10 Pusat Oleh-Oleh Jakarta, Eksplorasi Rasa hingga Budaya Ibukota

Mencari pusat oleh-oleh Jakarta? Nah, ini dia 10 rekomendasi tempatnya!

10 Pusat Oleh-Oleh Jakarta, Eksplorasi Rasa hingga Budaya Ibukota

Jakarta dikenal sebagai ibukota yang ramai dengan hiruk pikuk dan kesibukan warganya. Di samping itu, Jakarta merupakan kota yang memiliki banyak sejarah dan budaya yang hingga kini masih dilestarikan lewat kuliner, busana, dan aneka kerajinan tangannya.

Nah, setelah kamu menghabiskan waktu di Jakarta dan menikmati beberapa destinasi wisatanya, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas atau membawa pulang oleh-oleh khas kota metropolitan ini, ya!

Beberapa pusat oleh-oleh di Jakarta bisa kamu kunjungi sebelum kembali ke kampung halaman. Nah, dimana saja, ya? Cove akan bahas di artikel ini. Yuk, simak sampai habis!

Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Jakarta

1. Mpok Romlah Oleh-oleh Jakarta

Langkah Mpok Romlah Bangkitkan Kembali Budaya Betawi
Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta, photo by Berita Satu

Berkunjung ke Jakarta memang tidak akan lengkap kalau kamu belum mencicipi kuliner asli warga Betawi. Untungnya, Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta menggandeng para pelaku UKM Jakarta untuk kembali membangkitkan budaya asli di ibu kota. Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta merupakan pusat tempat oleh-oleh Jakarta yang berbentuk toko dan sudah berdiri sejak tahun 2015.

Di sini, kamu bisa menjumpai 80 produk mulai dari makanan, minuman, hingga souvenir khas Jakarta. Menurut Hilda Jayanti, manager toko ini, pengunjung banyak memborong Biji Ketapang, Akar Kelapa, Kembang Goyang, Dodol Betawi, Geplak Betawi, dan Kue Satu.

Selain itu, Mpok Romlah juga memiliki beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu coba untuk dibagikan ke keluarga atau teman, seperti Telur Gabus, Keripik Singkong, Rambut Nenek, Bir Pletok, Semprong Unyil, dan beragam jajanan Betawi lainnya.

Alamat: Jalan Swadaya II No. 20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 17.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 65.000

2. Pasar Baru

Mengenal Pasar Baru, Destinasi Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi
Pasar Baru, photo by medcom.id

Salah satu pusat oleh-oleh Jakarta yang lengkap dan harus kamu kunjungi adalah Pasar Baru atau Passer Baroe. Disini, kamu bisa belanja apa saja, lho, apalagi harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau.

Berdiri sejak tahun 1820, Pasar Baru sudah menjadi tempat yang legendaris. Beragam toko membentang di pusat perbelanjaan ini, mulai dari pakaian, sepatu, kerajinan tangan, alat musik, hingga oleh-oleh khas Jakarta, seperti dodol Betawi, asinan, es dawet, kue cubit, soto, dan macam-macam jajanan lainnya.

Kalau kamu mampir ke sini, oleh-oleh di Pasar Baru yang bisa kamu coba adalah Roti Bistro. Toko roti ini sudah berdiri sejak tahun 80-an dan tidak pernah sepi pengunjung. Rotinya homemade dan semuanya disajikan fresh from the oven. Best seller roti yang harus kamu coba adalah Roti Sobek Lima Rasa, yang terdiri dari varian coklat, keju, vanilla, kopi, dan srikaya.

Pasar Baru biasanya mengadakan “Festival Passer Baroe” di bulan Juni sebagai ajang promosi budaya Betawi. Nah, kamu bisa datang di bulan tersebut karena festival ini menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya Betawi hingga makanan dan oleh-oleh khas Jakarta, salah satunya Dodol Betawi Pak Satibi.

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 18.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 90.000

3. Toko Kue ASNR

11 Tempat Beli Oleh-Oleh di Jakarta Halaman all - Kompas.com
Toko Kue ASNR, photo by Kompas.com

Jika kamu sedang mencari jajanan khas Betawi di pusat oleh-oleh Jakarta, maka Toko Kue ASNR menjadi pilihan tepat. Di sini, kamu akan menjumpai berbagai jenis kue, mulai dari Kembang Goyang, Bolu Ketan Item, Roti Buaya, Dodol Betawi, hingga Bir Pletok.

Dodol Betawi ala Toko Kue ASNR melalui proses pembuatan yang memakan waktu 8 jam menggunakan kayu bakar. Selama prosesnya, adonan dodol diaduk terus menerus untuk menghasilkan rasa yang legit. Nah, proses pembuatan yang tradisional inilah yang membuat Dodol Betawi di Toko Kue ASNR menjadi incaran pelancong karena rasanya konsisten dan unik.

Alamat: Jalan Moch Kahfi II No. 1D, RT.9/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 14.000 – Rp 270.000

4. Dodol Nyak Mai

Dodol Betawi by | The Jakarta Post Images
Dodol Nyak Mai, photo by The Jakarta Post

Selain Toko Kue ASNR, kamu juga bisa mampir ke Dodol Nyak Mai, nih, yang lokasinya masih berada di Setu Babakan. Tempat ini juga cukup populer, lho. Para pengunjung yang datang ke daerah Setu Babakan pasti menyempatkan diri mencari dodol bersejarah ini.

Konon, Nyak Mai adalah orang yang cukup dikenal di Setu Babakan sebagai pembuat dodol. Nyak Mai sudah mulai membuat dan menjual dodol sejak puluhan tahun lalu, tetapi beliau sudah meninggal dunia tahun pada tahun 2007. Kini, Dodol Nyak Mai diteruskan oleh putrinya, Juwani dan Juriah.

Satu hal yang membuat dodol ini sangat terkenal adalah resep rahasia pembuatan dodol kerap diwariskan dan dibuat dengan gula jawa asli, sehingga sajiannya masih original hingga kini.

Tak hanya itu, proses pembuatan yang memakan waktu minimal 6 jam membuat Dodol Nyak Mai memang tak bisa dibuat setiap hari. Uniknya lagi, dodol yang dijual di sini bisa tahan sampai 1 bulan tanpa dimasukkan ke kulkas, lho. Tentu saja, rasanya tetap masih enak, legit, dan teksturnya masih terjaga.

Alamat: Jl. Moch Kahfi II, RT.12/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 20.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 40.000 – Rp 115.000

5. Asinan Betawi H. Asymuni

Cerita Asinan Legendaris yang Laris Manis di Jakarta Timur
Asinan Betawi H. Asymuni, photo by Insight Kontan

Pilihan pusat oleh-oleh Jakarta yang bisa dibawa sebagai hantaran adalah asinan Betawi yang dijual di Asinan H. Asymuni. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1978 dan berlokasi di dalam sebuah gang di kawasan Pisangan Baru.

Tapi, kalau kamu mau beli asinan di Asinan Betawi H. Asymuni, jangan lupa bawa tas belanja ya, karena di sini kamu hanya bisa take away saja. Walau begitu, asinan yang mereka tawarkan sangat enak, lho, dengan sayuran dan bumbu yang dipisah, jadi cocok banget untuk oleh-oleh.

Di Asinan Betawi H. Asymuni, kamu bisa mencicipi asinan sayur dan buah. Isian dari asinan sayur Betawinya cukup lengkap, mulai dari kubis, timun, tahu putih, tauge, kerupuk kuning, dan kerupuk merah. Yang bikin lebih enak lagi, bumbu kacangnya sangat gurih dan kaya rasa.

Alamat: Jalan Pisangan Baru Tengah No.31, RW.5, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari (05.30 – 17.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 36.000

6. Dodol Betawi Hj. Mamas

Dodol Betawi yang Kian ‘Lembek’ di Masa Pandemi
Dodol Betawi Hj. Mamas, photo by TVRI News

Jika masih berada di kawasan Jakarta Timur, kamu bisa, nih, mengunjungi Dodol Betawi Hj Mamas yang menjadi pusat oleh-oleh Jakarta. Tempat ini juga tak kalah terkenal karena menjual dodol betawi asli yang masih fresh.

Usaha pembuatan dan pengolahan dodol telah dimulai sejak tahun 1975 oleh Hajah Masitoh atau yang lebih akrab disapa Hajah Mamas. Ibu mertuanya yang seorang pembuat dodol rupanya memotivasi Hj. Mamas untuk  mempelajari resep dan menekuni usaha dodol.

Kamu bisa memilih tiga varian yang terdiri dari dodol duren, dodol ketan item, dan dodol original. Harganya pun beda-beda, tergantung dari varian dan ukurannya. Namun, karena bahan yang digunakan sangat alami dan tidak memakai pengawet, dodol-dodol ini hanya bisa disimpan selama 2 minggu saja, ya.

Nah, tidak hanya dodol saja, Hj. Mamas juga menjual kue-kue kering untuk lebaran dan jajanan khas Betawi lainnya, seperti Geplak Betawi, Kembang Goyang, Akar Kelapa, Keripik Bawang, Biji Ketapang, Telur Gabus, hingga Bir Pletok.

Alamat: Jalan Batu Ampar 1 Jl. Raya Condet No. 42, RT.13/RW.4, Batu Ampar, Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 20.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 200.000
Berburu Oleh-oleh Khas Jakarta di PBB Setu Babakan
Betawi Online Gallery, photo by Beritajakarta.id

Kalau kamu mencari pusat oleh-oleh Jakarta yang menjual souvenir atau kerajinan tangan khas daerah ibukota, coba berkunjung ke Betawi Online Gallery. Tokonya tidak begitu luas, tapi barang-barang yang dijual di sini cukup lengkap. Betawi Online Gallery juga menawarkan busana, tas, kuliner, mug loreng atau blirik khas Betawi, hingga ondel-ondel mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

Namun, kalau kamu tidak sempat mengunjungi tempat ini, kamu bisa kok membelinya secara online karena kini mereka sudah hadir di Instagram dengan nama @betawi_online, dan sejumlah marketplace terkemuka di Indonesia. Nah, kalau kamu ingin membeli koleksi budaya khas Betawi, maka di sinilah tempat yang tepat.

Alamat: Jalan Situ Babakan No. 41, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 20.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 350.000

8. Oleh-Oleh Sowan

Oleh Oleh Sowan | Wisata Belanja Oleh Oleh - Toko Sowan adalah Toko Oleh  Oleh Nusantara yang menyediakan berbagai Produk Khas Nusantara di Seluruh  Indonesia dan juga Sovenir Menarik
Oleh-Oleh Sowan, photo by Toko Oleh-Oleh Sowan

Pusat oleh-oleh Jakarta dari Oleh-Oleh Sowan didirikan oleh Ny Swandani, pemilik dari Dapur Solo. Tempat ini ia kembangkan sejak 2011 dan sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam daerah atau luar Jakarta. Dengan konsep menjual cemilan tradisional yang diambil langsung dari Usaha Kecil Menengah (UKM), Sowan mulai berkembang sampai saat ini.

Di sini, kamu bisa menjumpai aneka oleh-oleh khas Nusantara dan jajanan yang akan membuatmu memutar memori masa kecil, seperti Rambut Nenek, Lidi Pedas, Keripik Brownies, Brem, Dodol, Rengginang, Wedang Uwuh, Beras Kencur, hingga Kunyit Asem. Tak hanya itu, Oleh-Oleh Sowan juga menawarkan kerupuk, sambal, hingga bij-biji kopi dari seluruh daerah.

Berpusat di Sunter, kini Oleh-Oleh Sowan sukses membuka tokonya di beberapa lokasi di Jakarta. Ada yang berada di dalam Mal Mahaka Square Kelapa Gading, Tanjung Priok, Tangerang, dan juga Bandara Soekarno Hatta.

Alamat: Jalan Danau Sunter Utara R 34-37, RT.1/RW.19, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 10.000 – Rp 400.000

9. Pasarina by Ranch Market

Supra Boga Lestari (RANC) Perkenalkan Brand Baru Pasarina by Ranch Market
Pasarina, photo by Investor Daily

Rekomendasi pusat oleh-oleh di Jakarta yang berikutnya adalah Pasarina by Ranch Market. Kamu yang ingin belanja oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, boleh banget melipir ke sini.

Lokasinya mudah dicari karena supermarket modern ini hadir di beberapa mall besar di ibukota, seperti Mall Sarinah sebagai store pertama. Pasarina kini juga hadir di Grand Indonesia, Lotte Shopping Avenue, Senayan Park, Mega Kuningan, Dharmawangsa, Pondok Indah dan Kemang.

Beroperasi sejak tahun 2022, Pasarina cukup diminati pengunjung karena menjual berbagai makanan khas Nusantara dan berbagai makanan jaman. Mulai dari, Asem Kranji, Gulali Kacang, Permen Pastiles, Nougat Kacang, dan jajanan lainnya bisa kamu temukan di sini.

Alamat: Basement Mall Sarinah
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 22.00 WIB)

10.  Rumah Makan Nusa Indah

Toko Kue yang menarik - Ulasan Rumah Makan Nusa Indah, Jakarta, Indonesia -  Tripadvisor
Rumah Makan Nusa Indah, photo by Tripadvisor

Meskipun namanya rumah makan, tapi Rumah Makan Nusa Indah menjadi pusat oleh-oleh Jakarta Selatan yang menawarkan aneka makanan untuk disantap di tempat dan juga aneka oleh-oleh untuk buah tangan.

Berbagai jenis kuliner dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, seperti Gudeg, aneka kerupuk khas Nusantara, bakpia, dodol, batagor Bandung, abon teri, keripik tempe, hingga Pia Legong dari Bali bisa ditemukan di sini.

Selain berbelanja oleh-oleh, kamu juga bisa mencicipi aneka masakan yang menggugah selera, lho. Nah, kalau penasaran, yuk langsung mampir ke Rumah Makan Nusa Indah di Gandaria.

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan No.33, RT.3/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (10.30 – 18.30 WIB)
Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 100.000

Masih banyak lagi, lho, beberapa pusat oleh-oleh Jakarta yang bisa kamu datangi, misalnya Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Asemka, hingga ITC Mangga Dua.

Di tempat tersebut, kamu harus lebih teliti untuk mencari toko yang menjual jajanan khas daerah, terutama Jakarta. Nah, maka itu, kamu bisa langsung mengunjungi 10 rekomendasi tempat yang sudah Cove sebutkan di artikel ini, ya.