15 Jenis-jenis Jaket yang Bikin Anak Muda Makin Keren

15 Jenis-jenis Jaket yang Bikin Anak Muda Makin Keren
Jenis-jenis jaket yang bikin anak muda makin keren. Photo by biz.kompas.com 

Jaket adalah salah satu baju yang digunakan untuk outer, baik laki-laki maupun perempuan. Fungsi utama jaket memang untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin atau angin. Tapi saat ini jaket juga dipakai untuk membuat outfit menjadi semakin stylish dan keren.

Seiring berjalannya waktu, dunia fashion terus mengalami perkembangan, termasuk dalam membuat jenis-jenis jaket. Ada banyak sekali jenis jaket yang bisa dipakai untuk membuat penampilan kamu makin keren dan stylish. Penasaran seperti apa saja jenis-jenis jaket yang banyak disukai? Yuk simak 15 jenis jaket yang akan membuat anak muda makin keren!

Hoodie

Hoodie, Photo by bp-guide.id

Jenis jaket pertama yang saat ini banyak disukai anak muda adalah hoodie. Sweater dengan penutup kepala ini banyak yang memiliki design kantong atau saku di bagian depan serta tali di bagian penutup kepalanya. Hoodie tidak memiliki risleting atau kancing di bagian tengah. Jadi, cara memakainya adalah seperti memakai kaos. Hoodie cocok dipakai ketika cuaca dingin atau hanya untuk bergaya.

Jaket Parka

Jaket Parka, Photo by pinhome.id

Selanjutnya, jaket yang tak kalah populer adalah jaket parka. Jaket ini biasanya didesain tahan air dan memiliki penutup kepala. Jaket parka juga tebal dan panjang. Terkadang juga di bagian dalamnya dilapisi oleh bulu  sintetis untuk membuat tubuh tetap hangat. Jaket ini juga banyak dicari oleh kaum muda karena desainnya yang keren.

Jaket BoomberJ

Jaket Boomber, Photo by idntimes.com

Jenis jaket yang masih populer sampai saat ini adalah jaket boomber. Tren jaket boomber pertama muncul karena dipakai oleh para pilot. Kemudian menjadi populer di kalangan remaja pada tahun 1970-an. Ciri khas yang terlihat dari jaket ini adalah desainnya yang bulky serta risleting dan saku di kedua sisinya. Jaket boomber sangat cocok dipakai di musim dingin atau musim hujan karena tebal. Kamu akan merasa hangat namun tetap stylish dengan jaket boomber.

Jaket Denim

Jaket Denim, Photo by dream.co.id

Jaket yang popularitasnya tidak lekang oleh waktu adalah jaket denim. Jaket ini bisa menampilkan kesan casual yang sangat bagus. Bahannya fleksibel untuk dipadankan dengan apa pun. Bahannya yang tebal dan kuat pun bisa melindungi kamu dari udara dingin. Kamu bisa mengombinasikan jaket denim dengan crew neck, turtleneck, atau kaos.

Jaket Varsity

Jaket Varsity, Photo by mldspot.com

Jaket varsity memiliki ciri khas berupa bordiran huruf yang cukup besar pada bagian dada kiri atau kanannya. Biasanya dibalut dengan warna yang berbeda antara bagian badan dengan lengan. Kemudian di bagian kerah dan tangan dibuat motif hotizontal stripes untuk menambah kesan sporty. Jaket ini pada awalnya memang dibuat untuk apparel almamater sebuah kampus. Namun desainnya yang menarik membuat banyak anak muda menyukainya.

Jaket Raincoat

Jaket Raincoat, Photo by idntimes.com

Seperti namanya, jaket raincoat memang cocok digunakan pada musim hujan. Jaket raincoat dilapisi dengan bahan yang waterproof serta penutup kepala untuk melindungi tubuh dari air hujan. Musim hujan tidak akan menjadi penghambat untuk tetap tampil keren. Dengan jaket raincoat, kamu akan tetap terlihat keren dan stylish meskipun kehujanan.

Jaket Kulit

Jaket Kulit, Photo by ra-leather.com

Jaket kulit adalah jenis jaket yang eksistensinya tetap ada dari dulu sampai saat ini. Sesuai dengan namanya, bahan dasar jaket ini adalah kulit binatang. Jaket kulit mempunyai ciri khas berupa risleting di bagian depan dan sabuk leher hingga bawah. Jaket kulit akan memberikan sensasi hangat bagi pemakainya. Sangat cocok dipakai ketika cuaca dingin. Selain itu, bagi kamu yang senang touring dengan motor, jaket kulit akan menambah penampilan menjadi semakin keren.

Jaket Sport

Jaket Sport, Photo by bp-guide.com

Jaket sport sebenarnya memiliki desain yang terkesan formal dan elegan dengan bahan suede, denim, tweed, atau corduroy. Pada awalnya, jaket ini memang dipakai untuk olahraga kelas tinggi seperti berburu atau menembak. Seiring berjalannya waktu, jaket ini pun banyak dipakai di acara-acara formal.

Jaket Parasut

Jaket Parasut, Photo by review.bukalapak.com

Selanjutnya, jaket yang banyak disukai, khususnya oleh kaum pria adalah jaket parasut. Jaket ini terbuat dari kain parasut, seperti namanya. Memiliki banyak sekali keunggulan, misalnya bisa beradaptasi dengan berubahan cuaca. Ketika hujan, kamu tidak perlu khawatir. Kelebihan lainnya adalah jaket parasut tidak mudah kusut dan sangat mudah dibersihkan.

Jaket Puffer

Jaket Puffer, Photo by blog.localaris.com

Jaket Puffer identik dengan jaket gunung karena kebanyakan dipakai oleh para pendaki atau pencinta alam. Jaket ini akan memberikan kehangatan saat udara dingin. Namun tidak cocok dipakai ketika cuaca panas terik karena akan membuat kamu kepanasan. Jaket puffer juga cocok dipakai ketika kamu berada di negara-negara dingin.

Jaket Chore

Jaket Chore, Photo by thedailybeast.com

Hal yang menjadi ciri khas dari jaket chore adalah memiliki saku di bagian dada, saku di bagian pinggang, kerah yang tampak runcing, dan bukaan kancing depan. Jaket core biasanya terbuat dari bahan kain yang kuat seperti kanvas. Tapi saat ini, sudah banyak jaket chore yang terbuat dari kain denim, twill, atau katun.

Jaket Fleece

Jaket Fleece, Photo by my-best.id

Jenis jaket yang juga banyak disukai oleh anak muda adalah jaket fleece. Model jaket ini memakai bahan fleece yang tidak kaku dan bisa mengikuti bentuk tubuh pemakainya. Jaket fleece berbahan lembut dan nyaman. Sifatnya halus, hangat, dan terkesan sedikit berbulu jika diraba permukaannya.

Jaket Trucker

Jaket Trucker, Photo by blog.localaris.com

Jaket trucker adalah jaket dengan desain yang memiliki kancing di bagian depan serta saku ganda pada bagian dada. Biasanya terbuat dari bahan katun, denim, kanvas, atau kulit sintetis. Modelnya yang simpel, membuat jaket ini sangat cocok dijadikan outer untuk hangout di akhir pekan bersama teman atau pacar. Kebanyakan warna yang disukai oleh kaum muda adalah hitam, hijau army, caramel, atau beige.

Jaket Windbreaker

Jaket Windbreaker, Photo by dictio.id

Selanjutnya, ada jaket windbreaker yang banyak disukai kaum pria. Jaket ini memiliki desain pergelangan tangan yang lebih elastis karena ditambah karet. Selain itu, biasanya dilengkapi juga dengan penutup kepala. Jaket ini memang didesain untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Kamu bisa tetap merasa hangat meskipun cuaca sedang dingin.

Jaket Coach

Jaket Coach, Photo by idntimes.com

Terakhir, jenis jaket yang saat ini sedang hits adalah jaket coach. Jaket ini tampak sangat halus dan bersih. Biasanya ditambahkan bahan karet di bagian pergelangan tangannya, sehingga lebih elastis. Bukaan pada jaket coach adalah kancing di bagian depan. Meskipun terlihat tipis, namun jaket  coach juga dirancang untuk menahan terpaan angin. Selain itu, bisa juga menahan air, sehingga sangat cocok digunakan di lingkungan yang sedikit lembap atau basah.

Nah, itulah jenis-jenis jaket yang banyak disukai kaum muda dan bisa membuat pemakainya tambah keren. Banyak jaket yang popularitasnya tidak lekang oleh waktu. Jaket juga cocok dipadukan dengan berbagai outfit, sehingga sering menjadi pilihan yang aman untuk main atau nongkrong. Di antara banyak jenis jaket di atas, kira-kira jaket mana yang jadi favorit kamu?