10 Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

10 Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Awet Muda
Cara Merawat Kulit Wajah dengan Tepat

Merawat kulit wajah menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, selain merupakan bagian tubuh yang paling terlihat oleh orang lain, kesehatan wajah juga merupakan salah satu indikator kesehatan seseorang terlepas berapa pun usianya. Merawat kulit wajah yang teratur juga dapat menjaga  kelembaban dan kekenyalan kulit, mengurangi timbulnya jerawat dan menghilangkan kotoran yang menempel di wajah. Merawat kulit wajah juga dapat membantu menjaga agar wajah terlihat segar dan bersinar, lho.

Kalau kamu penasaran bagaimana cara merawat kulit wajah yang tepat, yuk intip selengkapnya pada artikel ini!

Sunscreen Setiap Hari

Rutin Pakai Sunscreen, photo from Kompas

Cara merawat wajah yang pertama adalah dengan menggunakan sunscreen. Kenapa? Karena, menggunakan sunscreen sangat penting karena sinar UV yang dipancarkan oleh matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk tanda-tanda penuaan dini, keriput, dan bahkan kanker kulit. Selain itu, sunscreen juga dapat mencegah terjadinya luka bakar akibat sinar matahari, serta menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kamu dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, serta menjaga agar kulit terlihat sehat dan bersinar. Satu fakta yang wajib kamu ketahui juga, bahwa 70% penyebab penuaan dini di dunia disebabkan oleh sinar UV, lho. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen setiap hari, ya!

Pelembap Sebelum Sunscreen

Pelembap Sebelum Sunscreen, photo from Pexels/Cottonbro Studio

Selain menggunakan sunscreen, menjaga kulit tetap lembap juga menjadi hal utama untuk merawat wajah dengan tepat. Kamu bisa memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembap yang ringan dan bertekstur gel. Sedangkan jika kamu memiliki kulit yang kering, kamu bisa menggunakan pelembap dengan tekstur krim untuk memberikan kelembapan yang ekstra.

Satu hal yang perlu diingat. Berdasarkan urutan skincare yang ideal, pastikan kamu menggunakan moisturizer terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan sunscreen setelah produk merata dengan sempurna, ya!

Gunakan Toner Wajah

Menggunakan Toner Wajah, photo from Beauty Journal

Menggunakan toner pada wajah membawa banyak manfaat, di antaranya mengangkat sisa-sisa make up, debu, dan kotoran yang masih menempel di wajah, membantu menjaga kelembaban kulit wajah sehingga kulit terasa lebih lembab dan tidak kering, mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat, serta menjaga pH kulit agar tetap seimbang, sehingga kulit terlihat sehat dan bersinar.

Oh ya, ada beberapa jenis toner yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kulit di antaranya hydrating toner untuk menjaga kelembapan wajah, exfoliating toner untuk mengangkat sel-sel kulit mati, brightening toner untuk mencerahkan wajah, hingga retinol toner untuk menjaga kulit tetap kencang da memudarkan bintik hitam.

Pilih Serum Sesuai Kebutuhan

Serum Wajah, photo from Pop Mama

Serum merupakan skincare berbentuk cairan kental yang berisi bahan aktif untuk menutrisi kulit lebih dalam. Banyak manfaat serum yang bisa kamu dapatkan di antaranya mencerahkan kulit (pilih kandungan yang dapat mencerahkan seperti Vitamin C dan Niacinamide), menghaluskan kulit, meremajakan kulit, menghilangkan noda hitam, hingga menjaga kelembapan kulit.

Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi Wajah, photo by Beautynesia

Tahukah, kamu? Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah bisa menyebabkan kulit kusam, memiliki tekstur, dan rentan mengalami masalah kulit seperti jerawat. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu perlu melakukan eksfoliasi, yaitu membersihkan sel kulit mati yang menempel di kulit wajah.

Banyak cara eksfoliasi yang bisa kamu lakukan, di antaranya menggunakan toner atau serum berbahan aktif seperti AHA BHA, scrubbing wajah, atau peeling yang biasa dilakukan di dokter dan klinik kecantikan. Ingat, pilih jenis eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulitmu juga, ya!

Jangan Lupa Double Cleansing

Double Cleansing, photo from Wollipop

Apakah kamu pernah mendengar istilah double cleansing? Well, double cleansing adalah teknik membersihkan wajah yang melibatkan penggunaan dua jenis pembersih, biasanya berupa pembersih minyak atau gel yang bertujuan untuk mengangkat kotoran dan makeup, dan kemudian diikuti dengan pembersih cair atau sabun yang bertujuan untuk membersihkan kulit secara mendalam. Teknik ini penting dilakukan karena dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan makeup secara efektif, sehingga kulit dapat terasa bersih dan segar. Selain itu, double cleansing juga dapat membantu mencegah terjadinya iritasi dan jerawat, serta membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit secara keseluruhan.

Oh ya, selain menghindari masalah kulit seperti jerawat, double cleansing juga bisa mencegah munculnya komedo pada kulit akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan sisa makeup, lho! Kamu bisa melakukan double cleansing di malam hari setelah selesai beraktivitas, ya.

Hindari Skincare dengan Kandungan Comedogenic

Skincare Non-comedogenic, photo by Astronauts.id

Apakah kamu pernah mendengar istilah comedogenic? Comedogenic merupakan label untuk kandungan yang memiliki risiko menyumbat pori-pori pada kulit, sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat dan kulit berminyak. Oleh karena itu, penting untuk menghindari produk skincare yang mengandung bahan-bahan comedogenic agar dapat menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan terbebas dari masalah jerawat serta komedo.  Beberapa bahan yang bersifat comedogenic yang perlu dihindari antara lain adalh minyak kelapa, minyak biji kakao, dan minyak yang mengandung asam linoleat. Selain itu, ada baiknya juga untuk membaca label produk sebelum membelinya dan memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Biasanya, skincare yang bebas dari bahan-bahan comedogenic akan memiliki label “non-comedogenic” pada kemasannya.

Masker Wajah untuk Perawatan Ekstra

Menggunakan Masker Wajah, photo from Farmaku

Masker wajah dapat membantu menutrisi kulit secara efektif dengan cara melembabkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata. Beberapa manfaat lain dari menggunakan masker wajah untuk menutrisi kulit adalah membantu menghilangkan kerutan dan mengurangi tanda-tanda penuaan, serta membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Saat ini, banyak jenis  masker wajah yang beredar mulai dari clay mask, gel mask, sleeping mask, hingga sheet mask. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan preferensi serta kebutuhan kulitmu, ya.

Jangan Sentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor, photo from Farmaku

Apakah kamu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor? Well, sebaiknya kebiasaan tersebut kamu hindari, ya! Karena, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan kotoran dan bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit, sehingga dapat menyebabkan munculnya jerawat dan iritasi. Selain itu, tangan yang kotor juga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan kuman ke wajah, yang dapat menyebabkan infeksi dan masalah kulit lainnya. Namun, jika kamu harus menyentuh wajah, pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun yang dapat membunuh bakteri dan kuman, ya.  

Jalani Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat, photo from Yesdok

Cara merawat wajah yang terakhir adalah menjaga pola hidup tetap sehat. Pola hidup sehat sangat penting untuk kesehatan kulit, karena dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, mengatur pola tidur yang cukup, berolahraga dengan rutin, serta menghindari stres, merokok, dan mengonsumsi alkohol untuk miliki pola hidup yang sehat. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya jerawat dan kulit berminyak.

Gimana? Ternyata, merawat kulit wajah itu simple dan tidak perlu biaya mahal, ya! Kamu hanya perlu konsisten untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan awet muda. Terkadang, hal ini memang tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Tapi, percaya deh, dengan rutin melakukan ke-10 cara merawat wajah di atas, kamu bisa memiliki kulit yang sehat dan awet muda di masa depan.