15 Rekomendasi Cafe di Bandung yang Bikin Kamu Betah!

15 Rekomendasi Cafe di Bandung yang Bikin Kamu Betah!

Menjadi ibukota provinsi Jawa Barat, Indonesia, Bandung memang memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh setiap orang. Selain wisata alamnya yang indah, Bandung juga memiliki banyak cafe cantik tidak hanya penampilannya, namun juga memiliki hidangan yang menggugah selera.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi cafe di Bandung, baca artikel ini hingga habis, ya!

TONES No. 6

TONES No. 6, photo from JEURNALS

Mengkombinasikan kopi dan musik, TONES No. 6 merupakan cafe unik yang baru hadir di kota Bandung. Cafe ini terinspirasi dari Jazz Kissa, yaitu konsep cafe yang memiliki spesialisasi dalam memutarkan lagu-lagu jazz lewat piringan hitam yang banyak beredar di Jepang. Nggak heran, kalau cafe ini memiliki koleksi piringan hitam bergenre Jazz yang ciamik.

Untuk menu minuman, kamu bisa menikmati kopi andalannya yaitu Number 6 atau mocktail segar bernama Punchline. Jangan khawatir kelaparan, karena kamu bisa menikmati berbagai menu makanan seperti Chickat Sambrang, yaitu chicken katsu dengan sambal kecombrang yang segar, atau Creamy Gulai Fettuccine, yaitu pasta yang disajikan dengan saus gulai creamy dan potongan ayam di atasnya.

Alamat: Jl. Terusan Cisokan No.6, Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 21:30)
Kisaran harga: Rp30.000 - Rp80.000 per orang

Mimiti Coffee & Space

Mimiti Coffee & Space, photo from Otten Coffee

Mimiti Coffee & Space memiliki area semi outdoor yang tidak hanya nyaman, namun juga insta-worthy. Cafe ini memiliki jejeran meja berbahan semen dan kursi kayu panjang, menjadikan tempat yang cukup nyaman untuk kamu berbincang bersama teman-teman. Di sini, menu kopinya juga cukup variatif lho, mulai dari kopi hitam hingga latte. Menu non-kopi juga tersedia, lengkap dengan kue klasik sebagai cemilan kamu!

Alamat: Jl. Sumur Bandung No.14, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Jam buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp80.000 - Rp100.000 per orang

Capdangu

Capdangu, photo from Jajan Dolan

Memiliki vibes seperti di Jogja, Capdangu menjadi cafe tepat jika kamu sedang berada di daerah Dago, nih. Capdangu dibuat dengan banyak aksen kayu di dalamnya, serta jendela-jendela jaman dulu yang memberikan kesan homey dan cozy. Di sini, kamu bisa memesan es kopi susu signature-nya yaitu White Gu, yang memiliki hint cinnamon yang cukup kuat. Bayangin deh, pahit dan manisnya cinnamon yang dipadukan dengan kopi susu, creamy dan super nikmat!

Oh ya, jika kamu berencana datang ke Capdangu, disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang cukup sulit dan sempit, ya.

Alamat: Jl. Tubagus Ismail VIII No.45, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp80.000 per orang

Kurokoffee

Kurokoffee, photo from Kurokoffee

Kurokoffee, lokasinya berada di Jalan Ciumbuleuit Nomor 130, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Bandung, Jawa Barat, memiliki berbagai pilihan makanan yang patut dicoba. Beberapa menu yang tersedia antara lain Katsu Sandwich, Gyudon, Onion Rings, Kampung Fried Rice, Spaghetti Meatball, Ogura Waffle, dan Smoothies Bowl. Selain itu, Kurokoffee juga menyediakan minuman baik kopi maupun non kopi seperti Espresso, Cappuccino, Iced Coffee Jelly, Manual Brew, Matcha Latte, Choco Latte, Chai Latte, dan Coconut Water.

Psst..Kurokoffee jadi tempat yang pas, jika kamu ingin menikmati kopi dan makanan lezat, lengkap dengan angin sejuk khas Bandung!

Alamat: Jl. Ciumbuleuit No.130, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141
Jam buka: Senin - Jumat (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp80.000 - Rp100.000 per orang

Ceritera

Ceritera, photo from Warta Nasional

Ceritera menjadi cafe langganan bagi para mahasiswa untuk sekadar berkumpul atau mengerjakan tugas. Selain memiliki tempat yang cozy, cafe ini juga menyediakan banyak pilihan makanan dan minuman yang menggugah selera. Pilihan minumannya antara lain Americano Hot, Cappuccino Ice, Lychee Tea Ice, Milky Matcha Ice, Black Charcoal Ice, dan Classic Chocolate Ice. Tersedia juga berbagai pilihan makanan, seperti Tahu Cabe Garam, Smoked Beef Aglio E Olio, Mie Tek-Tek Kuah, Slow Cooked BBQ Ribs, dan Chicken Teriyaki.

Alamat: Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung City, West Java 40141
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp80.000 per orang

Sejiwa Coffee

Sejiwa Coffee, photo from Pergi Dulu

Di Sejiwa Coffee, kamu bisa menikmati suasana yang tenang sambil memesan makan dan minum. Cafe ini menawarkan minuman seperti Oat Milk Latte, Caramel Macchiato, Homemade Tea, dan Brown Sugar Brulee Milk. Pilihan makanannya meliputi Lumpia Bandung, Tahu Gimbal, Cheesy Broccoli, Tuna Cheese Croissant, Salmon Lodeh, Nasi Goreng Sosis, Chicken Steak, dan Chocolate Parfait.

Alamat: Jl. Kiputih No.1A, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40412
Jam buka: Senin - Minggu (06:00-22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp80.000 per orang

Orofi Cafe

Orofi Cafe, photo from Orofi

Meski memiliki desain ala Santorini, pilihan makanan yang disediakan sangat beragam, mulai dari menu barat hingga masakan tradisional Indonesia. Beberapa menu yang tersedia di antaranya pizza, pasta, steak, burger, salad, omelet, rice bowl, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Lembah Pakar Tim. No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198
Jam buka: Senin - Minggu (14:00-23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Kalpa Tree Dine & Chill

Kalpa Tree Dine & Chill, photo from Febe Shinta

Kalpa Tree Dine and Chill memiliki tampilan minimalis dengan dominasi interior kayu dan tumbuhan hijau di beberapa sudut. Suasananya dingin dan terasa sejuk, karena adanya tempat duduk yang berada di tengah kolam. Tempat ini sangat cocok untuk mengambil foto, karena setiap sudut Kalpa Tree Dine and Chill memiliki estetika yang memukau. Oh ya, jika kamu berkunjung ke tempat ini, jangan lupa mencoba berbagai menu dessert-nya yang super lezat!

Alamat: Jl. Kiputih No.37, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142
Jam buka: Senin - Minggu (09:00-22:00)
Kisaran harga: Rp80.000 - Rp150.000 per orang

Sydwic

Sydwic, photo from Info Wisata Bandung

Nggak usah jauh-jauh ke Skandinavia untuk melihat bangunan serba putihnya yang minimalis, kamu bisa datang ke Sydwic yang terletak di Jl. Cilaki, nih! Cafe ini memiliki tema Scandinavian yang dihiasi dengan lampu dan tanaman gantung untuk menambah kesan homey. Nggak heran kalau Sydwic menjadi salah satu cafe paling instagramable yang ada saat ini di Bandung.

Alamat: Jl. Cilaki No.63, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam buka: Senin - Minggu (08:00-22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Blue Doors

Blue Doors, photo from Laris Manis

Blue Doors merupakan coffee shop mungil yang berada di kawasan Braga. Sesuai dengan namanya, pintu masuk ke coffee shop yang satu ini berupa pintu kecil berwarna biru dengan kesan vintage, membuat cafe ini seperti hidden gem di kota Bandung.

Kabar baiknya, Blue Doors memiliki berbagai jenis single origin, menjadi kabar baik untuk kamu pecinta kopi dengan metode manual brew. Di sini juga tersedia beragam jenis teh, lho!

Alamat: Jl. Alkateri No.2, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam buka: Senin - Minggu (06:00-21:00)
Kisaran harga: Rp30.000 - Rp70.000 per orang

Masagi Coffee

Masagi Coffee, photo from Pergi Dulu

Kamu wajib mampir ke Masagi Coffee, jika kamu lebih menyukai nongkrong di tempat yang jauh dari kebisingan. Cafe ini terletak di Ciumbuleuit dan memiliki konsep semi outdoor, di mana kamu bisa berpiknik di bawah pepohonan yang rimbun sambil menyesap secangkir kopi hangat.

Alamat: Jl. Gunung Kareumbi No.1-B, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141
Jam buka: Senin - Minggu (10:00-20:00)
Kisaran harga: Rp80.000 - Rp100.000 per orang

Nimna Bookcafe

Nimna Bookcafe, photo from IDN Times

Jika kamu sedang berada di kawasan Gegerkalong, maka kamu wajib mampir ke Nimna Bookcafe. Cafe ini memiliki letak yang cukup tersembunyi dan berada di dalam perumahan, serta dibuat dengan konsep library cafe di mana kamu bisa memilih bayak buku untuk dibaca. Kamu juga bisa banget datang ke sini untuk sekadar mengerjakan tugas atau work from cafe!

Alamat: Jl. Sukahaji No.126, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152
Jam buka: Senin (09:00-11:00), Rabu - Minggu (09.00 - 11.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

The Parlor

The Parlor, photo from Info Bdg

Ingin datang ke cafe di mana kamu merasa seperti di rumah sendiri? Kamu bisa mendatangi The Parlor, yang dilengkapi dengan interior serba kayu untuk menambah kesan hangat dan homey. Menu makanan di sini juga tersedia lengkap mulai dari Nusantara hingga Internasional.

Alamat: Jl. Rancakendal Luhur No.9, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40191
Jam buka: Senin - Minggu (09:00-10:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp150.000 per orang

Kopi Toko Djawa

Kopi Toko Djawa, photo from Otten Coffee

Siapa sih, yang nggak tau tempat satu ini? Kopi Toko Djawa menjadi salah satu cafe wajib yang didatangi bagi orang yang sedang berkunjung ke Bandung. Selain kopinya yang nikmat, cafe ini juga memiliki interior yang unik seakan mengajak pengunjungnya kembali ke masa lalu.

Alamat: Jl. Braga No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam buka: Senin - Minggu (08:00-10:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp80.000 per orang

Morgy Coffee

Morgy Coffee, photo from Ruag Dini

Morgy Coffee terletak di Ruang Dini Bandung, dan memiliki konsep industrialis modern yang didominasi dengan elemen berwarna abu, kayu, besi, serta furnitur berwarna hitam. Selain tempatnya yang artsy, hidangan di cafe ini juga nggak kalah lezat, lho.

Alamat: Jl. Anggrek No.46, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Jam buka: Senin - Minggu (07:00-23:00)
Kisaran harga: Rp80.000 - Rp150.000 per orang

Kost Eksklusif di Bandung, Mulai dari Rp1,5juta

Miliki tempat tinggal di Bandung hanya bersama Cove! Cove menawarkan kost eksklusif dengan fasilitas lengkap seperti furnitur, kamar mandi dalam, hingga area dapur dan makan dengan lokasi yang sangat strategis.

Harga mulai dari Rp1,6juta/bulan.

Cek Sekarang!