10 Cafe di Jakarta Timur untuk Nongkrong, WFC, hingga Me Time

Cafe di Jakarta Timur yang cocok untuk nongkrong hingga me time ini wajib kamu kunjungi, nih!

10 Cafe di Jakarta Timur untuk Nongkrong, WFC, hingga Me Time

Cafe di Jakarta Timur seakan tidak pernah gagal menawarkan pengalaman nongkrong yang tak terlupakan. Bagaimana tidak? Cafe-cafe ini memiliki konsep yang unik dan menarik, sehingga selalu menjadi incaran anak muda yang doyan ngopi sambil mencari suasana baru.

Tidak cuma cocok untuk nongkrong, kebanyakan cafe juga menawarkan ambience yang mendukung bagi kamu yang ingin bersantai sendirian, work from cafe (WFC), atau menghabiskan waktu dengan keluarga. Penasaran, kan? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Cafe di Jakarta Timur

Berikut ini adalah 10 rekomendasi cafe di Jakarta Timur. Jangan lupa dimasukin ke wishlist, ya!

1. Upala Coffee & Eatery

Upala Coffee & Eatery tidak boleh terlewatkan kalau kamu mencari cafe di Jakarta Timur untuk nongkrong sama sahabat. Apalagi, banyak spot instagramable di tiap sudut tempatnya. Dilengkapi dengan fasilitas yang menarik dan unik, tentunya membuat Upala Coffee & Eatery jadi tempat yang cozy. Cafe yang lagi hits di sosmed ini cocok untuk nongkrong dan work from cafe.

Suasana di Upala Coffee & Eatery

Upala dilengkapi dengan beberapa area outdoor, indoor, dan rooftop yang nyaman. Di area outdoor terbilang sangat luas. Terdapat kursi, meja panjang yang didesain dengan konsep industrial, sampai meja square yang unik. Di area indoor ada coffee bar, cocok untuk work from cafe dengan suasana tenang. Jangan khawatir untuk nugas atau kerja berjam-jam di sini, karena Upala menyediakan banyak stop kontak dan internet yang stabil.

Sementara rooftop dilengkapi dengan meja panjang dan kursi besi yang cocok jadi spot buat kamu dan teman-teman yang ingin bercengkerama. Biar makin teduh, Upala menambahkan tanaman dan pepohonan di tiap sudut cafe. Cove sangat merekomendasikan kamu datang pada sore hari, karena di waktu ini kamu bisa menjumpai sunset dan pemandangan LRT sambil ditemani sepoi angin.

Alamat: Jalan Kayu Putih Tengah IC No.42, RW.7, Pulo Gadung, Kec. Pulo Gadung
Jam buka: Senin – Minggu (08.00 -21.30 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 45.000

2. Tuan Tanah Jatinegara

Masih dengan konsep outdoor yang selalu bikin nyaman, Tuan Tanah bisa kamu kunjungi jika mencari cafe di Jakarta Timur. Ternyata, coffee shop ini milik aktris Atiqah Hasiholan, lho! Tuan Tanah baru saja membuka cabangnya di Jatinegara, setelah membuka kedai pertamanya di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Cabang di Jatinegara ini memiliki konsep ala vintage house. Jadi, kamu bisa mengabadikan beberapa momen menarik dan spot aesthetic ketika mengunjungi cafe ini.

Suasana di Tuan Tanah

Tuan Tanah menyediakan dua area, yaitu indoor dan outdoor. Area indoor memiliki suasana hangat dan akan lebih dekat dengan barista. Sementara untuk area outdoor disediakan untuk kamu yang ingin menikmati menu mereka sambil berteduh di bawah pepohonan. Pokoknya sangat homey dan cozy, deh!

Kamu juga bisa WFC-an di sini karena Tuan Tanah menyediakan banyak colokan dan juga WiFi. Nah, karena tempatnya cukup luas, kamu juga bisa mengadakan acara hingga meeting dengan teman-teman kerja di sini.

Alamat: Jalan Jatinegara Timur II No.22, RT.12/RW.2, Jatinegara, Jakarta Timur
Jam buka: Senin – Jumat (10.00 – 24.00 WIB), Sabtu – Minggu (08.30 – 24.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 60.000

3. Coffee & Kitchen

Jika Tuan Tanah menjadi cafe di Jakarta Timur yang memiliki konsep vintage dan klasik, kini kita berpindah ke salah satu cafe yang interiornya lebih kekinian. Bruen Coffee & Kitchen adalah cafe yang sudah cukup populer di kalangan anak-anak muda.

Ini karena Bruen menawarkan tampilan cafe yang aesthetic dan memiliki tempat yang cukup luas, cocok untuk nongkrong. Apalagi, Bruen dilengkapi dengan ruangan VIP untuk kamu yang ingin Bruen menggelar small event dan meeting. Coffee & Kitchen juga cocok untuk kamu yang suka foto OOTD, nih, karena banyak spot yang instagramable.

Suasana di Bruen Coffee & Kitchen

Bruen memiliki area indoor dengan ambience yang nyaman, jadi kamu fokus bekerja di sini. Sementara kamu yang ingin nongkrong dan berkumpul dengan sahabat, Bruen Coffee & Kitchen menyediakan fasilitas berupa area outdoor yang luas. Jangan takut kepanasan, ya, karena area outdoor Bruen sangat teduh dan asri. Kamu bisa datang setiap Jumat atau Sabtu untuk menikmati live music di sini.

Alamat: Jalan D.I Panjaitan No. 46, RT. 08/RW. 02, Cipinang Cempedak, Jatinegara
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 22.00)
Kisaran harga: Rp 100.000 – Rp 200.000

4. Hakuna Matata Cafe

Konsep cafe unik yang kali ini datang dari Hakuna Matata Cafe. Cafe di Jakarta Timur satu ini mengusung gaya bohemian yang artsy yang menghiasi isi bangunannya, mulai dari ornamen kayu hingga bambu dengan motif berbeda-beda.

Suasana di Hakuna Matata Cafe

Dengan pemilihan dekorasi dan furniture yang homey, misalnya kursi yang terbuat dari rotan, sofa dan bantalan yang nyaman, outdoor dan indoor yang dihias dengan tanaman di tiap sudut, hingga playground untuk anak, membuat kamu merasa seperti ada di rumah ketika mengunjungi Hakuna Matata Cafe. Maka dari itu, kafe ini punya atmosfir yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Bagi kamu yang butuh space atau ruang privasi, Hakuna Matata Cafe menyediakan area khusus yang bisa digunakan dengan biaya reservasi Rp 50.000 (harga dapat berubah). Ruang ini biasanya sering dipakai untuk bridal shower, arisan, maupun tempat untuk belajar kelompok.

Alamat:  Jalan Pertengahan No.5, RW.3, Cijantung, Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur
Jam buka: Senin – Kamis (11.00 - 22.00 WIB), Jumat – Minggu (11.00 - 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 50.000

5. Kyo Coffee

Buat kamu yang suka dengan bangunan minimalis dengan Japan vibes, pastinya suka dengan tampilan Kyo Coffee. Cafe di Jakarta Timur ini menerapkan konsep sederhana. Interior di Kyo Coffee rata-rata terbuat dari kayu dan bangunannya dihiasi kaca di sampingnya. Caffee ini terbilang tersembunyi karena tidak ada plang nama di luarnya.

Suasana di Kyo Coffee

Untuk dine in, Kyo Coffee hanya menyediakan beberapa tempat duduk di area indoor, sehingga area ini cukup terbatas dan bisa ditempati beberapa orang saja. Jadi, biasanya pengunjung akan menghabiskan waktu di area outdoor yang lebih luas sambil menyantap kopi dan hidangan lainnya.

Karena Kyo Coffee memberi kesan yang menenangkan, tempat ini bisa dicatat di go to list untuk kamu yang mencari tempat untuk bekerja atau sekedar nongkrong sambil me time.

Alamat: Jalan Wirajasa No.1, Cipinang Melayu, Jakarta Timur
Jam buka: Senin – Kamis (07.00 – 21.00 WIB), Jumat – Minggu (07.00 – 22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 68.000

6. Dos Hermanos Coffee & Cigar

Cafe di Jakarta Timur memang sangat unik-unik dan kreatif. Kalau sebelumnya Kyo Coffee bernuansa Jepang, kini kamu bisa merasakan pengalaman ngopi di Santorini, Yunani. Santorini adalah sebuah pulau yang dikelilingi lautan biru. Bangunan dan rumah-rumah di Santorini sangat khas, dengan cat didominasi warna putih dan biru.

Nah, di Dos Hermanos Coffee & Cigar, kamu bisa menemukan pengalaman seperti berada di Santorini karena interior cafe ini dibuat serupa dengan bangunan-bangunan di Yunani. Tempat ini juga cocok buat kamu yang suka berfoto karena setiap sudutnya sangat aesthetic.

Suasana di Dos Hermanos Coffee & Cigar

Dos Hermanos Coffee & Cigar memiliki 2 area, yaitu indoor dan outdoor. Area indoor sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana tenang seperti berada di rumah sendiri. Sementara untuk outdoor biasanya menjadi spot anak muda yang berkumpul dan bersantai. Area outdoor di Dos Hermanos di-desain sedemikian rupa seperti berada tepi pantai. Bahkan, kamu bisa menjumpai kolam renang juga, lho di area outdoor! Unik sekali, kan?

Alamat: Jalan Betung Raya No. 26, Duren Sawit, Jakarta Timur
Jam buka: Selasa – Minggu (13.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 45.000

7. Kedai Locale

Kedai Locale, photo by Instagram @kedailocale

Berlokasi di Rawamangun, Kedai Locale menjadi cafe di Jakarta Timur selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Cafe ini memiliki desain eksterior dan interior yang minimalis dan didominasi dengan furnitur kayu dan bambu. Terlebih, dinding batu bata menjadi ciri khas Kedai Locale serta pencahayaan cafe yang diatur warm membuat tempat ini terasa makin nyaman.

Suasana di Kedai Locale

Jika kamu suka mencicipi berbagai makanan khas Indonesia, maka hidangan-hidangan di Kedai Locale wajib kamu coba. Selain makanannya yang enak dan beragam, tempat ini juga cocok untuk nongkrong dan berkumpul bersama teman dan keluarga. Lalu, seperti cafe kebanyakan, Kedai Locale juga sudah dilengkapi dengan area indoor dan outdoor, WiFi, mushola di lantai 3, dan smoking area.

Alamat: Jalan Balai Pustaka Timur C6, Rawamangun
Jam buka: Senin – Kamis (08.00 – 23.00), Jumat – Sabtu (08.00 – 24.00), Minggu (08.00 – 23.00)
Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 100.000

8. Kopi Kecil (KOCIL Specialty Coffee White Wood)

Seperti namanya, Kopi Kecil tidak memiliki space yang besar dan luas, jadi tempatnya memang kecil dan sangat intimate. Bagaimana pun, kafe ini berhasil memadukan aksen kayu dan bebatuan lalu menjadikan Kopi Kecil sebagai cafe di Jakarta Timur yang aesthetic. Nah, yang paling uniknya lagi, lantai keramik di cafe ini memiliki motif batik, lho! Furniture di sini juga antik-antik.

Suasana di Kopi Kecil

Karena tempatnya tidak begitu luas, Kopi Kecil jadi tidak begitu padat pengunjung sehingga tempat ini memberikan nuansa yang nyaman untuk bersantai sambil bekerja. Area outdoor bisa digunakan karena tersedia beberapa kursi. Tempatnya pun bersih dan fasilitasnya lengkap sehingga Kopi Kecil menjadi alasan kenapa cafe ini harus kamu kunjungi.

Alamat: Jalan Kayu Putih Raya No.1, RT.8/RW.8, Pulo Gadung, Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari (07.00-22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 30.000

9. Saka Coffee Roasters

Rekomendasi cafe di Jakarta Timur lainnya yaitu Saka Coffee Roasters. Sama seperti Kyo Coffee, Saka menawarkan pengalaman ngopi dengan konsep ala Jepang. Nuansa Jepang ini bisa dijumpai dari pemilihan furniture yang menggunakan bangku, meja, jendela, hingga wadah dan kotak tissue nya semua dari kayu. Kamu juga akan menjumpai banyak tanaman hias, tirai putih, sampai penggunaan pintu geser yang vibes-nya benar-benar Jepang dan instagramable banget.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa bersantai sambil mencicipi berbagai menu sushi dan rice bowl yang semuanya terinspirasi dari restoran Jepang. Hmm, memadukan kopi dan sushi? Unik juga, ya!

Suasana di Saka Coffee Roasters

Saka Coffee Roasters memiliki area indoor dan outdoor. Untuk area terbuka di bagian belakang disiapkan bagi para pengunjung yang ingin merokok. Tempat ini sangat nyaman dan nuansa Jepang membuat tempat ini terasa tenang. Kamu bisa mampir ke sini karena Saka Coffee menawarkan kopi yang enak dengan harga yang terjangkau. Tempat ini juga didukung dengan internet cepat jadi cocok untuk kamu yang ingin WFC.

Alamat: Jalan Pertengahan, Nomor 68, Cijantung, Ps. Rebo, Jakarta Timur
Jam buka: Senin – Kamis (10.00 - 22.00 WIB), Jumat – Sabtu (10.00 – 24.00 WIB), Minggu (10.00 – 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 100.000

10. Anora

Buat kamu yang lagi di daerah Matraman dan sedang mencari cafe di Jakarta Timur, kamu bisa mampir ke Anora. Tempat nongkrong atau cafe ini memiliki konsep modern tropical. Kalau kamu berkunjung ke sini, pastinya tempat ini akan mengingatkan kamu kepada Santorini karena nuansa bangunannya didominasi warna putih dengan lantai bebatuan.

Bedanya, Anora tidak mengusung warna biru di interiornya, tapi menggunakan paduan warna hitam. Jadi, cafe ini agak monochrome dan tentunya harus kamu abadikan di sosial media.

Tapi, Anora berlokasi di dalam gang dan kamu mungkin harus melewati gang sempit, jadi gunakan Google Maps, ya, untuk menemukan cafe hidden gem ini.

Suasana di Anora

Anora terbagi ke dalam area indoor dan outdoor. Area outdoornya terbilang luas dengan banyak space tempat duduk. Cove sangat merekomendasikan kamu untuk datang ke sini pada sore saat golden hour, dan menjelang malam hari karena tempat ini terlihat lebih cantik saat langit mulai gelap.

Tapi, bukan berarti tempat ini tidak rekomen dikunjungi siang hari, ya! Justru pada siang hari, perpaduan lighting natural dari matahari dan bangunan putih di Anora akan membuat foto kamu jadi lebih aesthetic seperti sedang liburan di luar negeri!

Alamat: Jalan Utan Kayu Raya No.100 B, Kec. Matraman, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Jumat (09.00 - 23.00 WIB), Sabtu – Minggu (08.00 – 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 55.000

Nah, itulah 10 cafe di Jakarta Timur yang bisa Cove rekomendasikan untuk kamu. Cafe-cafe di daerah ini memang banyak dan rata-rata sangat nyaman, jadi cocok untuk nongkrong, bekerja, hingga untuk kamu yang mau bersantai dan me time.