Rekomendasi 15 Restoran di Jakarta Barat Wajib Mampir!

Rekomendasi 15 Restoran di Jakarta Barat Wajib Mampir!
Restoran di Jakarta Barat, photo by Daniel Food Story

Jakarta Barat, wilayah ini sangat terkenal dengan bakmienya. Namun, kali ini bukan hanya bakmie yang akan dibahas. Cove akan membagikan beberapa restoran di Jakarta Barat yang recommended untuk didatangi. Sampai-sampai kamu wajib mampir kalau sedang berada di lokasi dekat restonya. Check this out!

Restoran di Jakarta Barat

1. Isshin

Isshin, photo by Genpi

Japanese resto yang ada di Jakarta Barat ini cukup mungil dan punya desain minimalis ala Jepang. Kelezatan rasanya sudah teruji dengan porsi mengenyangkan untuk satu orang. Di Isshin, kamu dapat menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatannya karena Isshin mengusung konsep open kitchen.

Untuk menunya sendiri, terdapat 2 varian utama, yaitu Sukiyaki Don dan Tamago Don. Kemudian, kamu akan diminta memilih menggunakan  US Prime Beef, Wagyu Beef, Salmon, ataupun Chicken sebagai proteinnya.

Alamat: Central Park Mall, Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

2. Yakiniku Like

Yakiniku Like, photo by FoodPanda

Japanese BBQ selalu jadi pilihan buat kamu yang ingin makan daging sambil merasakan experience memasaknya. Begitupun di Jakarta Barat, ada Yakiniku Like di Lippo Mall Puri yang menawarkan konsep serupa. Kalau pada umumnya Japanese BBQ menawarkan makan all you can eat, di Yakiniku Like kamu bisa pesan daging berdasarkan ukuran gram.

Terdapat lebih dari 10 pilihan daging yang ditawarkan, mulai dari harga Rp29 ribu hingga Rp160 ribu. Mau lebih hemat? Kamu bisa pesan set menu dari Yakiniku Like yang sudah termasuk dengan nasi serta pilihan side dish. Menarik banget kan?

Alamat: Lippo Mall Puri, Lt. LG. Unit LG-111, Jl. Puri Indah Raya No.Kelurahan, RT.3/RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

3. Haidilao Hot Pot

Haidilao, photo by Eater NY

Hotpot hits yang selalu menjadi perbincangan karena berbeda dari yang lainnya, sebut saja ada robot yang akan melayani pelanggan, snack gratis, sampai atraksi pembuatan laomian secara langsung oleh sang koki. Sudah bisa tebak? Yap, Haidilao Hot Pot dengan karakter hotpot ala American Chinese, sehingga cita rasanya mampu masuk hampir ke semua lidah.

Di Haidilao, terdapat 6 pilihan kuah dasar. Satu mejanya bisa memilih 4 kuah berbeda untuk dinikmati sekaligus. Nah, kuah favorit di Haidilao sendiri ada kuah Mala yang kepedasannya patut kamu coba. Kuah lainnya terdapat Sup Jamur, Sup Tomat, Tomyum, Sayur Asin, dan Kombinasi Tiga. Setelah memilih kuah, kamu bisa, deh, pilih beberapa daging, seafood, sayur, sampai dengan berbagai jenis meatballs untuk dimasak bersama.

Alamat: Mall Taman Anggrek Lt. 1, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21, RT.12/RW.1 Tanjung Duren Selatan, Grogol petamburan, RT.12/RW.1, Tj. Duren Sel., Jakarta, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 00.00)
Kisaran Harga: >Rp200.000 per orang

4. Kembang Tandjoeng

Kembang Tandjoeng, photo by PergiKuliner

Lagi-lagi rekomendasi datang untuk kamu yang mencari restoran di Jakarta Barat yang family-friendly. Kembang Tandjoeng merupakan restoran di Jakarta yang menyajikan makanan khas Indonesia sehingga pastinya cocok di lidah keluarga. Tak hanya dari makanannya, tempatnya pun cukup proper sebagai area kumpul bersama karena banyak terdapat meja panjang.

Rekomendasi menu yang harus kamu pesan kalau nanti berkunjung ke Kembang Tandjoeng ialah Nasi Campur, Empal Gentong SUmsum, Tahu Cabe Garam, serta Gurame Goreng Terbang yang dapat dinikmati bersama-sama.

Alamat: Batik Semar Building, Jl. Tomang Raya No.54, RW.3, Jatipulo, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

5. Central Restaurant

Central Restaurant, photo by YummyAdvisor

Suka chinese food? Central Restaurant di Jakarta Barat bisa masuk ke dalam listmu. Menu andalan di resto ini adalah Dimsum, seperti Lumpia Kulit Tahu, Bakpau Kuning Telur, Pangsit Talas Goreng, Hakau Udang, dan masih banyak lagi.

Tempatnya cukup spacious, sehingga kamu bisa memboyong keluarga dan teman buat makan bersama. Tak hanya dimsum, tentu ada menu lain seperti bebek, pork, ayam, dan seafood yang diolah ala chinese food.

Alamat: Jl. Tomang Raya No.29, RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 22.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

6. Layar Seafood

Layar Seafood, photo by Kitchenesia

Pecinta seafood jangan sampai kelewatan untuk mencoba Layar Seafood di Jakarta barat. Interior dari restoran yang satu ini memang sederhana, tetapi tetap nyaman untuk jadi tempat kumpul bersama. Saking freshnya makanan yang disajikan kepada pelanggan, kamu bisa pilih langsung ikan dan aneka seafood lain dari aquarium.

Jangan lewatkan untuk mencicipi Gurame Goreng ala Layar Seafood. Di menu ini, gurame akan digoreng hingga kering, sebelum akhirnya disiram menggunakan saus racikan dari restoran. Crispy tetapi chewy!

Alamat: Jl. Pesanggrahan No.80, RT.1/RW.3, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

7. Soto Betawi Haji Mamat

Soto Betawi Haji Mamat, photo by PergiKuliner

Buat penggemar Soto Betawi, coba datang deh ke Jalan Mandala Raya di kawasan Tomang. Terdapat salah satu tempat makan Soto Betawi legendaris yang wajib banget untuk dicicipi. EIts, kalau kamu berpikir ini merupakan tempat makan pinggir jalan, Soto Betawi Haji Mamat justru lebih mengarah ke restoran. Ruangannya dilengkapi dengan AC dan meeting room. Jadi, tertarik untuk mencicipi salah satu soto betawi legendaris di Jakarta Barat?

Alamat: Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 20.00)
Kisaran Harga: <Rp50.000 per orang

8. ONNI House

ONNI House, photo by Manual Jakarta

Pernah datang ke restoran dengan vibes bohemian dan menghadirkan nuansa sejuk? Kalau belum kamu bisa datang ke salah satu restoran di Jakarta Barat bernama Onni House. Dibandingkan restoran yang jadi tempat makan lalu pulang, Onni House lebih mengarah ke cafe yang bisa dijadikan tempat hangout bareng teman-teman. Apalagi, pilihan menu yang tersedia bervariasi dan ramah kantong. Kamu bisa pilih dari appetizer, main course, snack, dessert, salad, dan lainnya.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara V No.242, RW.3, Tj. Duren Utara, V, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 21.30)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

9. Talaga Sampireun

Talaga Sampireun, photo by Talaga Sampireun

Makan dengan pemandangan danau dan beberapa pepohonan sekitar menjadi salah satu hal langka di pusat kota. Namun, kamu bisa mendapatkan hal tersebut kalau datang ke Talaga Sampireun. Restoran di Jakarta Barat satu ini menyediakan berbagai makanan khas Sunda yang menggugah selera. Gak heran kalau selalu ramai dikunjungi keluarga di akhir pekan.

Tak hanya makan, Talaga Sampireun mengusung konsep family-friendly pun punya playground yang dapat dimanfaatkan anak-anak. Gak perlu khawatir kalau kamu membawa rombongan keluarga ke restoran ini.

Alamat: Jl. Lkr. Luar Barat No.1, RT.2/RW.3, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750
Jam Buka: Senin - Minggu (11.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

10. Kampung Kecil

Kampung Kecil, photo by Guiden

Makan bersama selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, harus didukung juga oleh tempat yang menyenangkan seperti di Kampung Kecil. Tempat ini mengusung konsep ala gubukan Sunda mirip dengan Talaga Sampireun. Kampung Kecil juga menyajikan masakan khas Sunda dengan menu Gurame, Ayam, Bebek, serta beberapa seafood.

Alamat: Jl. Puri Kembangan Jl. Kedoya Raya No.66, Kedoya Sel., Jakarta, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

11. Dear Clio

Dear Clio, photo by hachigroup.id

Dear Clio merupakan sebuah bistro berestetika klasik yang menyajikan deretan menu legendaris khas Asia dan Barat. Lokasinya terdapat di dalam gedung The Hachi seberang Puri Indah Mall sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Begitu melangkah masuk, kamu akan disambut dengan dekorasi mewah berbalut lampu chandelier yang berkilauan, juga dominasi warna navy dan putih yang mampu memberikan getaran clean nan menyegarkan. Beberapa jendela besar pun tersebar di sepanjang dinding untuk menciptakan atmosfer yang terang dengan pemandangan gedung terbaik.

Nah, di sini, kamu dapat menikmati hidangan yang tersedia sambil meresapi keindahan melodi jazz yang mengalun sebagai latar belakang. Cocok untuk kamu yang ingin mencari suasana tenang sambil bersantap. Ragam menu yang ditawarkan oleh Dear Clio cukup bervariasi, mulai dari Sop Buntut dengan dagingnya yang kenyal, berkuah gurih, dan kaya akan rempah, hingga Grilled Chicken yang flavorful dengan disajikan bersama mashed potato. Setelah menikmati hidangan utama, kamu bisa mencoba rangkaian slice cakes, eclair, dan croissant mereka sebagai pencuci mulut.

Alamat: The Hachi Puri Indah Lantai G, Jl. Puri Indah Blok P1 Persil, Puri, Jakarta Barat
Jam Buka:
Senin - Jumat (11:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran Harga:
Rp100.000 - Rp200.000 per orang

12. Michael’s Garden

Michael’s Garden, photo by Michael’s Garden

Selain memiliki cabang di Alam Sutera, Michael’s Garden kini telah merambah ke daerah Jakarta Barat untuk memperluas area jangkauan pelanggan setia. Salah satu keunikan dari restoran ini terletak pada konsep indoor garden-nya yang sangat indah bak negeri dongeng, lengkap dengan setting gazebo dan ornamen berupa pepohonan hijau yang lebat. Ukurannya sangat luas sehingga cocok untuk jadi tempat makan bersama keluarga. Michael’s Garden cabang Puri Indah terletak di lantai dua dari gedung The Hachi, tepatnya di atas Dear Clio.

Berbicara tentang menu, Michael’s Garden menawarkan aneka masakan khas Indonesia hingga Internasional yang pastinya lezat dan menggugah selera, mulai dari Gurame Saus Mangga, Nasi Udang Jimbaran, Scallop Saus Padang, hingga Salmon Steak, semuanya ada di sini. Michael’s Garden juga menyediakan ruangan privat untuk kamu yang ingin mengadakan acara spesial seperti ulang tahun ataupun pertunangan.

Alamat: The Hachi Puri Indah, Lantai 2 Jl. Puri Indah Blok P1 Persil, Puri, Jakarta Barat
Jam Buka:
Senin - Jumat (11:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran Harga:
Rp100.000 - Rp200.000 per orang

13. Angke Restaurant

Angke Restaurant, photo by Edwar Kartiko

Angke Restaurant menjadi salah satu restoran di Jakarta Barat yang cukup legendaris lantaran telah eksis selama lebih dari 50 tahun lamanya dengan menawarkan sajian khas Cina. Restoran ini menonjolkan penggunaan bahan baku terbaik dan tetap mempertahankan resep keluarga secara turun-temurun, tak heran bila cita rasa makanan yang disuguhkan benar-benar otentik. Selain berfungsi sebagai tempat bersantap, Angke Restaurant juga menawarkan function hall yang bisa digunakan untuk berbagai acara khusus, termasuk pernikahan.

Ada beberapa menu andalan dari Angke Restaurant yang wajib kamu pesan. Pertama, Lindung Cah Fumak, yaitu olahan belut goreng yang ditumis dengan fumak dan tape merah khas Angke, rasanya yang gurih dipadukan bersama nuansa asam dari acarnya, cukup untuk 2 - 3 orang. Selanjutnya ada Mun Haisom, yaitu hidangan berupa teripang atau timun laut yang diolah dengan potongan ayam dan jamur, tekstur teripang yang kenyal layaknya kikil berpadu sempurna dengan rasa legit yang begitu memikat.

Alamat: Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 77, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jam Buka:
Senin - Minggu (10:00 - 15:00, 17:00 - 22:00)
Kisaran Harga:
Rp100.000 - Rp200.000 per orang

14. Ichisan Ramen

Ichisan Ramen, photo by detikcom

Sempat viral di TikTok, Ichisan Ramen adalah sebuah restoran di Jakarta Barat yang menyajikan hidangan ramen enak khas Jepang bersertifikasi halal. Rasa dari ramennya sendiri sudah sangat kuat sehingga kamu nggak perlu lagi membubuhkan bubuk cabai ataupun kecap ke dalam mangkuk. Sementara itu, kamu bisa dengan bebas memilih opsi antara mie lurus dan mie keriting. Level kepedasannya juga bisa diatur antara 1 - 5 sesuai preferensi.

Nah, salah satu menu best seller dari Ichisan Ramen adalah Krabby Baby Ramen, yaitu seporsi mie ramen dengan taburan empat potong kepiting kecil dan dua potong kepiting soka besar. Hidangan ini dilengkapi dengan berbagai macam topping, seperti ayam chashu, jamur, jagung, hingga telur rebus, yang kemudian disiram bersama kuah kental nan gurih dengan rona merah menggoda. Dijamin, bisa bikin kamu ketagihan!

Alamat: Jl. Ratu Kemuning Blok D11 No. 20, Green Ville, Jakarta Barat
Jam Buka:
Senin - Minggu (10:00 - 01:00)
Kisaran Harga:
Rp50.000 - Rp100.000 per orang

15. Eyang Cadas

Eyang Cadas, photo by Wonosobo Zone

Sejak dibuka pada paruh terakhir tahun 2023, Eyang Cadas hampir selalu diramaikan oleh pengunjung lantaran menghadirkan masakan khas Nusantara yang tidak hanya nikmat, namun juga ramah kantong, mulai dari Rp25 ribuan saja per porsinya. Semua menu makanannya dimasak secara fresh saat dipesan sehingga kualitasnya tetap terjaga. Setidaknya, ada tiga varian sambal yang bisa kamu pilih sesuai selera untuk menemani hidangan utama, mulai dari sambal cadas, sambal embe, sampai sambal hijau.

Seporsi makanan di Eyang Cadas juga dikenal sangat jumbo dengan ukuran nasi 1,5 kali lebih besar dari biasanya. Dijamin kenyang saat keluar dari restoran! Tempat makan ini menyuguhkan beragam menu rumahan sederhana, seperti Ayam Goreng, Lele Goreng, Nila Goreng, sampai Paru Sapi Goreng yang sudah termasuk sambal dan lalapan. Eyang Cadas memiliki bangunan berkonsep area indoor terbuka dan area outdoor tanpa atap bertema industrial. Meskipun bagian indoor hanya dilengkapi dengan kipas angin, namun restoran ini masih mampu memberikan suasana yang nyaman dan segar untuk bersantap saat siang hari.

Alamat: Jl. Panjang No. 36, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jam Buka:
Senin - Minggu (11:00 - 22:00)
Kisaran Harga:
Di bawah Rp50.000 per orang

Itulah rekomendasi restoran di Jakarta Barat yang bisa kamu sambangi bareng teman, keluarga, atau kerabat lainnya. Japanese, Asian, Seafood, hingga makanan khas Sunda semua tersedia di Jakarta Barat. Mana favoritmu?