10 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Apa Saja?

10 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan, Apa Saja?
Mandi Air Hangat, photo from Pexels/Karolina Grabowska

Setelah lelah beraktivitas seharian penuh, beberapa orang gemar untuk membersihkan diri menggunakan air hangat. Selain cocok tentunya untuk menghangatkan tubuh, ternyata, mandi air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, lho.

Kalau kamu penasaran apa saja manfaat mandi air hangat, baca artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat Mandi Air Hangat

Mengurangi Stress

Stress Free, photo from Pexels/Mikhail Nilov

Manfaat mandi air hangat yang pertama adalah mampu membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Pasalnya, dengan membersihkan diri menggunakan air hangat, pembuluh darah di dalam tubuh menjadi lebih lebar. Sehingga, sirkulasi darah dan peredaran oksigen akan meningkat dan tersebar ke seluruh tubuh. Selain itu, mandi air hangat juga mampu mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol, sehingga membuat kamu menjadi lebih tenang dan rileks.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur Nyenyak, photo from Pexels/Ketut Subiyanto

Apakah kamu sering mengalami sulit tidur atau insomnia? Well, kabar baik, karena menurut beberapa penelitian, mandi air hangat bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, lho. Manfaat ini didapatkan dari efek relaksasi yang kamu rasakan saat mandi dengan air hangat. Alhasil, tidur menjadi lebih nyenyak dan kualitas tidur meningkat.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit Sehat, photo from Healthy Kansas City Magazine

Tahukah kamu, bahwa mandi menggunakan air hangat mampu meningkatkan kesehatan kulit? Hal ini karena suhu air hangat yang pas dapat membantu pori-pori kulit menjadi lebih terbuka, sehingga kotoran dan minyak berlebih yang ada pada lapisan kulit dapat dibersihkan secara optimal. Oh ya, satu lagi, air hangat juga bisa membantu melembabkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen yang berperan menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Mandi air hangat juga bisa membantu mengurangi rasa gatal dan meningkatkan kesehatan kuku serta rambut.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung, photo from SOMOS Community Care

Menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat. Karena, suhu air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh meningkat, termasuk jantung. Hal ini bisa membantu meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Oh ya, mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi sistem saraf parasimpatik, yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Hidup Sehat, photo from The Conversation

Hindari berbagai penyakit dengan mandi air hangat, karena kegiatan ini juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Kok bisa, sih?

Ya, menurut beberapa penelitian. suhu air hangat dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan produksi antibodi, yang membantu melawan bakteri dan virus, serta meningkatkan kadar oksigen dalam darah, yang sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Sembelit

Sembelit, photo from Klik Dokter

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar atau ketidakmampuan untuk buang air besar selama lebih dari tiga hari secara teratur. Ketika seseorang mengalami sembelit, tinja cenderung keras dan sulit untuk dikeluarkan, sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit perut. Nah, kabar baiknya, kondisi ini bisa diatasi dengan mandi air hangat, lho.

Kamu bisa mandi atau berendam menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom untuk meredakan gejala sembelit.

Meredakan Gejala Wasir

Wasir, photo from Honest Docs

Wasir atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah pada anus atau rektum membesar atau membengkak. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, gatal, atau perdarahan pada saat buang air besar. Nah, dengan berendam air hangat menjadi salah satu cara meredakan rasa tidak nyaman dan gatal akibat gejala wasir.

Mengatasi Flu dan Demam

Flu dan Demam, photo from The Toronto Star

Tubuh terkena flu atau demam akibat virus dan cuaca yang berubah? Kondisi ini dapat diatasi dengan mandi air hangat. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi pada saat mengalami demam. Hal ini terjadi karena air hangat dapat membantu menghilangkan panas dan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Salah satu fungsi dari mandi air hangat, yaitu meningkatkan sirkulasi darah juga dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membuka saluran pernapasan dan membantu mengurangi gejala hidung tersumbat.

Meredakan Rasa Nyeri

Nyeri Otot, photo from National Cancer Singapore

Mandi air hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Hal ini terjadi karena air hangat dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Ketika sirkulasi darah meningkat, nutrisi dan oksigen akan lebih mudah diantarkan ke daerah yang terasa nyeri, sehingga membantu meredakan rasa sakit.

Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu meredakan nyeri akibat kondisi tertentu seperti arthritis, fibromyalgia, atau cedera pada otot atau persendian. Namun, ada hal yang perlu diingat, nih. Mandi air hangat hanya dapat memberikan bantuan sementara dalam meredakan rasa sakit dan tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang seharusnya dijalani. Jika rasa nyeri berlanjut atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Air Hangat

Photo from Absolute Mobility

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mandi menggunakan air hangat, lho. Apa saja?

Suhu Air

Pastikan suhu air tidak terlalu panas, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah rendah, masalah jantung, atau diabetes. Suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan pusing, lelah, dan bahkan pingsan.

Durasi Mandi

Durasi mandi air hangat sebaiknya tidak terlalu lama, maksimal 20-30 menit. Mandi air hangat yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengurangi kadar minyak alami pada kulit.

Kondisi Kulit

Jika kamu memiliki kondisi kulit seperti dermatitis, eksim, atau psoriasis, sebaiknya hindari mandi air hangat yang terlalu panas atau terlalu lama. Hal ini dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk.

Kelembapan Kulit

Setelah mandi air hangat, pastikan untuk mengoleskan pelembap pada kulit untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering.