10 Inspirasi Outfit Kuliah Pria yang Stylish dan Effortless

10 Inspirasi Outfit Kuliah Pria yang Stylish dan Effortless
Street Style, photo by GQ

Memasuki jenjang pendidikan baru, artinya akan ada kesempatan baru, tantangan baru, dan tentu perlu didukung dengan tampilan yang baru. Tadinya kamu masih memakai seragam sekolah, sekarang sudah bisa mengekspresikan diri dengan baju bebas sesuai selera.

Nah, supaya tampilanmu maksimal dan percaya diri, yuk simak 10 inspirasi outfit kuliah pria yang stylish dan effortless di artikel ini!

1. Flanel Shirt

Flanel Shirt, photo by Insider

Kemeja flanel atau flanel shirt bisa dibilang sebagai all time favorite untuk pilihan outfit kuliah pria! Setuju? Mix and match kemeja flanel dan celana favorit, bisa kamu jadikan inspirasi outfit andalan saat ingin go casual. Ketika memakai kemeja flanel, kamu akan langsung tampak youthful, smart, but still stylish. Umumnya, flanel shirt memiliki ciri khas motif kotak-kotak atau plaid dengan berbagai pilihan warna, tapi kini sudah ada juga pilihan motif lainnya. Ohya, untuk melengkapi penampilanmu, jangan lupa gunakan sneakers favoritmu juga, ya!

2. Denim

Denim, photo by Pexels

Outfit dengan memadukan denim rasanya nggak ada matinya, ya! Bagi kamu yang maunya praktis dan memberikan kesan cool, jaket denim bisa jadi pilihanmu untuk dipakai di kampus. Di dalamnya kamu bisa memakai kaos warna polos atau dengan printed t-shirt. Untuk celananya, kamu bisa menggunakan bawahan apapun atau bahkan jeans denim juga, sehingga bisa menghasilkan style denim on denim! Sementara untuk sepatunya, kamu juga bisa mix and match dengan sneakers atau doc martens yang bakal ngasih kesan manly.

Baca juga: Cara Bergaul yang Baik Biar Pertemanan Tetap Awet

3. Outer dan Plain Shirt

White Outfits, photo by Ape to Gentleman

Nah, paduan outer dan plain shirt bisa diterapkan apapun genre style-mu! Mau cowok mamba, bumi, atau kue sekalipun, paduan ini adalah pilihan yang tepat. Hanya dengan outer dan plain shirt, kamu akan menampilkan kesan santai, namun tetap on point di saat yang sama. Untuk outer-nya sendiri, kamu bisa pakai parka, track jacket, corduroy, kemeja, dan sebagainya. Sementara, innernya, bisa se-simple pakai kaos crew neck saja. Dijamin kece!

4. Hoodie/Sweater

Orange Hoodies, photo by Thread

Ketika cuaca hujan atau dingin tiba, style outfit kuliah pria dengan hoodie atau sweater bisa kamu jadikan andalan! Terlebih lagi, kalau selama ini kamu suka oversized fit clothes, bisa pakai hoodie yang oversized juga. Kamu bisa hanya memakai hoodie atau sweater langsung saja, atau double dengan kaos polos atau motif di dalamnya agar lebih fleksibel. Untuk bawahannya, bisa kamu padukan dengan celana jeans atau bahan supaya makin stylish saat berkuliah.

Kost Jakarta Barat - 61 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Barat - Sewa kost bulanan di Jakarta Barat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

5. Stripes

 Black and White Striped Shirt, photo by Pinterest

Who doesn’t love stripes? Well, rasanya motif stripes atau garis-garis merupakan salah satu pakaian yang nggak bakal ketinggalan jaman alias everlasting! Apabila kamu ingin tampilan yang casual dan easy going, bisa pasangkan dengan celana jeans. Namun, kalau lebih prefer tampilan effortless dan polish, nggak usah khawatir, kaos atau kemeja stripes bisa kamu pasangkan dengan celana chino. Nggak hanya sampai di situ, pakaian garis-garis juga gampang dan cocok banget buat dipadukan dengan jaket favoritmu. Sehingga, bisa dibilang motif stripes ini cukup versatile untuk digunakan.

Ohya, kalau kamu ingin tampilan yang lebih minimalis, pilihlah pakaian garis-garis dengan warna netral. Sebaliknya, apabila kamu ingin tampil lebih berani, nggak ada salahnya mencoba pakaian garis dengan warna-warna terang.

6. Pajamas Collar Shirt

Celebrity in PJs, photo by Elle

Ini dia outfit kuliah pria yang lagi jadi fashion trend akhir-akhir ini. Nggak heran, hal ini karena kemeja kerah piyama ini menawarkan beragam motif dan warna yang menarik. Selain itu, pakaian ini juga bisa di mix and match dengan celana jeans dan ankle pants, cocok untuk kamu yang ingin tampil cool and casual di saat yang bersamaan.

7. White Sneakers

White Sneakers, photo by Insider

You can never go wrong with white sneakers. Mungkin sudah banyak dari kalian cukup sering mendengar kalimat tersebut. Sneakers putih memang bisa dibilang merupakan pilihan alas kaki yang everlasting sekaligus versatile. Gimana, nggak? Sneakers putih bisa menunjang apapun outfitmu, mulai dari gaya minimalis, santai, preppy, urban, vintage atau bahkan mewah sekalipun. Jadi, bagi kamu yang mungkin belum memiliki sneakers putih, bisa segera masukkan sepatu ini ke dalam wishlist selanjutnya, ya!

8. Slim-Fit Shirt

Cole Sprouse, photo by Pinterest

Outfit kuliah pria yang satu ini, bisa dijadikan pilihan apabila bahan kemeja flanel terlalu tebal untukmu. Dengan slim-fit shirt berbahan katun, nggak hanya lebih adem, tapi model ini juga bisa seakan-akan mengikuti siluet tubuhmu dan memunculkan kesan effortless dan seksi. Namun, perlu diingat untuk memilih motif yang tidak terlalu ramai, supaya saat dipasangkan dengan bawahan apapun masih tetap ok, ya. Intinya, just keep it simple.

Karawaci - Sewa Kost Eksklusif | Cove
Jelajahi langsung unit kost eksklusif Karawaci melalui fitur mudah disini! Tentukan rentang harga sewa sesuai kebutuhan dan pilih tipe kamar kost idamanmu.

9. Chino Pants

Chino Men’s, photo by Pinterest

Jenis celana ini, juga bisa diandalkan sebagai pilihan outfit kuliahmu. Selain aman dan nyaman, celana chino ini juga cocok dipakai di berbagai kegiatan. Terlebih lagi kalau kamu memadukan celana chino dengan kemeja atau kaos polos, keinginanmu untuk tampil keren dan casual akan terpenuhi. Apabila ingin bereksperimen style lebih lanjut, kamu bisa juga menambahkan outer yang sesuai dengan kesukaanmu dan memasangkannya dengan sneakers, boots, atau running shoes andalanmu!  

10. Crewneck dan Jeans

Plain Tee, photo by Pinterest

Last, but not least, opsi outfit kuliah pria yang bisa kamu gunakan adalah kombinasi crewneck dan jeans! Bagi yang ingin memiliki penampilan smart, santai, dan easy going, paduan ini adalah jawabanmu. Kamu bisa menggunakan crewneck berwarna netral, seperti putih, abu-abu, beige, hitam, lalu mengkombinasikannya dengan celana jeans dan sneakers putih.

Semoga dengan 10 inspirasi outfit kuliah di atas bisa membantumu mix and match pakaian lebih mudah, ya! Yang terpenting adalah apapun outfit yang kamu pilih, pastikan membuatmu nyaman dan percaya diri.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Supaya Nggak Salah Pilih!