7 Gunung di Bandung yang Super Mempesona

7 Gunung di Bandung yang Super Mempesona
Gunung di Bandung, photo by jejakpiknik.com

Mendaki gunung adalah hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Pemandangan yang mempesona ketika sampai di atas gunung menjadi obat penawar setelah lelahnya mendaki. Salah satu kota yang menjadi tujuan para pendaki adalah kota Bandung, karena ada banyak sekali gunung yang mempesona dan mudah untuk ditempuh. Gunung-gunung ini pun menjadi tujuan tempat wisata di Bandung bagi para pencinta alam

Kalau kamu salah satu orang yang memiliki hobi mendaki gunung, kamu tidak boleh melewatkan 7 gunung di Bandung yang pemandangannya super cantik dan mempesona ini. Penasaran gunung mana saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

Gunung Patuha

Gunung Patuha, photo by hotelier.id

Gunung Patuha adalah salah satu gunung terindah yang ada di Kabupaten Bandung. Gunung ini berdekatan dengan beberapa gunung lainnya, seperti Gunung Tikukur, Gunung Tambakruyung, dan Gunung Cadaspanjang. Sudah sejak lama Gunung Patuha menjadi area yang menarik untuk tracking.

Para pendaki bisa melalui jalur Desa Cipanganten atau dari kawasan wisata Kawah Putih. Hal menarik dari Gunung Patuha adalah di puncaknya ada lubang besar berbentuk periuk. Lubang inilah yang disebut sebagai Kawah Saat.

Tinggi: 2440 mdpl
Lokasi: Ciwidey, Kabupaten Bandung
Estimasi Waktu Mendaki: 6-7 jam

Gunung Malabar

Gunung Malabar, photo by radarjabar.disway.id

Selanjutnya, ada Gunung Malabar yang juga masih berada di kawasan Kabupaten Bandung. Gunung Malabar berdekatan dengan banyak gunung, mulai dari Gunung Sangar, Gunung Haruman, Gunung Puntang, hingga Gunung Ipis.

Kamu bisa mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan indah di sekitarnya. Jalur pendakiannya melewati Kampung Cinyiruan, tidak jauh dari sebuah lapangan bola dan kantor perkebunan di Cinyiruan. Di sana, para pendaki harus melapor lebih dulu ke pengurus RW setempat. Keunikannya, Cinyiruan ini ada di ketinggian ketinggian 1570 mdpl. Dari sana, kamu bisa mendaki sekitar 770 meter garis ketinggian hingga mencapai puncaknya.

Tinggi: 2341 mdpl
Lokasi: Komplek Pegunungan Malabar
Estimasi Waktu Mendaki: 7-8 jam

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu, photo by travel.kompas.com

Siapa yang tidak mengenal gunung yang satu ini? Gunung Tangkuban Parahu seakan sudah menjadi ikon dari kota Bandung. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota dan negara. Kamu bisa mendaki gunung Tangkuban Parahu dari beberapa jalur, di antaranya dari Jayagiri, Sungkawa, dan Kawah Ratu.

Keunikan dari Gunung Tangkuban Parahu yang membuatnya terkenal adalah legendanya. Cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi sudah dikenal masyarakat secara turun-temurun.

Tinggi: 2084 mdpl
Lokasi: Bandung Utara
Estimasi Waktu Mendaki: 4-5 jam

Gunung Burangrang

Gunung Burangrang, photo by keluyuran.com

Gunung Burangrang seperti benteng kokoh yang menjulang dari kawasan Padalarang, Cimahi, hingga Bandung Barat. Gunung Burangrang menjadi salah satu gunung tertua di Bandung. Keunikan dari gunung ini, di bagian puncak terdapat dua tempat untuk beristirahat, yaitu sebuah puncak dengan tugu berdiri di atasnya dan area lapang yang posisinya lebih rendah. Di area lapang itu, menjadi tempat berkemah para pendaki sekaligus spot menikmati pemandangan Kaldera Gunung Sunda Purba dengan Situ Lembang yang menjadi cekungannya.

Kalau kamu ingin mendaki Gunung Burangrang, kamu bisa menempuh jalur basecamp Legokhaji, Jalur Komando, atau Jalur Tanjakan Pelangi.

Tinggi: 2064 mdpl
Lokasi: Bandung Barat
Estimasi Waktu Mendaki: 5-6 jam

Gunung Manglayang

Gunung Manglayang, photo by industry.co.id

Kali ini, gunung yang ada di kawasan Bandung Timur, yaitu Gunung Manglayang. Gunung ini akan terlihat jelas kalau kita ada di gedung bertingkat atau tengah melintasi jembatan layang. Gunung Manglayang juga menjadi salah satu gunung paling populer di sekitar Bandung. Tidak heran kalau kawasan gunung tersebut selalu ramai didatangi para pendaki atau orang yang akan camping.

Di gunung ini ada Bumi Perkemahan Batukuda yang menjadi tempat favorit untuk camping. Ada juga jalur pendakian lain seperti Baru Beureum dan Curug Cilengkrang.

Tinggi: 1818 mdpl
Lokasi: Bandung Timur
Estimasi Waktu Mendaki: 3-4 jam

Gunung Kerenceng

Gunung Kerenceng, photo by idntimes.com

Gunung Kerenceng berada di antara Kawasan Bandung dan Sumedang. Jalur pendakian yang bisa dilewati adalah base camp awal di Kampung Jambuaer. Dari sana, kamu bisa berjalan sekitar 620 meter untuk mencapai puncak. Keunikan dari gunung satu ini adalah lokasinya yang terbagi ke dalam dua kabupaten. Namun secara aglomerasi, gunug Kerenceng masuk ke dalam pengelompokan wilayah Bandung.

Tinggi: 1754 mdpl
Lokasi: Bandung Timur
Estimasi Waktu Mendaki: 3-4 jam

Gunung Bukit Tunggul

Gunung Bukittunggul, photo by bandungbergerak.id

Gunung yang tidak kalah mempesona dari yang lain di kawasan Bandung adalah Bukit Tunggul. Di puncaknya, ada dua plang yang menunjukkan ketinggian yang berbeda. Di sini, medannya lebih terjal dan hutannya rimun. Jadi, para pendaki harus benar-benar siap fisik dan bekal jika ingin menelusuri gunung yang satu ini. Dari pos 2 hingga pos 5, kamu akan melewati tanjakan-tanjakan yang cukup curam.

Pintu masuk untuk mendaki gunung ini bisa melalui Kampung Pasirangling, Desa Suntenjaya. Ada bumi perkemahan Taman Bincarung yang menjadi titik awal pendakian.

Tinggi: 2206 mdpl
Lokasi: Bandung Utara
Estimasi Waktu Mendaki: 2-3 jam

Itulah 7 gunung di Bandung yang memiliki pemandangan indah dan mempesona. Tujuh gunung ini menjadi kekayaan alam yang dimiliki Bandung yang harus dijaga dan selalu dilestarikan keasriannya. Para pendaki kota Bandung biasanya sudah tidak asing dengan tujuh gunung ini. Potensi untuk menjadi tempat wisata alam pun masih sangat besar. Jadi, kamu tertarik mendaki gunung yang mana?