5 Kebun Binatang di Jakarta, Cocok untuk Liburan!

Photo from TMII

Tidak hanya pergi ke mall atau explore restoran hidden gem hingga tempat bersejarah, berpergian ke kebun binatang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu senggang bersama teman-teman terdekat, lho.

Ternyata, nggak perlu pergi jauh-jauh ke Bogor atau Bali, kamu bisa kok, melihat binatang-binatang lucu di kebun binatang yang ada di Jakarta. Memang, ada kebun binatang apa saja sih, di Jakarta? Yuk intip lengkapnya di sini!

Taman Margasatwa Ragunan

Photo from Sindo News

Siapa sih, yang nggak tau dengan kebun binatang ini? Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu kebun binatang di Jakarta yang paling terkenal. Di sini, kamu bisa melihat berbagai flora dan fauna dengan suasana yang mirip dengan hutan tropis.

Taman Margasatwa Ragunan dibuat dengan luas sekitar 140 hektar, dengan berbagai satwa di dalamnya mulai dari ikan, burung, mamalia, hingga reptil yang berasal dari seluruh Indonesia dan beberapa negara lainnya. Oh ya, di sini, ada Pusat Primata Schmutzer di mana kamu bisa melihat berbagai primata seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan primata lainnya. Untuk anak-anak, bisa naik kuda, unta tunggang, serta wahana-wahana lainnya yang seru banget, lho! Tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan adalah Rp 4.000/orang dewasa dan Rp 3.000/anak di atas 3 tahun. Kebun binatang di Jakarta Selatan ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 07.00-14.30, dan tutup setiap Senin, untuk memberikan waktu bagi para satwa tanpa dikunjungi banyak manusia.

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
Jam Buka: Selasa - Minggu, 07.00 - 16.00
Tiket Masuk: Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak usia 3+

Taman Burung TMII

Photo from Aroengbinang

Tidak hanya memiliki miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia serta teater Keong Mas, kamu bisa nih, mampir ke Taman Burung saat sedang menjelajahi Taman Mini Indonesia Indah (TMII)! Di sini, kamu bisa bermain-main ke kubah besar yang terbagi menyesuaikan vegetasi tanaman yang dikonsumsi oleh burung (buah, biji, dan pucuk).

Kamu bisa melihat berbagai burung dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Bali seperti Merak, Beo Putih, Enggang, Elang, dan Jalak Bali di area Kubah Barat. Sebaliknya, pada Kubah Timur, ada burung-burung dari Sulawesi, Maluku, hingga Papua seperti Kasuari, Cendrawasih, Dara Mahkota, hingga Maleo dan Nuri.

Tidak hanya melihat berbagai jenis burung dari seluruh Indonesia, kamu bisa menyaksikan bird show, yaitu acara edukasi burung dan feeding show untuk burung berkicau serta burung perairan. Seru banget, ya?

Alamat: Ceger, Cipayung, East Jakarta City, Jakarta 13820
Jam Buka: Selasa - Minggu, 08.00 - 16.00
Tiket Masuk: Rp30.000/orang

Museum Komodo dan Taman Reptil TMII

Photo from TMII

Masih berada di Taman Mini Indonesia Indah, setelah melihat berbagai burung dari seluruh Indonesia, kamu bisa mampir ke Museum Komodo dan Taman Reptil!

Di sini, kamu bisa melihat berbagai satwa Indonesia dalam bentuk awetan tidak hanya hewan reptil seperti komodo, melainkan juga mamalia yang dilindungi seperti harimau, gajah dan beruang. Kamu juga bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang ditempatkan di dalam vitrin, keong, kerang, serta kepiting dan udang yang dipamerkan untuk mewakili kekayaan fauna laut.

Oh ya, tidak hanya hewan yang sudah mati dan diawetkan saja, di sini juga kamu bisa melihat binatang beruas yang masih hidup seperti kaki seribu, laba-laba dan kalajengking.

Saat ke sini, jangan lupa nonton feeding show buaya serta meet n greet dengan bayi komodo yang lucu, ya!

Alamat: MWW2+CCC, Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 16.00
Tiket Masuk: Rp25.000/orang

Faunaland Ancol

Photo from tiket.com

Dari TMII, kita melipir ke Ancol, yuk! Saat mendengar tempat wisata ini, tentu kamu langsung ingat akan taman bermainnya yaitu Dunia Fantasi. Namun ternyata, selain memiliki berbagai wahana di Dufan, Ancol juga punya kebun binatang bernama Faunaland, lho!

Faunaland memiliki lahan kurang lebih 5 hektar yang terdiri dari daratan dan perairan. Mengusung konsep Papua yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia, Faunaland menghadirkan satwa-satwa unik dan langka dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya wilayah Timur, dan juga berbagai negara di dunia.

Satwa dari Indonesia Timur juga variatif, lho! Jadi kalau Parents ingin mengenalkan ragam satwa khas Indonesia Timur bisa banget pilih Faunaland. Dengan harga tiket Rp 90.000 Faunaland bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Jangan lewatkan bird show-nya juga, ya!

Alamat: Ecovention Building - Ecopark, Jl. Lodan Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 17.00
Tiket Masuk: Rp90.000/orang

Sea World Ancol

Photo from Ancol

Tidak hanya versi darat, kamu juga bisa kok mampir ke kebun binatang yang memelihara satwa-satwa air laut maupun tawar. Setelah dari Faunaland Ancol, kamu bisa mampir ke Sea World Ancol yang masih ada di dalam komplek Ancol.

Di sini, kamu bisa melihat sekitar 7.300 biota air tawar dan 11.500 biota air laut, yang terbagi dalam 9 akuarium air tawar, 19 akuarium air laut, dan 4 kolam terbuka, di mana setiap kolamnya memiliki tema khusus dan penjelasan masing-masing untuk pengunjung.

Psst..di sini, kamu juga bisa menikmati digital gallery yang berisi informasi tentang hewan dan tumbuhan laut, hingga mengunjungi akuarium khas hiu, lho!

Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.30 - 16.30
Tiket Masuk: Rp110.000 - Rp140.000 per orang

Jadi dari ke lima kebun binatang di atas, tempat mana nih yang akan kamu kunjungi di musim liburan nanti? Ke mana pun kebun binatang yang kamu datangi, tetap ingat untuk mematuhi aturan yang ada agar kamu, pengunjung lainnya, serta satwa di kebun binatang tetap nyaman, ya!

Sstt.selain punya banyak destinasi untuk bareng liburan teman-teman, jangan lupa juga cek beberapa rekomendasi wisata malam Jakarta, tempat romantis di Jakarta, hingga pusat oleh-oleh Jakarta, dan tempat clubbing di Jakarta yang bisa kamu datangi bersama teman-teman!