10 Perpustakaan di Jakarta, Bookworms Wajib Tau

10 Perpustakaan di Jakarta, Bookworms Wajib Tau
Perpustakaan Umum DKI Jakarta, photo from Gramedia

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang digemari oleh banyak orang. Selain mampu menambah wawasan dan menghibur, membaca juga bisa menjadi salah satu bentuk kegiatan healing yang dapat mengurangi rasa stress, mengurangi rasa bosan, dan menenangkan pikiran. Jadi, nggak cuma berwisata aja ya, yang bisa mengurangi beban pikiran kamu, hihi.

Jika kamu sedang mencari beberapa rekomendasi perpustakaan di Jakarta yang bisa dikunjungi, yuk simak artikel ini!

Perpustakaan Jakarta Selatan

Nggak cuma beragam coffee shop aesthetic, kamu juga bisa menemukan banyak perpustakaan lho, di Jakarta Selatan. Berikut beberapa di antaranya!

Baca Di Tebet

Baca di Tebet, photo from Urbanasia

Baca Di Tebet menjadi rekomendasi perpustakaan pertama di area Jakarta Selatan yang bisa kamu coba. Well, lupakan kesan perpustakaan yang kaku dan dingin, karena di sini, kamu bisa membaca banyak buku dengan suasana homey dan warm.

Baca Di Tebet didirikan oleh Kanti W Janis bersama Wien Muldian, dan memiliki 20.000 koleksi buku yang selalu diperbarui. Menariknya dari tempat ini adalah kamu bisa melihat susunan buku di rak-rak tinggi, serta menggunakan berbagai ruangan sesuai fungsi yaitu Ruang Diskusi, Ruang Temu, Ruang Baca, dan Ruang Pikir. Menarik banget, ya? Kalau kamu mau ke sini, sediakan uang Rp35.000 untuk mengakses perpustakaan selama satu hari, ya!

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.29, RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810
Jam Buka: Selasa - Minggu, 12.30 - 20.30 WIB

Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan Erasmus Huis, photo from Manual Jakarta

Bergeser sedikit ke area Kuningan, kamu bisa mampir ke Perpustakaan erasmus Huis, salah satu tempat yang berada di pusat kebudayaan Belanja Erasmus Huis. Di sini, kamu bisa membaca banyak koleksi buku dengan suasana yang nyaman dan hening.

Perpustakaan ini telah mengalami renovasi dan dibuka kembali sejak tahun 2018. Selain tentunya kamu bisa menemukan banyak literatur mengenai Belanda, di sini, kamu akan dimanjakan dengan area perpustakaan yang serba putih dan minimalis, sangat memanjakan mata.

Oh ya, di sini juga tersedia open space yang biasa dimanfaatkan untuk acara diskusi atau seminar, ya.

Alamat: Blok C No, Setiabudi, Jl. H. R. Rasuna Said No.3, RT.8/RW.3, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
Jam Buka: Sabtu - Jumat, 10.00 - 16.00 WIB

Perpustakaan Freedom

Perpustakaan Freedom, photo from Lumbung Pemikiran

Masih sama-sama di area Kuningan, kamu bisa mampir ke Perpustakaan Freedom yang berada di lantai dasar Gedung Wisma Bakrie. Perpustakaan ini hadir dengan interior berwarna kecoklatan, memberikan atmosfer yang tetap hangat meski didesain secara industrial. Di sini, kamu bisa menemukan ribuan koleksi buku di bidang humaniora, sosial, ekonomi, agama, hingga hubungan internasional.

Perpustakaan Freedom adalah tempat yang tepat untuk mencari berbagai sumber penelitian. Karena selain buku-buku, tempat ini juga memiliki koleksi jurnal dan koran lokal maupun internasional.

Alamat: Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.11, RT.5/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta City, Jakarta 12920
Jam Buka: Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB

Rimba Baca

Rimba Baca, photo from Good News From Indonesia

Rimba Baca memiliki suasana yang sangat nyaman dan hangat di dalamnya. Perpustakaan ini sangat ramah untuk semua anggota keluarga yang terdiri dari dua lantai yang dipenuhi dengan buku-buku menarik. Lantai pertama dipenuhi dengan beragam buku untuk anak-anak, mulai dari buku ensiklopedia hingga cerita fiksi dan buku aktivitas. Walaupun sebagian besar bukunya dalam bahasa Inggris, tetapi kamu juga bisa menemukan buku dalam bahasa Indonesia, Cina, India, dan bahkan Korea, lho. Di sini juga tersedia ruangan seni yang keren di mana anak-anak bisa asyik menggambar dan mewarnai.

Lantai kedua penuh dengan buku-buku untuk orang dewasa, dengan berbagai genre seperti fantasi, cerita fiksi, desain, masak-memasak, politik, biografi, komik, dan agama. Kembali lagi, mayoritas bukunya dalam bahasa Inggris, tetapi ada beberapa pilihan bagus dalam bahasa Indonesia juga. Ada banyak tempat duduk seperti sofa, kursi, dan karpet yang disediakan di sini, jadi kamu bisa duduk santai sambil menikmati buku-buku pilihanmu.

Alamat: Jl. Intan RSPP Utara No.21B, RT.11/RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 17.00 WIB

Perpustakaan Jakarta Barat

Tinggal di area Jakarta Barat, dan mencari perpustakaan yang dekat dengan tempat tinggal kamu? Cek beberapa list-nya di sini, yuk.

OMAH Library

OMAH Library, photo from Meruya

Berada di perbatasan Jakarta Barat dengan Tangerang, kamu bisa membaca banyak buku di OMAH (On Meeting Architecture Hub) Library. Keunikan perpustakaan ini adalah desain interiornya yang sangat catchy dan aesthetic. Nggak heran sih, karena tempat ini merupakan rumah pribadi arsitek bernama Realrich Sjaief, yang kemudian dibuka untuk umum pada area perpustakaannya.

Di OMAH Library, kamu bisa menemukan sekitar 1.500 buku teori, studi kasus, monograf, novel fiksi, hingga filosofi anak dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Untuk membaca buku di sini, kamu cukup membayar Rp35.000 per hari, ya.

Alamat: Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, RT.002/RW.010, Karang Mulya, Kec. Kembangan, Kota Tangerang, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11640
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 21.00 WIB

Perpustakaan Jakarta Pusat

Nggak hanya memiliki banyak museum, di Jakarta Pusat kamu juga bisa berkunjung ke beberapa perpustakaan di bawah ini. Jangan lupa dicatat, ya!

Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Perpustakaan Umum DKI Jakarta, photo from Gramedia

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca dan ingin meredakan stres, ada destinasi yang sangat tepat untuk dikunjungi, yaitu Perpustakaan Umum DKI Jakarta. Perpustakaan ini telah mengalami revitalisasi yang mengubahnya menjadi tempat yang lebih menarik sejak tahun 2019. Dengan interior yang kekinian dan atmosfer yang nyaman, perpustakaan ini merupakan tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk.

Lokasinya berada di komplek Taman Ismail Marzuki dan menawarkan lebih dari 138.000 koleksi buku yang mencakup berbagai genre, dari buku umum hingga buku anak-anak, serta koleksi khusus tentang Jakarta yang tentunya sangat relevan dan menarik. Tetapi tak hanya buku-buku yang ditawarkan di sini, Perpustakaan Umum DKI Jakarta juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain yang membuat kunjunganmu semakin menyenangkan.

Jika kamu datang bersama keluarga, anak-anak dapat menikmati waktu bermain mereka di ruang bermain khusus, atau mendengarkan cerita di bilik cerita yang menarik. Bagi mereka yang ingin menikmati bacaan dalam suasana yang tenang, tersedia ruang baca privat. Dan jika kamu memiliki minat dalam podcast atau ingin menciptakan konten audio, perpustakaan ini bahkan memiliki ruang khusus untuk keperluan tersebut.

Pengalaman Membaca di Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Keseluruhan pengalaman di Perpustakaan Umum DKI Jakarta adalah sesuatu yang patut diacungi jempol. Dari koleksi buku yang lengkap hingga fasilitas-fasilitas modern yang disediakan, tempat ini benar-benar merupakan surga bagi para pencinta buku. Dengan suasana yang nyaman dan estetika yang memikat, tak heran jika perpustakaan ini telah menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan pikiran dan hati melalui dunia literasi. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan kunjungan ke Perpustakaan Umum DKI Jakarta dan nikmati pengalaman tak terlupakan di sana.

Alamat: Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.00 WIB

Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI, photo from Hypeabis

Perpustakaan Nasional RI (PNRI) berdiri sebagai garda terdepan ilmu di Jakarta, menghimpun koleksi buku paling komprehensif dalam skala kota. Di sini, dunia pengetahuan terbuka lebar, menawarkan ragam buku dari segala genre, mulai dari roman percintaan hingga pedoman geopolitik, semuanya dalam genggaman.

Bangunannya sendiri menjulang tinggi, dengan 27 lantai penuh yang tiap sisinya diisi oleh buku-buku. Setiap lantai memiliki ciri khasnya sendiri, merangkul genre dan topik yang beragam. Misalnya, untuk yang berjiwa muda, lantai anak-anak adalah tempat di mana klasik nasional dihiasi warna-warni ceria. Di sini, segala kebutuhan literasi diakomodasi, dari anak-anak hingga orang dewasa, termasuk juga buku dalam braille. Dan untuk petualangan tanpa arah, lantai 21 dan 22 adalah surganya. Dunia non-fiksi hingga sastra ada di sini, dan bahkan arsip koran, serta film.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 16.00 WIB

Goethe-Institut Jakarta

Goethe-Institut Jakarta, photo from Goethe-Institut

Di sekitaran Menteng, kamu bisa mampir ke tempat organisasi Jerman yang mempromosikan kebudayaan Jerman di Indonesia, yaitu Goethe-Institut. Di sini, kamu bisa menikmati perpustakaan yang terbuka untuk umum, yang menghadirkan berbagai informasi mengenai Jerman termasuk koleksi buku, musik, film, dan permainannya. Cocok banget buat kamu yang sedang belajar bahasa atau kebudayaan Jerman!

Oh ya, untuk mampir ke sini, kamu bisa mengaksesnya menggunakan ojek online, kendaraan pribadi, atau MRT dengan turun di stasiun Dukuh Atas BNI, ya.

Alamat: Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.9, RT.2/RW.3, Gondangdia, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10350
Jam Buka: Senin - Minggu, 11.00 - 19.00 WIB

Perpustakaan Kemendikbud Jakarta

Perpustakaan Kemendikbud Jakarta, photo from Kemendikbud

Perpustakaan ini memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu di samping mal F(X) Sudirman, persis di gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di dalam perpustakaan ini, mayoritas koleksinya adalah buku-buku dalam bahasa Indonesia. Tetapi, yang menarik adalah bahwa koleksi film dan audio di sini cukup beragam, termasuk film-film asing berbahasa Inggris dari berbagai genre, mulai dari sejarah hingga kartun. Jika kamu ingin menonton, mereka bahkan memiliki ruang teater lengkap dengan TV kecil dan headset untuk setiap orang.

Oh ya, di sini, kamu bisa masuk dan membaca berbagai koleksi bukunya tanpa membayar apapun dan tanpa perlu menjadi anggota. Namun, jika ingin meminjam buku, kamu perlu menyiapkan KTP dan materai senilai 6 ribu rupiah, ya.

Alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A Lantai 1 Jl. Jenderal Sudirman RT.1/RW.3 Gelora, RT.1/RW.3, Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270
Jam Buka: Senin - Jumat, 08.00 - 16.00 WIB

Perpustakaan Jakarta Utara

Ini dia rekomendasi perpustakaan Jakarta Utara yang bisa kamu kunjungi!

Perpustakaan Umum Jakarta Utara

Perpustakaan Umum Jakarta Utara, photo from JAKLITERA

Perpustakaan Umum Jakarta Utara adalah fasilitas baca yang disediakan oleh pemerintah setempat. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis buku mulai dari sastra, sejarah, fiksi, hingga fiksi anak-anak. Oh ya, menariknya, perpustakaan ini juga memiliki program Perpustakaan Keliling untuk mendorong minat baca masyarakat sekitar, lho. Keren, ya? Untuk info lengkap, kamu bisa mengunjungi laman Instagram Perpustakaan Jakarta Utara, ya!

Alamat: 4, Jl. Logistik No.2, RT.4/RW.4, Tugu Sel., Kec. Koja, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14260
Jam Buka: Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB, Sabtu & Minggu, 09.00 - 14.30 WIB

Wah, ternyata banyak banget ya, perpustakaan umum di Jakarta yang bisa kita kunjungi! Pas banget untuk melepas penat setelah lelah bekerja seminggu penuh. Psst, selain menghabiskan waktu dengan membaca, kamu juga bisa lho menambah skill baru di akhir pekan dengan belajar pottery di Jakarta! Seru banget!