MRT Cipete Raya: Rute, Harga, dan Tempat Hangout

MRT Cipete Raya: Rute, Harga, dan Tempat Hangout
MRT Cipete Raya, photo from MRT Jakarta

Kini, berkeliling Jakarta menggunakan transportasi umum memang sudah semakin nyaman, maju, dan terintegrasi. Pasalnya, transportasi yang dulu hanya diawali oleh TransJakarta dan KRL, kini Jakarta juga memiliki MRT dan LRT dengan lokasi terminal keberangkatan yang terintegrasi satu sama lain.

Salah satu transportasi yang sudah menjadi andalan khususnya di kawasan Jakarta Pusat dan Selatan ialah Moda Rata Terpadu atau biasa disebut MRT.

Moda transportasi ini melewati kawasan Lebak Bulus hingga Bundaran HI serta memiliki 13 stasiun yang beroperasi pada fase 1, termasuk MRT Cipete Raya. Nah, jika kamu ingin mencoba berpergian menggunakan MRT dan sedang berada di kawasan Cipete, kamu bisa banget nih memulainya dari stasiun MRT Cipete Raya!

Yuk simak artikel ini untuk ketahui info seputar rute, harga, hingga beberapa tempat menarik di sekitarnya.

Lokasi, Rute, dan Harga

Rute MRT Jakarta, photo from MRT Jakarta

Sama halnya dengan stasiun MRT lainnya, Stasiun MRT Cipete Raya terletak di area strategis Jakarta Selatan, tepatnya di Jl. RS Fatmawati, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Oh ya, MRT Cipete Raya juga terletak di antara stasiun MRT Haji Nawi dan MRT Fatmawati, serta memiliki kode stasiun CPR.

Lalu, bagaimana cara untuk menuju MRT Cipete Raya? Kamu bisa berjalan kaki dari tempat kamu berangkat, atau menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta dan Ojek Online.

Stasiun MRT Cipete Raya juga melayani dua rute, yaitu Cipete Raya - Lebak Bulus dan Cipete Raya Bundaran HI. Untuk rute Cipete Raya - Lebak Bulus, kamu hanya perlu melewati satu stasiun yaitu MRT Fatmawati. Sedangkan, untuk menuju Bundaran HI, kamu akan melewati sembilan stasiun mulai dari Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, dan Dukuh Atas.

Perlu diingat, ketika bepergian dengan MRT, kamu akan disuguhkan oleh banyak kenyamanan, lho. Mulai dari gerbong kereta yang full pendingin ruangan, eskalator serta lift yang dapat digunakan oleh penyandang disabilitas, lansia, hingga ibu hamil, serta penjaga stasiun yang ramah dan siap membantu kamu jika ada kesulitan. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau kok, mulai dari Rp3.000 hingga maksimal Rp14.000 tergantung jarak yang kamu tempuh. Pembelian tiket juga bisa dilakukan secara online lewat aplikasi MRT Jakarta. Canggih banget, kan?

Retail di Stasiun MRT Cipete Raya

Perjalanan Menggunakan MRT Jakarta, photo from MRT Jakarta

Meskipun dapat dibilang sebagai moda transportasi baru yang belum lama beroperasi, namun tahukah kamu, menurut informasi dari PT Transjakarta, moda transportasi ini sudah melayani lebih dari 2 juta orang selama setahun? Angka ini tentunya bukan jumlah yang sedikit, ya.

Karena tingginya peminat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi ini lah, MRT Jakarta bekerjasama dengan banyak retail untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat berada di stasiun. Berikut beberapa retail yang tersedia di MRT Cipete Raya.

  • ATM CIMB Niaga

Kamu bisa menemukan booth ATM CIMB Niaga di area Stasiun MRT Cipete Raya. Well, meskipun sudah memasuki area cashless, terkadang uang cash juga masih dibutuhkan, bukan?

  • Recharge

Baterai HP lowbat dan tidak bawa charger? Kamu bisa meminjam Powerbank di Recharge, mesin penyewaan powerbank dengan tarif yang sangat terjangkau. Apa pun tipe smartphone kamu, bisa menggunakan powerbank dari Recharge, kok!

  • UBS Gold

Vending machine ini menyediakan emas batangan yang bisa kamu beli secara cashless. Jangan khawatir, emasnya akan hadir lengkap dengan sertifikat keaslian, kok!

Tempat Hangout Sekitar MRT Cipete Raya

Urban Forest Cipete, photo from Manual Jakarta

Lokasi MRT Cipete Raya yang sangat strategis membuat stasiun MRT ini dikelilingi oleh banyak tempat hangout yang super seru, cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama teman-teman. Berikut Cove rangkum beberapa di antaranya:

Eggcetera

Eggcetera, photo from Wisata App

Buat kamu penggemar dessert atau makanan manis, wajib mampir ke Eggcetera, nih! Kafe ini memiliki jarak 300 meter dari MRT Cipete Raya sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Eggcetera punya beberapa menu yang menarik, seperti pie, quiche, hingga carrot cake dengan harga mulai dari Rp35.000 saja. Terjangkau banget, kan?

Alamat: Lotte Mart Fatmawati, Jalan RS. Fatmawati Raya No.15, Komplek No.RT.8, RW.6, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 20.00 WIB
Harga: Rp50.000 - Rp70.000/orang

Stuja Coffee

Stuja Coffee, photo from PingPoint

Stuja Coffee yang awalnya terkenal di Bali, kini juga membuka cabang di Cipete, lho. Tempat ngopi yang satu ini disebut sebagai tempat ngopi ramah bumi, dikarenakan semua menu makanan dan minuman di Stuja Coffee disajikan dengan gelas beserta piring yang bisa digunakan kembali.

Untuk suasana sendiri, Stuja Coffee dihiasi dengan interior yang mencuri hati. Seluruh furnitur di Stuja Coffee memiliki warna putih, coklat kayu, serta abu-abu yang memberikan nuansa modern dan luas. Jika kamu hendak datang ke tempat ini, Cove rekomendasikan Es Kopi Susu Bumi yang tersedia dalam botol kaca berukuran kecil dan sedang yang bikin kamu ketagihan!

Oh ya, Stuja Coffee juga terletak hanya 700 meter saja dari Stasiun MRT Cipete Raya, lho.

Alamat: 19, Jl. Cipete Raya No.18, RT.8/RW.3, Cipete Raya, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 22.00 WIB
Harga: Rp50.000 - Rp100.000/orang

Urban Forest

Urban Forest Cipete, photo from Manual Jakarta

Urban Forest Cipete merupakan taman yang menyediakan berbagai tenant seperti restoran atau coffee shop. Di sini, kamu bisa jalan santai, bekerja, atau sekadar people watching di bawah pohon-pohon rindang.

Beberapa tenant di Urban Forest Cipete yakni Solo Pizza Argentinale, El Professor, Rivareno Gelato, serta Little Talk Bistro.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Jam Buka: Senin - Minggu, 07.00 - 22.00 WIB
Harga: Rp50.000 - Rp100.000/orang

Coliving Modern, 2 Menit dari MRT Cipete Raya

Tinggal di hunian modern di lokasi strategis hanya di Cove Sky! Kost bergaya modern ini terletak dua menit berjalan kaki dari MRT Cipete Raya. Setiap kamarnya dilengkapi dengan furnitur lengkap juga fungsional, serta area bersama seperti area parkir, dapur, ruang makan bersama, lobi, dan lounge.

Selengkapnya tentang Cove Sky