10 Tempat Makan di Cengkareng yang Menggoda Lidah

10 Tempat Makan di Cengkareng yang Menggoda Lidah
Tempat Makan di Cengkareng, photo by venuerific

Dengan keanekaragaman kuliner Jakarta, daerah Cengkareng memang cukup menonjol sebagai salah satu kawasan yang kaya akan pilihan tempat bersantap. Mulai dari warung kaki lima yang ramai hingga restoran yang menawarkan cita rasa eksklusif, kamu bisa menemukannya dengan mudah tanpa harus merasa khawatir akan merogoh kocek yang dalam. Yuk, eksplor lebih lanjut dan gulir ke bawah untuk melihat rekomendasi tempat makan di Cengkareng berikut ini.

10 Tempat Makan di Cengkareng

1. Kampung Kecil

Kampung Kecil, photo by detikcom

Kalau kamu lagi cari tempat makan di Cengkareng yang punya banyak area lesehan dan bisa dipakai untuk bersantap bersama keluarga, maka Kampung Kecil bisa jadi pilihan yang tepat. Pada dasarnya, Kampung Kecil merupakan rumah makan keluarga berkonsep tradisional Sunda dengan desain interior yang akan membuat kita seperti dibawa ke sebuah perkampungan kecil khas Sunda pada masa lampau. Ada begitu banyak ornamen bambu, jerami, kekayuan, hingga deretan saung yang mendominasi area restoran ini.

Di sekeliling saung terdapat aliran sungai buatan yang berisi berbagai jenis ikan, sehingga para pengunjung bisa dengan bebas memberi makan ikan-ikan yang ada di sini sembari menikmati sajian kuliner lokal. Kamu bisa memilih untuk duduk lesehan di area gubuk ataupun meja dengan kursi yang memiliki area terpisah. Kampung Kecil menyajikan aneka masakan otentik Sunda dengan menu porsian ataupun paketan, mulai dari Gurame Sambal Matah, Ayam Goreng Kremes, Bebek Cabe Ijo, Pindang Iga, Patin Masak Pedas, dan masih banyak lagi. Harganya pun murah meriah, berkisar antara Rp23 ribu - Rp77 ribuan saja per porsinya.

Alamat: Jl. Duri Kosambi No. 9, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

2. Bun Hiang

Bun Hiang, photo by Instagram @/bunhiangtpl

Kamu para pecinta olahan babi wajib mampir! Rekomendasi tempat makan di Cengkareng selanjutnya adalah Bun Hiang yang punya menu andalan berupa Nasi Campur dan Nasi Kari khas Pontianak. Meski berlokasi di area ruko, tapi restoran yang satu ini dikenal sangat bersih dan nyaman untuk dine in. Begitu sampai di lokasi, kamu bisa langsung memesan menunya terlebih dahulu di bagian kasir untuk kemudian mencari tempat duduk yang kosong.

Satu porsi Nasi Campur khas Bun Hiang disajikan hangat bersama nasi putih dengan aneka topping berupa samchan, cashio, lapcong atau sosis babi, ayam kecap, telur, ketimun, dan sayur asin. Rasanya gurih dengan potongan dagingnya yang cukup banyak dan punya tekstur empuk di lidah. Sementara untuk menu Nasi Kari terdiri dari potongan ayam kari, rendang babi, udang, telur, acar timun, kacang-panjang, mentimun, terong, dan semangkok kuah bening. Nasinya disiram bersama kuah kari yang segar dan pas di lidah. Kedua menu ini juga fleksibel karena topping-nya bisa di-request sesuai selera.

Alamat: Ruko Taman Palem Lestari, Blok A5 No. 36 Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari (09.00 - 20.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang 

3. Aromasop Seafood

Aromasop Seafood, photo via pergikuliner

Salah satu tempat makan seafood di Jakarta Barat terbaik ada di sini! Aromasop Seafood merupakan sebuah restoran yang menyajikan aneka hidangan laut segar yang pastinya nikmat dan dijamin bakal bikin kamu ingin kembali lagi ke sini. Area makannya sangat luas yang terbagi menjadi indoor dengan AC dan semi outdoor. Cocok untuk jadi destinasi kuliner kalau sedang ingin makan ramai-ramai.

Menu utama di Aromasop Seafood mencakup beragam olahan laut, seperti kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, hingga ikan berkualitas segar. Setiap hidangan disajikan dengan bumbu dan saus khas yang memberikan cita rasa gurih dan menggugah selera, contohnya seperti menu favorit Kepiting Saus Padang dan Ikan Kerapu Bumbu Nyonya yang sangat berani bumbu dan benar-benar meresap hingga ke dalam. Nah, di sini kamu juga bebas pilih-pilih live seafood-nya sendiri langsung dari akuarium untuk kemudian dimasak sebagai menu makanan kamu.

Alamat: Ruko Taman Palem Lestari, Blok D7 No. 28 Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang 

4. Waroenk Kito Semanan

Waroenk Kito Semanan, photo by Instagram @/waroeng_Kito

Salah satu rumah makan yang telah menjadi bagian dari jajaran ikon kuliner di daerah Cengkareng adalah Waroenk Kito Semanan. Dikenal cukup luas oleh sebagian besar warga setempat, tempat makan di Cengkareng ini menawarkan hidangan klasik khas Indonesia dengan perpaduan gaya kontemporer layaknya restoran keluarga. Kemudian semakin diminati karena harganya yang terjangkau, di mana setiap hidangan dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp25 ribu hingga Rp60 ribuan saja per porsinya.

Dalam hal menu, Waroenk Kito Semanan tidak menyia-nyiakan pelanggan dengan pilihan masakan yang bervariasi. Pilihannya mencakup Gurame Asem Manis, Udang Bakar Madu, Cumi Rica Rica, Ayam Goreng Kremes, hingga Kerang Ijo Masak Pedas yang semuanya dikenal flavorful. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sayur-sayuran, kwetiaw, mie, dan nasi uleg dengan cita rasa spesial yang mengundang untuk dicicipi.

Alamat: Perumahan Citra Garden 2, Blok G2 No. 5A Jl. Kebahagiaan, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

5. Nasi Akwang Taman Palem

Nasi Akwang Taman Palem, photo by pergikuliner

Tempat makan di Cengkareng selanjutnya yang wajib kamu sambangi, yaitu Nasi Akwang. Sesuai namanya, Nasi Akwang adalah nasi campur khas Pontianak yang disajikan dengan irisan daging babi panggang yang renyah serta berbagai tambahan kondimen lainnya, seperti chasiu, lapciong, ayam goreng, hingga telur. Menu ini dihadirkan ke dalam tiga porsi, mulai dari setengah porsi, jumbo, dan special. Menyantap nikmatnya Nasi Akwang akan semakin lengkap bila disertai dengan secangkir Liang Teh, yaitu minuman herbal tradisional Cina yang cenderung manis dan menyegarkan.

Alamat: Ruko Taman Palem Lestari, Blok B17 No. 15 Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin (08:00 - 17:00), Rabu - Minggu (08:00 - 17:00), Selasa Tutup
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

6. Bakmi Buncit

Bakmi Buncit, photo by Bakmi Buncit

Ternyata, ada tempat makan di Cengkareng yang menyajikan masakan tradisional Tiongkok dengan pemandangan langsung ke arah danau, yaitu Bakmi Buncit. Meskipun lokasinya tidak begitu besar dan hanya terdiri dari dua lantai di kawasan ruko Green Lake City, Bakmi Buncit tetap menjadi ‘comfort food’ bagi pelanggan setianya yang menginginkan cita rasa autentik Tiongkok dengan nuansa rumahan yang pastinya terjangkau.

Semua menu makanan di sini halal dengan tetap mempertahankan rasa yang khas dan aromatik. Satu porsi Bakmi Buncit Spesial seharga Rp31 ribu disajikan bersama potongan ayam suir putih, bakso, dan satu buah otak-otak. Kombinasi antara tekstur halus bakmi dengan cita rasa gurih dan asin begitu nikmat begitu sampai ke lidah. Selain bakmi, restoran ini juga menawarkan olahan ayam, cumi, udang, hingga berbagai jenis soto daging.

Alamat: Ruko Food City, No. 62, Green Lake City Jl. West Europe Boulevard, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari (09.00 - 10.00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

7. Cita Rasa Medan

Cita Rasa Medan, photo via pergikuliner

Meski pilihan menunya cukup sederhana, namun soal rasa boleh diadu. Kamu bisa membuktikannya secara langsung dengan mengunjungi Cita Rasa Medan untuk menikmati beragam masakan rumahan, yang sesuai dengan namanya mampu menghadirkan cita rasa asli khas Medan. Contohnya seperti Mie Sop Ayam, Rujak Ulek, Pecel, Nasi Perang, hingga hidangan mie rebus khas Medan yang diberi nama Emie. Porsinya pas dengan cita rasa otentik yang dapat membangkitkan rasa kangen akan kuliner kampung halaman bagi kamu warga berdarah Medan.

Alamat: Ruko Taman Palem Lestari, Blok A37 No. 1 Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin (07:00 - 19:00), Rabu - Minggu (07:00 - 19:00), Selasa Tutup
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang 

8. Talaga Sampireun - Puri

Talaga Sampireun Puri, photo by constructionplusasia.com

Satu lagi tempat makan di Cengkareng yang menyuguhkan kuliner tradisional Sunda dengan konsep duduk lesehan di atas saung terapung, yaitu Talaga Sampireun. Lokasinya sangat strategis karena berada tepat di samping tol Puri sehingga mudah ditemukan. Ketika memasuki kawasan Talaga Sampireun, kamu akan disambut dengan panorama menakjubkan dari danau dan pepohonan hijau yang mengelilingi area tempat makan ini. Sementara interior bangunannya didominasi oleh sentuhan kayu dan anyaman bambu yang begitu kental dengan nuansa alam.

Talaga Sampireun menawarkan makanan khas Sunda dengan banyak pilihan, mulai dari Iga Bakar Penyet, Ayam Betutu, Plecing Kangkung, Nasi Goreng Pete Kecombrang, hingga variasi live seafood dengan kualitas rasanya yang fresh. Secara keseluruhan, Talaga Sampireun bisa menjadi tempat makan ideal bersama keluarga, tetapi pastikan untuk melakukan reservasi via online terlebih dahulu agar bisa dapat tempat sebelum datang ke sini, terutama saat akhir pekan karena dapat dipastikan selalu waiting list.

Alamat: Jl. Lkr. Luar Barat No.1, RT.2/RW.3, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Jumat (11:00 - 21:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 /orang

9. Ayam Kukuk

Ayam Kukuk, photo by Ayam Kukuk

Menu olahan ayam memang tidak ada habisnya, baik itu digoreng, dibakar, ataupun dipanggang, semuanya pasti akan terasa lezat. Contohnya seperti restoran bernama Ayam Kukuk yang sudah menjadi primadona di kawasan Taman Palem Lestari ini. Bangunannya terdiri dari dua lantai yang cukup nyaman untuk bersantap. Ayam Kukuk menawarkan banyak sekali pilihan paket nasi yang meliputi Paket Ayam Kukuk, Ayam Geprek, Ayam Serundeng, Ayam Gejos, hingga Bistik Ayam. Kamu yang ingin menggelar acara khusus juga bisa memesan paket katering berupa nasi box dan tumpeng liwet di Ayam Kukuk yang dapat dipersonalisasi sesuai keinginan.

Alamat: Ruko Taman Palem Lestari, Blok A5 No. 32 Jl. Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Jumat (08:30 - 21:00), Sabtu - Minggu (09:30 - 21:00), Hari Selasa 3 minggu sekali Tutup
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

10. RM Ciganea Cengkareng

RM Ciganea Cengkareng, photo by Andry Barlian

Rumah Makan Ciganea Mang Idjot khas Purwakarta menjadi rekomendasi terakhir dari deretan tempat makan di Cengkareng. Restoran yang memiliki slogan ‘Jagonya Sambel Dadak’ ini memang dikenal lantaran keunggulannya dalam meracik sambal khas Sunda yang memiliki cita rasa pedas, sedikit manis, dan bertekstur segar. Apalagi bila dinikmati bersama gurihnya Sate Maranggi yang kaya akan bumbu, dijamin membuatmu ingin mencobanya, lagi dan lagi.

RM Ciganea bisa menjadi pilihan yang pas kalau kamu sedang kangen dengan masakan asli Purwakarta. Selain Sate Maranggi yang menjadi andalan, kamu juga bisa menemukan rangkaian menu lainnya, seperti Nasi Liwet Bakar, Ayam Rica, Bebek Goreng, Gurame Cabe Ijo, hingga Karedok. Ada juga Sayur Asem dan aneka lalapan yang cocok untuk jadi menu makan siang.

Alamat: Jl. Outer Ring Road No. 32, Cengkareng, Jakarta Barat
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang 

Dengan beragamnya pilihan tempat makan di Cengkareng yang enak dan terjangkau, kamu bisa dengan mudah menikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan di setiap sudutnya.