MRT Bendungan Hilir: Info Rute, Harga & Tempat Menarik di Sekitarnya

MRT Bendungan Hilir: Info Rute, Harga & Tempat Menarik di Sekitarnya
Photo from MRT Jakarta

Pasti kamu setuju deh bahwa kini, transportasi umum di Jakarta sudah mengalami kemajuan dan terintegrasi dengan baik, sehingga bisa memberikan kenyamanan, kepastian waktu, dan tentunya mengakomodasi produktivitas masyarakat luas. Well, semua ini tentunya tidak lepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, ya.

Nah, salah satu moda transportasi umum di Jakarta yang kini digemari adalah MRT Jakarta yang sudah beroperasi sejak Maret 2019. Transportasi ini memberikan banyak kontribusi positif untuk meningkatkan layanan transportasi bagi masyarakat Jakarta, dengan stasiun yang membentang dari wilayah utara hingga selatan kota Jakarta.

Salah satu stasiun MRT yang memiliki lokasi strategis adalah MRT Bendungan Hilir, menjadi salah satu andalan bagi pekerja kantoran dan mahasiswa yang memiliki kegiatan di daerah sekitarnya. Yuk, simak serba-serbi MRT Bendungan Hilir di sini!

Lokasi MRT Bendungan Hilir

Photo from MRT Jakarta

Stasiun MRT Bendungan Hilir (BNH) merupakan stasiun moda raya terpadu yang melayani Jalur Utara–Selatan MRT Jakarta. Lokasinya berada di wilayah Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, dan stasiun ini dibangun di bawah Jalan Jenderal Sudirman. Terdapat hanya dua jalur kereta api di stasiun ini yang terpisah oleh peron pulau di tengahnya. Meskipun dinamai Bendungan Hilir, stasiun ini sebenarnya tidak berlokasi di kelurahan Bendungan Hilir, melainkan di sebelah timur kelurahan tersebut.

Stasiun bawah tanah ketiga yang terletak di wilayah bisnis Sudirman ini memiliki desain yang menampilkan elemen sungai dan aliran air, memberikan kesan alam dengan warna utama coklat dan gradasinya. Dengan dimensi 200 meter panjang dan 19,3 meter lebar, stasiun ini direncanakan untuk terhubung dengan beberapa gedung perkantoran di sekitarnya. Peron stasiun berada pada kedalaman 16,6 meter di bawah permukaan jalan, sementara area komersial atau concourse berada pada kedalaman 10,8 meter.

Stasiun ini dilengkapi dengan tiga unit tangga, dua unit eskalator, dan dua unit lift yang menghubungkan permukaan jalan dengan area komersial stasiun. Dari area concourse, terdapat dua unit tangga, dua unit eskalator, dan satu unit lift yang membawa penumpang ke area peron.

Rute MRT Bendungan Hilir

Photo from MRT Jakarta

Bepergian ke kampus, kantor, atau sekadar menjelajahi Jakarta di akhir pekan memang menyenangkan menggunakan MRT. Selain stasiunnya yang terintegrasi dengan halte Transjakarta, beberapa stasiun MRT juga sudah terintegrasi dengan stasiun KRL, kereta bandara, hingga LRT, lho. Rute MRT juga cukup mudah dipahami.

Jika kamu bepergian dari MRT Bendungan Hilir dan ingin turun di daerah Setiabudi Astra, Dukuh Atas, atau Bundaran HI, kamu bisa naik kereta dengan tujuan akhir Stasiun Bundaran HI. Sebaliknya, jika kamu turun di daerah Istora Mandiri, Senayan, ASEAN, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete, Fatmawati atau Lebak Bulus, kamu bisa naik kereta dengan tujuan akhir Stasiun Lebak Bulus, ya.

Harga Tiket dan Cara Bayar

MRT dapat dianggap sebagai sarana transportasi yang ekonomis. Biaya perjalanan menggunakan MRT terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 untuk jarak 20 km pertama dan tambahan Rp1.000 untuk setiap stasiun MRT berikutnya. Ekonomis dan cocok banget buat sehari-hari, ya?

Kamu juga dapat mengunduh jadwal keberangkatan MRT melalui aplikasi resmi MRT Jakarta, memudahkan perjalanan saat menuju kantor, kampus, atau bahkan untuk sekadar berjalan-jalan di sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Oh ya, untuk naik MRT, kamu bisa bayar menggunakan kartu JakLingko, kartu multiguna untuk transportasi publik di Jakarta, serta kartu elektronik bank seperti Flazz, E-Money, dan BRIZZI, ya!

Retail di Stasiun MRT Bendungan Hilir

Photo from MRT Jakarta

Tidak hanya berlokasi strategis, di dalam Stasiun MRT Bendungan Hilir kamu juga bisa menemukan berbagai retail untuk menunjang mobilitas dan kebutuhan kamu, lho. Di MRT Bendungan Hilir, kamu bisa menemukan Family Mart untuk berbelanja cemilan, top up kartu, hingga membeli kebutuhan lainnya.

Selain tersedia Family Mart, kamu juga bisa mampir beli kopi supaya makin semangat menjalani hari di Jago Coffee atau Jump Start. Jangan takut kehabisan cash, karena ada ATM CIMB Niaga, hingga booth Recharge buat kamu yang membutuhkan sewa power bank!

Tempat Menarik di Sekitar MRT Bendungan Hilir

JPO Phinisi

Photo from JPPN

Tidak jauh dari Terowongan Kendal, terdapat destinasi wisata menarik di daerah Karet Sudirman yang dikenal dengan nama JPO Pinisi. Lokasi ini menjadi daya tarik utama karena terhubung dengan halte TransJakarta Karet.

JPO Pinisi dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mempermudah pengunjung, termasuk lift yang dirancang khusus untuk kelompok masyarakat dengan disabilitas, ibu hamil, lansia, dan pesepeda. Selain itu, terdapat juga sensor beban, sistem CCTV, serta lampu dekoratif dan artistik yang memberikan kesan futuristik.

Kuliner Bendungan Hilir

Photo from Ensiklopedia Indonesia

Yuk singgah sejenak ke salah satu destinasi kuliner dekat MRT Jakarta, yaitu Kuliner Bendungan Hilir. Tempat ini merupakan pilihan tepat jika kamu ingin menjelajahi ragam kuliner. Kawasan ini telah terkenal sebagai lokasi yang menawarkan beragam hidangan Nusantara yang menggugah selera.

Kuliner Bendungan Hilir menyediakan berbagai macam jajanan pasar dan makanan berat, seperti Mie Aceh, dimsum, sate, aneka hidangan seafood, hingga jajanan tradisional basah dan kering. Terdapat juga Pasar Bendungan Hilir yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata utama ketika bulan Ramadan tiba, dengan harga yang pasti terjangkau.

Itu dia serba-serbi seputar MRT Bendungan Hilir yang wajib kamu tau. Well, jika kamu berencana untuk mencari kost atau tempat tinggal sementara di Jakarta, memang paling pas memilih kost dekat transportasi umum salah satunya MRT, ya! Hal ini nggak hanya memudahkan kamu untuk berpergian ke mana pun, tetapi juga bisa menghemat ongkos transportasi online, lho. Untungnya, Cove punya beberapa pilihan kost dekat MRT Bendungan Hilir dengan fasilitas yang lengkap, dengan harga mulai dari Rp3juta/bulan. Cocok banget nih, untuk kamu mahasiswa atau pekerja yang sedang nyari tempat tinggal eksklusif!