10 Rekomendasi Tempat Makan di Cilandak yang Underrated dan Enak

10 Rekomendasi Tempat Makan di Cilandak yang Underrated dan Enak

Beberapa rekomendasi tempat makan di Cilandak ini nggak boleh kamu lewatkan! Berbagai jenis hidangan dari beberapa daerah di Indonesia hingga penjuru dunia bisa kamu temukan di kawasan Cilandak. Nah, kalau kamu sedang berada di Cilandak atau ingin berkunjung ke sini, simpan daftar tempat makan yang Cove rekomendasikan ya!

Tempat Makan di Cilandak

1. Warung Pecel Boma

Warung Boma : Nikmatnya Jajan Pecel Pincuk Murah Meriah di Malam Hari
Warung Pecel Boma, photo by detik.com

Hayo, siapa sih yang ngga suka dengan nasi pecel? Buat kamu pecinta nasi pecel, wajib banget cobain Warung Pecel Boma di Fatmawati. Tempat ini sudah berdiri sejak 2013 dan tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, banyak yang rela mengantre demi sebuah nasi pecel Madiun.

Bukan tanpa alasan ya kenapa warung ini padat pengunjung. Bahkan, artis cantik Ashanti saja pernah menyempatkan diri untuk makan di sini lho! Meski baru buka jam 19.00, tapi tempat ini sudah diramaikan para pecinta nasi pecel.

Ini karena nasi pecel disajikan tradisional menggunakan daun pisang yang berisikan nasi hangat dan dihiasi sayuran, mulai dari bayam, kangkung, daun kenikir, dan kemangi segar. Lalu, seporsi pecel tersebut disiram dengan bumbu kacang yang wangi kencur dan ditambah dengan kacang tolo, tempe orek, serta serundeng.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.22, RT.14/RW.3, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (17.00 – 00.00, kecuali Minggu 00.00 – 12.00 dan 17.00 – 00.00)

2. Seafood 45 Fatmawati

Warung Seafood 45" Rekomendasi Rumah Makan Hits di Jakarta Selatan
Seafood 45 Fatmawati, photo by POPMAMA

Seafood memang tidak pernah salah, bukan? Apalagi kalau dinikmati di sebuah warung pinggir jalan yang ramai dan sudah terkenal dengan kelezatannya. Di mana lagi kalau bukan di Seafood 45 Fatmawati yang sudah buka dari 2007. Tempat makan di Cilandak yang satu ini berhasil menarik perhatian pecinta seafood dengan hidangannya yang sangat lezat.

Menurut beberapa pelanggan, Kerang Dara dan Cumi Saos Padangnya wajib kamu coba di Seafood 45 Fatmawati karena bumbunya sangat lezat dan terasa sedikit pedas. Belum lagi ditambah dengan rasa gurih dan pedas yang nendang. Untuk bumbunya kamu juga pilih loh, mulai dari saus padang, saus tiram, mentega, hingga asam manis.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, RT.4/RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (18.30 – 03.00)

3. Warung Bali Pak Gede

10 Nasi Campur Bali Halal di Jakarta, Enak Banget! - Nibble
Warung Bali Pak Gede, photo by Nibble

Kalau kamu ingin mencoba kuliner khas Bali, kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke sana lho. Kamu bisa mampir aja ke Cilandak, tepatnya Haji Nawi. Pilihan menunya ada nasi campur hingga sate.  Nah, teman-teman muslim tidak perlu khawatir nih kalau takut makanan di sini tidak halal. Warung Bali Pak Gede menyajikan nasi campur khas Bali yang hanya menggunakan sapi dan ayam. Makanya, dijamin halal.

Selain itu dalam seporsi nasi campur kamu bisa menemukan banyak lauk loh. Seperti menu Nasi Campur Ayam Komplet yang berisikan nasi, ayam suwir betutu, kacang, sate lilit, lawar, dan sambal matah. Melihat isiannya yang banyak, harga Rp 28.000 sangat worth it, bukan?

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.33D, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (11.00 – 21.00)

4. Santiga Seafood

Taking It To The Streets: Santiga Seafood Benhil (The Foodie Magazine, May  2014) – RIAN FARISA
Santiga Seafood, photo by Rian Farisa

Berlokasi di dekat Stasiun MRT Haji Nawi, Santiga Seafood menjadi tempat makan di Cilandak berikutnya yang wajib dicoba. Tempat ini sudah sangat terkenal dan legendaris karena berdiri sejak tahun 1989. Dulunya, Santiaga Seafood berlokasi di Bendungan Hilir (Benhil) sebelum akhirnya pindah ke Fatmawati. Namun saat ini, kamu bisa turun di MRT Haji Nawi dan langsung mampir ke Santiga Seafood karena tempatnya sangat dekat dengan stasiun dan juga Seafood 45.

Di sini kamu bisa mencicipi ragam menu dan hidangan laut yang fresh dan lezat. Tempatnya pun cukup luas dengan banyak meja yang terbilang nyaman untuk makan beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Beberapa menu recommended yang wajib dipesan kalau mampir ke Santiga Seafood adalah kerang dara rebus, udang saus padang, kepiting, dan ikan kuwe bakar.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.41, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (16.00 – 22.30)

5. Sop Kaki Kambing Bang Anen

Kuliner Jakarta: 10 Warung Sop Kambing Betawi Paling Enak di Jakarta Cocok  untuk Makan Siang/Malam - Halaman all - Wartakotalive.com
Sop Kaki Kambing Bang Anen, photo by Warta Kota

Ada aja kuliner unik dan maknyus di Cilandak. Salah satunya adalah Sop Kaki Kambing Bang Anen. Kuliner Betawi ini merupakan sajian yang hangat dan gurih sehingga cocok dimakan kapan pun, terutama setelah lelah bekerja dan di hari hujan yang dingin.

Tempatnya pun tidak susah dijangkau dan dicari karena warung makan ini selalu dikerumuni asap bakaran sate kambing yang menggugah selera siapapun yang lalu lalang di sekitarnya.

Yang membuat hidangan ini Istimewa adalah sop kaki kambing ini dipadu dengan susu sapi dan minyak samin yang menjadi ciri khas Sop Kaki Kambing Bang Anen, menjadikan kuah sup yang sangat rich dan flavorful.  Belum lagi, kuahnya dicampur dengan kayu manis, cengkeh, pala, lada, dan jahe. Hm~ kebayang kan wangi dan lezatnya?

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.12 6, RT.6/RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (16.00 – 02.00)

6. Capricho Cipete

Capricho Cipete Jakarta Menu Terbaru, Jam Buka & Lokasi - idnTraveling
Capricho Cipete, photo by idnTravelling

Ngga hanya memiliki warung tendaan di pinggir jalan, Cilandak juga menawarkan beberapa restoran yang autentik. Salah satu restoran tersebut adalah Capricho. Restoran ini berasal dari Australia dan didirikan oleh selebriti Olivia Jensen.

Nah, kalau kamu mencari tempat makan di Cilandak yang aesthetic dan ingin nongkrong cantik bersama teman, maka Capricho bisa kamu datangi. Bangunan restorannya memadukan merah pastel yang cocok indah untuk diabadikan di sosial media.

Menu makanannya pun dijamin tidak mengecewakan karena Capricho menawarkan menu yang variatif, seperti BBQ chicken burger, quesadilla, sunny bowl, paella, chicken salad, dan cajun potato fries. Untuk menu andalannya, kamu harus mencoba Capricho grilled chicken dan crispy chicken yang sangat gurih karena ayamnya dibaluri bumbu berempah.

Alamat: Jl. Cipete Raya No.29 C, RT.8/RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 21.00)

7. Roku-Roku Japanese Food

10 Makanan Jepang Kaki Lima di Jakarta Ini Gak Kalah Enak dari Resto -  Nibble
Roku-Roku Japanese Food, photo by Nibble

Kalau tadi ada kuliner khas Bali, Madiun, Betawi, hingga Australia, kini kamu juga bisa mencoba hidangan ala Jepang hanya di Cilandak. Tempat makan di Cilandak ini bernama Roku-Roku Japanese Food, yaitu warung makan tendaan yang menjual masakan Jepang dengan harga ekonomis.

Rupanya, tempat ini juga sudah legendaris lho karena berdiri sejak tahun 1996. Meski hanya tendaan, jangan ragukan rasa dan kualitasnya ya karena Roku-Roku menawarkan hidangan dengan cita rasa otentik khas Jepang. Ngga heran deh kalau banyak orang yang rela mengantri untuk bisa mencicipi masakan dari Roku-Roku, seperti chicken toji, beef katsu, chicken katsu curry rice, tori karage, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.5 5, RT.5/RW.3, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Jakarta
Jam buka: Setiap hari (17.00 – 01.00)

8. Dipuri.jkt

Dipuri.jkt, photo by Instagram @dipuri.jkt

Ingin mencari tempat nongkrong yang menyajikan hidangan berat sekaligus kopi-kopian? Coba mampir ke Dipuri.jkt yuk! Tempat ini sebenarnya adalah coffee shop di Cilandak, tepatnya Cipete. Namun, kafe ini memiliki konsep yang homey karena kamu akan merasa seperti berada di rumah . Belum lagi, hampir sebagian area di sini dibuat seperti ada di taman yang sejuk ditambah dengan interior yang serba kayu dan simple, membuat kamu nyaman hangout di sini.

Kalau sudah puas ngopi, kamu bisa mengisi perut dengan sajian makanan berat, kue, hingga dessert yang menyegarkan. Jangan lupa ya cobain Salted Fish Fried Rice, Beef Teriyaki, dan Spicy Chicken Wing mereka! Dijamin ketagihan.

Alamat: Jl. Puri Mutiara Raya No.3B 7, RT.7/RW.1, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 23.00)

9. Tahu Campur Pak Subari

5 Rumah Makan Jawa Timuran yang Punya Rawon dan Tahu Campur Sedap - Halaman  3
Tahu Campur Pak Subari, photo by detikFood

Sudah pernah coba kuliner Jawa Timur belum? Wah, kalau belum, buruan mampir ke Tahu Campur Pak Subari ala Surabaya, deh! Tempat makan di Cilandak ini lumayan terkenal dan sering juga disebut dengan Tahu Campur Kantor Pos Fatmawati karena lokasinya dekat dengan kantor pos dan stasiun MRT Fatmawati.

Tahu campur di sini berisikan potongan tahu, perkedel lentho, lontong, mie kuning, kikil, serta disiram dengan kuah kaldu sapi dan petis. Ngga hanya tahu campur saja, kamu juga bisa mencicipi tahu tek campur bumbu kacang, gado-gado, rujak cingur, hingga rawon

Alamat: Jl. Anuraga No.14, RT.5/RW.4, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (10.30 – 23.00)

10. Mie Ayam Sapi Pedes Sedep

Mie Ayam Sapi Pedes Sedep, photo by Instagram @ mieayamsapipedes

Save the best for the last! Rekomendasi tempat makan di Cilandak terakhir tetapi tidak kalah enak dan wajib dicoba adalah Mie Ayam Sapi Pedes Sedep. Berbeda dengan mie ayam umumnya, tempat ini menghadirkan juga menghadirkan sajian mie yang dilengkapi potongan daging sapi dan topping bawang goreng. Untuk varian mie ayamnya, terbagi dari pilihan yang asin atau manis (yamin).

Saking unik dan enaknya, Mie Ayam Sapi Pedes Sedep sudah masuk ke berita nasional, lho! Maka itu, jika kamu ingin berkunjung ke sini, siap-siap mengantri dan rebutan tempat ya! Rasa makanan di sini dijamin worth it dengan perjuangan kamu.

Alamat: Jl. Abuserin No.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (12.00 – 22.00)

Nah itu dia 10 rekomendasi tempat makan di Cilandak yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa save list nya dan ajak teman, pacar, atau keluargamu ya!