8 Pantai di Canggu yang Indah dan Worth to Visit

8 Pantai di Canggu yang Indah dan Worth to Visit
Pantai di Canggu, photo by Pexels

Berlibur ke Bali belum lengkap rasanya apabila kamu belum berkunjung ke Canggu. Kawasan yang terletak kurang lebih 20 menit dari daerah Kuta ini terletak di pesisir pantai yang terus memanjang hingga 8 km. Canggu dikenal sebagai salah satu daerah yang asri dan indah.

Pantai di Canggu termasuk ke dalam salah satu spot favorit bagi para turis karena ombaknya yang tinggi dan cocok untuk surfing. Apalagi kalau kamu baru aja punya outfit ke pantai yang baru untuk posting ootd di IG. Nah, apabila kamu ingin berkunjung ke Canggu, cek dulu 8 rekomendasi pantai di Canggu yang indah dan worth to visit berikut ini!

Pantai Canggu

Pantai Canggu, photo by Theanna Villa

Tahukah kamu bahwa Pantai Canggu berhasil mendapatkan peringkat 39 dari 100 pantai terbaik di dunia pada tahun 2013 berdasarkan riset yang dilakukan oleh Cable News Network (CNN)? Pantai yang berlokasi di kawasan Desa Canggu, Kuta Utara ini memang menjadi salah satu pantai yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur di Bali.

Pantai Canggu ini terus dibuka selama 24 jam. Namun, mayoritas pengunjung terutama turis akan memilih untuk datang dari pagi hari supaya bisa menikmati aktivitas seperti surfing saat ombak sedang tinggi-tingginya.

Di siang harinya, ada banyak sekali pilihan aktivitas yang bisa kamu coba lakukan, seperti bermain air di pantai, bersepeda, berjemur, hingga menikmati berbagai jajanan yang berada di pinggir pantai Canggu. Seru sekali, ya?

Alamat: Pantai Canggu, Dalung, Kuta Utara, Bali.
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Echo

Pantai Echo, photo by Bali Buddies

Dalam sejarahnya, Pantai Echo ini bernama Pantai Batu Mejan. Nama tersebut diambil dari nama sebuah Pura, yaitu Pura Mejan. Namun, sejak dibangunnya sebuah restoran pinggir pantai yang bernama Echo Beach Club, pantai tersebut akhirnya berubah nama menjadi Pantai Echo.

Pantai yang berjarak hanya sekitar 14 km dari Bandara Ngurah Rai ini memiliki daya tarik dan keindahannya sendiri yang memesona. Salah satu daya tarik yang membuat wisatawan senang berkunjung ke Pantai Echo adalah pantai ini memiliki ombak yang tinggi, sehingga menjadi favorit bagi peselancar pemula maupun profesional sekalipun.

Daya tarik dari Pantai Echo yang selanjutnya adalah pantai ini bisa menjadi salah satu spot untuk menonton sunset yang sangat indah. Hamparan batu karang yang berada di pinggir pantai akan membuat sunset menjadi terlihat lebih dramatis.

Alamat: Pantai Echo, Jalan Pura Batu Mejan, Canggu, Bali.
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Nelayan

Pantai Nelayan, photo by Pesisir

Nah, buat kamu yang ingin mencari pantai di Canggu yang sepi, kamu bisa mengunjungi Pantai Nelayan. Pantai yang cantik ini berlokasi tidak jauh dari pantai Jimbaran dan berada di bagian utara Canggu.

Daya tarik paling utama dari Pantai Nelayan ini adalah kamu bisa menikmati berbagai pilihan makanan olahan seafood. Ada banyak sekali warung dan restoran yang menjual jajanan seafood dengan harga yang sangat terjangkau.

Para foodies yang sedang berlibur ke Bali bisa menikmati beragam ikan laut, udang, kerang, hingga lobster tanpa harus takut membuat dompet jebol. Supaya kamu mendapatkan ikan yang paling segar, pastikan untuk datang dan melihat langsung tangkapan hasil nelayan di pagi hari sebelum pukul 9, ya!

Alamat: Pantai Nelayan, Kecamatan Kuta Utara, Canggu, Bali.
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Mengening

Pantai Mengening, photo by Detik

Pantai Mengening atau biasa dikenal sebagai Pantai Cemagi merupakan salah satu pantai di Canggu yang saat ini sedang populer oleh para wisatawan. Pantai yang berlokasi di Desa Wisata Cemagi, Canggu ini menjadi populer karena banyak anak-anak muda di Desa Wisata Cemagi tersebut sadar akan pentingnya wisatawan dan mulai melakukan banyak sekali perubahan pada kawasan di sekitar pantai.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah saat ini sudah ada banyak sekali pusat jajanan hingga tempat berbelanja oleh-oleh yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya itu saja, saat ini juga sudah mulai banyak sekali kafe dan restoran yang berada di dekat pantai. Kamu bisa makan atau minum kopi sambil menikmati indahnya sunset di Pantai Mengening yang sangat indah.

Nah, itulah beberapa keindahan dari Pantai Mengening. Jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati aneka kuliner lokal di sana, ya!

Alamat: Pantai Mengening, Desa Wisata Cemagi, Canggu, Bali.
Tiket Masuk: Rp2.000 untuk retribusi kebersihan.

Pantai Seseh

Pantai Seseh, photo by The Bali Bible

Destinasi wisata pantai di Canggu berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Seseh. Meskipun Pantai Seseh tidak sepopuler dari pantai di Canggu lainnya, pantai ini memiliki pesonanya sendiri.

Pantai Seseh yang berada di kawasan Badung, Canggu ini terhampar luas menghadap ke arah Selatan. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, kamu akan disambut oleh pemandangan hamparan sawah yang berada di sisi kiri dan kanan jalan. Di sekitarnya masih sangat minim bangunan, hal inilah yang membuat suasana Pantai Seseh terasa lebih asri dan tenang.

Selain sebagai objek wisata, Pantai Seseh juga digunakan oleh warga sebagai tempat tujuan untuk prosesi adat Melasti dan kegiatan lainnya seperti Melarung Bumi. Pada saat-saat tertentu kamu bisa menyaksikan secara langsung prosesi adat tersebut di Pantai Seseh.

Alamat: Jalan Pantai Seseh, Desa Cemagi, Canggu, Bali.
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Pererenan

Pantai Pererenan, photo by Hotels

Pantai Pererenan adalah salah satu pantai di Canggu yang berbatasan langsung dengan Pantai Echo dan berdekatan dengan objek wisata adat Tanah Lot. Pantai yang bersih dan indah ini sebenarnya masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan, ini tentu sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin duduk dan menikmati pemandangan pantai dengan suasana tenang.

Pantai dengan permukaan pasir dan karang-karang indah yang indah ini sering digunakan oleh warga lokal untuk menggelar sejumlah acara keagamaan. Kamu bisa datang langsung di waktu-waktu tertentu untuk menikmati pemandangan prosesi keagamaan tersebut. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menyewa kuda dan menikmati berjalan-jalan di pinggir pantai dengan berkuda. Menarik sekali, ya?

Alamat: Pantai Pererenan, Kecamatan Mengwi, Canggu, Bali.
Tiket Masuk: Gratis

Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong, photo by Be Free Tour

Pantai Batu Bolong adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Badung, Bali. Untuk lebih tepatnya, pantai ini masih berada di daerah Canggu dan menjadi salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan karena pemandangannya yang sangat eksotis.

Memiliki ombak yang cukup tinggi, pantai ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk surfing bagi para peselancar mancanegara. Tidak hanya sebagai tempat surfing saja, pantai ini juga menjadi salah satu tempat yang memiliki pemandangan sunset paling indah di Bali. Jadi, apabila kamu ingin melihat sunset, disarankan untuk berkunjung pada sore hari sebelum pukul 17.00 WITA, ya!

Alamat: Jalan Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Bali.
Tiket Masuk: Rp2.000 untuk retribusi kebersihan.

Pantai Berawa

Pantai Berawa, photo by Hotels

Rekomendasi pantai di Canggu berikutnya yang bisa kamu coba kunjungi adalah Pantai Berawa. Pantai yang berada di kawasan Tibubeneng, Canggu ini cukup jauh dari kawasan perkotaan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, karena pantainya lebih tenang dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Berawa memiliki ombak yang besar dan menjadi favorit bagi para peselancar yang memiliki tingkat keahlian yang tinggi. Area untuk berselancar juga terbentang luas tanpa adanya halangan batu karang sama sekali. Meskipun demikian, pantai ini kurang cocok untuk kamu yang mungkin baru saja belajar untuk berselancar.

Selain memiliki pemandangan alam yang memesona, pantai yang eksotis ini juga menarik untuk dikunjungi karena di sekitar pantai sudah ada banyak restoran, beach club, hingga hotel. Kamu bisa menikmati berbagai pilihan kuliner yang lezat sambil bersantai melihat pemandangan tepi pantai yang indah.

Alamat: Banjar Berawa, Desa Canggu, Kuta Utara, Bali.
Tiket Masuk: Rp2.000 - Rp5.000 untuk retribusi kebersihan (saat high season), Gratis (saat low season).

Kost Eksklusif Nyaman di Daerah Canggu Bali

Cove CG Co-Living memiliki desain modern dengan sentuhan khas bali dan konsep ruang semi terbuka, Kost ekslusif ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang, dapur dan ruang makan bersama, yang akan memberikan suasana layaknya tinggal di villa atau resort. Kamu bisa menemukan banyak pilihan roti dan kopi dari berbagai cafe yang terletak di sekitar kost. Selain itu, Cove CG Co-Living juga hanya berjarak sekitar 1.4km ke Finns Beach & Recreation Club dan 10 menit berjalan kaki ke Pantai Berawa.

Mulai dari Rp11.000.000/bulan

Selengkapnya Tentang CG Co-Living