Rute MRT Jakarta 2024 dan Tempat Menarik di Sekitarnya

Rute MRT Jakarta 2024 dan Tempat Menarik di Sekitarnya
Rute MRT Jakarta, photo by Wikipedia

Bepergian di Jakarta paling asyik menggunakan transportasi umum seperti MRT, Transjakarta, dan KRL. Selain karena terintegrasi, menggunakan transportasi umum bisa mengurangi kemacetan saat kamu bepergian. Salah satu moda transportasi terkini yang cepat dan diminati adalah MRT. Rute MRT Jakarta yang saat ini beroperasi berada di kawasan Jakarta Selatan - Jakarta Pusat, tepatnya dari Stasiun Lebak Bulus - Stasiun Bundaran HI. Nantinya, rute MRT Jakarta akan terus bertambah hingga kawasan Ancol.

Rute MRT Jakarta bergerak setiap harinya melewati 13 stasiun di lokasi paling strategis Jakarta. Buat kamu yang suka banget naik transportasi umum, khususnya MRT. Ketahui lebih dalam yuk informasi mengenai rute MRT Jakarta lewat artikel dari Cove kali ini. Check this out.

Jam Operasional MRT Jakarta

Jam Operasional MRT Jakarta, photo by MRT Jakarta

Supaya kamu gak salah timing saat menggunakan moda transportasi MRT, penting banget untuk tau jam operasionalnya. Sebagai transportasi umum yang lumayan diminati masyarakat, khususnya untuk orang yang beraktivitas di kawasan Jakarta Selatan - Jakarta Pusat jam operasional dari MRT Jakarta dikatakan cukup lama.

Di hari Senin - Jumat, MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 - 24.00. Sementara itu, minimnya mobilitas pekerja kantoran di hari Sabtu - Minggu membuat jam operasional dari MRT Jakarta menjadi pukul 06.00 - 24.00. Dari jam operasional tersebut, interval kedatangan kereta MRT selama 10 menit sekali. Jadi, kamu gak perlu khawatir menunggu lama kalau ketinggalan kereta ya!

Tarif MRT Jakarta Terbaru 2024

Tarif MRT Jakarta, photo by Berita Cibubur

Sudah tau kan soal jam operasional dari MRT Jakarta? Kini waktunya kita bahas soal tarif sekali jalan dari MRT Jakarta. Tenang aja karena transportasi umum satu ini cukup terjangkau. Tarif MRT Jakarta mulai dari Rp4.000 - Rp14.000 dihitung berdasarkan stasiun terdekat - stasiun terjauh. Nah, kalau kamu pergi dari Stasiun Lebak Bulus - Stasiun Bundaran HI, kocek yang perlu dirogoh hanya sebesar Rp14.000.

Setelah mengetahui tarif MRT Jakarta, ada beberapa jenis metode pembayaran yang dapat digunakna untuk naik MRT. Dengan mengetahui metode pembayaran ini, kamu bisa siapkan terlebih dahulu sebelum naik ya!

  • Tiket Single Trip: Tiket single trip merupakan tiket sekali jalan yang bisa kamu beli di vending machine MRT. Tiket ini bisa kamu dapatkan seharga Rp15.000 untuk sekali perjalanan. Setelah perjalanan selesai, kamu perlu mengembalikan kartu ini ke vending machine tiket.
  • Tiket Multi Trip: Tiket multi trip dapat digunakan jangka panjang, sehingga saldonya bisa diisi ulang. Untuk membeli tiket multi trip ini kamu perlu membayar Rp25.000 belum termasuk saldo. Saat tap-in menggunakan kartu multi trip, pastikan saldo minimum kartu kamu ada Rp3.000 ya.
  • Uang Elektronik Bank: Uang elektronik paling serbaguna untuk moda transportasi apapun, termasuk MRT. Uang elektronik ini bisa kamu dapatkan di berbagai merchant minimarket dan bank terkait.
  • Kartu Jaklingko: Kartu Jaklingko adalah kartu multiguna yang dapat digunakan untuk seluruh moda transportasi di Jakarta (MRT, TransJakarta, dan Mikrotrans).
  • Aplikasi MRT Jakarta: Kamu bisa menggunakan metode pembayaran di aplikasi MRT Jakarta dengan berbagai pilihan dompet digital. Praktis buat kamu yang jarang membawa kartu elektronik.

Rute MRT Jakarta

Rute MRT Jakarta 2024, photo by jakartamrt.co.id

Semenjak beroperasi 24 Maret 2019, terdapat 13 stasiun MRT di Jakarta mulai dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI. Jalur MRT ini terbagi atas jalur layang dan jalur bawah tanah.

Berikut adalah 13 stasiun MRT yang beroperasi di Jakarta:

Stasiun MRT Jalur Layang:

Stasiun MRT Jalur Bawah Tanah:

Stasiun Lebak Bulus

Stasiun MRT Lebak Bulus, photo by MRT Jakarta

Stasiun MRT Lebak Bulus merupakan stasiun MRT pertama sekaligus menjadi titik awal keberangkatan MRT di Jakarta. Letak dari Stasiun MRT Lebak Bulus ini berada dii kawasan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Rute MRT Jakarta dari Stasiun MRT Lebak Bulus akan melewati 12 stasiun hingga Stasiun Bundaran HI.

Stasiun MRT Lebak Bulus ini memiliki beberapa area sekitar yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Poins Square yang langsung terintegrasi dengan skywalk Stasiun MRT Lebak Bulus untuk memudahkan pengunjung. Jadi, kamu tidak perlu menyeberang jalan raya untuk sampai ke MRT Lebak Bulus dari Poins Square, begitupun sebaliknya.

Tempat di Sekitar MRT Lebak Bulus:

  • Poins Square (400 m)
  • Halte Transjakarta Lebak Bulus (50 m)
  • Carrefour Lebak Bulus (400 m)

Stasiun Fatmawati

Stasiun MRT Fatmawati, photo by Investor Daily

Area komersil Jakarta, seperti Fatmawati turut dilewati oleh MRT melalui jalur layang. Stasiun MRT Fatmawati merupakan stasiun MRT kedua setelah Stasiun MRT Lebak Bulus. Lokasinya berada di area Cilandak, Jakarta Selatan. Berada di ketinggian 35 meter, Stasiun MRT Fatmawati melayani rute MRT Jakarta di jalur layang.

Lokasinya yang strategis menjadikan Stasiun MRT Fatmawati dikelilingi berbagai tempat yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya ada pusat perbelanjaan Cilandak Town Square. Kemudian, ada Museum Basuki Abdullah yang berisi koleksi pribadi dari Basuki Abdullah, termasuk lukisan, topeng, dan wayang. Buat kamu yang hobi olahraga, Stasiun MRT Fatmawati juga dekat dengan F7 Mini Soccer dan Futsal Court Cilandak. Hangout santai juga bisa kamu lakukan dengan mengunjungi beberapa coffee shop lokal di sekitar area MRT Fatmawati.

Tempat di Sekitar MRT Fatmawati:

  • BPJS Ketenagakerjaan (160 m)
  • Cilandak Town Square (850 m)
  • Museum Basuki Abdullah (800 km)
  • Universitas Prasetya Mulya (800 m)
  • F7 Mini Soccer (900 m)

Stasiun Cipete Raya

Stasiun MRT Cipete Raya, photo by Wikipedia

Cipete Raya, kawasan yang punya banyak tempat nongkrong di Jakarta Selatan ini punya stasiun MRT yang memudahkan kamu untuk bepergian. Stasiun MRT Cipete Raya lokasinya tidak jauh dari Stasiun MRT Fatmawati. Kamu bisa naik MRT dengan waktu tempuh hanya 3 menit dari Stasiun MRT Fatmawati ke Stasiun MRT Cipete Raya.

Ada berbagai tempat menarik yang dapat kamu kunjungi di sekitar Stasiun MRT Cipete Raya, termasuk tempat makan dan cafe kekinian yang populer di media sosial. Jarak Stasiun MRT Cipete Raya hanya 7 menit untuk menuju Urban Forest Cipete dan Grange Park buat hangout santai. Tak hanya itu, kamu pecinta makanan Jepang pun bisa mengunjungi Sore Izakaya dan Koju yang lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Stasiun MRT Cipete Raya.

Tempat di Sekitar MRT Cipete Raya:

  • Lotte Mart Fatmawati (800 m)
  • McDonald’s Fatmawati (400 m)
  • Urban Forest Cipete (600 m)
  • Grange Park (600 m)
  • Sore Izakaya (600 m)
  • Koju (80 m)

Stasiun Haji Nawi

Stasiun MRT Haji Nawi, photo by Metro

Masih berada di jalan yang sama dengan MRT Cipete Raya, ada Stasiun MRT Haji Nawi yang terkenal punya banyak tempat nongkrong hits. Stasiun Haji Nawi dibangun di atas Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Bisa datang ke mana saja saat kamu ada di Stasiun MRT Haji Nawi? Kamu bisa belanja kebutuhan di ITC Fatmawati mulai dari fashion hingga gadget. Beda lagi kalau kamu ingin belanja perlengkapan rumah, karena bisa mendatangi Informa Fatmawati yang jaraknya dekat dengan Stasiun MRT Haji Nawi.

Buat kamu yang ingin hangout, Stasiun Haji Nawi dikelilingi berbagai cafe lokal kekinian. Di antaranya ada Magia Coffee, Little Japan Haji Nawi, Drips Coffee, dan Boncafe Indonesia. Di samping tempat hangout, jarak Stasiun MRT Haji Nawi dekat dengan kampus fashion di Jakarta, Esmod sehingga memudahkan mobilitas kamu yang mau kuliah fashion designer di Esmod.

Tempat di Sekitar MRT Haji Nawi

  • ITC Fatmawati (400 m)
  • Informa Fatmawati (400 m)
  • Magia Coffee (100 m)
  • Esmod (800 m)

Stasiun Blok A

Stasiun MRT Blok A, photo by Wikipedia

Beralih dari kawasan Fatmawati dan Cilandak ke Panglima Polim karena rute MRT Jakarta selanjutnya ada Stasiun MRT Blok A. Kawasan ini dahulunya merupakan area komersil dan bisnis di Jakarta. Lokasi Stasiun MRT Blok A berada di atas Jalan Raya Panglima Polim sehingga bisa jadi alternatif kamu yang ingin mengunjungi kawasan Dharmawangsa dan Barito.

Beberapa tempat makan, bar, dan lounge berada di area dekat Stasiun MRT Blok A. Kamu bisa datang ke Sate Sambas yang terkenal, Kuai Coffee, atau Orka Coffee. Mau jalan-jalan dan cuci mata? Datangi aja Dharmawangsa Square sebagai pusat perbelanjaan yang dekat dengan kawasan Blok A. Di sekitar Dharmawangsa Square pun kamu bisa temukan Hasea Eatery dan Burgreens. Kamu bisa juga loh yoga di Union Yoga. Menarik kan?

Tempat di Sekitar MRT Blok A

  • Sate Sambas (800 m)
  • Pasar Blok A (400 m)
  • Kuai Coffee (200 m)
  • Dharmawangsa Square (800 m)
  • Union Yoga (750 m)

Stasiun Blok M

Stasiun MRT Blok M, photo by Indowork

Kawasan satu ini sudah terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak Jakarta. Sama seperti Blok A, Blok M merupakan area komersil ternama di Jakarta pada masanya. Kini, Blok M banyak dijadikan tempat hangout kekinian saat weekend bagi kawula muda Jakarta. Stasiun MRT Blok M sendiri terletak berdekatan dengan Plaza Blok M dan Blok M Square. Stasiun ini bahkan terintegrasi dengan Terminal Blok M, cocok buat kamu yang ingin transit naik Transjakarta.

Stasiun MRT Blok M dapat dikatakan sebagai salah satu stasiun strategi. Dekat dengan berbagai tempat menarik di Jakarta yang harus banget kamu kunjungi, seperti M Bloc, Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M Plaza, Blok M Square, sampai dengan Little Tokyo Blok M. Hanya menyambangi satu kawasan saja kamu bisa langsung berkunjung ke beberapa tempat sekaligus.

Tempat di Sekitar MRT Blok M

  • M Bloc (450 m)
  • Blok M Square (400 m)
  • Blok M Plaza (200 m)
  • Taman Literasi (250 m)
  • Little Tokyo Blok M (270 m)

Stasiun ASEAN

Stasiun ASEAN, photo by Detik Finance

Stasiun MRT yang satu ini sebelumnya bernama stasiun Sisingamangaraja kemudian berganti nama menjadi stasiun ASEAN. Lokasinya persis di depan Gedung Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional dan Gedung Sekretariat ASEAN. Oleh karena itu, stasiun ini diberi nama Stasiun ASEAN. Stasiun ASEAN sekaligus menjadi stasiun MRT layang terakhir sebelum akhirnya memasuki jalur bawah tanah. Keunikan dari Stasiun ASEAN ialah terintegrasi langsung dengan Halte CSW.

Lokasi dari Stasiun MRT ASEAN sebenarnya tidak terlalu jauh dari Stasiun MRT Blok M. Kamu juga bisa mengunjungi M Bloc melalui stasiun ini dengan sedikit berjalan kaki. Setelah dari M Bloc, kamu bisa mampir ke Little Tokyo Blok M untuk menjelajah kuliner Jepang. Mau berolahraga? Tenang aja karena Stasiun MRT ASEAN dekat dengan Gor Bulungan.

Tempat di Sekitar MRT ASEAN

  • Kantor Sekretariat ASEAN (230 m)
  • M Bloc (450 m)
  • Little Tokyo Blok M (900 m)
  • GOR Bulungan (900 m)
  • Halte CSW (300 m)

Stasiun Senayan

Stasiun MRT Senayan, photo by MRT Jakarta

Stasiun bawah tanah pertama yang dilintasi MRT adalah Stasiun MRT Senayan. Stasiun ini sekaligus terintegrasi langsung dengan halte Bundaran Senayan sehingga memudahkan kamu untuk berpindah moda transportasi. Berada di lokasi strategis area perkantoran Jakarta dan pusat kota.

Area yang dekat dengan Stasiun MRT Senayan kebanyakan merupakan pusat perbelanjaan ternama, seperti Senayan City, Plaza Senayan, Ratu Plaza, Astha District 8, dan Senayan Trade Center.

Tempat di Sekitar MRT Senayan

  • Senayan City (800 m)
  • Plaza Senayan (800 m)
  • Ratu Plaza (400 m)
  • Astha District 8 (800 m)
  • Senayan Trade Center (650 m)

Stasiun Istora

Stasiun MRT Istora, photo by Wikipedia

MRT Berada di dekat lingkungan Gelora Bung Karno, MRT bisa menjadi pilihan moda transportasi untuk berolahraga di kawasan in dengan pemberhentian di Stasiun MRT Istora. Lokasinya berada di dekat Pintu 5 GBK. Tak hanya dekat dengan GBK, Stasiun MRT Istora pun memudahkan kamu yang ingin pergi ke FX Sudirman, Halte Polda Metro Jaya, Hutan Kota GBK, dan Pacific Place. Di samping pusat perbelanjaan seperti FX Sudirman dan Pacific Place. Kamu pun bisa mencicipi berbagai restoran yang berada di area GBK, seperti Sentosa dan Plataran.

Tempat di Sekitar MRT Istora

  • Gelora Bung Karno (400 m)
  • FX Sudirman (700 m)
  • Hutan Kota GBK (100 m)
  • Pacific Place (700 m)
  • Sentosa (500 m)
  • Plataran (100 m)

Stasiun Bendungan Hilir

Stasiun MRT Bendungan Hilir, photo by Tribun

MRT Bendungan Hilir berada di kawasan perkantoran strategis area Sudirman merupakan stasiun MRT bawah tanah ketiga. Stasiun MRT Bendungan Hilir kerap jadi pemberhentian para pekerja dan direncanakan terintegrasi langsung dengan beberapa gedung perkantoran sehingga memudahkan mobilitas pekerja.

Beberapa gedung perkantoran hingga kampus berada dekat dengan Stasiun MRT Bendungan Hilir, seperti Sampoerna Strategic Square, Universitas Katolik Atma Jaya, Tokopedia Tower, dan Menara Standard Chartered. Tak hanya itu, Stasiun MRT Bendungan Hilir juga dekat dengan pusat perbelanjaan Plaza Semanggi.

Tempat di Sekitar MRT Bendungan Hilir

  • Sampoerna Strategic Square (220 m)
  • Universitas Katolik Atma Jaya (500 m)
  • Tokopedia Tower (850 m)
  • Menara Standard Chartered (500 m)
  • Plaza Semanggi (900 m)

Stasiun Setiabudi Astra

Stasiun Setiabudi Astra, photo by MRT Jakarta

Masih berada di area perkantoran Sudirman, kamu bisa jadikan Stasiun MRT Setiabudi Astra sebagai pemberhentian. Beberapa gedung perkantoran yang dekat dengan Stasiun MRT Setiabudi Astra di antaranya, Menara Astra, Mid Plaza, Davinci, Chase Plaza, SInarmas, dan Sudirman Plaza.

Buat kamu yang mencari tempat hangout dekat dengan kantor dan Stasiun MRT, di area sekitar stasiun MRT Setiabudi Astra terdapat Chillax. Chillax merupakan tempat hangout berbasis outdoor yang berada di area perkantoran Sudirman. Di Chillax tentu kamu bisa menemukan beberapa tenant makanan terkini yang patut untuk dicoba.

Tempat di Sekitar stasiun MRT Setiabudi Astra

  • Menara Astra (500 m)
  • Mid Plaza (200 m)
  • Davinci (250 m)
  • Chase Plaza (600 m)
  • Sudirman Plaza (350 m)
  • Chillax (700 m)

Stasiun Dukuh Atas

Stasiun MRT Dukuh Atas, photo by MRT Jakarta

Salah satu stasiun MRT Jakarta yang sempat populer beberapa bulan belakangan adalah Stasiun Dukuh Atas. Keistimewaan dari Stasiun MRT Dukuh Atas adalah transportasinya terintegrasi secara matang. Stasiun MRT ini berdekatan dengan Stasiun KRL Sudirman, Stasiun Bandara BNI City, dan Halte Transjakarta. Adanya integrasi transportasi ini memudahkan kamu dalam mengakses kawasan lain yang tidak dilewati oleh MRT. Nantinya, stasiun ini akan terintegrasi juga dengan moda transportasi LRT setelah diresmikan.

Lokasi dari Stasiun MRT Dukuh Atas dikelilingi perkantoran, sehingga sangat strategis bagi kamu yang memang bekerja di kawasan ini. Salah satu area perkantoran yang sangat dekat dengan Stasiun MRT Dukuh Atas adalah Gedung Wisma BNI 46. Tak hanya itu, area Dukuh Atas pun dikelilingi dengan berbagai tenant makanan hingga coffee shop. Sebut saja ada Janji Jiwa, Starbucks Tata Puri (Starbucks Sign), Sky Loft, WAKI Japanese Dining, dan Kopi Kenangan.

Tempat di Sekitar MRT Dukuh Atas

  • Stasiun KRL Sudirman (200 m)
  • Stasiun Bandara BNI City (300 m)
  • Halte Transjakarta Tosari 2 (280 m)
  • Gedung Wisma BNI 46 (400 m)
  • Plaza UOB (400 M)

Stasiun Bundaran HI

Stasiun MRT Bundaran HI, photo by Kabar24

Selanjutnya merupakan stasiun MRT bawah tanah terakhir di rute MRT Jakarta Fase I. Stasiun Bundaran HI berada di lokasi sangat strategis di pusat kota Jakarta. Stasiun Bundaran HI ini berdekatan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga hotel bintang 5.

Ada berbagai tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di dekat Stasiun MRT Bundaran HI, pusat perbelanjaan seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Thamrin City, dan Sarinah. Kemudian, ada hotel bintang 5 yang bisa jadi referensi menginap kamu di dekat Stasiun Bundaran HI. Di antaranya, Pullman Jakarta, Mandarin Oriental, hingga Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Tempat di Sekitar MRT Bundaran HI

  • Grand Indonesia (900 m)
  • Plaza Indonesia (800 m)
  • Sarinah (600 m)
  • Pullman Jakarta (350 m)
  • Mandarin Oriental (550 m)
  • Hotel Indonesia Kempinski (900 m)

Nah, itulah informasi mengenai rute MRT Jakarta beserta stasiun dan tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di dekatnya. Sekarang kamu gak perlu kebingungan lagi soal rute MRT Jakarta. Nantinya rute MRT Jakarta akan bertambah seiring pembangunan MRT fase 2 mulai dari Stasiun Thamrin hingga Stasiun Ancol. Bepergian jadi lebih mudah dengan transportasi umum. Yuk pakai transportasi umum seperti MRT mulai dari sekarang!