Serba-serbi Pasar Benhil, Surga Kuliner di Bulan Puasa!

Serba-serbi Pasar Benhil, Surga Kuliner di Bulan Puasa!
Pasar Benhil

Berburu kuliner khas Indonesia dengan rasa yang autentik memang paling pas dilakukan di pasar tradisional, salah satunya Pasar Benhil. Singkatan dari Pasar Bendungan Hilir, Pasar Benhil terletak di Jakarta Pusat tepatnya di Jl. Bendungan Hilir Kec. Tanah Abang dan biasa beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 7 malam. Selain memiliki lokasi yang strategis serta struktur pasar yang lebih tertata dengan program revitalisasi oleh pemerintah, Pasar Benhil juga terkenal akan surga kulinernya terutama saat bulan Ramadan. Lalu kira-kira, apa saja yang akan kita temukan ya saat menjelajahi Pasar Benhil? Baca artikel ini hingga habis untuk mengetahui serba-serbi Pasar Benhil!

Kuliner Kaki Lima Legendaris

Ayam Penyet Pak Kumis, photo by PergiKuliner

Sebagai surga kuliner berbagai makanan lezat, Pasar Benhil tentunya memiliki beragam kuliner kaki lima legendaris yang sudah berdiri sejak lama dan digemari oleh berbagai generasi. Beberapa kuliner legendaris yang terletak di area Pasar Benhil ialah:

Sambal Setan Bu Mut

Warung Sambal Setan Bu Mut memiliki sambal ekstra pedas yang dijamin membuat kamu ketagihan. Sambal legendaris ini bisa kamu nikmati dengan nasi putih hangat serta berbagai pilihan lauk dan lalap. Jangan lupa, minumnya es teh manis biar makin segar!

Soto Mie Sarodja

Ingin makan yang hidangan berkuah? Soto Mie Sarodja bisa jadi pilihan karena terkenal akan soto mie bakso dan soto mie daging-nya yang sudah ada sejak tahun 1970.

Ayam Penyet Pak Kumis

Nikmati ayam penyet yang dibaluti racikan sambal gurih ala Pak Kumis. Kalau makan di sini, kamu harus rela mengantre karena peminatnya yang tinggi.

Martabak Bangka Acung

Kalau sedang mencari kudapan yang manis-manis, kamu bisa mencoba Martabak Bangka Acung untuk mencoba martabak khas Bangka yang autentik.

Sate Padang Pariaman Juo

Jika kamu penggemar sate padang, wajib berkunjung ke Sate Padang Pariaman Juo yang sudah berdiri sejak tahun 1979. Dijamin, dagingnya super empuk lengkap dengan saus sate khas padang yang melimpah ruah!

Baca juga: Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat untuk Melepas Penat

Menjadi Pusat Jajanan Takjil

Berbagai Takjil Ramadan, photo by Shutterstock

Menyantap makanan ringan atau biasa disebut takjil sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Takjil di Indonesia sendiri beragam, mulai dari kudapan manis seperti kurma, kolak, hingga kue basah serta kudapan gurih nan asin seperti gorengan, bihun, dan lainnya.

Nah, salah satu pusat jajanan takjil yang terkenal di Jakarta juga berlokasi di Pasar Benhil. Selain berlokasi dekat dengan perkantoran, Pasar Benhil juga memiliki titik yang strategis untuk didatangi menjelang waktu berbuka puasa. Kamu bisa menemukan tenda-tenda kecil para penjual takjil sejak pukul 11 siang hingga adzan maghrib.

Lalu, apa saja makanan yang dijual di Pasar Benhil pada bulan Ramadan? Kabar baiknya, hampir semua jajanan pasar hingga makanan berat bisa kamu temukan di Pasar Benhil! Untuk menu takjil sendiri, kamu bisa menemukan jajanan seperti es buah, es selendang mayang, kolak, bubur kampiun, gorengan, kolak, hingga berbagai kue basah seperti kue pepe, kue talang, kue apem, dan kue pisang. Jika kamu mencari makanan berat, kamu juga bisa menemukan pempek, nasi padang, cumi sambal ijo, dan masih banyak lagi. Soal harga, kamu tak perlu khawatir karena ragam makanan yang dijual di Pasar Benhil berkisar mulai dari Rp1.000 - Rp50.000 saja. Menarik banget! Jadi, sudah siap hunting takjil di Pasar Benhil saat bulan Ramadan nanti?

Dalam Tahap Modernisasi

Benhil Central, photo by Detik

Meskipun sudah memiliki banyak pengunjung dan ragam penjual, Pasar Benhil ternyata masuk ke dalam program Pemerintah DKI Jakarta dalam program revitalisasi pasar modern di daerah Jakarta, lho. Nantinya, pasar-pasar tradisional tersebut termasuk Pasar Benhil akan memiliki struktur yang lebih tertata, bersih, serta terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum.

Dalam program revitalisasi, Benhil Central akan dibangun yang nantinya akan berfungsi sebagai pasar tradisional, hotel, serta area perkantoran yang akan terintegrasi langsung dengan stasiun MRT Bendungan Hilir. Jadi, jika pembangunan Benhil Central sudah rampung, kamu bisa hunting berbagai makanan lezat dengan makin nyaman, deh!

Lokasi Strategis

Stasiun MRT Bendungan Hilir, photo by Jakarta MRT

Selain berbagai hidangan kuliner yang lengkap serta ekonomis, Pasar Benhil juga bisa jadi pilihan kamu hunting kuliner bersama teman-teman karena lokasinya yang strategis. Yup, letaknya yang berada di daerah Jakarta Pusat ini dekat sekali dengan fasilitas kendaran umum seperti MRT dan busway, pusat perkantoran di Sudirman, pusat perbelanjaan pakaian di Thamrin dan Tanah Abang, hingga pusat hunian dan universitas. Benar-benar pilihan pas untuk ngabuburit selepas jam pulang kantor! Jadi, mau jajan apa di Pasar Benhil, nih? Tenang, semuanya ada, kok!

Baca juga: Area terbaik di Jakarta untuk tempat tinggal

Cove Laguna, 5 Menit dari Pasar Benhil

Cove Laguna

Memiliki hunian nyaman dengan fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis memang menjadi impian bagi semua orang! Nah, jika kamu bekerja atau sedang duduk di bangku kuliah di daerah Jakarta Pusat khususnya Bendungan Hilir, Cove punya rekomendasi kos yang cocok untuk kamu, nih. Namanya adalah Cove Laguna.

Cove Laguna berlokasi di Jl. Bendungan Hilir Gg. Koplo Banjir, Kec. Tanah Abang dan hadir sebagai hunian coliving yang menawarkan nuansa minimalis serta fasilitas bersama yang lengkap. Beberapa fasilitas bersama tersebut ialah dapur, ruang makan, laundry gratis, tempat parkir, serta lounge luas untuk bersantai.

Cove Laguna memiliki tiga tipe kamar yaitu Kamar Deluxe, Kamar Superior, dan Kamar Premium dengan kisaran harga Rp5jt - Rp5,8jt. Berbagai tipe kamar di Cove Laguna ini juga memiliki luas kamar berbeda-beda yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi kamu, lho. Nah, meskipun hadir dengan tipe kamar yang berbeda-beda, kamu nggak perlu khawatir karena seluruh tipe kamar di Cove Laguna sudah hadir dengan furnitur lengkap seperti kasur berukuran queen, lemari baju yang besar, meja kerja, TV layar datar di dalam kamar, serta kamar mandi dalam dengan fasilitas water heater. Nyaman banget, kan?

Saat ini, tersedia 30 kamar di Cove Laguna yang bisa kamu pilih serta siap menjadi hunian kamu di pusat kota Jakarta. Selain fasilitasnya yang lengkap serta lokasi yang strategis, Cove Laguna juga sangat cocok untuk kamu beristirahat setelah melalui minggu yang melelahkan, atau sekadar Work From Home dengan nyaman disertai dengan koneksi internet yang cepat. Jika kamu tertarik, yuk segera book viewing sekarang untuk melihat kamar di Cove Laguna secara langsung!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Pusat lainnya hanya di Cove!