8 Tempat Piknik di Bandung, Punya Lanskap Terindah!

8 Tempat Piknik di Bandung, Punya Lanskap Terindah!
Tempat Piknik di Bandung, photo by freepik


Selain menawarkan panorama alam yang indah, kota Bandung juga dikenal dengan iklimnya yang sangat sejuk sepanjang tahun lantaran terletak di wilayah dataran tinggi. Ada banyak sekali tempat wisata yang begitu dekat dengan area hutan dan pegunungan. Itulah mengapa Bandung sering kali dijadikan tempat yang ideal untuk melarikan diri dari penatnya kehidupan di kota-kota besar, salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan rekreasi seperti piknik. Nah, kalau kamu sedang mencari tempat piknik di Bandung yang cocok buat healing, Cove sudah mengumpulkan informasi lengkap yang kamu cari. Cek rekomendasinya di bawah ini, yuk!

8 Tempat Piknik di Bandung

1. Kebon Pines

Kebon Pines, photo by wisnuwidiarta.com

Rekomendasi tempat piknik di Bandung yang pertama adalah Kebon Pines. Sesuai namanya, kawasan wisata alam dengan konsep ‘back to nature’ ini memang dikelilingi oleh panorama hutan pinus yang sangat lebat dan sejuk. Kamu cukup membayar Rp15 ribu jika ingin melakukan kegiatan piknik di sini. Mau sekalian bermalam dengan sebuah tenda? Harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp20 ribu saja. Sangat murah, bukan?

Setiap pengunjung yang datang untuk piknik diperbolehkan membawa tikar pribadi ataupun makanan dari luar, tetapi tersedia juga paket barbeque mulai dari Rp99 ribu yang sudah termasuk peralatan piknik lengkap termasuk karpet. Cocok untuk kamu yang nggak ingin repot membawa peralatan dari rumah. Kalau mau sewa karpet terpisah, bisa juga dengan membayar biaya tambahan Rp10 ribu.

Nah, menariknya lagi, Kebon Pines nggak hanya menyediakan tempat piknik saja, tetapi tersedia juga beragam wahana outbound favorit, seperti ATV, flying fox, archery, wooden bridge, dan lain-lain. Berani coba?

Lokasi:  Jl. Genteng Nomor 1 Lapangan Jendral, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga tiket: Rp15.000,-
Fasilitas: Area parkir, mushola, toilet, BBQ, unit glamping, spot foto, cafe, paint ball, area bermain anak, dan camping ground

2. Jungle Milk

Jungle Milk, photo by Kompas.com

Jungle Milk menjadi opsi tempat piknik di bandung kedua yang wajib kamu pertimbangkan. Pasalnya, area wisata yang satu ini menawarkan pengalaman rekreasi seru dengan berbagai paket piknik, glamping, dan campervan yang terjangkau. Kamu yang ingin piknik bersama teman-teman dianjurkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, ya, bisa juga sekaligus request dekorasi lesehan dan menu makanan sesuai preferensi pribadi kepada tim Jungle Milk.

Yap, kamu nggak salah baca. Jungle Milk menawarkan aneka menu piknik tak biasa yang benar-benar menggugah selera, mulai dari wagyu steak, BBQ, mini timbel, sebakul Padang, sebakul liwet, sampai steamboat. Lengkap sekali, bukan? Harga paket piknik ini tersedia mulai dari Rp150 ribu - Rp330 ribuan per orang, tergantung menu makanan apa yang kamu pilih. Tiduran santai sambil membaca buku di antara pohon pinus juga bisa menjadi kegiatan piknik yang nggak kalah menyenangkan.

Lokasi: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Harga tiket: Rp150 ribu - Rp330 ribu (paket piknik)
Fasilitas: Tempat parkir, toilet, mushola, paket piknik, paket glamping, campervan, ATV, horse-riding, sampai tracking lorong semut

3. Orchid Forest Cikole

Kamu warga Kota Kembang pastinya sudah tidak asing lagi dengan tempat healing di Bandung yang satu ini. Dengan luas 12 hektar, Orchid Forest Cikole menawarkan lanskap romantis dari limpahan taman anggrek dan pohon pinus yang teduh. Tempatnya yang adem dengan sinar matahari yang menembus tipis di sela-sela pepohonan membuat suasana di sekitar terasa semakin asri.

Inilah alasan mengapa Orchid Forest Cikole sering dijadikan andalan untuk tempat piknik di Bandung bersama keluarga. Kamu bisa datang langsung ke sini dengan menyewa fasilitas piknik pinecone di Pine Kitchen dan juga Food Corner tanpa harus melakukan reservasi di hari sebelumnya. Kendati demikian, Orchid Forest Cikole memberlakukan aturan ketat di mana para pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dari luar.

Pengunjung domestik perlu mengeluarkan tiket masuk Rp40 ribu per orang, sementara bagi wisatawan asing harus merogoh kocek Rp100 ribu per orang. Kamu bisa piknik di sini sembari menikmati fasilitas outbound dan melihat 157 jenis tanaman anggrek yang diambil dari berbagai belahan dunia.

Lokasi: Jl. Anyar No.49, Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga tiket: Rp40.000,- (wisatawan lokal), Rp100.000,- (turis asing)
Fasilitas: Tempat parkir, toilet, shuttle car, outbound, jembatan kayu, mobil golf, camping ground, dan spot foto

4. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp, photo by Kompas.com

Pine Forest Camp menjadi tempat piknik di Bandung selanjutnya yang pas buat healing. Area berkemah dengan latar belakang pohon pinus ini terletak di kawasan Lembang yang memiliki ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat sirkulasi udara di sekitar Pine Forest Camp terasa begitu segar dengan lingkungan yang masih terlihat asri, sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga ataupun sahabat.

Perlu dicatat, setiap pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan katering dari luar, ya. Untuk keperluan piknik, kamu bisa menyewa kursi lipat seharga Rp5 ribu per buah ataupun menyewa set peralatan masak dan makan senilai Rp100 ribu untuk 10 pax. Jangan lupa tetap memerhatikan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ingin sekaligus bermalam dengan menyewa tempat camping? Siapkan dana sekitar Rp600 ribu per malam untuk Standard Camp berjumlah 3 orang, atau kamu bisa menyewa Camping Pod yang dibanderol mulai dari Rp1 jutaan per unitnya untuk dua hari satu malam. Tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Jl. Pasirjaya XII nomor 10, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Harga tiket: Rp25.000,- per orang
Fasilitas: Outbound, high rope course, flying fox, sewa peralatan camping, hingga paket katering

5. Pagerwangi Dome

Pagerwangi Dome, photo by Instagram @/fenyerlina

Hanya dengan tiket masuk Rp25 ribu per orang, kamu sudah bisa melakukan piknik seru di kawasan Pagerwangi Dome, Lembang, Bandung Barat. Suasananya yang asri dibingkai pula oleh taman terbuka berupa rerumputan dan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Hamparan hijau inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk melakukan piknik. Ada juga ruang kreatif dari rumah kayu dan taman bermain anak bagi rombongan keluarga.

Pihak pengelola Pagerwangi Dome memberlakukan kuota sekitar 30 orang saja per harinya untuk pengunjung yang ingin berpiknik, jadi sangat dianjurkan untuk membuat reservasi terlebuh dahulu, ya! Kamu pun diperbolehkan membawa peralatan piknik sendiri, tetapi juga bisa menyewa peralatan BBQ, set tenda, tikar pandan, sampai hammock di tempat ini apabila kamu tidak berencana membawanya.

Berkunjung ke Pagerwangi Domei juga akan membuka kesempatan bagi kamu untuk mendengar suara kicauan burung yang syahdu sehingga terasa pas untuk melepas penat.

Lokasi:  Jl. Sukanagara, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Harga tiket: Rp25.000,- per orang
Fasilitas: Tenda set, alat BBQ, lentera minyak, pine cone stove, tikar pandan, dan hammock

6. Cileunca Land

Cileunca Land, photo by Instagram @/cileunca.land

Pengalaman tenangnya piknik di tepi danau Situ Cileunca bisa kamu rasakan saat mengunjungi Cileunca Land. Hanya dengan membayar Rp10 ribu per orang, kamu sudah bisa piknik santai sambil memilih tempat duduk di antara puluhan bean bag berwarna-warni yang tersedia di sini. Jika kamu ingin piknik dengan meja yang sudah didekorasi secara khusus, lakukan reservasi melalui Instagram cileunca.land sebelum hari H, ya.

Menu makanan dan minuman yang dijual di Cileunca Land juga masih sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu - Rp50 ribuan saja. Cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata murah di Bandung yang bisa buat piknik. Waktu yang paling direkomendasikan untuk berkunjung ke sini adalah saat sore hari hingga menjelang matahari terbenam demi melihat indahnya sunset.

Lokasi:  Situ Cileunca, Jln.Pulosari, Desa Cibuluh, Danau, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Harga tiket: Rp10.000,- per orang
Fasilitas: Paket camping, dermaga apung, perahu, bean bag, dan infinity pool

7. Teh Jangkung Malabar

@visitkabbandung Nih tempat piknik gocengan #wisata #pangalengan #visitkabbandung #lestykejora #kdrt #rizkybillarkdrt ♬ Bebaskan Diriku Cover - DED🎶

Teh Jangkung Malabar merupakan area perkebunan teh dengan suasana tenang yang letaknya berada di daerah Pangalengan. Tempat piknik di Bandung ini termasuk dalam kategori hidden gem lantaran belum begitu diketahui oleh banyak orang, sehingga suguhan atmosfer alam dan sirkulasi udara yang ada di sekitar masih sangat terjaga kesegarannya.

Kalau kamu sedang banyak pikiran, piknik bersama sahabat dengan pemandangan hamparan kebun teh secantik ini dijamin bisa menenangkan pikiran. Kamu bisa memasuki area Teh Jangkung Malabar cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja per orangnya. Jangan lupa membawa perlengkapan piknikmu sendiri, ya!

Lokasi: Banjarsari, Pangalengan, Bandung Regency, West Java 40378
Harga tiket: Rp15.000,-

8. Ranca Upas

Ranca Upas, photo by Kompas.com

Tempat piknik di Bandung yang terakhir adalah bumi perkemahan Ranca Upas. Berlokasi di kawasan wisata Ciwidey, Ranca Upas merupakan salah satu tempat kemah favorit bagi warga Bandung di mana terdapat penangkaran rusa timorentis dengan banyak spot foto menarik. Pengalaman piknikmu juga akan semakin menyenangkan karena Ranca Upas menyediakan aneka kegiatan seru untuk mengisi waktu healing kamu yang berkualitas, di antaranya ada flying fox, panahan, berkuda, sampai tempat pemandian air panas. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Harga tiket: Rp27.000,- per orang
Fasilitas: Perkemahan, kolam renang air panas, campervan, penangkaran rusa timorensis, masjid, rawa basah, warung makan, toilet, gazebo, berkuda, hingga flying fox.

Nah, itu dia rekomendasi tempat piknik di Bandung yang bisa kamu pertimbangkan untuk menenangkan pikiran. Masing-masing dari destinasi ini memiliki keunggulannya masing-masing dengan harga yang pas di kantong.