10 Tempat Makan Ramen di Bandung yang Nikmat dan Lezat

10 Tempat Makan Ramen di Bandung yang Nikmat dan Lezat
Ramen di Bandung, photo by masakapahariini.com

Selain tempat  wisatanya yang banyak, tentu ada banyak juga tempat wisata kuliner di Bandung. Anak-anak muda biasanya senang kulineran, sehingga ada banyak tempat yang memang dirancang untuk nongkrong anak-anak muda. Salah satu makanan yang banyak disukai adalah ramen. Berikut ini ada 10 rekomendasi tempat makan ramen di Bandung yang harus kamu coba kalau datang ke kota ini.

Ramen Bajuri

Ramen Bajuri, photo by keluyuran.com

Rekomendasi pertama yang harus kamu coba adalah Ramen Bajuri. Ramen Bajuri memiliki menu makanan dan minuman yang cukup banyak. Menu ramen di sini juga disajikan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang suka. Untuk harga Ramen Bajuri, sesuai dengan kantong semua kalangan. Ada beberapa kedai Ramen Bajuri yang bisa kamu temukan di Kota Bandung.

Alamat: Jl. Lengkong Besar No.101, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka: 12.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000

Hakata Ikkousha

Hakata Ikkousha, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada kedai ramen yang sudah terkenal di Jepang sejak 40 tahun yang lalu. Di Bandung, ada salah satu cabangnya. Terletak di pusat kota Bandung. Keunikan dari ramen ini adalah chef yang memasaknya langsung dari Jepang, lho. Karena ini di Bandung, jadi rasa sudah disesuaikan dan tentu terjamin kehalalannya. Selain itu, di sini juga disediakan ocha yang bisa refill gratis. Kamu harus coba ramen di sini.

Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.172, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp21.000-Rp200.000

Kedai Ling-ling

Kedai Ling-ling, photo by instagram.com/kedailinglings

Selanjutnya ada tempat makan yang menjual menu lengkap, mulai dari camilan, makanan berat, hingga dessert. Ramen menjadi salah satu menu yang sangat direkomendasikan kalau kamu datang ke sini.

Di sini, ada menu Hakata Style Ramen atau ramen ala Hakata dengan kuahnya yang khas dari susu. Kondimen di dalamnya juga lengkap, mulai dari telur rebus, wortel, rumput laut, daging sapi, chikuwa, dan narutomaki. Kalau kamu suka pedas, bisa ditambah dengan bubuk cabai. Tempat ini juga nyaman untuk jadi tempat nongkrong bareng teman.

Alamat: Jl. Lapis Lazuli No.108 A-B, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jam buka: 11.00-21.00 WIB
Kisaran harga: Rp20.000-Rp60.000

Jigoku Ramen

Jiggoku Ramen, photo by pergikuliner.com

Ada satu tempat ramen unik di kawasan Cikutra, Bandung bernama Jigoku Ramen. Keunikan kedai ramen satu ini adalah memiliki tema dan challenge yang berbeda setiap minggunya. Misalnya setiap selasa akan ada "Ramen Freak". Pembeli yang datang memakai kacamata hitam akan mendapat diskon 10%. Untuk mengetahui temanya, kamu bisa follow akun media sosialnya.

Selain ada tema unik, tentu ramen ini juga terkenal karena rasanya yang nikmat. Ada level kepedasan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Harganya pun murah dengan porsi yang pas. Kalau kamu datang ke sini, harus sabar dengan antriannya ya.

Alamat: Jl. Terusan Jakarta No.323, Antapani Wetan, Kec. Antapani, Kota Bandung
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Rp15.000-Rp25.000

Yagami Ramen House

Yagami Ramen House, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, tempat ramen di Bandung yang tidak boleh terlewatkan adalah Yagami Ramen House. Di sini, kamu bisa menemukan ramen dengan cita rasa khas Jepang. Tempatnya juga nyaman untuk nongkrong.

Kalau kamu makan di sini, ada berbagai mie yang bisa kamu pilih, mulai dari mie ramen biasa yang tipis-tipis, mie yang bentuknya agak tebal, hingga udon. Selain itu, kuah ramennya juga bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Ada miso, kari, tomyum, dan lainnya. Ada juga kondimen lain yang bisa kamu pilih, mulai dari telur rebus, bakso, nori, chicken katsu, sampai sirloin slice. Pecinta ramen pasti akan sangat senang dan puas jika datang ke sini.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.185, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Jam buka: 10.00-20.00 WIB
Kisaran harga: Rp17.000-Rp100.000

Rama Ramen

Rama Ramen, photo by mamangreview.in

Kalau kamu ingin merasakan suasana makan ramen yang tidak biasa, kamu harus coba datang ke Rama Ramen. Tempatnya ada di dalam pasar Cihapit. Berbentuk kedai sederhana ala Jepang. Namun justru kesederhanaan itu membuat suasananya benar-benar seperti sedang di Jepang. Apalagi ornamen Jepang yang ada di setiap sudut kedai ini, bisa membuat kamu lupa kalau kamu sedang berada di dalam pasar.

Harga satu porsinya murah, namun rasanya lezat. Tidak heran kalau datang ke sini, kamu harus siap untuk mengantri karena Rama Ramen memiliki banyak penggemar. Menu andalan di sini ada Tori Paitan dengan pilihan kuah Shoyu, miso, atau curry.

Alamat: Pasar Cihapit, Jln. Cihapit No. 8A, Riau, Bandung
Jam buka: 08.00-18.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp35.000

Ichiyo Ramen

Ichiyo Ramen, photo by rukita.co

Ichiyo Ramen adalah salah satu tempat makan ramen di Bandung yang juga memiliki banyak penggemar. Tempatnya tidak pernah sepi pengunjung, bahkan terkadang kamu harus masuk ke dalam waiting list untuk bisa makan di sini. Ada banyak menu yang bisa kamu coba di sini, tidak hanya ramen kuah, tetapi ada juga dry ramen dan abura soba.

Menu favorit di Ichiyo Ramen ada Tori Paitan Signature dengan toping ayam, telur, jagung, wakame, dan kuah gurih. Kalau kamu suka pedas, kamu bisa coba Spicy Tantan Men. Menu side dish di sini juga beragam, mulai dari karaage, gyoza, chicken katsu, dan yakitori. Kalau ingin pesan menu nasi, bisa coba Donburi yang lezat.

Alamat: Jln. Sultan Tirtayasa No. 11A, Trunojoyo, Bandung
Jam buka: 10.00-21.30 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp39.000

Ban-Da Ramen

Ban-Da Ramen, photo by pergikuliner.com

Jalan Cibadak memang jadi salah satu tempat yang harus dituju jika tengah  berwisata kuliner di Bandung. Salah satu kedai yang bisa kamu temukan di sini adalah Ban-DA Ramen yang memiliki nuansa kental Jepang.

Di sini, kamu bisa coba ramen kuah pedas yaitu Tan Tan Ramen. Kalau kamu suka kuah yang creamy, ada Cheese Ramen atau Butter Tonyu Ramen yang bisa kamu coba. Untuk rasa gurih, coba Tori Paitan RAmen atau Gyu Shoyu Ramen.

Selain ramen, menu lainnya juga tidak kalah enak, mulai dari berbagai menu nasi, snack, hingga eskrim.

Alamat: Jln. Cibadak No. 11, Bandung
Jam buka: 17.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp33.000

Sai Ramen

Sai Ramen, photo by indonesia.tripcanvas.co

Selanjutnya, ada lagi kedai Ramen yang memberikan nuansa Jepang seperti Japanese street food. Sai Ramen, memiliki nuansa restoran khas Jepang yang minimalis. Ornamen dan interior di dalamnya sangat kental dengan kebudayaan Jepang. Namun tidak hanya segi bangunan saja yang menyuguhkan suasana Jepang, namun ramennya juga sangat lezat dan nikmat.

Di sini, ada beragam pilihan menu ramen dengan kuah yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Ada kuah original, miso, curry, hingga black garlic. Manu andalan di sini adalah Chicken Katsu Ramen.

Alamat: Jln. Trunojoyo No. 58, Trunojoyo, Bandung
Jam buka: 10.00-21.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp37.500

Kuma Ramen

Kuma Ramen, photo by pergikuliner.com

Terakhir, ada tempat makan ramen dengan ciri khas ikon beruang di dalamnya. Kuma Ramen adalah kedai makan ramen yang memiliki tema modern dari segi interior. Di sini kamu bisa makan di area outdoor maupun indoor.

Untuk menu makanan di Kuma Ramen, sangat beragam. Menu favorit di sini adalah beef katsu ramen, ramen curry with chicken katsu, dan chicken karaage ramen. Di sini juga ada menu selain ramen seperti nasi gyudon, chicken katsu donburi, dan lainnya.

Alamat: Jln. Cimanuk No. 11A, Riau, Bandung
Jam buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Mulai dari Rp30.000

Nah, demikian rekomendasi tempat makan ramen di Bandung yang rasanya sudah pasti enak dan harganya oke di kantong. Rekomendasi ramen di atas sudah halal, jadi kamu yang Muslim tidak perlu khawatir. Dari 10 tempat ramen ini, ada yang sudah pernah kamu coba belum?