Stasiun MRT Blok M: Lokasi, Rute, Harga, dan Tempat Hangout

Stasiun MRT Blok M: Lokasi, Rute, Harga, dan Tempat Hangout
Stasiun MRT Blok M, photo by MRT Jakarta

Transportasi umum di Jakarta sudah semakin maju dan terintegrasi. Sebut saja ada KRL, Transjakarta, MRT, dan LRT. Salah satu transportasi yang menjadi andalan di kawasan Jakarta Selatan - Jakarta Pusat ialah Moda Raya Terpadu (MRT). Saat ini, MRT berada pada rute fase 1 dan memiliki 13 Stasiun yang beroperasi. Salah satu stasiun MRT paling populer adalah Stasiun MRT Blok M.

Blok M sendiri merupakan kawasan bisnis dan pusat perbelanjaan ternama sejak dulu. Sekarang ini wajah Blok M bahkan menjadi kawasan hits Jakarta serta pusat nongkrong anak muda. Melalui artikel ini Cove akan mengulas secara lengkap mengenai Stasiun MRT Blok M mulai dari lokasi, rute, tarif perjalanan, tenant, hingga tempat hangout sekitar yang bisa kamu kunjungi. Penasaran? Simak kelanjutan artikel ini ya!

Stasiun MRT Blok M

Lokasi, Rute dan Tarif Stasiun MRT Blok M

Lokasi Stasiun MRT Blok M, photo by Kompas

Stasiun MRT Blok M berada di area strategis Jakarta Selatan. Alamatnya sendiri berada di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya berada di antara dua taman, yakni Taman Ayodya dan Taman Literasi Marta Tiahahu, serta Plaza Blok M. Nantinya, Stasiun MRT Blok M akan terintegrasi dengan Terminal Blok M dan Halte BRT Blok M. Bagi kamu yang ingin mengunjungi atau bepergian dari Stasiun MRT Blok M, gunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau ojek online.

Bagi kamu yang ingin menggunakan MRT dari Blok M, Stasiun MRT Blok M melayani dua rute, yakni Blok M - Lebak Bulus dan Blok M - Bundaran HI. Rute Blok M - Lebak Bulus akan melewati 5 stasiun di antaranya, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus. Sementara itu, untuk menuju ke Bundaran HI kamu perlu melewati 7 stasiun di antaranya, ASEAN, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. Sangat mudah kan bepergian menggunakan MRT? Nah, untuk tarif MRT ini cukup terjangkau, harganya mulai dari Rp3.000 hingga maksimal Rp14.000 bergantung pada seberapa jauh rute perjalanan yang kamu tempuh.

Fasilitas Stasiun MRT Blok M

Kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, Stasiun MRT Blok M dibuat lengkap dengan beberapa fasilitas yang membuatmu nyaman ketika menggunakan transportasi umum. Mulai dari akses masuk, Stasiun MRT Blok M memiliki tangga, eskalator, sampai dengan lift untuk membantu para penumpang disabilitas agar lebih mudah ketika menggunakan transportasi umum. Kemudian, fasilitas lain seperti toilet, kursi tunggu, ruang P3K,

Retail di Stasiun MRT Blok M

Retail Stasiun MRT Blok M, photo by MRT Jakarta

Selain fasilitas lengkap, Stasiun MRT Blok M memiliki beberapa retail dalamnya sehingga memudahkan penumpang untuk membeli sesuatu. Retail di stasiun MRT, seperti kuliner, jasa, dan general merchandiser. Berikut ini beberapa retail yang ada di Stasiun MRT Blok M.

1. ATM

Walaupun saat ini sudah memasuki era cashless, ATM masih sangat penting. Beberapa orang masih nyaman menggunakan cash. Oleh karena itu, ATM tetap dibutuhkan. Di Stasiun MRT Blok M memiliki beberapa retail ATM, seperti ATM BCA, ATM Danamon, ATM CIMB Niaga,  dan ATM Mandiri. Dengan adanya fasilitas retail ATM ini, kamu sebagai penumpang akan lebih mudah dan nyaman ketika ingin mengambil uang.

2. BCA Express

Butuh layanan perbankan lebih instan? Stasiun MRT Blok M memiliki gerai BCA Express. Melalui gerai ini kamu bisa mendapatkan layanan perbankan dengan lebih cepat dibandingkan ketika mengantre di cabang. Beberapa layanan dari BCA Express yang bisa kamu gunakan di Stasiun MRT Blok M ialah pengajuan kartu kredit, pembukaan rekening tabungan, EDC self service, hingga mesin penggantian kartu ATM.

3. Alfa Express

Minimarket menyediakan hampir segala hal. Kamu bisa temukan minimarket Alfa Express di dalam Stasiun MRT Blok M. Membeli camilan atau minuman sebelum menuju destinasi tujuanmu jadi lebih mudah.

4. UBS Gold

Vending machine pasti sudah tidak asing di telingamu. Biasanya vending machine menjual makanan atau minuman. Nah, di Stasiun MRT Blok M kamu bisa menemukan vending machine berisi emas. Lebih praktis karena ketika membeli emas kamu tidak perlu datang langsung ke toko atau pegadaian. Namun, perlu diingat bahwa emas yang dijual di dalam vending machine UBS Gold berupa emas batangan.

5. Recharge

Jangan takut ketika baterai handphonemu habis di MRT. Pasalnya, Stasiun Blok M memiliki retail Recharge untuk kamu menyewa powerbank. Mesin penyewaan powerbank ini dapat kamu gunakan dengan hitungan sewa per jam.

6. Bakmi GM

MRT menyediakan fasilitas lengkap bukan cuma retail minimarket atau ATM, tetapi juga restaurant. Stasiun MRT di Blok M memiliki gerai Bakmi GM. Para penumpang bisa dengan mudah mengisi perut saat lapar tanpa perlu keluar dari area stasiun.

Tempat Hangout sekitar Stasiun MRT Blok M

Saat sampai ke Stasiun MRT Blok M, wajib banget deh untuk kamu datang ke tempat hangout di sekitarnya. Pasalnya, Stasiun MRT Blok M terkenal akan tempat hangoutnya yang kerap jadi destinasi wisata anak muda. Cek rekomendasinya di bawah ini ya!

M Bloc

M Bloc, photo by Nibble

Kamu pasti sudah familiar kan dengan tempat hangout di Jaksel ini? Cuma datang ke satu tempat kamu bisa eksplor banyak hal. Apalagi, lokasi M Bloc yang mudah dijangkau menggunakan transportasi umum. Jarak M Bloc sendiri hanya 5 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Blok M.

M Bloc merupakan salah satu tempat nongkrong atau hangout yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Lokasi tepatnya berada di Jl. Panglima Polim, Melawai. Mengusung konsep sebagai ruang publik kreatif kekinian, kamu dapat menemukan beragam hal dan aktivitas menarik, loh, di M Bloc. Misalnya, belajar menyablon, hangout santai di tenant sekitar, melihat pameran, foto di spot kekinian, atau nonton live music dari musisi kesukaanmu. Sangat menarik untuk didatangi kan?

Alamat: Jl. Panglima Polim No.37, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Jumat (10.00 - 22.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 22.00)

Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Blok M, photo by InfoPublik

Kalau kamu pecinta buku atau gemar datang ke perpustakaan, taman yang ada di Blok M ini wajib banget buat disambangi. Salah satu taman di Jakarta ini punya lokasi yang berdekatan dengan Stasiun MRT dan berada tepat di samping M Bloc. Kamu cukup berjalan kaki selama 2 menit aja untuk sampai ke Taman Literasi Martha Tiahahu.

Belum lama diresmikan, taman satu ini cukup menarik perhatian banyak orang. Pasti kamu penasaran kan apa spesialnya Taman Literasi Martha Tiahahu? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, taman ini cocok banget didatangi oleh para pecinta buku. Dengan bangunan berbentuk lingkaran, Taman Literasi Martha Tiahahu sekaligus difungsikan sebagai area perpustakaan pada lantai satunya. Area perpustakaan ini dilengkapi dengan ribuan buku, meja, kursi, wifi, serta dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sementara itu, area lainnya terdapat taman dan pepohonan hijau serta kursi untuk kamu bersantai.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (07.00 - 22.00)

Little Tokyo Blok M

Little Tokyo Blok M, photo by Vantage Indonesia

Jakarta rasa Jepang bisa kamu temui dengan mengunjungi Little Tokyo di Blok M. Tempat hangout ini punya banyak restoran Jepang yang memiliki rasa otentik. Gak heran kalau Little Tokyo menjadi destinasi wisata kuliner Jepang favorit di Jakarta Selatan, seperti ramen, udon, sushi, takoyaki, izakaya, dan lainnya. Di Litte Tokyo, kamu pun akan menemukan cafe, bar, karaoke, hingga supermarket yang menjual berbagai hal berbau Jepang.

Atmosfer dari Little Tokyo dibuat mirip dengan aslinya. Kalau kamu datang ke Tokyo, akan menemukan banyak tempat dengan lampu neon khasnya. Begitupun ketika datang ke Little Tokyo Blok M, kamu akan menemukan restoran-restoran dengan ornamen dan lampu neon khas Jepang.

Alamat: Jl. Melawai 6 No.15a, RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Minggu (06.00 - 2.00)

Blok M Plaza

Blok M Plaza, photo by The Little Snacks

Mau main ke mall yang dekat dengan Stasiun MRT Blok M? Kamu cukup datangi Blok M Plaza dengan berjalan kaki dari stasiun. Blok M Plaza ini terintegrasi dengan MRT Blok M sehingga memudahkan kamu yang ingin pergi ke mall naik MRT. Di dalam Blok M Plaza kamu bisa menemukan berbagai tenant mulai dari makanan, pakaian, make up, aksesoris, hingga bioskop. Layaknya mall di Jakarta, Blok M Plaza menjadi tempat yang cocok untukmu berkeliling, cuci mata, ataupun belanja.

Alamat: Jl. Bulungan No.76, RT.6/RW.6, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)

Filosofi Kopi

Filosofi Kopi Melawai, photo by Pergi Kuliner

Cafe ini berasal dari film dalam negeri, loh! Kamu sudah pernah nonton belum? Yap, Filosofi Kopi adalah cafe muncul sebagai bisnis atas novel karya Dee Lestari dan film Angga Sasongko yang diberi nama serupa. Memiliki beberapa cabang yang tersebar, tetapi cabang pertamanya terletak di Melawai dan sekaligus menjadi set dari film Filosofi Kopi itu sendiri.

Ketika datang ke Filosofi Kopi, kamu akan merasakan atmosfer seperti di film. Layout tempat pun dibuat sangat mirip. Eits, kalau datang ke sini kamu jangan sampai ketinggalan untuk mencoba kopi legendarisnya, Tiwus dan Lestari sama seperti di film ya!

Alamat: Kawasan Terpadu Blok M Square, Jl. Melawai 6 No.1, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Buka: Senin - Jumat (11.00 - 22.00), Sabtu - Minggu (08.00 - 22.00)
Harga: Rp50.000 per orang

Kost Dekat Stasiun MRT Blok M

Cove Sixth8 punya lokasi strategis karena dekat dengan Stasiun MRT Blok M dan berbagai tempat hangout. Dengan desain ala New York classic dikombinasikan dengan gaya industrial sehingga menghasilkan nuansa elegan pada hunian. Memiliki fasilitas lengkap berupa kamar fully furnished dengan balkon dijamin akan mendukung gaya hidup para urban. Cove Sixth8 pun dilengkapi fasilitas dapur bersama, lobby, ruang tamu, dan laundry.

Harga mulai dari Rp 5,8 juta per bulan

Selengkapnya tentang Cove Sixth8