10 Inspirasi Outfit Kantor Pria, Trendy dan Profesional

10 Inspirasi Outfit Kantor Pria, Trendy dan Profesional
Outfit Kantor Pria, photo by thetrendspotter.net

Cara kamu memilih pakaian untuk bekerja sangat penting untuk menciptakan kesan pertama yang positif. Mereka yang melihatmu dengan penampilan terbaik, entah itu rekan kerja ataupun klien yang berhubungan secara langsung, pasti akan langsung memandangmu sebagai orang yang teratur dalam segala hal. Berpakaian rapi dan menarik juga dinilai sebagai salah satu langkah kecil untuk menghargai diri sendiri. Itulah mengapa sebaiknya kamu mulai memerhatikan outfit kantor pria yang cocok dikenakan saat bekerja.

Sayangnya, sebagian dari para pria tidak terlalu memedulikan bagaimana busana yang akan mereka kenakan saat pergi mencari nafkah. Selama pakaian tersebut dirasa sopan dan mampu memberikan kenyamanan, mereka cenderung memilih secara asal beberapa potong pakaian yang ada di dalam lemari. Padahal, kebiasan tersebut cenderung buruk apabila dibiarkan terus menerus. Untuk itu, mari lihat bagaimana sepuluh outfit kantor pria berikut ini yang bisa kamu tiru untuk penampilan yang lebih rapi dan penuh gaya!

10 Outfit Kantor Pria

1. Celana Jeans dan Jaket Kemeja

Celana Jeans dan Jaket Kemeja, photo by Dressman

Kamu adalah pekerja di bidang industri kreatif, seperti digital agency, teknologi, media, atau periklanan? Salah satu keuntungan bekerja di industri ini yaitu tidak adanya aturan khusus dalam hal berpakaian. Para karyawan dibiarkan bebas berekspresi selama pakaian yang mereka kenakan terlihat profesional. Satu potong celana jeans bisa kamu padukan dengan jaket kemeja untuk memberikan tampilan yang stylish dalam outfit kantor pria. Jangan lupa berikan sentuhan akhir dengan memilih sneakers atau sepatu bertali yang cocok dengan gaya busanamu.

2. Kemeja dan Celana Panjang

Kemeja dan Celana Panjang, photo by Pinterest

Meski tidak semua orang menyukai penampilan yang terlalu formal, namun beberapa pria berusaha sebaik mungkin untuk bisa memberikan look bisnis yang kasual dengan sejumlah trik tertentu. Contohnya seperti kemeja polos berkancing yang kemudian dipadukan dengan celana bahan atau jeans. Jika harus menghadiri acara formal di luar kantor, kamu hanya perlu menambahkan blazer berbahan wool atau kain linen untuk membuatnya tampak lebih sempurna.

3. Jeans Hitam dan Kaos Putih

Jeans Hitam dan Kaos Putih, photo by Getty Images

Sesuatu yang sederhana memang layak untuk dipertahankan, tetapi kamu harus tahu dengan benar bagaimana cara memadupadankan outfit kantor pria milikmu. Kira-kira, apa yang bisa kamu lakukan dengan sebuah kaos putih dan jeans hitam? Cobalah untuk mengenakan jaket berwarna terang sebagai layer kedua. Jenis-jenis jaket yang bisa kamu pilih meliputi jaket chore atau jaket trucker yang biasanya terbuat dari bahan katun dan kanvas. Cara ini akan membuat gaya berpakaianmu terlihat semakin fresh dan attractive.

4. Polo Rajut dan Celana Netral

Polo Rajut dan Celana Netral, photo by Uniqlo

Ingin terlihat kasual namun tetap trendi di saat yang bersamaan? Alih-alih mengenakan kaos berlengan pendek, mengapa tidak memilih sebuah polo shirt berlengan panjang untuk kemudian disesuaikan dengan celana panjang berwarna netral? Ini akan membuat tampilanmu secara keseluruhan terlihat lebih sleek sekaligus seksi. Penggunaan warna-warna netral dengan cutting pakaian yang simple sangatlah direkomendasikan untuk membentuk kesan kasual yang lebih clean. Sementara opsi sepatu yang paling pas untuk look seperti ini adalah sepasang leather shoes.

5. Sweatshirt, White Shirt, dan Grey Trousers

Sweatshirt, White Shirt, dan Grey Trousers, photo by stylegirlfriend.com

Masih satu turunan dengan sweater, sweatshirt merupakan busana lengan panjang yang terbuat dari bahan katun tebal atau polyester dan mampu menyerap keringat. Kamu yang ingin tampil lebih sporty di area kantor bisa mengenakan sweatshirt berukuran slim-fit yang cenderung pas di tubuh. Kemudian, atur bagian bawah dengan celana abu-abu dan sneakers putih untuk menampilkan kesan smart casual look. Kamu juga bisa mengenakan sweatshirt dengan metode layering bersama kemeja putih di bagian dalam. Simple yet stylish!

6. Turtleneck dan Celana Chino

Turtleneck dan Celana Chino, photo by Pinterest

Pergi ke kantor di musim penghujan tentu memerlukan pakaian hangat yang nyaman dan mampu melindungi tubuhmu dari udara dingin. Turtle neck bisa jadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk saat-saat seperti ini. Kamu yang menyukai warna hitam dapat meniru inspirasi outfit kantor pria berikut. Kombinasi warna senada dari turtleneck, celana chino motif plaid, dan sepatu kulit bertali, mampu menyulap penampilan para pria agar terlihat semakin menawan.

7. Kaos dan Sepatu Kulit

Kaos dan Sepatu Kulit, photo by styleoholic.com

Tidak harus selalu terlihat formal, rata-rata pria justru jauh lebih menyukai tampilan yang terkesan santai namun tetap terlihat profesional, seperti inspirasi yang satu ini. Gabungan antara kaos netral, celana gulung biru tua, dan sepatu kulit berwarna cokelat sangat cocok untuk dikenakan para pekerja yang ingin tampil effortless saat musim panas. Kamu juga bisa bermain dengan pilihan warna lainnya yang dapat merepresentasikan siapa dirimu.

8. Kemeja Flanel

Kemeja Flanel, photo by g3fashion.com

Kemeja Flanel atau plaid shirt menjadi salah satu fashion item yang paling digemari oleh banyak orang. Motifnya yang terbilang sederhana dan fleksibel menjadikan kemeja flanel cocok untuk dikenakan dalam setiap kesempatan. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan agar tampilan flanel ini terlihat berbeda dibanding biasanya. Salah satunya adalah dengan memadukannya bersama celana chino atau denim/. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan aksesori berupa ikat pinggang sebagai pelengkap.

9. Denim on Denim

Denim on Denim, photo by dmarge.com

Saatnya untuk tampil lebih berani dengan menggunakan gaya busana denim on denim atau double denim. Sebelum melakukannya, kamu perlu memahami bahwa kunci perpaduan double denim terletak pada bagaimana cara kamu bisa menemukan kombinasi yang tepat agar tidak berlebihan. Misalnya, kamu bisa memadukan warna denim terang sebagai atasan dan yang gelap sebagai bawahan. Atau, pertimbangkan denim hitam dengan alternatif denim selain warna biru untuk menciptakan variasi yang berbeda. Contohnya seperti abu-abu, merah, putih, krem, dan lain sebagainya. Komposisi tersebut akan membuat perspektif yang lebih seimbang.

10. Cardigan dan Kemeja

Cardigan dan Kemeja, photo by hespokestyle

Rekomendasi outfit kantor pria yang terakhir adalah padu padan cardigan dengan kemeja berlengan panjang. Cara ini mampu mewujudkan impresi yang rapi sekaligus kalem bagi siapa saja yang memakainya. Cardigan juga dinilai sebagai salah satu fashion item yang dapat menyulap penampilan seseorang dengan sentuhan business casual. Inspirasi yang satu ini memadukan sebuah cardigan berwarna navy dengan kemeja panjang berwarna biru muda. Begitu modis sekaligus elegan.

Itulah kesepuluh inspirasi outfit kantor pria yang bisa kamu tiru untuk pemilihan pakaian kantor sehari-hari. Saatnya untuk lebih menghargai diri sendiri dengan tampil maksimal setiap saat!