersedia di dekat pintu masuk.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Waduk Ria Rio:

  • Piknik seru bersama teman-teman di tepi danau.
  • Olahraga santai di atas lintasan lari.
  • Melakukan meditasi ringan.
Alamat: Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, RT.7/RW.15, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 07.00 - 18.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

5. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti, photo by Sindonews

Mau mempelajari sejarah lengkap peristiwa G30S PKI? Kamu bisa mengunjungi Monumen Pancasila Sakti yang terletak di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur ini. Monumen Pancasila Sakti adalah sebuah museum yang didirikan dalam rangka mengenang peristiwa penyerangan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia kepada 7 perwira TNI yang terjadi pada tahun 1965. Tempat ini terbilang cukup luas dan terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Di dalam Monumen Pancasila Sakti terdapat patung 7 pahlawan revolusi, diorama pemberontakan PKI, bangunan rumah tua, dan barang peninggalan para jenderal, termasuk mobil kuno. Tertarik untuk mampir?

Aktivitas yang bisa dilakukan di Monumen Pancasila Sakti:

  • Berkeliling sambil mempelajari latar belakang terjadinya peristiwa G30S PKI.
  • Menonton film dokumenter pengkhianatan G30S PKI di ruang teater dengan membayar biaya tambahan Rp10 ribu.
Alamat: Jl. Monumen Pancasila Sakti No.4, RT.4/RW.12, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 08.00 - 15.30 WIB
Harga tiket masuk: Rp5.000 /orang

6. Buperta Cibubur

Buperta Cibubur, photo by Ridwan channel95

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka atau yang lebih dikenal dengan sebutan Buperta Cibur merupakan kawasan terbuka hijau yang umum dimanfaatkan untuk berkemah bagi para pengunjung. Tempat wisata di Jakarta Timur ini memiliki luas 210 hektar yang terdiri dari pepohonan hijau, area rekreasi kolam renang, serta perairan Danau Situbaru. Kamu yang ingin berkemah selama satu malam di Buperta Cibubur cukup membayar Rp15 ribu per orang. Pihak pengelola juga menyediakan sewa kebutuhan kemah lengkap, mulai dari tenda, velbed, kayu bakar, panggung, sound system, meja dan kursi, hingga lampu tambahan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Buperta Cibubur:

  • Berkemah di tepi danau, baik perseorangan ataupun keluarga.
  • Menikmati matahari terbenam di area danau sambil mengayuh perahu bebek.
  • Jogging, bersepeda, hingga bermain badminton di lapangan olahraga yang tersedia.
Alamat: Jl. Pakuan No.5, Pd. Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 08.00 - 18.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp5.000 /orang (pramuka), Rp10.000 /orang (umum)

7. Taman Bambu

Taman Bambu, photo by getlost.id

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Jakarta Timur yang menawarkan sejuknya alam bebas di tengah perkotaan. Taman Bambu menjadi destinasi wisata murah meriah dengan luas 2,8 hektar yang dikelilingi oleh tumbuhan hijau dan pepohonan rindang. Menariknya, di sini juga tersedia lapangan bola, bulu tangkis, jogging track, hingga gazebo untuk kamu duduk-duduk santai sambil menghirup udara segar.

Kamu yang membawa anak kecil bisa mengajaknya menikmati wahana bermain anak yang terdiri dari ayunan, perosotan, hingga bak pasir untuk melatih sensorik dan motorik mereka. Sementara itu, setiap minggu pagi, Taman Bambu juga selalu diramaikan oleh hadirnya Pasar Kaget yang menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Bambu:

  • Piknik di area perbukitan atau tepi danau yang asri.
  • Bersantai ria sambil merenung di dalam gazebo.
  • Lari-lari kecil di sepanjang jogging track.
Alamat: Jl. Rw. Binong Blk. Jacky No.60, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur
Jam buka: 07.00 - 16.30 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

8. Taman Anggrek Indonesia Permai

Taman Anggrek Indonesia Permai, photo by puteramentari.com

Kamu yang menyukai tanaman hias atau bunga-bunga cantik wajib berkunjung ke sini. Berada di dalam kawasan TMII, Taman Anggrek Indonesia Permai (TAIP) adalah sebuah wisata edukatif yang menjadi tempat berkumpul bagi para pedagang dan kolektor bunga anggrek. Jenis tumbuhan yang paling mendominasi di TAIP adalah anggrek bulan (phalaenopsis amabilis), tetapi kamu juga bisa menemukan bunga melati putih (jasminum sambac) dan bunga padma raksasa (rafflesia arnoldi) yang dijual dengan harga bervariatif.

Satu hal yang perlu diingat, beberapa bunga anggrek diketahui memiliki karakteristik yang sensitif terhadap sentuhan sehingga rawan rusak atau mati. Jadi, hindari menyentuh dengan sembarangan bunga anggrek yang terpajang di dalamnya, ya. Pastikan tanganmu steril terlebih dahulu dengan menggunakan antiseptik sebelum mulai berjelajah di dalam taman.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Anggrek Indonesia Permai:

  • Berbelanja bunga anggrek untuk ditanam di rumah atau sebagai dekorasi ruangan.
Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Taman Mini Indonesia Indah No.I, RT.4/RW.2, Pinang Ranti, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur
Jam buka:  09.00 - 17.00 WIB
Harga tiket masuk: Gratis

Demikian deretan tempat wisata di Jakarta Timur yang populer dan masih diramaikan pengunjung hingga saat ini. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-temanmu untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan mengunjungi destinasi menarik di atas, ya!