9 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Apa Saja?

9 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Apa Saja?
Manfaat Minum Kopi, photo from XTRA

Minum kopi memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Biasanya, minuman dengan kandungan kafein ini dinikmati pada pagi atau siang hari untuk menambah stamina saat bekerja.

Selain mencegah rasa kantuk, ternyata minum kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Cek manfaat minum kopi selengkapnya pada artikel ini, ya!

Meningkatkan Fungsi Otak

Photo from Deepstash

Tahukah, kamu? Minum kopi ternyata dapat meningkatkan fungsi otak serta konsentrasi kita, lho. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter pada otak, yang berperan dalam pengaturan mood dan pikiran.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer, photo from The Sun

Apakah kamu pernah mendengar penyakit alzheimer? Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang menyebabkan kerusakan pada otak dan menurunnya fungsi kognitif. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya memori, kesulitan belajar, kesulitan mengendalikan emosi, kesulitan berkomunikasi, dan kesulitan dalam melakukan tugas sehari-hari. Penyakit ini umumnya diderita oleh lansia, bahkan bagi yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini sekalipun.

Namun, ada kabar baik nih bagi kamu yang gemar mengonsumsi kopi. Beberapa penelitian asal Amerika Serikat menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer dan demensia. Hal ini karena kopi umumnya mengandung antioksidan, kandungan yang dapat melawan radikal bebas, serta mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Simbol Peduli Kanker, photo from Halodoc

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker hati. Ini dikarenakan kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Antioksidan yang terkandung dalam kopi, seperti asam klorogenat dan kafeoil, dapat mengurangi produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko kanker. Selain itu, minum kopi juga dapat menurunkan risiko kanker dengan cara meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Diet, photo from Times India

Kopi dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena kandungan kafein yang terkandung di dalamnya. Kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu dalam pembakaran lemak. Kafein juga dapat meningkatkan pembakaran kalori selama olahraga, sehingga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan sistem saraf simpatis, yang dapat meningkatkan pembakaran kalori dan menurunkan nafsu makan. Namun perlu diingat bahwa minum kopi dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping negatif, seperti insomnia dan masalah jantung. Jadi, jika ingin mengonsumsi kopi untuk tujuan menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang moderat dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, ya.

Tes Gula Darah untuk Deteksi Diabetes, photo from Mayapada

Kopi dapat membantu dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2 melalui beberapa mekanisme. Pertama, kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu dalam pengaturan kadar glukosa darah. Kafein juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu dalam pengaturan berat badan dan menurunkan risiko diabetes. Kedua, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan diabetes. Antioksidan yang terkandung dalam kopi, seperti asam klorogenat dan kafeoil, dapat mengurangi produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko diabetes.

Photo from Womanblitz

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko depresi. Ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin yang berperan dalam pengaturan mood dan pikiran. Kafein juga dapat meningkatkan aktivitas saraf yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan stress. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan depresi.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang, photo from The Conversation

Yup, kamu tidak salah membaca, kopi memang bisa meningkatkan kesehatan tulang. Kok, bisa? Hal ini karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan absorpsi kalsium dan meningkatkan densitas mineral tulang. Menurut ahli kesehatan, kafein juga dapat meningkatkan aktivitas osteoblas, sel yang berperan dalam pembentukan tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam kopi juga mampu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.

Meningkatkan Kualitas Olahraga

Kualitas Olahraga Meningkat, photo from Halodoc

Buat kamu yang suka berolahraga, kopi bisa menjadi minuman favorit kamu, nih. Pasalnya, minum kopi sebelum melakukan olahraga dapat membantu dalam meningkatkan kualitas olahraga melalui beberapa mekanisme.

Pertama, kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan performa fisik dengan meningkatkan produksi adrenalin dan meningkatkan sistem saraf simpatis. Kafein dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus serta mengurangi rasa lelah dan rasa sakit selama aktivitas fisik. Kafein juga dapat meningkatkan pembakaran kalori selama olahraga, sehingga dapat membantu dalam pembakaran lemak.

Kedua, kopi dapat meningkatkan oksigenasi otot selama olahraga. Ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan aliran darah dan memperbaiki efisiensi dalam menggunakan oksigen.

Ketiga, beberapa studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kinerja endurance atau daya tahan. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan daya tahan otot selama latihan endurance yang berat.

Melindungi Hati

Photo from GajiGesa

Terakhir, manfaat minum kopi adalah melindungi organ hati pada tubuh. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa minum kopi mampu mengurangi jumlah lemak pada hati. Hal ini dibuktikan oleh kandungan kimia yang ada di dalam kopi mampu membantu proses detoksifikasi sel-sel buruk pada hati. Kopi juga mampu melindungi sirosis, kondisi medis yang ditandai oleh kerusakan dan perubahan jaringan di hati.

Jadi, sepakat ya, tidak hanya mencegah rasa kantuk datang, minum kopi juga memiliki banyak manfaat yang bisa kita rasakan? Namun, perlu diingat nih, kamu juga harus memperhatikan jumlah kafein dari kopi yang masuk ke dalam tubuhmu, ya. Sebaiknya hindari konsumsi kopi secara berlebihan, serta jangan mengonsumsi kopi dengan kandungan tinggi gula terlalu sering. Karena, bukan hanya menghilangkan manfaat kopi itu sendiri, tubuh juga menjadi lebih rentan terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, dan lainnya.

Jadi, kamu biasanya minum kopi berapa kali sehari, nih?