10 Restoran Hidden Gem Jakarta, Harta Karun bagi Pecinta Kuliner

Restoran hidden gem Jakarta yang aesthetic dan belum banyak yang tahu ini wajib kamu kunjungi!

10 Restoran Hidden Gem Jakarta, Harta Karun bagi Pecinta Kuliner

Istilah hidden gem kini banyak digunakan oleh para anak muda di sosial media untuk menggambarkan suatu tempat yang tidak terduga. Tempat-tempat tersembunyi ini biasanya menghadirkan konsep yang unik sehingga kata “gem” dilambangkan seperti harta karun. Biasanya penggunaan kata “hidden gem” digunakan untuk sebuah cafe atau restoran yang ditemui di tempat-tempat yang jauh dari keramaian dan sedikit tersembunyi.

Nah, bicara soal tempat hidden gem, di Jakarta sendiri memiliki wisata kuliner yang tersembunyi, diapit gedung-gedung tinggi dan terletak di dalam gang. Jika kamu ingin mencari kuliner enak dari tempat hidden gem, simak beberapa rekomendasi restoran hidden gem di Jakarta ini, yuk!


Restoran Hidden Gem di Jakarta

1. Plate Palate

Plate Palate, photo by Instagram @platepalate

Plate Palate adalah restoran hidden gem di Jakarta yang menyajikan aneka masakan, mulai dari indonesian food, western, hingga chinese food. Restoran yang punya vibes rumahan ini terletak di dalam ujung gang tepat diujung gang, sehingga tempatnya tidak terlalu luas. Tapi, ambience di sini sangat tenang karena jauh dari bising kendaraan. Selain makanan berat, Plate Palate juga menyediakan coffee dan cemilan. Cocok untuk kamu yang ingin sekalian WFC, nih.

Review Menu di Plate Palate

Menyajikan beragam hidangan, Plate Palate termasuk berani karena kebanyakan restoran biasanya hanya menyajikan spesialisasi hidangan tertentu. Meski demikian, semua menu yang dihidangkan di Plate Palate tidak ada yang gagal. Cita rasanya sangat unik dan bumbunya cukup berani, sehingga makanan di sini sangat gurih dan flavorful.

Salah satu menu andalan yang bisa kamu coba adalah Mama’s Loco. Menu ini merupakan perpaduan beef patty yang dimasak dengan kematangan medium, jadi dagingnya sangat moist dan juicy. Lalu, hidangan ini didampingi dengan mushroom sauce, butter rice, dan sayuran segar. Sudah kebayang belum, seperti apa rasanya?

Tidak cuma Mama’s Loco, restoran ini juga memiliki menu lainnya yang tidak kalah menggugah, salah satunya Nasi Ayam Semerbak. Kalau kamu pecinta pedas, maka menu yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Yuk, langsung mampir ke Plate Palate!

Alamat: Jalan Kemang Timur III A No. 2C, RT.7/RW.4, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa – Sabtu (13.00 – 22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 60.000

2. Udonku

Udonku, photo by Instagram @udonku.jkt

Restoran hidden gem di Jakarta yang berikutnya adalah Udonku. Restoran ini disebut “hidden” karena lokasinya yang berada di dalam gedung perkantoran dan space-nya tidak terlalu besar, tapi tetap nyaman. Nah, untuk bisa sampai ke restoran ini, kamu cukup datang ke kantor Midplaza dan turun ke lantai basement. Konon, Udonku sering dikunjungi orang-orang asli Jepang karena ambience resto ini memang Jepang banget! Apalagi makanannya.

Review Makanan di Udonku

Sesuai namanya, Udonku menjual aneka udon yang dihidangkan dengan bumbu dan topping yang pas untuk lidah Indonesia. Tekstur udon yang mereka tawarkan cukup besar dan kenyal, jadi makan 1 porsi saja sudah cukup mengenyangkan.

Kalau ke sini, kamu boleh mencoba Udon Beef Curry karena menu ini adalah best seller di Udonku dan mendapat banyak ulasan positif. Bumbu curry-nya tidak terlalu kental dengan rasa yang cukup berempah. Sementara, beef yang digunakan menggunakan jenis daging US shortplate jadi teksturnya cukup juicy. Selain udon, kamu juga bisa mencoba aneka gorengan sebagai side dish yang disantap bersama udon, salah satunya Chicken Karage atau Beef Enoki Roll.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Kav. 10-11 MIDPLAZA 1, Basement Floor
Jam buka: Senin – Jumat (11.30 – 14.00 dan 17.30-21.00 WIB), Sabtu (12.00 – 14.30 dan 17.30 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 200.000

3. Bebek Perdikan

Bebek Perdikan, photo by @bebekperdikan

Bebek Perdikan menjadi restoran tersembunyi di Jakarta yang menawarkan nuansa pedukuhan Jawa. Karena letaknya di dalam gang, maka kamu yang membawa kendaraan ke sini bisa parkir di Code 4 Square atau parkiran umum yang berada di Jalan Guru Mughni. Lalu, kamu bisa berjalan kaki sekitar 50 meter untuk sampai ke Bebek Perdikan.

Dari luar, tempat ini terlihat kecil dan tersembunyi. Tapi, saat kamu sampai di dalam, restoran ini sangat luas dengan suasana yang sejuk dan asri karena restoran ini dihiasi rimbunnya tanaman. Walau tempatnya luas dan besar, Bebek Perdikan selalu full booked, lho. Jadi, jangan lupa reservasi dulu, ya, kalau kamu mau mampir.

Review Makanan di Bebek Perdikan

Soal menu, restoran yang sudah bersertifikat halal MUI ini berangkat dari tradisi dan resep dari salah seorang Pakde yang berasal dari Semarang. Resep ini kemudian dikembangkan oleh keluarganya, yaitu Sasha, yang menjadi owner restoran ini.

Bagi kamu yang menyukai hidangan yang manis, kamu bisa mencoba menu Bebek Bacem Bakar Perdikan atau Bebek Goreng Kepayang yang memiliki cita rasa unik karena racikan bumbu kluwek dan cabai. Jika ingin santapan yang hangat dan gurih, kamu bisa memesan Soto Bebek Perdikan. Soto ini dihidangkan dengan bebek yang sudah dibumbui hingga meresap, lalu disuwir lalu dicampur dengan kuah yang segar. Perpaduan kuah soto yang gurih dan segar sangat pas dengan bebek sehingga menu ini sangat disukai.

Alamat: Gang Susu No.2, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 65.000

4. Aomori Shokudo

Aomori Shokudo, photo by Instagram @ aomorishokudo

Satu lagi nih restoran ala Jepang yang ada di Jakarta. Namanya Aomori Shokudo. Nama tersebut diambil dari wilayah yang ada di Tohoku, Jepang. Wilayah ini terkenal dengan masakan ramen dan misonya. Maka itu, restoran hidden gem di Jakarta yang satu ini menyajikan hidangan ramen dan miso dengan konsep casual dining. Restoran ini agak tersembunyi, ya, karena letaknya berada di dalam gang. Kamu bisa memakai bantuan Google Maps, kok, untuk menemukan restoran ini.

Nah, karena Aomori Shokudo mengusung konsep jejepangan, chef yang bekerja di sini pun didatangkan langsung dari Jepang, lho. Makanya, rasa makanan yang mereka sajikan sudah tidak perlu diragukan lagi, ya. Nah, tenang saja, semua makanan di sini no pork no lard, jadi sudah pasti halal.

Review Menu di Aomori Shokudo

Menu wajib buat kamu yang mampir ke sini adalah Aomori Ramen. Aomori Ramen merupakan ramen susu kari dengan kuah yang kaya rasa, apalagi mie nya sangat lembut. Hidangan ini dibuat dengan miso, susu, dan mentega yang dicampur bersama kaldu ayam. Tentunya perpaduan tersebut membuat Aomori Ramen menjadi menu must try dan recommended ketika kamu berkunjung ke restoran Jepang ini.

Aomori Ramen juga disajikan dengan beberapa topping tambahan seperti potongan rumput laut, boiled egg, tauge, dan jamur. Buat kamu yang lebih suka ramen goreng, tenang saja karena Aomori Ramen tersedia versi dry ramen.

Tidak hanya itu, Aomori Shokudo juga menawarkan beragam menu lainnya yang tidak kalah autentik, seperti Beef Tataki, Roast Beef Donburi, Hayashi Beef Ramen, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Karbela No. 1, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (11.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 35.000 – Rp 98.000

5. Dapur Bandha

Dapur Bandha, photo by Instagram @dapur.bandha

Kamu lagi berada di daerah Tebet dan mencari tempat makan yang mengusung konsep grab and go? Jangan lupa mampir ke Dapur Bandha, deh! Lokasinya berada di dalam gang perumahan sehingga kamu perlu berjalan kaki untuk bisa mencapai restoran ini. Tapi tenang saja, bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat dan roda dua, kamu bisa parkir di Sarana Square lalu berjalan 2 menit sampai ke Dapur Bandha.

Tempat ini space-nya memang kecil, bahkan hanya tersedia 4 kursi untuk dine in. Kalau beruntung, kamu bisa kok makan di sini dan menikmati suasana yang sejuk dan tenang. Tapi untuk berjaga-jaga, Cove menyarankan kamu untuk take away supaya bisa menyantap hidangan mereka dengan lebih nyaman. Walaupun tempatnya sederhana, makanan yang disajikan tetap dibuat dari hati, lho. Mulai dari kopi, pastry, minuman non kopi, hingga makanan berat, semua hidangannya terasa enak dan comfort di perut.

Review Makanan di Dapur Bandha

Dapur Bandha menyajikan beragam menu homemade yang bisa disantap kapan saja, mulai dari sarapan, makan siang, atau makan malam. Restoran yang homey ini menjual pai daging, pai apel, donat, quiche, mie kari, ketupat karigule, hingga nasi kari dengan daging sapi yang rasanya menggoyang lidah. Bumbu karinya sangat flavorful dan berempah.

Kalau ke sini, kamu wajib mencoba menu favorit mereka, yaitu Karigule. Isinya ada ketupat, potongan ayam, orek tempe, dan telur dadar, lalu disiram dengan kuah gulai yang rasanya mirip dengan kari. Kuahnya sangat light tapi berempah, jadi membuat siapa saja yang makan ingin menambah seporsi lagi. Mie karigule nya pun tidak kalah enak dan menjadi hidangan favorit pengunjung. Kalau penasaran, langsung aja mampir, yuk!

Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam III A No.10A, Tebet Barat, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin – Sabtu (10.00 – 19.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 40.000

6. Huize Trivelli

Huize Trivelli, photo by Instagram @trivelliofficial

Huize Trivelli merupakan restoran bernuansa kolonial Belanda yang letaknya agak tersembunyi di antara deretan perumahan di kawasan Cideng, Tanah Abang. Makanya, tempat ini masuk ke dalam daftar restoran hidden gem di Jakarta.

Sebelum menjadi sebuah restoran, dulunya tempat ini adalah rumah yang dihuni oleh seorang Belanda sejak tahun 1939. Rumah tersebut kemudian dipindahtangankan kepada keluarga Soe’oed dan diubah menjadi restoran oleh Wahyuni Soe’oed dan Jalaudin di tahun 2006. Hingga kini, restoran Huize Trivelli masih beroperasi dengan keunikannya karena bentuk bangunan ini memiliki perpaduan Belanda, Cina, dan Betawi. Kamu juga akan menjumpai benda-benda antik yang menghiasi restoran.

Review Makanan di Huize Trivelli

Karena sudah berdiri dari zaman kolonial, maka hidangan yang akan kamu jumpai di sini pun adalah makanan tradisional khas Belanda dan Eropa yang otentik. Selain itu, ada juga lho masakan Indonesia. Resep masakan yang ditawarkan Huize Trivelli berasal dari warisan keluarga yang terus dipertahankan.

Salah satu menu yang harus kamu coba dari Huize Trivelli adalah Trivelli Chicken Steak. Porsinya besar dan rasanya enak karena saus steaknya dibuat dengan perpaduan rempah Indonesia. Daging ayam yang disajikan juga besar dan juicy dengan menggunakan potongan paha ayam dan dibuat crunchy. Kalau mau yang lebih ekstrem, kamu bisa memesan Tong Biefstuk atau lidah sapi ala Huize Trivelli.

Alamat: Jalan Ciujung No. 36, RT.5/RW.1, Cideng, Kec. Gambir, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari, kecuali Jumat (11.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 70.000

7. Semaja

Semaja and Naaga - Manual Jakarta
Semaja, photo by Manual Jakarta

Restoran hidden gem di Jakarta memang unik-unik, deh. Salah satunya Semaja. Restoran ini menawarkan beragam menu tradisional yang terinspirasi dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi dikemas secara modern dan kontemporer. Misalnya, sate maranggi yang dibuat menyerupai steak ukuran dadu yang ditusuk tongkat besi berukuran besar. Ada juga donat cakalang yang rasanya mirip panada. Unik banget, ya?

Review Makanan di Semaja

Semaja memiliki seri signature yang bernama Rajamangsa. Dalam bahasa Sansekerta, Rajamangsa berarti makanan para raja. Rajamangsa terdiri atas sepuluh menu tradisional Indonesia dengan sentuhan yang modern dan autentik, diantaranya ada Donat Goreng Cakalang, Cumi Goreng Saus Padang, Kerupuk Opak Kuah Sate Padang, Pipi Masak Gota Andaliman, Sumsum Sei Sapi Asap, Udang Bakar Bumbu Rujak, Ikan Baramundi Bakar, hingga Babi Panggang Base Genep.

Jika kamu mampir ke Semaja, kamu wajib mencicipi menu signature mereka. Donat Goreng Cakalangnya sangat unik denga rasa manis tapi dalamnya gurih. Uniknya, donat ini dimakan dengan cara dicocol mayonnaise dan pasta. Sementara untuk hidangan lainnya yang tak kalah unik adalah Sate Maranggi yang dagingnya super lembut dengan rempah yang menggoyang lidah.

Alamat: Jalan Gereja Theresia No.41, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari (11.00 – 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 200.000

8. The Wilson’s Lane

Hidden Away: The Wilson's Lane - The Quiet Spot to Hide and Dine in Menteng  | What's New Indonesia
The Wilson’s Lane, photo by What’s New Indonesia

The Wilson's Lane terletak di komplek perumahan Menteng dan tersembunyi dari jalan utama, sehingga jika dilihat sekilas, tempat ini seperti rumah pada umumnya. Tapi saat kamu masuk, tempat ini sangat luas dan memiliki konsep ala rumah bergaya tahun 90-an.

Area teras restoran ini sudah tersedia banyak tumbuhan yang membuat Anda seperti berada di alam. Selain konsep interior yang unik, menu di sini juga tidak kalah menarik karena hidangan di The Wilson’s Lane terinspirasi dari resep masakan rumahan ala Belanda dan Indonesia.

Review Makanan di The Wilson’s Lane

Saat mampir ke sini, menu wajib yang harus dicoba adalah Poffertjes sebagai dessert, dan Rice Bowl Grilled Salmon untuk hidangan utamanya. Hidangan ini mendapat banyak ulasan positif dan sering direkomendasi.

Untuk Rice Bowl Grilled Salmon disajikan dengan fresh dengan sambal matah dan telur ceplok. Setelah kenyang dengan hidangan utama, kamu bisa mencoba Chocolate Poffertjes yang sangat banyak diminati oleh banyak orang. Dessert ini hadir dengan saus coklat di dalamnya dan ditaburi gula bubuk di atasnya.

Alamat: Jalan Tegal No. 4, Menteng, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin – Kamis (12.00 – 20.00 WIB), Jumat – Sabtu (12.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 100.000

9. Jaman Resto

Jaman Resto, photo by Instagram @introduceintann

Jaman Resto adalah singkatan dari Jawa dan Manado. Jadi, restoran ini menghadirkan makanan khas Jawa, seperti Selat Solot dan Iga Woku khas Manado. Suasana di rumah makan ini sangat enak dengan interior kayu-kayu. Tempatnya terdiri dari indoor dan outdoor dan bertema vintage, jadi cocok banget buat foto-foto. Karena tempatnya luas, restoran hidden gem di Jakarta ini bisa disewa untuk menggelar acara, arisan, family gathering, dan tunangan. Apalagi, menu di sini sangat beragam.

Review Makanan di Jaman Resto

Jaman Resto menawarkan ragam hidangan khas nusantara, seperti Nasi Goreng Cakalang, Kambing Bumbu Sere, dan Rahang Tuna Bakar. Untuk rasa Nasi Goreng Cakalang sangat flavorful dengan ukuran porsi yang jumbo. Nasi goreng yang ditambah dengan ikan cakalang ini memiliki rasa smokey, enak banget, deh! Untuk menu Kambing Bumbu Sere, porsinya juga tidak kalah besar dan dagingnya sangat empuk dengan bumbu yang pedas. Menu lainnya tentu tak kalah menggugah selera, nih. Kalau kamu penasaran, langsung aja mampir ke Jaman Resto.

Alamat: Jalan Karang Tengah Raya No. 7, RT.2/RW.3, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 38.000 – Rp 200.000

10. Subo Family

Subo Family, photo by instagram @subofamily

Mungkin memang bukan restoran, tapi makanan di listening bar ini patut kamu coba sekali seumur hidup. Tepatnya di Subo yang berada di kawasan Cipete, kamu bisa mendengarkan musik dari pemutar piringan hitam (vinyl) sembari mencicipi aneka hidangan lezat, cocktail, dan kopi.

Subo berada di basement rumah sang owner, sehingga private listening bar ini sangat intimate dan lokasinya tersembunyi. Tapi, konsep ini sangat unik, dan banyak pengunjung yang penasaran dengan Subo, terutama makanan rumahan yang mereka tawarkan. Tentunya, kamu harus reservasi dulu, ya, karena konsepnya private bar.

Review Makanan di Subo Family

Menu di Subo sangat beragam dan yang paling ditonjolkan adalah minumannya, seperti cocktail dan mocktail. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencicipi aneka minuman kopi, non-kopi, serta gelato. Menu makanan yang selalu ada setiap harinya adalah Mie Yamin Shitake dan Nasi Lidah Asap Sambal Matah. Namun, untuk menu of the day yang dihidangkan bisa berbeda-beda, tergantung owner.

Mie Yamin Shitake Mie memiliki cita rasa yang tak begitu manis dan agak gurih dengan tekstur mie yang dry. Menu ini juga dilengkapi dengan topping ayam kampung, jamur shitake, dan kulit ayam yang crispy.

Alamat: Jalan Arteri Permata Hijau No.1, RT.1/RW.10, Kec. Kby. Lama, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin – Sabtu (08.00 – 17.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 45.000 – Rp 100.000